Senin, 18 Des 2017 06:28
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Dinilai Bijaksana, Tengku Erry Dinobatkan Sebagai Ninik Mamak Sumut

Dinilai Bijaksana, Tengku Erry Dinobatkan Sebagai Ninik Mamak Sumut

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Rabu, 26 Jul 2017 17:16
Dibaca: 253 kali
Dok
Penyematan gelar Ninik Mamak pada Tengku Erry
Keluarga Besar Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) menobatkan Tengku Erry Nuradi yang saat ini menjabat Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) sebagai Ninik Mamak.

Pemberian kehormatan ini dilakukan di sela-sela kegiatan halal bihalal keluarga besar DPW PKDP Sumut di Gubernuran Jalan Sudirman No 41 Medan, Selasa (25/7/2017) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Dewan Pembina DPP PKDP Mayjen TNI (Purn) Syamsul Djalal, Ketua DPP PKDP Asmara Jaya, Ketua PKDP Sumut Farianda Putra Sinik, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, tokoh adat, tokoh agama dan juga ratusan masyarakat Minang di Sumut dan Kota Medan khususnya. Selain itu turut hadir Sekretaris Umum BM3 Sekretaris HM Yunan Sirhan, tokoh masyarakat yang juga mantan Walikota Medan Abdillah serta sejumlah pimpinan SKPD Provsu yang juga berdarah Minang.

"Kami telah sepakat dan mohon keizinan Pak Gubernur menjadi Ketua Ninik Mamak kami di Sumut ini karena beliau orang yang bijaksana," ucap Ketua Dewan Pembina DPP PKDP didampingi Ketua DPP PKDP, Ketua PKDP Sumut dan Sekretaris Umum BM3 Sumut.

Sebelumnya saat memberikan kata sambutan Ketua Dewan Pembina PKDP Syamsul Djalal mengucapkan terima kasih atas sambutan dan kesediaan Gubernur Sumut menggelar Halal Bihalal sekaligus jamuan makan makan malam bersama keluarga besar PKDP.

"Saya melihat Pak Gubernur ini orang yang sangat dekat dengan masyarakatnya. Kalau mau sehat memang harus bersilaturahmi, kalau mau panjang umur dengan bersilaturahmi dan kalau mau mendapatkan keberkahan tentu dengan bersilaturahmi," ujarnya.

Selama dua tahun kepemimpinan sebagai Gubsu, lanjut Syamsul Djalal, telah banyak perubahan ke arah yang lebih baik dilakukan Tengku Erry. Salah satunya menjaga kekondusifan Sumut ditengah kebhinnekaan, suku, adat istiadat, dan agama.

"Ini bukan bicara soal dukung mendukung. Pertemuan ini adalah ajang silaturahmi. Tapi kalau saya ditanya, Tengku Erry masih pantas memimpin Sumut. Dan saya siap membantu Pak Gubernur," ujar mantan Danpuspom ABRI tersebut disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Senada dikatakan Ketua PKDP Sumut Farianda Putra Sinik. Dia mengatakan bahwa kesempatan yang diberikan Gubernur Sumut Tengku Erry bersilaturahmi dengan keluara Besar PKDP patut diapresiasi. Meskipun ditengah aktifitasnya yang begitu padat Gubsu Erry masih mengedepankan silaturahmi dengan warga Sumut.

"Atas kesempatan malam ini kami merasa tersanjung. Alhamdulillah 24 puak, nagari-nagari hari ini hadir bersama bersilaturahmi dengan Bapak Gubernur. Tentu perhatian yang diberikan Pak Gubernur akan kami ingat selalu,"ujar Farianda.

Sementara itu Tengku Erry Nuradi dalam sambutannya mengucapkan ribuan terimakasih atas kepercayaan warga Piaman yang menobatkan dirinya sebagai Ninik Mamak. Penobatan ini lanjut Erry akan menjadi motivasi bagi dirinya untuk membangun Sumut.

"Tentu saya sangat berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan masyarakat. Silaturahmi ini harus terus terjalin. Apalagi malam ini banyak tokoh adat dan budaya yang hadir dari Jakarta. Ini akan menjadi motivasi bagi saya ke depan, "ujar Erry.

Dalam kesempatan itu Erry juga mengingatkan perlunya rasa persatuan dan kesatuan dipelihara. Karena sebagai bangsa yang besar, sudah ditakdirkan Indonesia sebagai negeri yang berbilang kaum.

"Pengalaman kita dijajah selama tiga ratus tahun harus menjadi pembelajaran bagi kita. Salah satu alasan kita bisa dijajah karena kita mudah dipecah belah. Oleh karenanya mari kita pelihara persatuan dan kesatuan. Jadikanlah perbedaan itu sebuah keindahan seperti pelangi yang berwarna-warni," ucap Tengku Erry.

Editor: Sam

T#g:PADANGPaten
Berita Terkait
  • Selasa, 12 Des 2017 08:42

    KODIM 0312/Padang Berikan Santunan Pada Veteran & Warakawuri

    Komando Distrik Militer 0312/Padang jalin tali asih, berikan santunan kepada Veteran dan Warakawuri dalam rangka Hari Juang Kartika ke 72 Tahun 2017 di Makodim 0312/Padang jalan Tamrin No. 5 Padang, S

  • Sabtu, 18 Nov 2017 05:58

    Diduga Pengedar Sabu-Sabu, Erwin 'Kastrol' Siregar Diringkus Polisi

    Petugas Opsnal Kepolisian Sektor Padang Bolak meringkus Erwin Siregar (41), warga desa Gunung Tua Tonga, Kecamatan Padang Bolak, beserta barang bukti jenis Sabu-sabu. Diduga, tersangka Erwin merupakan

  • Kamis, 12 Okt 2017 05:52

    Ulama Apresiasi Sumut Paten

    Sejumlah tokoh ulama Sumatera Utara bersilaturahmi dengan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi di rumah dinas Jalan Jenderal Sudirman Medan, Senin (9/10/2017).Mereka yang hadir di antara

  • Kamis, 05 Okt 2017 19:05

    LPM Unimed Diseminasi Teknologi Pembelajaran di Sumatera Barat

    Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan gencar melakukan kegiatan peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya di Sumatera Utara akan tetapi sampai ke propinsi lain. Dalam keg

  • Rabu, 04 Okt 2017 20:04

    PKB Tetapkan Muhammad Isnandar Calon Walikota Padangsidimpuan

    Dewan Pimpinan Pusat PKB menetapkan kader terbaiknya H Muhammad Isnandar Nasution, S.Sos. sebagai bakal calon Walikota pada Pilkada serentak 2018 kota Padangsidimpuan.Surat keputusan penetapan H M Isn

  • Senin, 25 Sep 2017 23:05

    Dr Arbanur Rasyid Terpilih Pimpin Ketua PRSI Padangsidimpuan

    Dr Arbanur Rasyid pimpin ketua umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Padangsidimpuan periode 2017-2021 berdasarkan hasil rapat pleno bersama yang dihadiri pengurus sementara. Ketua

  • Kamis, 14 Sep 2017 06:14

    Partai Demokrat Tutup Pendaftaran Calon Walikota Padangsidimpuan

    Pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan periode 2018-2023, berdasarkan hasil penjaringan Partai Demokrat Kota Padangsidimpuan resmi ditutup.Ketua Tim Penjaringan, Calon Walikota

  • Selasa, 29 Agu 2017 16:59

    Tengku Erry Daftar Ke Demokrat

    Tengku Erry Nuradi kembali menjalin komunikasi politik dengan sejumlah partai politik dalam rangka persiapan menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Gubernur Sumut 2018 mendatang.

  • Rabu, 23 Agu 2017 08:13

    10 Pejabat Bergelar Doktor di Pemprov Sumut

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengingatkan pimpinan SKPD dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Provinsi Sumatera Utara senantiasa meningkatkan kualitas diri.

  • Jumat, 18 Agu 2017 12:18

    Tengku Erry Lepas Pawai Pembangunan Menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI

    Puluhan ribu warga masyarakat antusias menyaksikan pawai pembangunan dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di sepanjang Jalan Diponegoro Medan, Kamis (17/08/2017).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak