Kamis, 23 Nov 2017 01:26
  • Home
  • Ragam
  • Serka Darwis, Inspirator Dalam Membangun Ketahanan Wilayah

Serka Darwis, Inspirator Dalam Membangun Ketahanan Wilayah

Kendari (utamanews.com)
Oleh: Rls
Rabu, 09 Agu 2017 20:39
Dibaca: 383 kali
Puspen TNI
Serka Darwis dan warga desa binaannya
Aktivitas menjalankan tugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Koramil 1412-03/Rante Angin, telah menjadikan seorang Serka Muh. Darwis menjadi inspirator bagi aparatur negara lainnya di negeri ini.

Pasalnya, karya pria kelahiran Bulukumba 48 tahun lalu benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di empat desa binaannya, yakni Kelurahan Ranteangin, Desa Landolia, Desa Rantebaru dan Desa Maroko. 

Sejak mengawali tugasnya sebagai Babinsa di Kelurahan Ranteangin pada bulan Maret tahun 2009 lalu, Serka Darwis masih menjumpai masyarakat yang masih terbiasa dengan perilaku primitif berupa mabuk-mabukan yang memicu terjadinya keonaran dan perkelahian antar suku. Kebiasaan negatif tersebut juga menjadi salah satu penyebab kesejahteraan masyarakat di empat desa itu tertinggal. 
 
Melalui sentuhan tangan dingin Serka Muh. Darwis, perlahan-lahan kebiasaan itu dikikis sehingga akhirnya berubah menjadi masyarakat yang memiliki etos kerja yang tinggi. Keberhasilan Serka Darwis merubah pola pikir warga, tidak terlepas dari pola pendekatan yang diterapkannya sehingga mendapatkan respon positif dari segenap warga desa binaan. Wujud pendekatan tersebut dapat dilihat dari cara yang ditempuh Darwis dalam mensosialisasikan program pemerintah. Ia selalu mengadakan koordinasi ketat dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan pemerintah setempat. 
 
Alhasil, program-program yang ditargetkan oleh Serka Darwis selalu berjalan sukses. Contoh riilnya terlihat pada program Upsus Ketahanan Pangan yang dicanangkan oleh pemerintah tahun 2014 lalu. Awalnya program ini mendapatkan hambatan yakni adanya penolakan dari sebagian warga desa binaanya. Namun penolakan warga tersebut disikapi positif olehnya, dengan membuktikan bahwa program pemerintah itu benar-benar ditujukan untuk kesejahteraan rakyat. Dia pun memulai program tersebut dengan membuka areal persawahan seluas ± 1 Ha yang dipinjamnya dari warga Desa Binaan. 
 
Berbekal tekad dan arahan PPL setempat, produksi padi di sawah pinjaman itu berhasil dan sontak membuat masyarakat berbondong-bondong mengikuti langkah Serka Darwis. Akhirnya dengan percontohan yang diberikan oleh Serka Darwis berhasil meningkatkan areal persawahan di empat desa binaan dari semula 40 Ha menjadi 340 hektar dalam kurun waktu hanya 2 tahun.
 
Selain berhasil memotivasi warga dalam mengembangkan pertanian, Serka Darwis juga memiliki kepekaan dan perhatian terhadap dunia pendidikan. Menurutnya, kualitas sumber daya manusia Indonesia harus ditingkatkan agar dapat bermanfaat bagi nusa dan bangsa. 
Sebagai wujud komitmennya untuk meningkatkan SDM tersebut, saban hari Serka Darwis menyeberangkan anak-anak sekolah melalui Gondola (Jembatan tali berkatrol) melewati Sungai Ranteangin di Desa Maroko. Untuk menyeberangkan anak sekolah melewati sungai yang memiliki kedalaman 6 meter itu, setiap hari Serka Muh. Darwis telah 'standby' di lokasi penyeberangan sejak pagi hari.
 
Menurut penduduk setempat, aktivitas menyeberangkan anak tersebut menjadi pekerjaan rutin Serka Darwis kecuali saat sang Babinsa mendapatkan tugas lain.
 
Serka Darwis menegaskan bahwa aktivitasnya menyeberangkan anak sekolah semata-mata merupakan panggilan hati nurani sebagaimana konsekuensi dirinya sebagai prajurit TNI yang selalu setia pada Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan 8 Wajib TNI.
 
Selain dua hal di atas, wujud pengabdian Serka Darwis juga nampak dalam keberhasilannya menghilangkan kebiasaan nelayan dalam menangkap ikan dengan menggunakan bom. 

Melalui koordinasi Serka Darwis dengan segenap stakeholders setempat, para pelaku pengeboman ikan yang berasal dari luar Kecamatan Ranteangin berhasil diamankan oleh aparat berwajib.  

Atas keberhasilan tersebut, masyarakat Desa Landolia mewujudkan apresiasinya dengan memberikan hadiah kepada Serka Darwis berupa 1 (satu) unit Rumah Pos Babinsa berukuran 7 X 9 meter di dalam wilayah Desa Landolia Kecamatan Ranteangin, Kab. Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Editor: Dian

T#g:babinsaKendariSerka Darwistokoh
Berita Terkait
  • Jumat, 13 Okt 2017 10:53

    Kasipem Medan Marelan: Ciptakan budaya antri agar dapat dilayani dengan baik

    Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Medan Marelan​, Juli, mengakui bahwa dalam menjalankan tugas ingin menciptakan budaya antri. Sehingga seluruh masyarakat dalam mengurus berbagai andministrasi

  • Jumat, 13 Okt 2017 06:23

    Babinsa Lembengan Dampingi Pok Tani Podo Rukun Olah Lahan

    Serda Yudi S, Babinsa Lembengan Kec Ledokombo Kab jember bersama PPL melaksanakan Pendampingan Pengolahan lahan milik P Yuni seluas 0,5 hektare yang menggunakan alat mesin pertanian hand tractor, Kami

  • Senin, 02 Okt 2017 08:12

    Babinsa Lojejer Koramil 0824/23 Wuluhan Karya Bakti Bersama Masyarakat

    Dalam rangka mewujudkan kehidupan yang sehat perlu hal mendasar dalam kehidupan bermasyarakat untuk membiasakan hidup bersih dan berada pada lingkungan yang bersih pula. Di samping itu kebersihan sang

  • Selasa, 26 Sep 2017 16:46

    Babinsa Sumberjambe Dampingi Pengecekan Pembangunan Saluran Irigasi dan Jalan Desa

    Keberadaan tugas Babinsa di wilayah di samping dengan melaksanakan pembinaan teritorial dalam rangka menciptakan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh tentunya terkait dengan berbagai hal di wila

  • Jumat, 08 Sep 2017 17:58

    Babinsa Ramil 0824/11 Sumbersari Kebut Penyelesaian Program Jambanisasi

    Masih adanya masyarakat yang belum menyadari akan pentingnya membiasakan hidup bersih pada saat seperti sekarang ini memang disebabkan oleh beberapa hal, yang mendasar kebanyakan alasan ketidak mampua

  • Kamis, 07 Sep 2017 11:27

    Wujud Kedekatan Babinsa Winongan dan Warga Binaan

    Danramil 0819/15 Winongan Kapten Arm Yuono mengkoordinir Babinsa-babinsa Koramil 0819/015 Winongan melakukan pembuatan jamban bagi masyarakat dalam program jambanisasi.‪Danramil 0819/15 Winongan

  • Rabu, 06 Sep 2017 05:36

    Pangdam V/Brw Buka Pendidikan Bintara Khusus Babinsa TA. 2017

    Panglima Kodam V/Brw Mayjen TNI Kustanto Widiyatmoko, bertindak sebagai Inspektur Upacara pembukaan Pendidikan Secaba Khusus Babinsa Tahun Anggaran 2017, di lapangan Hitam Markas Secaba Rindam V/Brw,

  • Senin, 21 Agu 2017 19:43

    Mengenal Cicin Sutriani, Pembawa Baki Bendera Pusaka Labura

    Menjadi seorang pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) merupakan impian setiap orang, khususnya para pelajar. Keinginan tersebutlah yang dirasakan Cicin Sutriani anak ragil dari Bapak Wiyono dan

  • Jumat, 18 Agu 2017 05:08

    Inilah Profil 8 Tokoh Penerima Anugerah Tanda Kehormatan dari Presiden Jokowi

    Presiden Jokowi menganugerahkan Tanda Kehormatan Republik Indonesia kepada 8 (delapan) tokoh masyarakat, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/8) siang.

  • Kamis, 20 Jul 2017 22:50

    Siskamling jadi wadah silaturahmi dengan warga Sukorejo

    Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0819/23 Sukorejo, Serma Trijoko, menghadiri kegiatan lomba Siskamling tingkat Kabupaten bertempat di Desa Kalirejo Kab Pasuruan, Rabu (19/7). Acara ini juga di had

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak