Minggu, 20 Mei 2018 17:16
  • Home
  • Ragam
  • Setelah Vonis Ahok 2 Tahun, 3 Hakim ini dapat promosi

Setelah Vonis Ahok 2 Tahun, 3 Hakim ini dapat promosi

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Kamis, 11 Mei 2017 17:41

Hakim Dwiarso Budi Santiarto mendapat promosi. Berdasarkan hasil rapat TPM Hakim 10 Mei 2017, Ketua Majelis Hakim perkara dugaan penodaan agama terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ini kini mendapat tugas sebagai hakim Pengadilan Tinggi Denpasar, Bali.

"Betul. Berdasarkan pengumuman hasil rapat Tim Promosi dan Mutasi (TPM) Hakim pada tanggal 10 Mei 2017," kata Hakim Yustisial pada Biro Hukum dan Humas MA Witanto, saat dihubungi, Jakarta, Kamis (11/5/2017).

Dwiarso sebelumnya adalah ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Ini berarti promosi ditetapkan setelah jatuh vonis 2 tahun penjara untuk Ahok pada 9 Mei 2017 di auditorium Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

Witanto menegaskan Dwiarso mendapat promosi karena pangkat dan golongannya sudah memenuhi ditambah dengan prestasi yang baik.

"Yang naik menjadi hakim tinggi atau jadi KPN (ketua pengadilan negeri) itu promosi," kata Witanto.

Sebelumnya, majelis hakim yang dipimpin Dwiarso memutus Ahok pidana penjara dua tahun karena menilai Ahok terbukti secara sah dan meyakinkan terbuki menodai agama terkait ucapan Almaidah 51.

Majelis hakim juga memerintahkan agar Ahok langsung ditahan.

Bukan cuma Dwiarso, sejumlah hakim anggota yang memimpin sidang dugaan penodaan agama dengan terdakwa Ahok itu juga mendapatkan promosi jabatan.

Jupriyadi, misalnya, dipromosikan menjadi ketua Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat.

Sedangkan Abdul Rosyad turut mendapatkan promosi jabatan sebagai hakim tinggi pada Pengadilan Tinggi Jambi.

Promosi jabatan tersebut berdasarkan hasil rapat Tim Promosi dan Mutasi (TPM) Mahkamah Agung (MA) tertanggal 10 Mei 2017.

Majelis hakim kasus Ahok diketuai Dwiarso Budi Santiarto, SH. M.Hum, hakim anggota Jupriyadi SH. M.Hum, Abdul Rosyad SH, Joseph V Rahantokman SH, dan I Wayan Wirjana SH.

Saat persidangan berjalan hakim  Joseph V Rahantokman SH meninggal dan digantikan hakim Didik Wuryanto.

Editor: Sam

Sumber: Tribun Medan

T#g:AhokHakim
Berita Terkait
  • Sabtu, 26 Agu 2017 10:06

    Pelaku Cabul Divonis Bebas, Keluarga Korban Kecewa pada PN Lubuk Pakam

    Meri Cristina Sembiring (41) ibu kandung dari almarhum Febriani Gurusinga (14) yang merupakan korban cabul, terlihat seperti orang linglung pasca Pengadilan Negeri (PN) Lubuk Pakam yang memvonis bebas

  • Sabtu, 29 Jul 2017 23:59

    Lebih Cepat 2 bulan, Menteri Apresiasi Pembangunan Simpang Susun Semanggi

    Rini Sumarno selaku Menteri BUMN, memberikan apresiasi atas progres pembangunan simpang susun Semanggi. Menurutnya, pembangunan simpang susun Semanggi cukup cepat.

  • Selasa, 18 Jul 2017 06:38

    PNS BPN Karo dilaporkan ke Polisi oleh teman satu grup Whatsapp

    Manaek Hutabarat, yang diketahui bekerja sebagai PNS di BPN Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dilaporkan ke polisi oleh Ketua Keluarga Besar Marhaenis (KBM) Kota Medan, Agus Salim, Senin (17/7).

  • Kamis, 29 Jun 2017 18:59

    Video 45 detik untuk #HBDAhok51

    Selebriti Indonesia melantunkan doa dan ucapan selamat ulang tahun untuk mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok melalui sebuah video yang diunggah seorang netizen melalui akun twitter @RHasfinanda.

  • Sabtu, 24 Jun 2017 05:24

    Ahok Masih Dipenjara di Rutan Brimob, IPW: Itu Pelanggaran Hukum

    Indonesia Police Watch (IPW) berharap Polri tidak membiarkan pelanggaran hukum menempatkan Basuki Tjahaja Purnama dalam Rutan Brimob Kelapa Dua, dan meminta Menteri Hukum dan HAM segera memindahkan Ah

  • Rabu, 21 Jun 2017 10:01

    Gubernur Silaturahmi dan Berbuka Puasa Bersama Jajaran Pengadilan Tinggi

    Gubsu Tengku Erry Nuradi Tengku Erry Nuradi MSi menghadiri silaturahmi dan berbuka puasa Forkopimda Sumut bersama jajaran keluarga besar Pengadilan Tinggi Medan di Ruang Cakra Pengadilan Tinggi Jalan

  • Sabtu, 10 Jun 2017 06:20

    Jokowi akan lantik Djarot jadi Gubernur DKI tanggal 15 Juni

    Sumarsono, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melantik Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta

  • Selasa, 23 Mei 2017 14:43

    Ini alasan Ahok cabut memori banding

    Melalui pasangan hidupnya, Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan alasan pencabutan memori banding.

  • Sabtu, 13 Mei 2017 07:43

    1.000 Lilin untuk Ahok dari pantai bebas Parapat Simalungun

    Sekitar seribu orang berkumpul dan menyalakan lilin dalam "aksi lilin untuk Ahok" di pantai bebas kelurahan Parapat Kec. Girsang Sipangan Bolon Kab. Simalungun, Jumat malam (12/5).

  • Jumat, 12 Mei 2017 08:02

    Lilin untuk Ahok dari sejumlah penjuru Indonesia

    Vonis Ahok tidak menunjukkan keadilan, terkesan karena desakan politik golongan tertentu, menyebabkan terjadinya unjuk rasa dengan menyalakan lilin sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan di sejumlah kota di Indonesia, Kamis (11/5).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak