Sabtu, 16 Des 2017 12:28
  • Home
  • Ragam
  • Utamakan Peran SDM Menjadi Karakter TNI Dalam Kelola Organisasi

Utamakan Peran SDM Menjadi Karakter TNI Dalam Kelola Organisasi

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Rls
Jumat, 28 Jul 2017 17:18
Dibaca: 1.162 kali
Puspen TNI
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

Pengelolaan organisasi dengan mengedepankan peran Sumber Daya Manusia (SDM) harus menjadi karakter TNI dan budaya organisasi merupakan filosofi dasar yang akan memberikan arah kebijakan kepada segenap anggota dalam sistem pengelolaan unit organisasi.

Demikian disampaikan amanatnya Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada acara serah terima jabatan Irjen TNI dari Letjen TNI M. Setyo Sularso kepada Mayjen TNI Dodik Widjanarko, S. H. dan Dansatkomlek TNI dari Brigjen TNI Umaryana kepada Brigjen TNI Jumadi, bertempat di Ruang Hening Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (28/7/2017).

Panglima TNI mengatakan bahwa sebagai sebuah institusi pertahanan negara, TNI dituntut untuk memberi arah kebijakan dalam bidang pertahanan dan keamanan negara, serta turut mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki komitmen, karakter positif, kreatif, kompetitif, komunikatif, kredibel dan militan bila dihadapkan dengan tuntutan tugas.

"Sudah saatnya kita semua harus secara tegas mengaplikasikan reward and punishment secara  konsisten, dengan tindak lanjut berupa penghargaan kepada mereka yang telah berprestasi dan sangsi kepada satuan dan personel, yang bekerja keluar dari norma, kebijakan dan aturan yang ada," ujar Panglima TNI.

Untuk itu, Inspektorat Jenderal memiliki peran strategis dalam struktur organisasi TNI terkaitan dengan fungsi pengawasan, baik pengawasan fungsional maupun pengawasan melekat yang dilaksanakan melalui penilaian Indikator Kinerja Utama (IKU). "Peran tersebut dilaksanakan dengan pendekatan wasrik yaitu ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan dan norma hukum, ketertiban administrasi guna memenuhi tuntutan tugas," ucapnya.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa dengan mengutamakan peran SDM menjadi karakter TNI akan meningkatkan kemampuan sebuah organisasi dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan dan perubahan yang terjadi akan menjadi salah satu ciri keunggulan organisasi dalam menghadapi tantangan baik eksternal maupun internal.

"Tantangan eksternal yang begitu cepat berubah, sedangkan tuntutan internal dari anggota juga semakin intens sehingga membutuhkan desain organisasi yang lentur namun tetap fokus dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan," kata Panglima TNI. 

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan, beragam perubahan sebagai akibat perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi mengharuskan TNI untuk siap menjawab setiap masalah yang muncul dalam bidang pertahanan dan keamanan negara. "Hal itu merupakan tantangan TNI bukan hanya dalam pengelolaan internal organisasi, tetapi juga harus mampu menyiapkan sumber daya manusia yang siap menghadapi beragam tantangan tersebut," katanya.

Terkait dengan program tahun ini, Tahun Bersih-Bersih yang sudah dicanangkan beberapa waktu yang lalu, Panglima TNI menilai Inspektorat memiliki tugas besar dan mulia untuk dapat mewujudkan program tersebut, pengawasan harus dilaksanakan secara melekat dan berlanjut, jangan sampai terulang kembali penyimpangan pelaksanaan program yang dapat menimbulkan kerugian negara. "Semua satuan di jajaran TNI harus dapat melaksanakan semua program dan kegiatan secara benar, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan bahwa di samping Inspektorat, Satkomlek TNI juga memiliki peran, tugas dan fungsi yang sangat strategis, sehingga  Satkomlek TNI harus mampu menghadirkan saran cerdas dan konsep komunikasi yang mudah beradaptasi sesuai kecenderungan perkembangan saat ini dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

"Sejak hampir dua dasawarsa terakhir, perkembangan lingkungan strategis, secara relatif didominasi oleh main-stream informasi dan komunikasi, yang  banyak berpengaruh pada pola kehidupan keprajuritan dan pola operasi TNI," ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Di akhir amanatnya, Panglima TNI mengucapkan terima kasih serta  penghargaan Letjen TNI M. Setyo Sularso dan Brigjen TNI Umaryana atas pengabdian dan dedikasi yang disertai sikap, keteladanan dalam perjalanan hidup dan karir di TNI. Dan ucapan selamat melaksanakan tugas kepada Mayjen TNI Dodik Widjanarko, sebagai Irjen TNI dan Brigjen TNI Jumadi, sebagai Dansatkomlek TNI.

Editor: Dian

T#g:sertijab
Berita Terkait
  • Minggu, 10 Des 2017 06:00

    Panglima TNI Harap Organisasi Istri Prajurit Berperan Lebih Optimal

     Dalam menjalankan tugas-tugas organisasi diharapkan Dharma Pertiwi dan IKKT Pragati Wira Anggini dapat berperan lebih optimal, membina para istri Prajurit TNI selaku pendamping utama dalam menun

  • Kamis, 07 Des 2017 22:07

    Panglima TNI: Mutasi Jabatan 85 Pati Sudah Melalui Prosedur Wanjakti TNI

    Mutasi jabatan 85 Perwira Tinggi (Pati) TNI sudah melalui prosedur, tahap pertama Pra Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) TNI yang dihadiri Kepala Staf Umum TNI, Wakil Kepala Staf Angkatan

  • Senin, 04 Des 2017 16:14

    Mayjen TNI Cucu Somantri: Berbuat yang terbaik pada Kodam I/BB

    Berbuat yang terbaik kepada Kodam I/BB. Demikian disampaikan Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri pada upacara Serah Terima Jabatan Danrindam I/BB dari Kolonel Inf I Wayan Suarjana, S.E, M.M kepada K

  • Selasa, 21 Nov 2017 20:40

    Panglima TNI: Keberhasilan Tugas Milik Anak Buah, Kegagalan Tanggung Jawab Komandan

    Dalam melaksanakan tugas negara, seorang pemimpin atau komandan harus mempunyai strategi yang matang agar tugas tersebut bisa berhasil dengan baik. Perlu diketahui bahwa keberhasilan tugas dalam setia

  • Selasa, 21 Nov 2017 20:10

    Serah terima jabatan Kapuspen TNI

    Brigjen TNI M. Sabrar Fadhilah resmi menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI menggantikan Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos, M.Si. 

  • Selasa, 21 Nov 2017 20:20

    Brigjen TNI M. Sabrar Fadhilah Jabat Kapuspen TNI

    Brigjen TNI M. Sabrar Fadhilah resmi menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI menggantikan Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos, M.Si.

  • Kamis, 16 Nov 2017 08:56

    Danrem 022/Pantai Timur Pimpin Sertijab Danyonif 126/KC

    Komandan Korem 022/Pantai Timur Kolonel Arm Khoirul Hadi memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Batalyon (Danyon) 126 Kalacakti dari dari Letkol Inf Taufik Rizal, S.E. kepada Mayor Inf Muly

  • Selasa, 14 Nov 2017 17:24

    Mayjen TNI Wuryanto Resmi Jabat Pangdam IV/Diponegoro

    Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si. secara resmi menjabat sebagai Pangdam IV/Diponegoro menggantikan Mayjen TNI Tatang Sulaiman. Upacara serah terima 10 jabatan Pati TNI AD dipimpin oleh Kasad Jen

  • Sabtu, 11 Nov 2017 13:51

    Mayjen TNI Cucu Somantri: Mantapkan Kemampuan Kepimpinan sebagai Perwira

    Mantapkan kemampuan kepimpinan sebagai perwira. Demikian disampaikan Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri pada upacara Serah Terima Jabatan Danrem 032/WBR dari Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P.,

  • Kamis, 09 Nov 2017 20:29

    Kapuspen TNI Pimpin Sertijab Tiga Kepala Bidang Penerangan

    Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga Kepala Bidang di lingkungan Puspen TNI, bertempat di Balai Wartawan Puspen TNI, C

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak