Jumat, 22 Sep 2017 18:40
  • Home
  • Ragam
  • Saudi Akan Bangun Lembaga Pendidikan Islam Arab Di Sumut

Saudi Akan Bangun Lembaga Pendidikan Islam Arab Di Sumut

Arab (utamanews.com)
Oleh: John
Senin, 04 Sep 2017 23:14
Dibaca: 104 kali
Ist
Gubsu Erry bersama Imam Besar Masjidil Haram
Usai bertemu Imam Besar Masjidil Haram, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bertemu Rektor Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, Prof Sulaiman bin Abdullah Aba Al Khail di Riyadh, Arab Saudi, Minggu (3/9/2017) malam.

Pertemuan Tengku Erry dengan Prof Sulaiman tersebut guna menindaklanjuti kerjasama Raja Salman dengan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan investasi, diantaranya rencana pembangunan lembaga pendidikan Islam Arab di Indonesia, salah satunya akan dibangun di Sumatera Utara.

Kehadiran Tengku Erry didampingi istri Evi Diana Br Sitorus di Arab Saudi dalam rangka menunaikan ibadah haji undangan khusus dan berkesempatan melakukan kunjungan balasan setelah pada 10 April lalu, Rektor Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud (setingkat Menteri Pendidikan), Prof Sulaiman bin Abdullah Aba Al Khail bersama Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi bertemu Gubernur Erry Nuradi di kantor Gubsu di Medan.

Kemudian, keseriusan Arab Saudi membangun Universitas Islam di Sumut tersebut ditandai dengan kembali datangnya utusan Duta Besar Arab Saudi, Naser Al Ghamdi, 8 Juni lalu dengan membawa dan menyerahan surat Dubes untuk menindaklanjuti kerjasama dua belah pihak dalam rencana pembangunan cabang Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam Arab (LIPIA) Medan.

Untuk pembangunan Universitas Islam Arab tersebut, Pemerintah Provinsi Sumut menyediakan lahan tidak jauh dari Bandara Kualanamu di Deli Serdang yang juga akan dibangun Islamic Center dengan luas lahan 40 hektare. Luas lahan Universitas Islam Arab tersebut cukup 3 hektare saja seperti yang diminta pemerintah Arab Saudi.

"Kita telah komit dan sama-sama menunggu. Mudah-mudahan proses administrasinya tidak memakan waktu yang lama dan peletakan batu pertama untuk pembangunan Universitas Islam Arab ini segera bisa terealisasi dan menjadi kebanggaan bagi warga Sumut nantinya," ucap Tengku Erry.

Sementara, Prof Sulaiman menyebutkan pemerintah Arab Saudi sangat berterimakasih kepada Pak Gubernur yang telah memberikan kekhususan atas tanah untuk kampus ini. ''Kami sangat bersyukur, rakyat dan atas nama pemerintah Saudi Arabia. Dan harapan kami bisa berjumpa lagi pada peletakan batu pertama nanti," ujarnya.

Sebelumnya, Prof Sulaiman menyampaikan bahwa selama ini hubungan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi yang terjalin cukup baik. Hal ini juga dibuktikan dengan kedatangan Raja Salman ke Indonesia beberapa waktu lalu. ''Hubungan yang sudah terjalin secara baik ini semakin ditingkatkan khususnya kepada Pemerintah Daerah Sumatera Utara,'' sebutnya.

Editor: Budi

T#g:araberry
Berita Terkait
  • Rabu, 20 Sep 2017 17:20

    Tengku Erry Hadiahi Pantun untuk 4 Gubernur & 3 Wakil Gubernur

     5 Gubernur dan 3 Wakil Gubernur bertemu di Kota Medan, Rabu (20/9/2017). Mereka adalah tuan rumah, Gubernur Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur,  Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah. Se

  • Rabu, 20 Sep 2017 02:30

    Tengku Erry Serahkan Bantuan Ternak

    Menteri Pertanian melalui Direktorat Jendral (Dirjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam mendorong peningkatan populasi sa

  • Selasa, 19 Sep 2017 09:29

    Tengku Erry: Sarjana Harus Siap Kerja dan Bisa Membuka Lapangan Pekerjaan

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyebutkan masa perkuliahan harus mengedepankan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga mahasiswa setelah lulus tidak lagi mencari pekerjaan tetapi harus dapat membuka lapangan pe

  • Senin, 18 Sep 2017 20:38

    Gubsu Tengku Erry Minta KNPI Kedepankan Kekuatan Moral 

    Organisasi kepemudaan seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) diharapkan dapat menjadi contoh pemuda yang bisa mengedepankan moral force atau kekuatan moral. Sebab, banyak sekali pemuda yang s

  • Minggu, 17 Sep 2017 12:17

    Berjasa pada Polmed, Tengku Erry Didoakan Kembali Memimpin Sumut

    Kehadiran Gubernur Sumut Tengku Erry di kampus Politeknik Negeri Medan (Polmed) Jalan Almamater No 1 Kampus USU Medan Sabtu (16/9/2017) pagi, disambut hangat oleh keluarga besar Politeknik Negeri Meda

  • Kamis, 14 Sep 2017 15:44

    Tengku Erry Kagumi Paduan Suara SMA Negeri Teluk Dalam

    Ada yang menarik dalam rangkaian puncak acara Hari Keluarga Nasional Tingkat Provinsi Sumut yang dilaksanakan di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Rabu (13/9/2017) sore.

  • Rabu, 13 Sep 2017 02:03

    Tengku Erry Dorong Hortikultura Sumut Tembus Pasar Global

    Gubsu Tengku Erry Nuradi resmi membuka Pekan Pasar Petani Sumut 2017 di lapangan KB kompleks Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang di Lubuk Pakam, Selasa (12/9/2017).

  • Sabtu, 09 Sep 2017 20:59

    Gubsu Erry Nuradi Peroleh Penghargaan Pembina Olahraga dari Menpora

    Gubsu DR H T Erry Nuradi menerima penghargaan dari Menteri Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi sebagai pembina olahraga terbaik. Penghargaan itu diberikan pada acara puncak Hari Olahra

  • Jumat, 08 Sep 2017 00:58

    Marhaban Sambut Kedatangan Gubsu Dari Makkah

    Marhaban (lagu-lagu pujian diiringi alat musik rebana untuk menyambut dan menghormati tamu) dilantunkan dengan indah saat Gubsu HT Erry Nuradi dan istri Hj Evi Diana Sitorus tiba di rumah dinas Gubsu

  • Selasa, 05 Sep 2017 22:35

    Tengku Erry Lepas Kloter 1 Kembali Ke Tanah Air

    Gubsu H Tengku Erry Nuradi yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah, berkesempatan melepas keberangkatan Kloter 1 Embarkasi Medan untuk kembali ke tanah air.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak