Rabu, 20 Jun 2018 04:55
Iklan Paslon Paluta
  • Home
  • Ragam
  • Semua Umat Beragama Diajak Jaga Kerukunan

Semua Umat Beragama Diajak Jaga Kerukunan

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam
Jumat, 08 Des 2017 14:08
Humas Pemprov Sumut
Dialog Umat Beragama di Rumah Komunitas Lintas Agama, Kamis (7/12)
Selamat Puasa Paluta

Gubernur Sumatera Utara Dr Ir HT Erry Nuradi MSi bersama jajaran kepolisian juga melibatkan seluruh pemuka agama sepakat untuk menjaga dan meningkatkan kerukunan umat beragama. Selain itu penegakan keamanan di Provinsi Sumut juga perlu untuk ditingkatkan.

Hal tersebut disampaikannya pada acara Dialog Umat Beragama di Rumah Komunitas Lintas Agama, Kamis (7/12) di MICC Medan. Hadir pada acara tersebut  Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, dan para petinggi Polda Sumut, para tokoh pemuka agama, para tokoh adat, serta masyarakat umum lainnya.

Gubsu sebagai pemimpin Sumut sangat memberi apresiasi akan kegiatan tersebut, menurutnya dengan kebersamaan bisa membangun Sumut lebih baik. "Sumut ini miniaturnya Indonesia, dengan berbagai suku, agama dan bangsa saya yakin ke depannya akan lebih maju, tentunya dengan dukungan dari masyarakat, tokoh lintas agama," jelasnya saat menjadi narasumber Dialog Antar Umat Beragama. 

Untuk itu Pemprovsu mendukung penuh akan keamanan serta kerukunan umat pada acara yang disponsori Polda Sumut serta Polri tersebut.

Sementara itu, Kapolda Sumut Paulus Waterpauw dalam kesempatan itu menegaskan kepolisian akan berusaha keras menumpas tidak kejahatan seperti narkoba dan begal. Apabia sudah melampaui batas, kepolisian menurutnya akan melakukan tindak di tempat.

"Sebagai petinggi di jajaran Poldasu, saya secara pribadi memberi apresiasi di bidang kerukunan beragama di Sumut ini. Tapi sayangnya tindakan kriminal masih ada mulai dari peredaran narkoba dan begal," paparnya. 

Sementara Kapolri Jenderal Tito Karnavian melalui pesan tertulis yang dibacakan Kakorbinas Baharkam Mabes Polri, Irjen Pol Drs Arkian Lubis diantaranya kegiatan dialog umat beragama memiliki potensi untuk saling mendukung dan tidak mudah terhasut yang mengarah kepada perpecahan.

Tak hanya itu dalam pesan itu juga mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk mengingat sumpah pemuda. "Jauh sebelum kemerdekaan pemuda pemudi penjuru tanah air dari berbagai lapisan dan agama bersumpah meraih kemerdekaan negeri ini," katanya.

Editor: Budi

T#g:poldasutoleransi
Berita Terkait
  • Senin, 14 Mei 2018 03:14

    Prihatin Tragedi Bom di Surabaya, Sihar Ajak Jaga Pluralisme

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus turut berduka dan mengutuk keras atas tragedi ledakan bom di sejumlah gereja di Kota Surabaya, Minggu (13/5/2018) pagi.

  • Sabtu, 05 Mei 2018 17:05

    Berjasa Di Bidang Dakwah, Waka Polda Sumut Brigjen Agus Dapat Penghargaan dari Muhammadiyah

    Brigjen Agus Andrianto mendapatkan penghargaan (Award) dari Pengurus Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) karena dinilai berjasa dalam gerakan dakwah Pemuda Muhammadiyah. Penyerahan penghargaan kepada W

  • Jumat, 27 Apr 2018 09:17

    Sihar: Keberagaman Sumut Terbungkus Dalam Persaudaraan

    Pluralisme yang ada di Sumatera Utara, menjadikan provinsi ini tak menjadikan perbedaan sebuah jarak pemisah. Keberagaman adat istiadat dan suku di Sumut disatukan dalam sebuah ikatan persaudaraan. "S

  • Kamis, 26 Apr 2018 18:16

    Pergerakan Indonesia Gelar Dialog Interaktif Kawal Pilkada Serentak Dalam Bingkai Kebhinekaan

    Dewan Pengurus Provinsi Pergerakan Indonesia (DPP PI) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dalam bingkai kebhinekaan suku, agama, RAS dan antar golongan.

  • Sabtu, 21 Apr 2018 11:41

    TNI-Polri Motivator Perekat Persatuan dan Kesatuan

    Eksistensi, kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dipertaruhkan di pundak Prajurit TNI-Polri. Untuk itu, TNI dan Polri harus menjadi solusi dan motivator perekat persatuan dan kesatuan.

  • Rabu, 04 Apr 2018 06:34

    Djarot: Sumut Hidup Dalam Keberagaman

    Cagubsu Djarot Saiful Hidayat mendapat sambutan hangat dan meriah saat tiba di Dusun VIII, Desa Huta Padang, Kecamatan Bandar Pasir (BP) Mandoge, Kabupaten Asahan, Selasa (3/4/2018) sore.Tenda berwarn

  • Selasa, 27 Mar 2018 09:27

    Mayjen TNI Ibnu Triwidodo sambut kunjungan Kapoldasu dan Kapolda Riau

    Pangdam 1/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo menyambut hangat kunjungan kerja Kapoldasu Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw dan Kapolda Riau Irjen Pol Nandang beserta staf, Senin (26/3).Dalam kesempatan ini, Pan

  • Jumat, 23 Mar 2018 10:23

    Jangan ada etnis merasa terintimidasi, khususnya menjelang Pemilu

    Dalam konsep FPK (Forum Pembauran Kebangsaan), keberagaman adalah keniscayaan. Mengapa niscaya, karena itu adalah ketetapan Tuhan. Oleh karena itu jangan ada yang menghina umat agama atau etnis lain,

  • Rabu, 21 Mar 2018 19:31

    Sumut Institute dan UNPRI gelar diskusi terbuka, "Masyarakat Sumut Cinta Damai, Jaga Kebhinekaan dan Pluralisme"

    Secara umum, hubungan sosial kemasyarakatan di Sumatera Utara, khususnya antar etnis relatif baik, dibuktikan dengan bebasnya masyarakat minoritas untuk melaksanakan aktifitasnya sehari-hari. Namun, b

  • Selasa, 13 Mar 2018 11:53

    Kerukunan Umat Beragama Perekat Persatuan Bangsa

    Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang besar, bangsa yang menghargai perbedaan dan menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama. Selain itu Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang plural me

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak