Minggu, 25 Feb 2018 12:52
  • Home
  • Ragam
  • Serka Darwis, Inspirator Dalam Membangun Ketahanan Wilayah

Serka Darwis, Inspirator Dalam Membangun Ketahanan Wilayah

Kendari (utamanews.com)
Oleh: Rls
Rabu, 09 Agu 2017 20:39
Dibaca: 420 kali
Puspen TNI
Serka Darwis dan warga desa binaannya
Aktivitas menjalankan tugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Koramil 1412-03/Rante Angin, telah menjadikan seorang Serka Muh. Darwis menjadi inspirator bagi aparatur negara lainnya di negeri ini.

Pasalnya, karya pria kelahiran Bulukumba 48 tahun lalu benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di empat desa binaannya, yakni Kelurahan Ranteangin, Desa Landolia, Desa Rantebaru dan Desa Maroko. 

Sejak mengawali tugasnya sebagai Babinsa di Kelurahan Ranteangin pada bulan Maret tahun 2009 lalu, Serka Darwis masih menjumpai masyarakat yang masih terbiasa dengan perilaku primitif berupa mabuk-mabukan yang memicu terjadinya keonaran dan perkelahian antar suku. Kebiasaan negatif tersebut juga menjadi salah satu penyebab kesejahteraan masyarakat di empat desa itu tertinggal. 
 
Melalui sentuhan tangan dingin Serka Muh. Darwis, perlahan-lahan kebiasaan itu dikikis sehingga akhirnya berubah menjadi masyarakat yang memiliki etos kerja yang tinggi. Keberhasilan Serka Darwis merubah pola pikir warga, tidak terlepas dari pola pendekatan yang diterapkannya sehingga mendapatkan respon positif dari segenap warga desa binaan. Wujud pendekatan tersebut dapat dilihat dari cara yang ditempuh Darwis dalam mensosialisasikan program pemerintah. Ia selalu mengadakan koordinasi ketat dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan pemerintah setempat. 
 
Alhasil, program-program yang ditargetkan oleh Serka Darwis selalu berjalan sukses. Contoh riilnya terlihat pada program Upsus Ketahanan Pangan yang dicanangkan oleh pemerintah tahun 2014 lalu. Awalnya program ini mendapatkan hambatan yakni adanya penolakan dari sebagian warga desa binaanya. Namun penolakan warga tersebut disikapi positif olehnya, dengan membuktikan bahwa program pemerintah itu benar-benar ditujukan untuk kesejahteraan rakyat. Dia pun memulai program tersebut dengan membuka areal persawahan seluas ± 1 Ha yang dipinjamnya dari warga Desa Binaan. 
 
Berbekal tekad dan arahan PPL setempat, produksi padi di sawah pinjaman itu berhasil dan sontak membuat masyarakat berbondong-bondong mengikuti langkah Serka Darwis. Akhirnya dengan percontohan yang diberikan oleh Serka Darwis berhasil meningkatkan areal persawahan di empat desa binaan dari semula 40 Ha menjadi 340 hektar dalam kurun waktu hanya 2 tahun.
 
Selain berhasil memotivasi warga dalam mengembangkan pertanian, Serka Darwis juga memiliki kepekaan dan perhatian terhadap dunia pendidikan. Menurutnya, kualitas sumber daya manusia Indonesia harus ditingkatkan agar dapat bermanfaat bagi nusa dan bangsa. 
Sebagai wujud komitmennya untuk meningkatkan SDM tersebut, saban hari Serka Darwis menyeberangkan anak-anak sekolah melalui Gondola (Jembatan tali berkatrol) melewati Sungai Ranteangin di Desa Maroko. Untuk menyeberangkan anak sekolah melewati sungai yang memiliki kedalaman 6 meter itu, setiap hari Serka Muh. Darwis telah 'standby' di lokasi penyeberangan sejak pagi hari.
 
Menurut penduduk setempat, aktivitas menyeberangkan anak tersebut menjadi pekerjaan rutin Serka Darwis kecuali saat sang Babinsa mendapatkan tugas lain.
 
Serka Darwis menegaskan bahwa aktivitasnya menyeberangkan anak sekolah semata-mata merupakan panggilan hati nurani sebagaimana konsekuensi dirinya sebagai prajurit TNI yang selalu setia pada Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan 8 Wajib TNI.
 
Selain dua hal di atas, wujud pengabdian Serka Darwis juga nampak dalam keberhasilannya menghilangkan kebiasaan nelayan dalam menangkap ikan dengan menggunakan bom. 

Melalui koordinasi Serka Darwis dengan segenap stakeholders setempat, para pelaku pengeboman ikan yang berasal dari luar Kecamatan Ranteangin berhasil diamankan oleh aparat berwajib.  

Atas keberhasilan tersebut, masyarakat Desa Landolia mewujudkan apresiasinya dengan memberikan hadiah kepada Serka Darwis berupa 1 (satu) unit Rumah Pos Babinsa berukuran 7 X 9 meter di dalam wilayah Desa Landolia Kecamatan Ranteangin, Kab. Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Editor: Dian

T#g:babinsaKendariSerka Darwistokoh
Berita Terkait
  • Minggu, 18 Feb 2018 09:58

    Kompaknya Happy dan Patricia

    Kekompakan Patricia Boru Siahaan dan Heppy Ferinda sering menjadi perbincangan warga. Istri Pasangan Calon (Paslon) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus tersebut ser

  • Sabtu, 17 Feb 2018 23:17

    Pos Koramil 0824/28 Pakusar Bantu Masyarakat Normalisasi Parit

    Danpos Ramil Pelda Sugito memimpin Karya Bakti TNI dengan sasaran normalisasi selokan sepanjang 250 meter di Dsn Sumberdandang Ds Ketosari Kec Pakusari Kabupaten Jember, Sabtu (17/2/2018).Perkembangan

  • Senin, 29 Jan 2018 09:39

    Satgaskes TNI Selamatkan Nyawa Ibu Akibat Pendarahan Pasca Persalinan

    Tim Gabungan Satgaskes TNI bantu warga Asmat tidak hanya penanggulangan campak dan gizi buruk.

  • Kamis, 18 Jan 2018 17:18

    Anak Medan Jabat Komandan KN. Tanjung Datu 1101

    Letnan Kolonel Laut (P) Muhammad Dimmi Oumry, S.E., lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan-44 tahun 1998 dipercaya menahkodai kapal patroli terbesar milik Badan Keamanan Laut RI, KN. Tanjung Dat

  • Kamis, 11 Jan 2018 21:55

    Babinsa Plalangan Hadiri Musrenbangdes

    Bertempat di Balai Desa Plalangan Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember pada kamis (11/01/2018) pukul 08.00 Wib dilaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes)  guna merencanakan pe

  • Jumat, 29 Des 2017 07:59

    Babinsa Sumberjambe Dampingi Pok Tani Panen Padi

    Program ketahanan pangan nasional untuk swasembada pangan hingga saat ini masih eksis dilaksanakan oleh Babinsa bersama PPL, sebagai tindak lanjut MoU Kementrian Pertanian RI dengan Markas Besar Angka

  • Senin, 25 Des 2017 05:15

    Babinsa TNI Bantu Warga Rehab Rumah Hampir Rubuh

    Babinsa 0824/15, Sertu I Made Sucana turut hadir serta membantu jalannya renovasi rumah masyarakat kurang mampu atas nama P Babun, 53 Tahun, Dusun Pasanggrahan Sumberklopo RT. 02/35 Desa Curah Kalong, Minggu (24/12).

  • Minggu, 24 Des 2017 23:24

    Tengku Erry Serahkan Bantuan 1.200 Sepedamotor untuk Kepala Desa, Babinsa, dan Babinkambtimas

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyerahkan bantuan kenderaan operasional berupa sepedamotor kepada tiga pilar, yakni Kepala Desa, Babinsa, dan Babinkambtimas.

  • Selasa, 19 Des 2017 18:39

    Kodim 0203/ Lkt Gelar Apel Danramil dan Babinsa

    Kodim 0203/ Lkt melakukan kegiatan apel Danramil dan Babinsa tahun 2017 di Aula Makodim 0203/Lkt, Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Kartini, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai, Selasa (19/12/17).Hadir

  • Minggu, 17 Des 2017 23:57

    Babinsa di Jember Bantu Pelayanan Pembuatan e-KTP On The Spot

    Pelayanan pembuatan e-KTP di berbagai tempat memang acap kali terjadi kegaduhan karena kurangnya kesadaran untuk antri secara tertib, namun tidak demikian di Kabupaten Jember. Petugas Dinas Kepen

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak