Selasa, 19 Mar 2019 17:48
  • Home
  • Ragam
  • Prof Dr Yudi Latief Ajak Babinsa Galakkan Kamling Idiologi

Prof Dr Yudi Latief Ajak Babinsa Galakkan Kamling Idiologi

Jember (utamanews.com)
Oleh: Tommy/rls
Senin, 12 Mar 2018 21:42
Sis24
Dandim 0824 Jember bersama Prof Yudi Latif dan rombongan.

Usai menyelenggarakan saresehan bersama Babinsa dan anggota TNI lainnya pada Senin (12/03/2018), Prof Dr Yudi Latief langsung menuju ruangan Komandan Kodim 0824 Jember untuk transit sejenak dan wawancara bersama awak media.

Dalam wawancaranya, Prof Dr. Yudi Latief sebagai Kepala BPIP yang merupakan  salah satu badan setingkat Menteri Negara yang membantu Presiden dalam Pembinaan Idiologi Pancasila, menyampaikan bahwa banyak hal yang mempengaruhi terkikisnya Pancasila sebagai Idiologi Bangsa Indonesia.

"Secara internal yaitu dengan tidak adanya mata pelajaran sekolah terkait Pancasila, masih takutnya penyebutan Pancasila oleh sebagian pejabat dalam pidatonya dan lain-lain, merupakan salah satu tanda terkikisnya Pancasila sebagai idiologi Bangsa Indonesia. Hal-hal inilah yang harus dapat kita rubah," tegas Prof Yudi Latief.

"Kemudian secara eksternal adanya perkembangan global dengan mudahnya akses informasi melalui android dan lain-lain yang mampu mempengaruhi masyarakat utamanya generasi muda ini yang harus ekstra kita waspadai, dari situlah celah adanya pengruh idiologi lain masuk yang mengancam Idiologi Pancasila.
Untuk itu pada kesempatan ini saya ingin sampaikan bahwa satu-satunya lembaga yang tersetruktur dengan baik dan memiliki kepercayaan masyarakat adalah TNI AD melalui Babinsa, kalau dulu kita berhasil menumbuhkan kegotong royongan untuk mewujudkan keamanan melalui siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) untuk meminimalisir tindak pencurian, kini saatnya Babinsa mengajak masyarakat untuk Kamling Idiologi ini jangan sampai masyarkat kemasukan idiologi lain," tambahnya.

Sehingga, lanjutnya, penguatan Pancasila sangat diperlukan melalui generasi muda, pelajar dan elemen-elemen masyarakat lainnya, karena tanpa Pancasila NKRI akan runtuh.

Selanjutnya Habib Ali Assegaf saat dikonfirmasi terkait teks line Buku 57 Kutbah Jum'at menyampaikan, "Merakit Kebangsaan Mengokohkan NKRI, saya melihat Islam turut melahirkan nilai-nilai Pancasila, Islam sendiri punya media Islam melalui Khutbah Jum'at untuk itu saya tidak ingin Sholat Jum'at  justru mengenalkan negeri, nilai Pancasila dan Islam itu sering tidak dibuat sinkron, ini yang perlu kita sinkronkan sehingga kalau orang membaca Al Quran kita tunjukkan hubungannya dengan Pancasila," katanya.

"Buku ini kita harapkan sampai ke takmir masjid, dan untuk itu saya berterima kasih kepada Prof Dr Yudi Latief dan Komandan Kodim 0824 dengan Babinsa untuk menyebarkan Buku ini kepada takmir masjid di wilayahnya," tambahnya.

Sementara itu dalam wawancaranya Dandim 0824 Letkol Inf Arif Munawar  menyampaikan bahwa acara ini sudah dilaporkan Kepada Danrem 083/Bdj maupun Pangdam V/Brw. "Buku 57 Kutbah Jum'at ini akan kita distribusikan kepada para Babinsa agar membagi ke Takmir masjid yang ada di Kabupaten Jember ini, sekitar 2.018 Masjid.
Dengan harapan kita memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui penguatan nilai-nilai  Pancasila dengan agama, ada sinkronisasi nilai-nilai Pancasila itu dengan Agama, karena Pancasila itu juga sebagai dasar etika moral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tegas Letkol Inf Arif Munawar.
Editor: Herda

T#g:Pancasila
Berita Terkait
  • Minggu, 10 Mar 2019 15:10

    Kodrat Shah Minta Kader Pemuda Pancasila dan Masyarakat Lubuk Pakam Dukung Caleg Hanura

    Caleg DPR RI dari Dapil Sumut 1, yang juga Ketua DPD Partai Hanura Sumut, Kodrat Shah menyapa warga Kecamatan Lubuk Pakam di lapangan Segitiga Lubuk Pakam, Deliserdang, Minggu (10/03/2019) pagi.Kegiat

  • Senin, 04 Mar 2019 11:34

    Bamsoet: Ormas Harus Mampu Warnai Demokrasi di Indonesia

    Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta semua organisasi kemasyarakatan (Ormas) di Indonesia turut aktif mewarnai perkembangan demokrasi di Indonesia.

  • Senin, 04 Mar 2019 06:54

    Ketua Japto Minta Pemuda Pancasila Kampanyekan Jokowi dengan Santun

    Japto Soelistyo Soerjosoemarno, menegaskan Pemuda Pancasila akan berada di belakang pasangan calon Jokowi-Ma'ruf Amin.

  • Senin, 04 Mar 2019 06:44

    Plt Bupati Labuhanbatu Hadiri Pelantikan Massal Enam Ranting PP se-kecamatan Panai Hilir

    Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu yang juga Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT, menghadiri acara pelantikan massal organisasi masyarakat Pemuda

  • Senin, 28 Jan 2019 18:48

    Sikapi Pencopotan Kepsek MTSN 2, Sapma PP Simalungun Akan Demonstrasi

    Ketua Cabang Sapma Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Simalungun Sabaruddin Sirait mendesak Kakan Kemenag anulir SK pencopotan Kepala MTSN 2 Siantar Hj. Nurdewi Maharani Damanik."Karena kami menilai penc

  • Jumat, 25 Jan 2019 16:05

    Sinergitas Babinsa Koramil 08/RP, Lurah Sirandorung dan Ormas PP Gotong Royong Bersihkan Saluran Drainase

    Babinsa Koramil 08/RP, dan Lurah Sirandorung serta Ormas Pemuda pancasila ranting kelurahan sirandorung, bersinergi melaksanakan gotong royong membersihkan saluran drainase dengan melakukan pengorekan

  • Senin, 14 Jan 2019 13:44

    Lima Belas Anak Ranting Pemuda Pancasila Kelurahan Pulo Padang Dilantik Secara Massal

    Ketua Ranting Pemuda Pancasila Kelurahan Pulo Padang, Rahmat Efendi Siregar melantik secara massal lima belas (15) pengurus Pimpinan Anak Ranting kelurahan Pulo Padang Kecamatan Rantau Utara kabupaten

  • Sabtu, 12 Jan 2019 18:22

    Ketua PAC PP Bilah Hulu: Berbagi Itu Ibadah dan Dapat Mengurangi Kesusahan Orang Lain

    Berbagi rezeki untuk kaum Duafa, Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Bilah Hulu Samsul Rizal, SP, atau biasa disapa dengan panggilan Bung Endo, memberikan bantuan sembako kepada 30 orang warga yang b

  • Senin, 24 Des 2018 10:54

    Plt Bupati Labuhanbatu: Kesederhanaan menjadikan kita semakin dekat dengan masyarakat

    Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT, menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1440 H, dengan Tema "Mari kita jadikan tauladan untuk merubah j

  • Rabu, 19 Des 2018 17:39

    Tohom Purba: BPPH PP DKI Ubah Image Pemuda Pancasila Jadi Lebih Intelektual

    Pemahaman hukum yang baik dapat menghindarkan anggota dan kader Pemuda Pancasila dari perbuatan melanggar hukum.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak