Rabu, 27 Sep 2017 01:12

Binrohtal bagi Tahanan Mapolres Langkat

2 Tahanan Polres Langkat minta "disyahadatkan"

Langkat (utamanews.com)
Oleh: Amin Nur
Kamis, 10 Agu 2017 20:50
Dibaca: 123 kali
Dok
Tahanan Polres Langkat mendapatkan bimbingan rohani dan mental

Aparat Kepolisian Resort (Polres) Langkat, Sumatera Utara setiap tiga hari dalam sepekan memberikan bimbingan rohani, dan mental (Binrohtal) terhadap para tahanan di sel Mapolres, Jalan Proklamasi Stabat.

Bagi yang beragama muslim, yang memang tidak mengerti sholat juga diajari dengan cara praktik langsung bagaimana  bacaan-bacaan, dan cara-cara sholat fardu (wajib) maupun sholat-sholat Sunnah.

"Ini salah satu upaya kami dalam memperbaiki, rohani dan mental para tahanan. Mudah-mudahan yang kami lakukan ini menjadi motivasi bagi para tahanan untuk kemudian bertobat dan selalu mengerjakan yang terbaik sesuai peraturan dan juga agama," kata Kapolres Langkat AKBP Dede Rojudin melalui Kasat Tahanan dan Barang Bukti (Tahti), Iptu Joko Sumpeno, kemarin.

Menurut Joko, dari pengamatan dan pendekatan dari hati ke hati yang selalu dilakukannya dengan sabar terhadap para tahanan, ditemukan satu kesimpulan bahwa hampir semua tahanan di sel Mapolres Langkat, boleh dibilang mental spritualnya kering.

Joko yang selalu terlibat menangani langsung urusan pembinaan rohani dan mental, termasuk mengajari shalat para tahanan di Mapolres Langkat, mengungkapkan, selain banyak yang tidak paham sholat, para tahanan itu ada juga yang sama sekali tidak mengerti baca tulis.

Kepada wartawan yang melihatnya langsung saat pria yang mudah senyum itu memberikan Binrohtal kepada para tahanan mengatakan, beberapa waktu lalu ada dua orang tahanan yang minta disyahadatkan.

"Kedua tahanan yang sebelumnya mengaku beragama Budha itu, minta disyahadatkan. Mereka minta di-Islam-kan," kata Joko yang mengaku sudah hampir dua tahun ini menjadi pembimbing langsung Binrohtal para tahanan di Mapolres Langkat.

Menurutnya, kedua tahanan yang disebutnya mau memeluk agama Islam atas kemauannya sendiri itu, tertarik dengan agama Islam setelah secara diam-diam mengaku memperhatikan ketika para tahanan yang beragama​ Islam diajari sholat beserta baca-bacaan sholat.

"Memang khusus untuk tahanan yang beragama Islam, selain kita beri bimbingan rohani dan mental, terutama yang tidak mengerti shalat, juga kita ajari mereka bagaimana cara sholat dan bacaan-bacaannya. Baik untuk sholat fardu maupun yang sunnah, dengan cara praktik langsung," kata pria yang memang berlatar pendidikan agama tersebut sembari menambahkan pihaknya juga melakukan bimbingan olah raga terhadap para tahanan di Mapolres Langkat yang dalam pekan lalu berjumlah 60 orang tersebut.

Editor: Budi

T#g:LangkatMualaf
Berita Terkait
  • Sabtu, 23 Sep 2017 06:13

    Polres Langkat Gagalkan Pasokan 20 Kilogram Ganja ke Medan

    Polres Langkat kembali menggagalkan melintasnya pasokan narkoba. Kali ini berhasil menyita barang bukti 20 bal atau sekitar 20 kilogram ganja dari kurirnya yang naik dengan menggunakan bus Harapan Ind

  • Sabtu, 23 Sep 2017 05:03

    KPU Langkat Sosialisasikan Layanan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

    Dalam rangka pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan, KPU Langkat gelar sosialisasi layanan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di aula gedung PKK Stabat, Rabu (20/09).Kegiatan yang diikuti oleh

  • Rabu, 20 Sep 2017 19:00

    Cari obat jenis PCC, BNN dan Satgas P4GN Sidak Sejumlah Apotik di Langkat

    BNN Kabupaten Langkat Bersama Tim Satgas P4GN Kabupaten Langkat melaksanakan Sidak (pemeriksaan mendadak) ke sejumlah apotik-apotik yang berada di wilayah Kabupaten Langkat, Rabu (20/9).Kasi Pemberant

  • Selasa, 19 Sep 2017 19:29

    DPRD Langkat Terima Audensi Panwaslu

    DPRD Kab. Langkat menyambut baik audiensi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Langkat di ruang kerja Ketua DPRD Langkat, Selasa (19/9).

  • Selasa, 19 Sep 2017 18:09

    Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Polindes Desa Ara Condong Diresmikan

    Camat Stabat, Nuriadi S Sos, meresmikan Poliklinik Desa (Polindes) di Desa Ara Condong Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Selasa (19/9).

  • Senin, 18 Sep 2017 06:38

    Polres Langkat Amankan Tersangka Simpan Sabu di Celana Dalam

    Fak (30) warga Dusun Irigasi Desa Lhok Kulam Kecamatan Jeunib Kabupaten Bireun Aceh Timur, diciduk polisi, Minggu (17/9).

  • Minggu, 17 Sep 2017 20:17

    Pangdam I/BB: Tuntaskan Kesulitan Rakyat

    Dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-72 Tahun 2017, Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri melaksanakan Bhakti Sosial TNI, guna menuntaskan kesulitan rakyat di Kampung Nelayan, Desa Jaring Halus Kec. S

  • Minggu, 17 Sep 2017 19:37

    Hore.. Tahun Ini SD 0506676 Langkat Direnovasi

    Gedung Sekolah Dasar (SD) 0506676 di Desa Kebun Balok, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, yang mengalami kerusakan, terus menuai keperihatinan dari berbagai pihak. Baik itu masyarakat luas dan bebera

  • Minggu, 17 Sep 2017 19:27

    Manfaatkan Waktu Luang, Napi Narkoba ini Membatik

    Memanfaatkan waktu luang dan berharap bisa berguna untuk keterampilan, sejumlah narapidana (Napi) wanita di  Lapas narkotika kelas tiga di Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, melaksanakan kegiata

  • Jumat, 15 Sep 2017 17:35

    Peduli Rohingya, Masyarakat dan Ormas Langkat Turun ke Jalan

    Ribuan umat muslim dan beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam, juga etnis serta masyarakat Kabupaten Langkat, bersatu padu menggelar aksi solidaritas peduli Rohingya, Jumat (15/9/2017). Mer

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak