Senin, 18 Jun 2018 22:39
Iklan Paslon Paluta

Diduga Pungli Sertifikat Guru, Kadisdik Dairi didemo Mahasiswa

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam
Rabu, 11 Apr 2018 15:11
Dok
Massa berorasi sambil membawa poster yang bergambar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi, Rosema Br. Silalahi, Rabu (11/4).
Selamat Puasa Paluta

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Membaca (Gema-Baca) dan Gerakan Rakyat Anti Diskriminasi (Garansi) mendatangi kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Jalan A.H Nasution Medan, Rabu (11/4/2018).

Kedatangan massa ini untuk menyampaikan adanya dugaan Pungutan Liar (Pungli) pada Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi kepada Guru-guru yang baru mendapatkan sertifikat sertifikasi.

Pantauan UTAMANEWS di lapangan, massa berorasi sambil membawa poster yang bergambar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi, Rosema Br. Silalahi, dan mendesak Kejatisu agar segera memanggil dan memeriksa Kadisdik Dairi tersebut untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya yang diduga telah melakukan Pungli pada 2.000 orang tenaga pendidik/guru.




"Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi telah mencoreng dunia pendidikan, dimana SK Sertifikasi Guru yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTPK) kepada 2.000 orang tenaga pendidik pada tahun 2016 dan 2017 yang seharusnya tenaga pendidik tersebut tidak mengeluarkan uang untuk pengambilan fotokopiannya. Namun Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi mewajibkan tenaga pendidik yang mendapatkan sertifikasi untuk membayar salinan fotocopy-an tersebut dengan tarif Rp250.000,- sampai dengan Rp 300.000,- Sehingga total imbalan/fotokopian yang dikutip ataupun dipungli Rosema Silalahi selama 2 tahun berturut- turut sebesar Rp3,6 Milyar. Ini artinya Rosema Br Silalahi diduga telah menyalahgunakan wewenang jabatannya," ungkap Korwil Garansi Sumut, Henri Sitorus.

Maka dari itu, lanjutnya, kami datang ke depan Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara ini agar Kejaksaan segera memanggil dan periksa Rosema Br. Silalahi atas kasus dugaan pungli tersebut.

Senada dengan hal di atas, Ketua Umum Gerakan Masyarakat Membaca Sangkot Simanjuntak menambahkan agar Bupati Dairi, KRA Johnny Sitohang Adinegoro, mengevaluasi dan mencopot Kepala Dinas Pendidikan Kab. Dairi Rosema Br. Silalahi dari jabatannya.

"Kami mendesak Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro agar mengevaluasi dan mencopot Kepala Dinas Pendidikan Kab. Dairi Rosema Br. Silalahi dari jabatannya. Karena dinilai telah langgar dan kangkangi Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 serta menyalahgunakan wewenang jabatannya dengan melakukan pungli kepada 2.000 orang tenaga penindidik", jelas Sangkot.

Setelah berorasi kurang lebih satu jam, perwakilan dari Kejatisu, Yosgernold Tarigan, Humas Kejatisu mendatangi massa dan berjanji akan menyampaikan kepada pimpinan kasus dugaan Pungli yang disampaikan dari Garansi dan Gemabaca.

"Ucapan terimakasih kepada rekan-rekan dari Gemabaca dan Garansi yang siang hari ini menyampaikan informasi kasus adanya dugaan pungli pada Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi, tentunya kami akan menyikapi ini. Dan hal ini sudah sampai kepada pimpinan dan kita menunggu proses dan kebijakan pimpinan. Dalam penanganan kasus Pungli ini sesuai dengan ketentuan hukum kita sepakat bahwa kita harus mematuhi ketentuan hukum dan bukan melanggar aturan dan ketentuan hukum itu sendiri. Kita akan cek ke Kejaksaan Negeri Dairi apakah sudah pernah menangani kasus ini. Hal tersebut tidak terlepas dari kebijaksanaan pimpinan. Kehadiran rekan- rekan ini kami terima dan kami sampaikan lagi ke pimpinan. Demikian yang bisa saya sampaikan, saya ucapkan terimakasih.
Hidup Mahasiswa. Hidup Rakyat," tutup Yosgernold Tarigan.

Editor: Erickson

T#g:DairiGuru
Berita Terkait
  • Senin, 11 Jun 2018 18:11

    Ikatan Guru Madrasah Sumut Deklarasikan Dukungan Untuk DJOSS

    Dukungan berbagai elemen masyarakat untuk pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (DJOSS) terus mengalir. Sebelumnya beberapa perkumpulan serikat buruh mendeklarasikan dukunganya kepada pasangan Djarot-Sihar (DJOSS).

  • Minggu, 10 Jun 2018 16:50

    "Handphone saya mati, Bagaimana negara luas tanpa komunikasi?"

    Berikut adalah potongan pidato kampanye calon Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu di Desa Pardomuan Kecamatan Siempat Nempu Hilir, kemarin, Sabtu (9/6/2018). Kampanye ini dihadiri juga oleh calon Waki

  • Senin, 04 Jun 2018 21:34

    Sihar Ajak Maknai Pesan Taman Wisata Iman di Kabupaten Dairi

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus mengajak memaknai keberadaan Taman Wisata Iman di perbukitan Desa Sitinjo Kecamatan Sitinjo Kabupaten Dairi. Ini dikatakannya saat berkunjung ke sana, Minggu (3/6/2018) kemarin.

  • Sabtu, 02 Jun 2018 23:12

    Sihar Ajak Warga Dairi Jadi Bagian Perubahan Menuju Kemajuan

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus mengajak warga Dairi untuk menjadi bagian dari perubahan dan kemajuan Provinsi Sumut ke depannya.

  • Sabtu, 02 Jun 2018 07:32

    Sihar Ngumpul di "Rumahku Djoss" di Dairi

    Pendidikan dan hasil pertanian berkualitas menjadi harapan bagi warga pada kepemimpinan pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus mendatan

  • Selasa, 08 Mei 2018 23:08

    Djarot Akan Tambah Insentif Guru Honor

    Tidak hanya masyarakat di Kecamatan Sei Lepan, namun masyarakat di Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat sangat antusias menyambut kehadiran Calon Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat.Sedikit

  • Sabtu, 05 Mei 2018 11:35

    Kantor Bupati Tapteng Didemo Guru Honorer

    Gideon Purba bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam Forum Honorer Kategori 2 (FHK2) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Tapanuli Tengah melakukan unjuk rasa di depan Kantor Bupati Tapteng, Jumat (4/5/2018).

  • Rabu, 28 Mar 2018 05:28

    Sihar Dorong Kawasan Hamparan Perak Jadi Daerah Khusus Sejarah

    Cawagub Sumatera Utara (Sumut) Sihar Sitorus menyambangi Desa Lama Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, Senin (26/3) siang. Di hadapan masyarakat Hamparan Perak, Sihar menilai Hamparan Per

  • Selasa, 20 Feb 2018 17:10

    Pangudi Luhur: Tidak Ada Masalah dengan SKPI Sihar

    Beberapa waktu lalu, persoalan ijazah para calon yang mengikuti konstalasi Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) menjadi perbincangan dan sorotan publik. Sampai-sampai, permasalahan itu dibawa-baw

  • Jumat, 16 Feb 2018 15:46

    Guru Al-Washliyah Mengadu ke Djarot-Sihar

    Sejumlah guru honorer yang bertugas di kecamatan Galang, Sumut, mengadu kepada Pasangan Calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara, Djarot Sihar. Mereka menyampaikan keluhan mereka tent

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak