Sabtu, 18 Agu 2018 11:36

Diduga Anggota Dewan Palas Garap Proyek Senilai Rp1,6 M Lebih

Palas (utamanews.com)
Oleh: Sofyan Siregar
Minggu, 04 Feb 2018 20:24
Dok
Kantor DPRD Kabupaten Padang Lawas

Ketua Fraksi Golkar yang disebut-sebut adek kandung Bupati Palas berinisial "AH" diduga menggarap proyek pembangunan jembatan gantung di Desa Tanjung Morang Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. 

CV. Rian Mandiri sebagai pelaksana,  proyek pembangunan ini, anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Umum senilai Rp1.6 milyar lebih,- dengan nomor kontrak 630/04/WIL-II-BM/SPKKHS/IX/2017, dan telah masuk masa denda sejak 1 Januari 2018, dan diduga hingga kini pengerjaan jembatan gantung tersebut belum rampung. 

Salah seorang Pemuda Palas, Afif Purnomo, SPdi, di Sibuhuan, Sabtu (3/2) mengatakan, "Bagaimana pembangunan di Kabupaten yang kita cintai ini akan maksimal, jika diduga adek Bupati Palas yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi  menggarap proyek. Dan disinyalir tidak hanya ini paket proyek yang digarapnya."

Katanya lagi, "Bagaimana mungkin Visi Misi Bercahaya, yang dicanangkan Bupati akan tercapai jika hal ini terus menerus berlangsung, dan seolah-olah ada pembiaran dan persetujuan dari Pemerintah setempat, sementara yang diharapkan mereka menjadi pengawas dalam pembangunan, bukan sebagai kontraktor."



Pemuda Palas lainnya, Zulkarnaen Lubis SE,  Minggu (4/2) di Sibuhuan menduga  modus yang dilakukan para anggota Dewan tersebut dengan menggunakan nama orang lain atau kerabat dekat  sebagai direktur/kuasa direktur, sementara pejabat yang berwenang mengetahui bahwa paket proyek tersebut milik salah satu anggota Dewan.

"Seperti dugaan yang dilakukan oknum anggota Banggar DPRD Palas "HFAN", pada pembangunan peningkatan jalan SP-Provinsi Batang Bulu-Simarulak, senilai Rp.1,6 milyar lebih, pelaksana PT. Razasa Karya berukuran 4 M x 2000 M, sumber anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang prasarana jalan T.A 2017, nomor kontrak  620/02WIL III-BM/DAK/SPKKHS/V/2017," paparnya.

"Memang, Undang-undang-RI Nomor 17 Tahun 2014, pasal 400 ayat (2) tidak menjelaskan sanksi tentang larangan Anggota DPRD kabupaten/kota melakukan pekerjaan yang ada hubungannya dengan wewenang dan tugasnya. Namun, secara etika dan integritas Dewan tersebut yang perlu dipertanyakan, karena diduga setiap tahun mereka garap proyek Pemkab Palas dengan nilai milyaran rupiah. Pantas saja aspirasi masyarakat dan mahasiswa tidak pernah ditindak lanjuti/ditanggapi karena sibuk ngurusin proyek," ungkapnya.

Zulkarnaen meminta kepada penegak hukum untuk memeriksa atas kepemilikan paket proyek tersebut, dan memberikan sanksi sebagaimana hukum yang berlaku di NKRI ini. "Dan diharapkan BPK-RI, berkenan mengaudit seluruh proyek pembangunan di Palas", pungkasnya.
Editor: Tommy

T#g:DPRDgolkarPalasproyek
Berita Terkait
  • Kamis, 16 Agu 2018 15:16

    Segenap Anggota DPRD Labuhanbatu Mengucapkan Dirgahayu HUT RI Ke-73

    Kami atas nama Pimpinan dan seluruh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Labuhanbatu mengucapkan Dirgahayu Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia yang bertemakan "Kerja Kita Prestasi Bangsa.

  • Rabu, 15 Agu 2018 06:35

    Haris Nixson Tambunan SH Maju Jadi Caleg DPRD Sumut

    Haris Nixson Tambunan SH adalah Putra Kota Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu. Dahulunya, orangtua (Ayahanda) Haris Nixson Tambunan, bertugas di Kodim 0209/Labuhanbatu. Semenjak dari kecil Sang Penga

  • Minggu, 12 Agu 2018 16:32

    Dr. Suhendro SH, MHum: KPU Palas Diduga Telah Mengeyampingkan Asas Hukum

    Terkait Penetapan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan tahun 2018, Kuasa Hukum pasangan calon nomor urut 1 Tondi Rani Tua-Syarifuddin Hasibuan, DR. Suhendro SH, MHu

  • Minggu, 12 Agu 2018 09:22

    Toilet Gedung DPRD Labuhanbatu Jorok, Kasubbag Umum: Anggarannya Ada

    Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Labuhanbatu berada di Jalan Sisingamangaraja Kelurahan Lobusona Kecamatan Rantau Selatan, persisnya di Jalan Lintas Sumatera Utara (Jalinsum) Kabupaten

  • Rabu, 08 Agu 2018 15:58

    Kunjungan Tim Reses I Dapil I DPRD Kabupaten Labuhanbatu

    Tim reses I anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu dalam Daerah Pemilihan (Dapil) I melaksanakan kegiatan di Lingkungan Bangunan Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Rantau

  • Selasa, 07 Agu 2018 08:57

    Andi Suhaimi Targetkan Golkar Raih 17 Kursi di DPRD Labuhanbatu

    DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan rapat konsolidasi untuk menyongsong Pemilu Legislatif 2019, di aula Golkar, jalan SM Raja Kelurahan Bakaranbatu Kecamatan Rantau Selatan, Senin (6/8/18).

  • Jumat, 03 Agu 2018 11:13

    Plt Bupati Labuhanbatu Minta APBD 2019 Transparan

    Dalam menindak lanjuti Perpres No. 54 tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi yang tertuang pada Pasal 3 Fokus Stranas PK meliputi Perizinan dan Tata Niaga, Keuangan Negara; dan Penega

  • Senin, 30 Jul 2018 18:30

    Warga Palas Berharap Infrastruktur Jalan Segera Diperbaiki

    Warga masyarakat di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) sangat berharap perhatian dan kepedulian dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah setempat, untuk segera memperbaiki k

  • Rabu, 25 Jul 2018 11:55

    H Solahuddin Nst Mundur Dari Kepengurusan Partai Golkar Sumut

    H. Solahuddin Nst SE, MS.i Wakil Ketua DPD PartaI Golkar Sumatera Utara secara resmi mengajukan surat pengunduran diri dari kepengurusan Partai Golkar Sumatera Utara.

  • Selasa, 24 Jul 2018 19:24

    Walikota Sampaikan Nota Pengantar Ranperda Tentang LPP APBD

    Walikota Tebing Tinggi Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan, MM dalam hal ini diwakili Wakil Walikota Tebing Tinggi Ir.H.Oki Doni Siregar menyampaikan nota pengantar Rancangan Perda tentang laporan pertanggungj

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak