Jumat, 19 Jan 2018 02:44
  • Home
  • Ragam
  • Silangit Siap Jadi Bandara Internasional

Silangit Siap Jadi Bandara Internasional

Silangit (utamanews.com)
Oleh: Robi
Rabu, 07 Jun 2017 13:57
Dibaca: 467 kali
Dok
Bandara Silangit
Persiapan menjelang peningkatan status menjadi bandara bertaraf internasional, Bandara Silangit terus berbenah.

"Saat ini pembangunan terminal bandara dan landasan pacu sudah mencapai 80%", ujar Kepala Bandara Silangit, Hotasi Manalu kepada UTAMANEWS melalui sambungan selulernya, Rabu (7/6).

Diterangkan, pembangunan landasan pacu yang sebelumnya 2400 meter menjadi 2650 meter masih terus ditingkatkan. Bahkan, yang tadinya direncanakan hanya satu sisi landasan, kini kedua sisi sudah dipersiapkan. 

"Semoga nanti dengan kesiapan ini, pesawat berbadan besar sudah dapat menggunakan bandara ini", terangnya. 

Sementara, untuk terminal sendiri, sudah dapat sambil difungsikan, sejalan dengan proses perampungan bagian-bagian lainnya. 

Lebih lanjut disebutkan, kedua infrastruktur tersebut akan dapat rampung sekitar Desember 2017 mendatang. Di samping itu, katanya, untuk menjadi bandara internasional, saat ini juga dipersiapkan fasilitas pendukung seperti imigrasi, karantina dan sektor pendukung lainnya. Hal ini katanya harus terpenuhi terlebih dahulu, maka dengan demikian kriteria taraf internasional dapat diperoleh.

Hotasi juga mengapresiasi dukungan warga sekitar bandara, sehingga pembangunan dapat dilakukan tanpa kendala yang berarti. "Puji syukur, tidak ada kendala yang berarti, semoga akan rampung sesuai jadwal", pungkasnya.

Sementara terkait, pengoperasian rute internasional nantinya, pihaknya masih menunggu permohonan yang disampaikan para maskapai penerbangan. Diyakini, hal ini juga akan dapat berjalan dengan baik, seiring pembenahan-pembenahan sarana pendukung yang dilakukan.

Lambok Situmorang, 38 tahun, salah seorang penumpang, warga Cililitan, Jakarta, yang ditemui UTAMANEWS di sekitaran Bandara Silangit, melihat telah banyak hal perbaikan yang dirasakan khususnya di sekitar terminal bandara. "Saat ini sudah semakin tertata, walaupun seluruh bangunan belum rampung. Ini sangat membanggakan, nantinya akan ada bandara bertaraf internasional di wilayah Tapanuli ini", bebernya.

Menurutnya, terkait nama bandara yang santer saat ini diusulkan akan menjadi Bandara Internasional Sisingamangaraja XII, dia mengaku setuju saja dan merupakan hal yang baik untuk mengenang jasa pahlawan, mengingat Raja Sisingamangaraja XII merupakan Pahlawan Nasional yang berjuang untuk Tanah Batak. 

Terpisah, Siska Nababan, 25 tahun, warga Huta Raja, Siborongborong, salah seorang penumpang lainnya mengaku sangat bersyukur dengan kemajuan yang dialami Bandara Silangit. Dia berharap pembangunan bandara tersebut akan segera rampung sehingga lebih berkelas dan benar-benar nyaman untuk digunakan. 

Editor: Sam

T#g:BandaraSilangitTaput
Berita Terkait
  • Kamis, 18 Jan 2018 20:08

    Jelang Pilkada Taput Tahun 2018, Pemkab Taput Gelar Rakor Kamtibmas

    Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si pimpin Rapat Koordinasi Kamtibmas didampingi Forum Koordinasi Pemerintah Daerah Taput, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Ketua KPU dan Ketua Panwaslih be

  • Rabu, 17 Jan 2018 22:07

    AirAsia Pindah Ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

    AirAsia akan memindahkan operasional penerbangan internasional dari Terminal 2E ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai 22 Januari 2018 pukul 03.00 WIB. Adapun seluruh penerbangan dom

  • Minggu, 07 Jan 2018 21:57

    Tahun 2017, Bandara Soekarno-Hatta Layani 63 Juta Penumpang

    63.015.620 jiwa telah tiba dan berangkat di bandara Bandara Internasional Soekarno-Hatta sepanjang 2017.

  • Kamis, 28 Des 2017 21:08

    Kemenhub Intruksikan Minimalisir Delay

    Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia melakukan peninjauan kesiapan angkutan Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru 2018 di Sumatera Utara.

  • Senin, 25 Des 2017 05:25

    Tengku Erry Siap Perjuangkan Bandara Di Labuhan Batu Raya

    Di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Kabupaten Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan dan Labuhan Batu Utara (Labuhan Batu Raya), daerah yang paling lama jarak tempuh perjalanan dari ibukota (Medan). Karenanya pembangunan Bandara menjadi satu keinginan warga.

  • Sabtu, 23 Des 2017 23:33

    Tandatangani Prasasti Bandara Bukit Malintang Madina, Tengku Erry Berharap Pembangunan Segera Terlaksana

     Gubsu Tengku Erry Nuradi menandatangani prasasti dimulainya pembangunan Bandar Udara (Bandara) Bukit Malintang di Kecamatan Bandar Malintang, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Jumat (22/12/20

  • Selasa, 19 Des 2017 19:59

    Paripurna DPRD Taput Sepakati Pengajuan Dua Ranperda

    Rapat Paripurna DPRD Kabupaten​ Tapanuli Utara (Taput), yang dilaksanakan di ruang Paripurna DPRD di Tarutung, Selasa, (19/12), akhirnya menyepakati 2 (dua) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda)

  • Selasa, 12 Des 2017 06:52

    Wujudkan Pilkada Berintegritas KPUD Taput Sosialisasi Pemilu Bersama Stakeholders

    Sebagai upaya dalam mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Umum (Pemilu) yang berintegritas, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tapanuli Utara menggelar sosialisasi bers

  • Kamis, 07 Des 2017 23:57

    Warga Lobu Siregar Terima CSR PT. PLN (Persero) P3B

    Bupati Tapanuli Utara, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Parsaoran Hutagalung bersama dengan Ketua TP PKK Taput Ny. Satika Nikson Nababan boru Simamora menghadiri penyerahan CSR Tahun 2017 dari

  • Kamis, 07 Des 2017 06:37

    Bupati Nikson Nababan Blusukan dan Rayakan Natal di Parmonangan

    Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si melakukan kunjungan kerja selama 2 hari (4 s/d 5 Desember 2017) di Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Taput.Selama "blusukan" di Kec. Parmonangan, Bupati

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak