Jumat, 20 Jul 2018 08:00
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Bedah Seluk-beluk Infrastruktur Sumut, MJC Gelar Diskusi Interaktif libatkan Perbankan

Bedah Seluk-beluk Infrastruktur Sumut, MJC Gelar Diskusi Interaktif libatkan Perbankan

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: MJC
Selasa, 22 Agu 2017 15:13
Dok
Sejumlah pengurus MJC foto bersama dengan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, saat melakukan audiensi untuk menyerahkan rekomendasi dari diskusi publik terkait lahan eks HGU PTPN 2, beberapa waktu lalu.
Presiden Jokowi menjadikan tahun 2017 sebagai tahun infrastruktur. Tak melulu di Pulau Jawa, Sumatera Utara (Sumut) pun dapat jatah banyak untuk pembangunan.


Terdapat beberapa progres pembangunan infrastruktur cukup monumental di Sumut, di antaranya pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai. Terakhir, pembangunan jalan tol ini sudah mencapai 90 persen.

Selain itu, untuk program kemaritiman, di Sumut tengah dibangun pelabuhan laut dalam pertama di Indonesia, yakni Pelabuhan Kuala Tanjung yang direncanakan akan diresmikan Presiden pada tahun ini.

Namun, pemerintah menyadari pembiayaan untuk gagasan besar membangun berbagai infrastruktur, tak dapat dipenuhi hanya dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) semata. 

Maka, untuk memetakan manfaat turunan positif dalam hal pembangunan infrastruktur, serta nilai tambah terutama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, Medan Jurnalis Club (MJC) mengadakan diskusi publik membahas isu tersebut.

MJC yang berisi para jurnalis lintas media di Sumut, mengagendakan diskusi ini berlangsung intensif, dengan menghadirkan berbagai narasumber dari latar belakang berbeda, seperti perbankan, pelaku jasa konstruksi, serta pemerintah dalam hal ini, Dinas Bina Marga Provinsi Sumut.

"Pendanaan pembangunan infrastruktur non-APBN dinilai mempunyai peranan penting dalam mendukung program pemerintah, dan mempercepat pembangunan berbagai proyek infrastruktur di Tanah Air," ujar Ketua Panitia kegiatan Irfan Azmi Silalahi, Selasa (22/8).

Irfan menjelaskan, pembangunan infrastruktur yang tengah digalakkan pemerintah secara besar-besaran, tetap memerlukan peran swasta, termasuk perbankan.

Untuk itu, diskusi ini akan membedah sejauh apa progres pembangunan infrastruktur di Sumut, serta bagaimana para stakeholder (pemangku kepentingan) termasuk lembaga keuangan seperti perbankan nasional berkontribusi terhadap gagasan pemerintah.

Apalagi, kata dia, pemerintah mempercayai peningkatan investasi dan daya saing tak akan terwujud tanpa dukungan infrastruktur memadai, yang sekaligus merupakan amanat butir ke-6 Nawacita: Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bagsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya.

"Diskusi ini ditujukan untuk memetakan manfaat turunan yang positif, serta nilai tambah terutama untuk masyarakat agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," sambungnya.

Dijadwalkan, diskusi yang mengusung tema Peran Perbankan dalam Infrastruktur di Provinsi Sumut berlangsung pada Kamis, 24 Agustus 2017, bertempat di Medan Club, Jalan RA. Kartini, Medan, mulai pukul 10.00 WIB.

Sementara Sekretaris Panitia, Samuel Nababan, menjelaskan, diskusi ini diharapkan menjadi ajang tukar pikiran antara pelaku jasa infrastruktur, pemerintah daerah, lembaga keuangan dan media, yang membuahkan resolusi positif bagi pemerintah.

"Kami, MJC, ingin mendorong keterlibatan media dalam menyampaikan progres pembangunan infrastruktur pemerintah terutama di Sumut," ucap Samuel.

Samuel menambahkan, diskusi ini dianggap penting karena Sumut dinilai pemerintah secara geografis memiliki posisi sangat strategis, karena berada di jalur pelayaran internasional Selat Malaka.

Dengan posisi strategis itu, Sumut diharapkan bisa dikembangkan untuk hub internasional yang selanjutnya ikut menggerakkan perekonomian wilayah-wilayah lain di Pulau Sumatera.

"Ini sangat mendukung perkembangan aksesibilitas Sumut yang terus tumbuh dinamis, meski untuk merealisasikannya masih ditemui kendala-kendala, termasuk dalam hal penyediaan pembiayaannya. Maka pada diskusi ini akan dikupas kendala-kendala yang akan dihadapi," ujarnya.

Pihaknya berharap, diskusi yang dihadiri para jurnalis tersebut menjadi ajang untuk sharing, bertukar gagasan dan sumbang saran yang bermanfaat bagi kelanjutan pembangunan proyek infrastruktur nasional termasuk di Sumut.

Ia menambahkan, MJC sebagai wadah bernaungnya para jurnalis di kota Medan rutin menggelar seminar atau diskusi publik, membahas berbagai persoalan atau isu yang tengah hangat diperbincangkan di tengah masyarakat. 

"Jadi diskusi ini kegiatan yang kasekian kali dilaksanakan MJC," pungkasnya.

Editor: Budi

T#g:InfrastrukturMJC
Berita Terkait
  • Selasa, 17 Jul 2018 09:57

    Refleksi HUT Ke-11 Pemkab Palas, Warga Desak Pemerintah Perbaiki Infrastruktur Jalan

    Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Pemkab Palas) genap berusia 11 tahun pada tanggal 17 Juli 2018, setelah resmi dimekarkan dari Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) pada 17 Juli 2007 silam. Namun

  • Jumat, 29 Jun 2018 09:59

    Infrastruktur Indonesia Siap Menunjang Kelancaran Asian Games 2018

    Perhelatan akbar olahraga antar negara di kawasan Asia, Asian Games 2018, akan segera digelar di Indonesia. Pesta olahraga terbesar di Asia tersebut akan dilaksanakan tanggal 18 Agustus-2 September 20

  • Rabu, 27 Jun 2018 22:27

    Tengku Erry: Pembangunan Di Daerah Harus Sejalan Dengan Pemerintah Pusat

    Mantan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Tengku Erry Nuradi menyebutkan, koordinasi antara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Forum Satker Instansi Vertikal mutlak dilakukan dan terus berkesinambungan.I

  • Sabtu, 02 Jun 2018 12:12

    Sihar Targetkan Taput-Labuhanbatu Harus Punya Jalan Penghubung

    Cawagub Sumatera Utara (Sumut) Sihar Sitorus menargetkan jalan provinsi penghubung Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) dan Labuhanbatu dapat dilintasi dan dijangkau dengan baik. Target tersebut harus ter

  • Senin, 07 Mei 2018 17:17

    Kapolres: Kondisi Jalan Nasional di Tapanuli Selatan Rusak Berat

    Kondisi jalan nasional lintas tengah tepatnya di Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) tampak dipenuhi lubang. Tidak hanya berlubang, kondisi jalan di kawasan tersebut juga berg

  • Rabu, 18 Apr 2018 20:08

    Akses Jalan ke Afedling III PTPN4 Sosa Mirip Kolam Buaya

    Warga masyarakat yang bermukim di daerah Disbun Desa Ujung Batu Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas) merasa resah dengan kondisi dan keadaan badan jalan akses menuju ke lokasi Afdeling III PTPN4 Sosa yang mirip kolam buaya.

  • Jumat, 13 Apr 2018 06:33

    Terungkap dalam Musrenbang 2018, Ini Tugas Berat untuk Gubsu Mendatang

    Tugas berat dan pekerjaan rumah menumpuk akan diemban pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara 2018-2023 mendatang. Persoalan ketimpangan pembangunan menjadi hal yang harus d

  • Selasa, 03 Apr 2018 16:33

    Minta Jalannya Dibenahi, Warga Desa Bakaran Batu Nyatakan Tolak Politik Uang

    Warga Desa Bakaran Batu Malasori, Dolok Masihul, Serdang Bedagai meminta Sihar Sitorus melakukan pembenahan jalan di kampung mereka. Karena, kerusakan jalan selama ini sangat mengganggu aktivitas mere

  • Sabtu, 24 Mar 2018 07:24

    Pemko Sibolga Akui Perekonomian Alami Penurunan

    Pemerintah Kota Sibolga mengakui bahwa perekonomian di kota ini mengalami penurunan.

  • Senin, 05 Mar 2018 16:25

    Siapapun Gubsu dan Bupatinya, Warga Minta Jalan Provsu di Palas Diperbaiki

    Sejumlah warga masyarakat di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) sudah berulangkali menyampaikan persoalan perbaikan infrastruktur badan jalan Provinsi Sumut (provsu) yang terbentang di daerah ini.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak