Senin, 18 Jun 2018 05:13
Iklan Paslon Paluta
  • Home
  • Ragam
  • Tinjau Jalan Tol Jelang Lebaran, Gubsu Optimis Kemacetan Arus Mudik Bisa Terurai

Tinjau Jalan Tol Jelang Lebaran, Gubsu Optimis Kemacetan Arus Mudik Bisa Terurai

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Kamis, 07 Jun 2018 02:07
Humas Pemprov Sumut
Selamat Puasa Paluta
Gubsu Dr HT Erry Nuradi menyampaikan bahwa kondisi fisik ruas tol di seksi I Tanjung Morawa-Perbarakan sepanjang 10,3 km sudah siap dilalui untuk menghadapi arus mudik Lebaran Idul Fitri 1439 H/2018 M. Begitu juga untuk ruas Helvetia-Marelan akan dapat digunakan sebelum terhubung ke Tanjung Mulia (Belmera).

Hadir dalam peninjauan tersebut Kepala BPN Sumut Bambang Priono, Kepala BBPJN Wilayah II Paul Ames Halomoan, Plt Bupati Deli Serdang Zainudin Mars, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution. Sementara Gubsu didampingi sejumlah pimpinan OPD terkait kesiapan arus mudik Lebaran tahun ini.

Setelah jalan tol diresmikan Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu, kata Gubsu, ada beberapa seksi yang belum tuntas seperti seksi I dan VII untuk Tanjung Morawa-Tebing Tinggi, serta seksi I Tol Binjai-Medan (Tanjung Mulia). Namun saat ini sejumlah bagian sudah siap dan dapat dilalui untuk digunakan sebagai pengurai kemacetan saat memasuki arus mudik/balik Lebaran tahun ini.

"Kita tahu untuk menggunakan jalan tol dari Medan, itu pintu Tol Tanjung Morawa cukup panjang macetnya. Jadi untuk seksi I (Tanjung Morawa-Perbarakan) sudah selesai dan menambah panjang jalan tol yang selama ini ada. Yang terpenting adalah bisa mengurai kemacetan itu," ujar Gubsu Erry Nuradi saat meninjau langsung ke lokasi jalan tol.

Disebutkan Erry, bahwa untuk seksi VII (Sei Rampah-Tebing Tinggi) hanya menyisakan tiga bidang lagi yang dalam proses konsinyasi dan diharapkan proses pembebasan lahannya selesai. Pun begitu, pembangunan katanya terus berjalan dan sedang pengerasan. Sehingga ditargetkan selambatnya selesai akhir tahun mendatang. Dengan demikian seluruh ruas tol mulai dari Binjai hingga Tebing Tinggi sudah bisa dimanfaatkan menjelang 2019.

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak baik BPN, Jasa Marga, Waskita Karya, Kementerian PU-PR, dan juga pengelola MKTT (Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi) serta kepala daerah yang banyak mendukung pembebasan lahan dan masyarakat yang ikut membantu. Karena pembangunan tidak hanya sampai di sini saja, tetapi juga direncanakan sampai Siantar, Parapat, dan Kuala Tanjung yang merupakan rencana Trans Sumatera," jelasnya.

Sementara untuk penggunaan ruas Tol Tanjung Morawa-Perbarakan sepanjang 10,5 km, kata Gubsu, kemungkinan akan dapat dibuka segera. Prosesnya menunggu perizinan dan penyesuaian tarif serta kesiapan lainnya. Sedangkan menjelang Lebaran, akan diberikan gratis kepada masyarakat selambatnya H-7, meskipun semuanya tergantung kepada proses izin yang terus didorong agar secepatnya dikeluarkan. "Secara fisik ini sudah bisa kita gunakan. Jadi informasi yang saya terima, meskipun belum 10 persen, tetapi bisa digunakan untuk mengurai kemacetan," katanya.

Terkait masalah pembebasan lahan, Direktur Teknik PT Jasa Marga Kualanamu Tol Agus Choliq mengatakan bahwa untuk seksi VII Tanjung Morawa-Tebing Tinggi terkendala pada persoalan ahli waris, sehingga secara prinsip masyarakat sudah bersedia melepaskan tanahnya. Ada tiga bidang yang sedang dalam proses konsinyasi. Sehingga pada umumya, di lapangan tidak ada masalah. Diperkirakan akan selesai Oktober mendatang.

"Untuk penggunaannya (arus mudik lebaran) mungkin H-7 sampai H+ (pasca lebaran). Mudah-mudahan Jumat (8/6). Jadi begitu keluar (izinnya), Sabtu (9/6) kami bisa fungsionalkan. Kalau untuk jumlahnya rata-rata 15 ribuan perhari, dan diperkirakan nanti saat lebaran bisa melonjak ke 27 ribuan," terangnya.

Sedangkan untuk seksi I Binjai-Medan, dari 2,7 km sudah dapat digunakan dari mulai pintu tol Helvetia ke pintu tol Marelan. Tinggal menunggu penyelesaian 1,5 km lagi dari Marelan ke Tanjung Mulia.

Editor: Erickson

T#g:Jalan tolmudik
Berita Terkait
  • Kamis, 14 Jun 2018 12:14

    Menengok Kesiapan Arus Mudik Lebaran 2018

    Arus mudik Lebaran Idul Fitri sudah mulai terasa. Para perantau yang tinggal di Ibukota dan kota-kota besar lainnya memiliki agenda tahunan untuk pulang ke kampung halaman untuk berlebaran di rumah. Bersilaturahmi dengan sanak keluarga dan para kerabat.

  • Rabu, 13 Jun 2018 12:13

    Mudik Tahun Ini Dijamin Lancar

    Belajar dari penyelenggaraan mudik 2017 lalu tahun ini diperkirakan pemerintah akan mengulang kesuksesan yang sama. Terutama dengan rampungnya pembangunan sejumlah ruas jalan tol, prosesi mudik tahun ini prediksi lebih lancar.

  • Rabu, 13 Jun 2018 09:53

    Jelang Lebaran, Polres Deli Serdang Dirikan 5 Pospam dan 1 Posyan

    Dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2018, Polres Deli Serdang mendirikan lima pos pengamanan (Pos Pam) dan satu pos pelayanan (Pos Yan). Selain itu Polres Deli Serdang juga menyiagakan ratusan personil.

  • Senin, 11 Jun 2018 19:11

    Gubernur: Jalan Tol Gratis Kado Lebaran Masyarakat Sumut

    Gubsu Dr Ir HT Erry Nuradi meresmikan operasional ruas jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Seksi 1 Tanjung Morawa-Parbarakan sepanjang 10,75 Km, Senin (11/6/2018).

  • Senin, 11 Jun 2018 16:11

    Panglima TNI Optimis Pengamanan Mudik Lebaran Dapat Berjalan Dengan Baik

    TNI dan Polri optimis bahwa pengamanan mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 2018 akan dapat berjalan dengan baik.

  • Minggu, 10 Jun 2018 17:20

    BUMN Hadir Untuk Negeri, PTPN III (Persero) kembali berbagi

    Mudik Gratis dan Sembako Murah merupakan salah satu program PTPN III (Persero) dalam membantu masyarakat sekitar yang diselenggarakan pada bulan Ramadhan tahun 2018 M/1439 H ini, sejalan dengan progra

  • Jumat, 08 Jun 2018 16:38

    Mabes TNI Berangkatkan 692 Pemudik Bareng Tahun 2018

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., yang diwakilkan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. memimpin Apel Khusus Pemberangkatan pemudik bareng keluar

  • Rabu, 06 Jun 2018 15:06

    TNI-Polri Wujudkan Ketertiban & Iklim Kondusif Selama Arus Mudik

    Sebagai institusi negara, TNI-Polri maupun rekan-rekan dari Instansi terkait telah mendapatkan amanah, kepercayaan dan kehormatan dari rakyat untuk memberi rasa aman, membangun ketenangan, mewujudkan

  • Rabu, 06 Jun 2018 05:26

    TNI Siap Bantu Polri Amankan Arus Mudik Lebaran

    Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan menempatkan prajuritnya termasuk Alutsista di beberapa tempat seperti bandara, pelabuhan dan terminal bus untuk selalu siap membantu Kepolisian Negara Republik In

  • Minggu, 03 Jun 2018 17:13

    Pos Pelayanan Terpadu Dibangun di Bandara Kualanamu

    PT Angkasa Pura (AP) II sebagai pengelola Bandara Kualanamu terus mengebut perbaikan sejumlah fasilitas termasuk mendirikan pos layanan terpadu tepat di depan pintu keluar masuk terminal.Selain itu, p

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak