Kamis, 19 Okt 2017 14:12

Bobby Dalimunthe: Jangan sebut siswa siluman

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam
Sabtu, 16 Sep 2017 13:46
Dibaca: 179 kali
Dok
Bobby Dalimunthe

Kisruh Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) belum menemukan solusi pasti.

Rekomendasi Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara untuk meminta orang tua siswa PPDB no online agar memindahkan anak mereka ke sekolah swasta menjadi polemik. 

Sesuai keterangan Kadis Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, yang menyatakan bahwa siswa yang masuk melalui jalur PPDB no online tidak akan mendapat nomer induk siswa. Ini artinya siswa tersebut tidak bisa mengikuti Ujian Nasional (UN) untuk menyelesaikan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Rekomendasi Ombudsman tersebut mendapat penolakan dari orang tua siswa yang tetap menginginkan anak mereka sekolah di SMA awal mereka masuk. 

Seperti diketahui, bahwa beberapa sekolah negeri menerima siswa didik tanpa melalui proses PPDB yang sudah di terapkan secara online. Orang tua siswa memiliki argumentasi tersendiri agar tetap mempertahankan anak mereka tetap berada di sekolah SMA Negeri, meskipun secara peraturan sanksinya adalah tidak mendapatkan nomor induk siswa.

Polemik tersebut mendapat perhatian dari pemuda Sumut yang juga pernah gagal masuk sekolah negeri favorit, Bobby Niedal Dalimunthe.

"Proses adaptasi jalur manual menuju jalur online sudah diprediksi akan menghasilkan sebuah masalah," ujar Bobby Niedal Dalimunthe yang gagal masuk ke SMA N 7 Medan ini. 

Menurutnya, selain permasalahan mau dibawa kemana siswa jalur PPDB no online tersebut, kesiapan dinas terkait dalam menggelar penerimaan jalur online juga dipertanyakan. 

"Problem siswa masuk jalur secara manual itu alasan klasik, pemerintah seharusnya menyediakan fasilitas yang canggih, sehingga calon siswa pada saat mendaftar tidak mendapat kendala server down atau overload, jadi kegiatan calon siswa tidak menunggu di depan komputer selama 24jam," ujar Bobby Dalimunthe yang juga merupakan Ketua PKC PMII SUMUT.

Ketidaksiapan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara untuk menerapkan PPDB secara online diduga merupakan penyebab terjadinya orang tua siswa mengambil jalur manual untuk memasukkan anak mereka ke sekolah favorit. Sebagai bibit emas penerus bangsa, polemik ini pastinya memiliki dampak negatif secara psikologis bagi siswa dalam melaksanakan proses belajar. Terganggunya psikologis siswa akibat polemik penerimaan mempengaruhi perjalanan mereka selama berada di sekolah tersebut.

"Saya meminta kepada teman-teman pers untuk tidak menyebut siswa bermasalah tersebut dengan sebutan siswa siluman, karna penyebutan tersebut sudah menjadi pemberitaan yang besar. Jika sebutan tersebut diadopsi siswa, bisa kita bayangkan betapa terganggunya psikologis siswa. Kita juga pernah sekolah, nama orang tua menjadi panggilan kita. Apalagi ada julukan untuk siswa-siswa tertentu," pungkas Bobby Dalimunthe yang menamatkan SMA-nya di perguruan Swasta Prayatna Medan.

Editor: Budi

T#g:DiknasIlegalPMII
Berita Terkait
  • Senin, 09 Okt 2017 20:29

    90 Mahasiswa Ikuti Mapaba PMII Palas

    Mengangkat tema, menatap pergerakan membangun solidaritas, Pimpinan​ Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kabupaten Padang Lawas (PC PMII Palas), gelar kegiatan Masa Penerimaan Anggota Ba

  • Senin, 09 Okt 2017 18:59

    Bakamla RI Tangkap Kapal Ilegal Fishing di Perairan Halmahera

    Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) berhasil menangkap sebuah kapal ikan bernama Triton yang diduga melakukan illegal fishing di Perairan Halmahera, beberapa hari lalu.Kapal Triton dit

  • Kamis, 28 Sep 2017 12:58

    Cipayung Plus: Korupsi di Sumut Tak Tuntas. Dimana KPK?

    Cipayung Plus, gabungan dari PKC PMII Sumut, GMKI Sumut, IMM Sumut dan HIMMAH Sumut mengingatkan KPK untuk segera menuntaskan kasus-kasus Korupsi di Sumatera Utara (Sumut).Hal dinyatakan dalam acara D

  • Kamis, 14 Sep 2017 13:14

    Dugaan Pemotongan Dana BOS Tingkat SD Kab. Nias Selatan

    Isu terjadinya pemotongan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada tingkat Sekolah Dasar (SD) di lingkup Dinas Pendidikan Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, dibantah oleh Kepala Bidang (Kabid)

  • Rabu, 13 Sep 2017 07:33

    Sering Bolos di Paripurna, DPRD Sumut Desak Arsyad Lubis Dievaluasi

    Beriringan dengan mencuatnya tiga ratusan siswa SMA Negeri favorit di kota Medan yang masuk melalui jalur ilegal sehingga memunculkan "kelas siluman", Arsyad Lubis selaku Kepala Dinas Pendidikan Provi

  • Rabu, 06 Sep 2017 15:06

    Bobby PMII: KPK Harus Usut Evi Diana

    Tuntutan GMKI Sumut pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menuntaskan kasus suap anggota dan mantan anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 dan anggota DPRD Sumut 2014-2019 disahuti oleh Bobby Ni

  • Senin, 28 Agu 2017 20:38

    JBMI bantu pengurusan kepulangan TKI Ilegal dari Malaysia

    Darwin Marpaung, Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Jami'yah Batak Muslim Indonesia (DPC JBMI) Kabupaten Labuhanbatu Utara, membantu pengurusan dokumen sehingga seorang warga Indonesia yang dulunya

  • Senin, 28 Agu 2017 08:08

    Bobby Dalimunthe : Suhu politik jangan sampai ganggu pembangunan daerah

    Suhu politik Sumatera Utara meningkat dengan beredarnya rekomendasi-rekomendasi partai politik dan sejumlah pernyataan dari tokoh lokal maupun nasional yang siap untuk bertarung pada Pilkada Sumatera Utara 2018.

  • Sabtu, 12 Agu 2017 18:12

    Petugas temukan 4 ekor burung Cendrawasih Papua "tak bertuan" di Kualanamu

    Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan menggagalkan penyelundupan empat ekor Burung Cendrawasih Kuning Besar (Paradisea Apoda) dari Surabaya, di Lini 1 Terminal Kargo Bandara Kuala Namu. Inform

  • Selasa, 08 Agu 2017 14:38

    Intervensi Pembangunan

    Pembangunan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan sebuah kesejahteraan suatu negara atau wilayah, yang meliputi beberapa faktor, di antaranya ekonomi, sosial, budaya dan politik.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak