Minggu, 24 Jun 2018 13:58
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Dinilai Bijaksana, Tengku Erry Dinobatkan Sebagai Ninik Mamak Sumut

Dinilai Bijaksana, Tengku Erry Dinobatkan Sebagai Ninik Mamak Sumut

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Rabu, 26 Jul 2017 17:16
Dok
Penyematan gelar Ninik Mamak pada Tengku Erry
Selamat Puasa Paluta
Keluarga Besar Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) menobatkan Tengku Erry Nuradi yang saat ini menjabat Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) sebagai Ninik Mamak.

Pemberian kehormatan ini dilakukan di sela-sela kegiatan halal bihalal keluarga besar DPW PKDP Sumut di Gubernuran Jalan Sudirman No 41 Medan, Selasa (25/7/2017) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Dewan Pembina DPP PKDP Mayjen TNI (Purn) Syamsul Djalal, Ketua DPP PKDP Asmara Jaya, Ketua PKDP Sumut Farianda Putra Sinik, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, tokoh adat, tokoh agama dan juga ratusan masyarakat Minang di Sumut dan Kota Medan khususnya. Selain itu turut hadir Sekretaris Umum BM3 Sekretaris HM Yunan Sirhan, tokoh masyarakat yang juga mantan Walikota Medan Abdillah serta sejumlah pimpinan SKPD Provsu yang juga berdarah Minang.

"Kami telah sepakat dan mohon keizinan Pak Gubernur menjadi Ketua Ninik Mamak kami di Sumut ini karena beliau orang yang bijaksana," ucap Ketua Dewan Pembina DPP PKDP didampingi Ketua DPP PKDP, Ketua PKDP Sumut dan Sekretaris Umum BM3 Sumut.

Sebelumnya saat memberikan kata sambutan Ketua Dewan Pembina PKDP Syamsul Djalal mengucapkan terima kasih atas sambutan dan kesediaan Gubernur Sumut menggelar Halal Bihalal sekaligus jamuan makan makan malam bersama keluarga besar PKDP.

"Saya melihat Pak Gubernur ini orang yang sangat dekat dengan masyarakatnya. Kalau mau sehat memang harus bersilaturahmi, kalau mau panjang umur dengan bersilaturahmi dan kalau mau mendapatkan keberkahan tentu dengan bersilaturahmi," ujarnya.

Selama dua tahun kepemimpinan sebagai Gubsu, lanjut Syamsul Djalal, telah banyak perubahan ke arah yang lebih baik dilakukan Tengku Erry. Salah satunya menjaga kekondusifan Sumut ditengah kebhinnekaan, suku, adat istiadat, dan agama.

"Ini bukan bicara soal dukung mendukung. Pertemuan ini adalah ajang silaturahmi. Tapi kalau saya ditanya, Tengku Erry masih pantas memimpin Sumut. Dan saya siap membantu Pak Gubernur," ujar mantan Danpuspom ABRI tersebut disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Senada dikatakan Ketua PKDP Sumut Farianda Putra Sinik. Dia mengatakan bahwa kesempatan yang diberikan Gubernur Sumut Tengku Erry bersilaturahmi dengan keluara Besar PKDP patut diapresiasi. Meskipun ditengah aktifitasnya yang begitu padat Gubsu Erry masih mengedepankan silaturahmi dengan warga Sumut.

"Atas kesempatan malam ini kami merasa tersanjung. Alhamdulillah 24 puak, nagari-nagari hari ini hadir bersama bersilaturahmi dengan Bapak Gubernur. Tentu perhatian yang diberikan Pak Gubernur akan kami ingat selalu,"ujar Farianda.

Sementara itu Tengku Erry Nuradi dalam sambutannya mengucapkan ribuan terimakasih atas kepercayaan warga Piaman yang menobatkan dirinya sebagai Ninik Mamak. Penobatan ini lanjut Erry akan menjadi motivasi bagi dirinya untuk membangun Sumut.

"Tentu saya sangat berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan masyarakat. Silaturahmi ini harus terus terjalin. Apalagi malam ini banyak tokoh adat dan budaya yang hadir dari Jakarta. Ini akan menjadi motivasi bagi saya ke depan, "ujar Erry.

Dalam kesempatan itu Erry juga mengingatkan perlunya rasa persatuan dan kesatuan dipelihara. Karena sebagai bangsa yang besar, sudah ditakdirkan Indonesia sebagai negeri yang berbilang kaum.

"Pengalaman kita dijajah selama tiga ratus tahun harus menjadi pembelajaran bagi kita. Salah satu alasan kita bisa dijajah karena kita mudah dipecah belah. Oleh karenanya mari kita pelihara persatuan dan kesatuan. Jadikanlah perbedaan itu sebuah keindahan seperti pelangi yang berwarna-warni," ucap Tengku Erry.

Editor: Sam

T#g:PADANGPaten
Berita Terkait
  • Rabu, 06 Jun 2018 20:06

    Djarot: Ini Semangat Baru DJOSS Yang Paten

    Calon Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat menjadi perhatian dan rebutan ibu-ibu untuk bersalaman dan berfoto bersama.

  • Jumat, 01 Jun 2018 15:21

    Djarot Minta DJOSS PATEN Rebut Simpati Masyarakat Dengan Santun

    Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat mengapresiasi kehadiran relawan Pak Tengku Erry Nuradi (PATEN) bergabung dan siap memenangkan pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (DJOSS) p

  • Selasa, 22 Mei 2018 18:22

    Tim Pemenangan Tengku Erry Dukung Djarot-Sihar

    Sejumlah elemen, relawan dan simpatisan yang tergabung dalam tim pemenangan Tengku Erry Nuradi ikut bergabung mendukung pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumut nomor urut 2, Djarot Saiful Hidayat

  • Senin, 21 Mei 2018 13:11

    Jokowi Resmikan KA Minangkabau Ekspres

    Setelah menjalani masa uji coba melayani penumpang sejak 1 Mei 2018 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi), didampingi Ibu Negara Iriana, meresmikan beroperasinya Kereta Api (KA) Bandara Internasional Mi

  • Senin, 16 Apr 2018 12:46

    Yakinkan Djoss Bawa Perubahan, "KITA Bang Djarot" Bagi-Bagi Stiker di Padangsidimpuan

    Tim Relawan KITA (Komunitas Cinta) Bang Djarot Kota Padangsidimpuan, Sumut, membagikan sejumlah stiker kepada masyarakat, Minggu (15/4/2018).

  • Kamis, 29 Mar 2018 10:49

    Kunker ke Korem 032/Wirabraja, Pangdam I/BB disambut yel-yel Yonif 133/YS

    Kedatangan Pangdam I/BB beserta rombongan disambut langsung oleh Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Mirza Agus, S.I.P beserta Para Kasi, Dandim, Danyon serta para Dan/Ka Satdisjan Korem 032/Wbr di Mako Yonif

  • Sabtu, 10 Mar 2018 04:00

    Inovasi: Kasat Lantas Sijunjung Kenalkan Mobil Pustaka Keliling ke Sekolah

    Selama ini jika disebut nama Polantas (Polisi Lalu Lintas), maka selanjutnya yang akan terbayang dibenak kita adalah razia, tilang dan baju seragam polisi berompi terang berdiri di perempatan lampu me

  • Rabu, 07 Mar 2018 02:57

    Djarot: Seperti Siantar, Betor Sidempuan Juga Dilestarikan

    Dalam kunjungannya di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), Selasa (6/3/2018), Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat mencoba mengendarai becak bermotor (betor) vespa khas Kota Padang Sidem

  • Jumat, 09 Feb 2018 21:49

    Gubernur Minta Insan Pers Sumut Ikut Luruskan Informasi Hoax Dan Hasutan

    Gubsu Tengku Erry Nuradi bersama tokoh-tokoh Pers Sumut hadir pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018 yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo, di kawasan Danau Cimpago dan Pantai Pada

  • Jumat, 09 Feb 2018 08:09

    Bertemu Istri-istri Wartawan Sumut di Padang, Gubsu Pesan Dukung Profesi Suami

    Gubsu Tengku Erry Nuradi bertemu istri-istri wartawan Sumatera Utara saat mencicipi kuliner Sate Mak Syukur (SMS) di Jalan Sutan Syahrir, Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (8/2/2018) mala

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak