Selasa, 17 Jul 2018 21:56

Binrohtal bagi Tahanan Mapolres Langkat

2 Tahanan Polres Langkat minta "disyahadatkan"

Langkat (utamanews.com)
Oleh: Amin Nur
Kamis, 10 Agu 2017 20:50
Dok
Tahanan Polres Langkat mendapatkan bimbingan rohani dan mental

Aparat Kepolisian Resort (Polres) Langkat, Sumatera Utara setiap tiga hari dalam sepekan memberikan bimbingan rohani, dan mental (Binrohtal) terhadap para tahanan di sel Mapolres, Jalan Proklamasi Stabat.

Bagi yang beragama muslim, yang memang tidak mengerti sholat juga diajari dengan cara praktik langsung bagaimana  bacaan-bacaan, dan cara-cara sholat fardu (wajib) maupun sholat-sholat Sunnah.

"Ini salah satu upaya kami dalam memperbaiki, rohani dan mental para tahanan. Mudah-mudahan yang kami lakukan ini menjadi motivasi bagi para tahanan untuk kemudian bertobat dan selalu mengerjakan yang terbaik sesuai peraturan dan juga agama," kata Kapolres Langkat AKBP Dede Rojudin melalui Kasat Tahanan dan Barang Bukti (Tahti), Iptu Joko Sumpeno, kemarin.

Menurut Joko, dari pengamatan dan pendekatan dari hati ke hati yang selalu dilakukannya dengan sabar terhadap para tahanan, ditemukan satu kesimpulan bahwa hampir semua tahanan di sel Mapolres Langkat, boleh dibilang mental spritualnya kering.

Joko yang selalu terlibat menangani langsung urusan pembinaan rohani dan mental, termasuk mengajari shalat para tahanan di Mapolres Langkat, mengungkapkan, selain banyak yang tidak paham sholat, para tahanan itu ada juga yang sama sekali tidak mengerti baca tulis.

Kepada wartawan yang melihatnya langsung saat pria yang mudah senyum itu memberikan Binrohtal kepada para tahanan mengatakan, beberapa waktu lalu ada dua orang tahanan yang minta disyahadatkan.

"Kedua tahanan yang sebelumnya mengaku beragama Budha itu, minta disyahadatkan. Mereka minta di-Islam-kan," kata Joko yang mengaku sudah hampir dua tahun ini menjadi pembimbing langsung Binrohtal para tahanan di Mapolres Langkat.

Menurutnya, kedua tahanan yang disebutnya mau memeluk agama Islam atas kemauannya sendiri itu, tertarik dengan agama Islam setelah secara diam-diam mengaku memperhatikan ketika para tahanan yang beragama​ Islam diajari sholat beserta baca-bacaan sholat.

"Memang khusus untuk tahanan yang beragama Islam, selain kita beri bimbingan rohani dan mental, terutama yang tidak mengerti shalat, juga kita ajari mereka bagaimana cara sholat dan bacaan-bacaannya. Baik untuk sholat fardu maupun yang sunnah, dengan cara praktik langsung," kata pria yang memang berlatar pendidikan agama tersebut sembari menambahkan pihaknya juga melakukan bimbingan olah raga terhadap para tahanan di Mapolres Langkat yang dalam pekan lalu berjumlah 60 orang tersebut.

Editor: Budi

T#g:LangkatMualaf
Berita Terkait
  • Jumat, 06 Jul 2018 16:06

    TERASA dan ERAMAS Unggul Di Rekapitulasi KPU Langkat

    Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Terbit Rencana PA- Syah Afandin (TERASA) mengantongi jumlah suara terbanyak pada Pilkada Kab. Langkat 2018.

  • Minggu, 01 Jul 2018 20:51

    Rudi-Budi Ungguli Cana-Ondim di Kec. Stabat

    Rekapitulasi pleno perhitungan suara Pilkada Langkat dan Pilgubsu 2018 hari ketiga (terakhir) berlangsung di Aula Kecamatan Stabat, Minggu (1/7/2018), hingga pukul 17.00  WIB. 6 desa dan 6 k

  • Selasa, 26 Jun 2018 11:26

    KPU Langkat Fasilitasi Pasien Rumah Sakit Salurkan Hak Pilihnya

    Pasien dan keluarga pasien di rumah sakit tidak akan kehilangan hak politiknya dalam Pilkada Kab. Langkat maupun Pilkada Sumut 2018.

  • Minggu, 24 Jun 2018 10:24

    KPU Langkat Distribusikan Logistik dan Surat Suara ke PPK

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat melaksanakan kegiatan pendistribusian logistik dan surat suara Pilkada Gubernur Sumatera Utara dan Pilkada Bupati Langkat ke Panitia Pemilihan Kecamatan (

  • Minggu, 24 Jun 2018 09:24

    Hari Tenang, Panwaslih Langkat Siap Bersihkan APK

    Dalam rapat koordinasi penertiban alat peraga kampanye (APK) antara KPU, Kepolisian dan Satpol PP, yang digelar pada Sabtu (23/06/2018), Panitia Pengawas Pemililhan (Panwaslih) Kabupaten Langkat memas

  • Kamis, 07 Jun 2018 17:07

    Djarot Ziarahi Makam Datuk Landak Bahorok

    Calon Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat selalu menyempatkan diri menziarahi makam leluhur, tokoh, ulama di setiap daerah yang dikunjunginya di Sumatera Utara.Kali ini, Djarot menziarahi m

  • Kamis, 24 Mei 2018 16:24

    Warga Sei Lepan, Langkat, Minta Sihar Peduli

    Warga yang bermukim di  Dusun Lima Amandame, Bara induk, Seminyak, Damar Hitam Desa Harapan Maju, Kecamatan Sei Lepan, Langkat, mengharapkan perlindungan hak dari pemerintah. Selama ini ribu

  • Selasa, 22 Mei 2018 12:22

    Buka Puasa Bersama Masyarakat Langkat, Djarot Jelaskan Makna Dari Namanya

    Calon Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat mengaku bersyukur bisa berkumpul dan berbuka puasa bersama dengan masyarakat Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat, Senin (21/5/2018).

  • Kamis, 10 Mei 2018 20:50

    KPU Langkat Sosialisasi Hingga Ke Desa Terpencil

    Guna mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Langkat dan Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat melaksanakan sosialisasi hing

  • Selasa, 08 Mei 2018 20:48

    Ibu-ibu Di Langkat Senang Bertemu Djarot

    Kehadiran Djarot Saiful Hidayat di Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat mendapat sambutan yang luar biasa meriah. Ibu-ibu dan anak-anak mengaku senang bertemu langsung dengan Calon Gubernur Sumatera

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak