Jumat, 19 Apr 2024 12:04
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Ainal dengan Segudang Prestasi Musik Budaya Minang

MEDAN (utamanews.com)

Oleh: Eileen Publisher

Kamis, 24 Mei 2018 06:24

Eileen Publisher
Ainal sebagai pemusik di acara Pagelaran Budaya Minangkabau IMIB USU
Pria tinggi dan berkulit kuning langsat yang satu ini sering sekali disapa dengan sebutan Ainal. Ia memiliki nama lengkap Ainal Syabri. Mahasiwa aktif Semester VI, Jurusan Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara berasal dari Padang Panjang, Sumatera Barat. 

Walaupun sudah merantau ke Tanah Deli, Medan, Sumatera Utara tak lantas membuat dirinya tidak bisa berkarya lagi. 
Ainal Syabri memiliki talenta dalam dunia seni musik daerah Minangkabau maupun musik modern. 

Alat musik daerah yang dikuasai Ainal ialah talempong, saluang, bansi, rebana, dan randai. Pada musik modern, Ainal sangat menguasai alat musik saxophone, gitar, dan drum.

Melihat begitu banyak talenta yang dimiliki Ainal, sering sekali ia terpacu untuk mengikuti berbagai macam kompetisi untuk mengasah seberapa jauh tingkat kemampuannya. Melalui latihan yang rutin, kerja keras, usaha, dan niat membawa Ainal berkompetisi hingga tingkat internasional. 

Prestasi-prestasi yang telah berhasil dicetak Ainal ini tentu telah mengharumkan nama Sumatera Barat dan Indonesia. Salah satu prestasi yang pernah diraih Ainal ditingkat nasional ialah menjadi Juara 1 lomba musik Tradisional di Solo pada tahun 2014. Pada tahun 2011 dan 2014, Ainal terpilih menjadi bagian dari Grup yang terpilih sebagai Launching Tour de Singkarak di Bali dan Jakarta.

Di tingkat internasional, tahun 2010 yang lalu, Ainal terpilih menjadi Penampil Istimewa Kesenian Tradisi Minangkabau di Thailand dilanjut pada tahun 2018 Ainal menjadi perwakilan Indonesia sebagai pelatih dan pemusik dalam ajang Indonesia, Malaysia, Thailand, Growth Triangle (IMT-GT) di Gelangang Mahasiswa USU yang merupakan program dari Kementrian Luar Negeri Indonesia.

Ainal yang menyadari akan pentingnya melestarikan budaya Minang terpanggil untuk berbagi ilmu seni musik daerahnya kepada teman-temannya sesama Suku Minang. 

Di Kota Medan sendiri, Ainal pun mengembangkan karya seninya yaitu memberikan dirinya menjadi pelatih sukarelawan alat musik Minang pada Lembaga Kesenian USU dan Ikatan Mahasiswa Imam Bonjol. Tujuan utama Ainal tergabung dalam organisasi ini untuk mengajak teman-temannya semakin mencintai budaya Minang agar tetap terjaga keindahannya dan tidak punah ditelan zaman yang sudah melupakan budaya dan adat-istiadat.

Dalam dunia seni musik modern, Ainal menjadikan itu sebagai sumber mata pencahariannya. Diketahui belakangan ini Ainal sering sekali diundang pihak gereja sekitar Kota Medan untuk mengiringi lagu-lagu pada saat ibadah. Disana ia sering  diminta untuk bermain saxophone. Walaupun berbeda keyakinan dengan Ainal, yang mana ia adalah seorang Muslim, tak lantas membuat Ainal lepas tangan begitu saja. Bagi Ainal, musik merupakan sarana yang dapat mempersatukan orang-orang yang saat ini sering sekali termakan dengan isu SARA yang sedang hangat-hangatnya terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Nama Ainal Syabri yang sebelumnya tidak pernah terdengar di Kota Medan, pelan-pelan semakin diketahui  masyarakat karena prestasi dan pencapaian yang ia miliki. Walaupun bukan asli putra daerah, bagi Ainal berkarya dapat dilakukan dimana dan kapan saja. 

"Poin terpenting dari sebuah kesuksesan ketika seseorang mau berusaha, belajar, dan berdoa," ujarnya.

Editor: Tessa

T#g:Minangpublisher
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait
  • Senin, 14 Agu 2023 08:54

    Kepengurusan Bundo Kanduang Binjai Dilantik Wali Kota

    Kepengurusan Bundo Kanduang yang baru saja dilantik dan dikukuhkan diharapkan mampu menjalankan tugas dan mengemban amanah yang diberikan dengan baik, sehingga acara pelantikan ini tidak hanya sekadar


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️