Selasa, 19 Jun 2018 19:49
Iklan Paslon Paluta
  • Home
  • Ragam
  • Prof Dr Yudi Latief Ajak Babinsa Galakkan Kamling Idiologi

Prof Dr Yudi Latief Ajak Babinsa Galakkan Kamling Idiologi

Jember (utamanews.com)
Oleh: Tommy/rls
Senin, 12 Mar 2018 21:42
Sis24
Dandim 0824 Jember bersama Prof Yudi Latif dan rombongan.
Selamat Puasa Paluta

Usai menyelenggarakan saresehan bersama Babinsa dan anggota TNI lainnya pada Senin (12/03/2018), Prof Dr Yudi Latief langsung menuju ruangan Komandan Kodim 0824 Jember untuk transit sejenak dan wawancara bersama awak media.

Dalam wawancaranya, Prof Dr. Yudi Latief sebagai Kepala BPIP yang merupakan  salah satu badan setingkat Menteri Negara yang membantu Presiden dalam Pembinaan Idiologi Pancasila, menyampaikan bahwa banyak hal yang mempengaruhi terkikisnya Pancasila sebagai Idiologi Bangsa Indonesia.

"Secara internal yaitu dengan tidak adanya mata pelajaran sekolah terkait Pancasila, masih takutnya penyebutan Pancasila oleh sebagian pejabat dalam pidatonya dan lain-lain, merupakan salah satu tanda terkikisnya Pancasila sebagai idiologi Bangsa Indonesia. Hal-hal inilah yang harus dapat kita rubah," tegas Prof Yudi Latief.

"Kemudian secara eksternal adanya perkembangan global dengan mudahnya akses informasi melalui android dan lain-lain yang mampu mempengaruhi masyarakat utamanya generasi muda ini yang harus ekstra kita waspadai, dari situlah celah adanya pengruh idiologi lain masuk yang mengancam Idiologi Pancasila.
Untuk itu pada kesempatan ini saya ingin sampaikan bahwa satu-satunya lembaga yang tersetruktur dengan baik dan memiliki kepercayaan masyarakat adalah TNI AD melalui Babinsa, kalau dulu kita berhasil menumbuhkan kegotong royongan untuk mewujudkan keamanan melalui siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) untuk meminimalisir tindak pencurian, kini saatnya Babinsa mengajak masyarakat untuk Kamling Idiologi ini jangan sampai masyarkat kemasukan idiologi lain," tambahnya.

Sehingga, lanjutnya, penguatan Pancasila sangat diperlukan melalui generasi muda, pelajar dan elemen-elemen masyarakat lainnya, karena tanpa Pancasila NKRI akan runtuh.

Selanjutnya Habib Ali Assegaf saat dikonfirmasi terkait teks line Buku 57 Kutbah Jum'at menyampaikan, "Merakit Kebangsaan Mengokohkan NKRI, saya melihat Islam turut melahirkan nilai-nilai Pancasila, Islam sendiri punya media Islam melalui Khutbah Jum'at untuk itu saya tidak ingin Sholat Jum'at  justru mengenalkan negeri, nilai Pancasila dan Islam itu sering tidak dibuat sinkron, ini yang perlu kita sinkronkan sehingga kalau orang membaca Al Quran kita tunjukkan hubungannya dengan Pancasila," katanya.

"Buku ini kita harapkan sampai ke takmir masjid, dan untuk itu saya berterima kasih kepada Prof Dr Yudi Latief dan Komandan Kodim 0824 dengan Babinsa untuk menyebarkan Buku ini kepada takmir masjid di wilayahnya," tambahnya.

Sementara itu dalam wawancaranya Dandim 0824 Letkol Inf Arif Munawar  menyampaikan bahwa acara ini sudah dilaporkan Kepada Danrem 083/Bdj maupun Pangdam V/Brw. "Buku 57 Kutbah Jum'at ini akan kita distribusikan kepada para Babinsa agar membagi ke Takmir masjid yang ada di Kabupaten Jember ini, sekitar 2.018 Masjid.
Dengan harapan kita memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui penguatan nilai-nilai  Pancasila dengan agama, ada sinkronisasi nilai-nilai Pancasila itu dengan Agama, karena Pancasila itu juga sebagai dasar etika moral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tegas Letkol Inf Arif Munawar.
Editor: Herda

T#g:Pancasila
Berita Terkait
  • Sabtu, 02 Jun 2018 10:32

    Peringati Hari Pancasila, GMNI Kota Medan Gelar Aksi di Tugu SIB

    Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Medan menggelar aksi dalam memperingati Hari Pancasila di Bundaran SIB kota Medan, Jumat (1/6/2018). Aksi ini menyampaikan bahwa pentingnya Pancasila untuk kesatuan dan persatuan bangsa.

  • Jumat, 01 Jun 2018 20:31

    Pancasila Sebagai Pedoman Kehidupan Bangsa Indonesia

    Pancasila ialah dasar Falsafah Negara atau Ideologi Negara atau dengan arti lain Pedoman Kehidupan Berbangsa dan Bernegara bagi seluruh Rakyat Indonesia. Pancasila berasal dari bahasa sansekerta

  • Jumat, 01 Jun 2018 15:11

    Plt Bupati Deli Serdang Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

    Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018, di Lapangan Alun-Alun Komplek Perkantoran Bupati pada Jumat (1/06/2018).Upacara

  • Jumat, 01 Jun 2018 11:51

    Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Sekdakab Paluta Bacakan Sambutan Presiden

    Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Burhan Harahap SH memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila di halaman kantor Bupati Padang Lawas Utara, Jumat (1/6/2018).

  • Kamis, 31 Mei 2018 10:41

    BPIP Jangan jadi Komoditas Politik Praktis

    Badan Pembinaan Idelogi Pancasila (BPIP) merupakan lembaga yang memiliki fungsi dan tanggungjawab penting dalam rangka menyukseskan program pemerintah yang juga bersumber dari semangat Pancasila, UUD

  • Rabu, 30 Mei 2018 08:10

    KH. Buya Syakur Yasin: Tidak Menerima Perbedaan Berarti Menolak Kebesaran Allah SWT

    Ponpes Cadangpinggan Indramayu dan Komunikonten mengadakan Tausiyah Kebangsaan dengan tema "Santri Melawan Hoax dan Penyalahgunaan isu SARA Untuk Keutuhan NKRI".Kegiatan ini diselenggarakan di Ponpes

  • Senin, 28 Mei 2018 13:28

    Memaknai Peringatan Hari Pancasila, Memperkuat Ideologi Negara

         Pada 1 Juni mendatang, kita akan memperingati hari lahirnya Pancasila. Penetapan Pancasila sebagai hari libur nasional juga menjadi kebijakan dari Presiden Joko Widodo yang te

  • Sabtu, 31 Mar 2018 09:31

    Bung Sahrul Rizal, SP (ENDO) Resmi Dilantik Sebagai Ketua PAC Bilah Hulu

    Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila Kecamatan Bilah Hulu Sahrul Rizal,SP. atau biasa dipanggil Bung Endo, telah resmi dilantik oleh Ketua MPC Pemuda Pancasila Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.MT untuk me

  • Rabu, 21 Mar 2018 03:31

    Panglima TNI Ajak Mahasiswa Mengamalkan Nilai-Nilai Universal Pancasila

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengajak mahasiswa dan mahasiswi Indonesia untuk terus menggali dan mengamalkan nilai-nilai universal Pancasila tanpa ada batas dan sekat suku, agama maupun ra

  • Rabu, 28 Feb 2018 07:28

    Tingkatkan Pendidikan Pancasila, Bela Negara dan Pembinaan Karakter Siswa Pelajar

    Tingkatkan pendidikan Pancasila, bela negara dan pembinaan karakter tingkat SMP se-wilayah Medan. Demikian disampaikan Direktur Pembinaan SMP Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI Dr. Supriano, M.Ed., didam

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak