Jumat, 18 Agu 2017 02:14
Iklan Kota1
  • Home
  • Ragam
  • Pemprovsu dorong PARFI filmkan budaya dan daerah wisata Sumut

Pemprovsu dorong PARFI filmkan budaya dan daerah wisata Sumut

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Minggu, 23 Jul 2017 19:43
Dibaca: 145 kali
Dok
Pelantikan Pengurus Parfi Sumut priode 2016-2021 di gedung Bina Graha, Sabtu malam (22/7).
Provinsi Sumut yang multi etnis dan beragam adat istiadat menjadi potensi yang besar untuk meningkatkan industri kreatif terutama di bidang perfilman.

Oleh karenanya, dengan keberadaan Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) Sumut, maka diharapkan Sumut dapat semakin dikenal hingga ke mancanegara melalui karya dan seni peran yang diproduksi.

"Kami yakin Sumut dengan luasan wilayah 70 ribu Km lebih, keindahan alam dan berbagai adat istiadat serta budayanya dapat menjadi sumber inspirasi yang besar bagi PARFI," ujar Plt Sekda Provsu, Ibnu Hutomo saat menghadiri Pelantikan Pengurus Parfi Sumut priode 2016-2021 di gedung Bina Graha, Sabtu malam (22/7).

Turut hadir, Ketua Umum PB PARFI, Febryan Adhitya, Ketua PARFI Sumut, Murniati Huber Tobing, Direktur Badan Otoritas Danau Toba, Bosar Simanjuntak, Wakil Bupati Taput, Mauliate Simorangkir, beserta pengurus dan anggota PARFI Sumut.  

Lebih lanjut dikatakan Ibnu, Pemprovsu berharap agar Parfi Sumut dapat mengembangkan perfilman di Sumut, sehingga Sumut dapat semakin dikenal masyarakat luas hingga ke mancanegara. Apalagi, saat ini Danau Toba sudah menjadi destinasi wisata nasional, tentunya dapat dikembangkan agar Sumut bisa semakin baik dan paten.

"Sumut memiliki objek wisata yang banyak mulai dari pegunungan, kepulauan dan objek wisata yang tersebar di wilayah pantai barat dan timur. Lokasi ini tentunya kita harapkan dapat menjadi lokasi film yang hasilnya pasti bisa sangat hebat," jelas Ibnu.

Tentunya Ibnu juga berharap, dengan kehadiran Parfi Sumut, maka industry perfilman di Sumut akan semakin berkibar. 

"Kita harapkan Parfi Sumut bisa lebih professional, dan Parfi juga sebaiknya dapat menangkal isu-isu negatif. Di mana selama ini kalangan artis akrab dengan narkoba dan lainnya. Kita berharap PARFI Sumut tidak terlihat dengan hal-hal negatif seperti itu," harap Ibnu.

Ketua Umum PB Parfi, Febryan Adhitya mengatakan, pemerintah telah melakukan program film promosi wisata. Diharapkannya, dengan program ini PARFI Sumut dapat berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

"Dalam film promosi pariwisata ini, ada seni budaya dan kearifan lokal yang kita angkat, karena tujuannya untuk mempromosikan pariwisata daerah dan meningkatkan PAD daerah, maka diharapkan PARFI di daerah bisa berkoordinasi dengan Pemda setempat. Setidaknya untuk membuat filmnya harus berkoordinasi dengan Disdik, Disbudpar. Sebab, kita ingin hasilnya bukan asal membuat film, tapi mampu mengangkat seni budaya daerah," papar Febryan.

Ketua Parfi Sumut, Murniati Huber Tobing mengatakan, pihaknya siap untuk menggali bakat dan meningkatkan kompetensi SDM untuk menunjang kreativitas film di Sumut. Bahkan, dalam waktu dekat pihaknya telah menargetkan akan membuat film layar lebar. Namun, untuk merealisasikan hal itu, diakuinya pihaknya membutuhkan dukungan terutama dari Pemprovsu dan stakeholder lainnya.

"Selama ini kita sudah berupaya untuk mensosialiasikan dan menggali bakat seni peran ini ke sekolah-sekolah SMA, seperti SMA Negeri 1 Medan, SMAN 2 Medan dan SMAN 4 Medan serta SMA Negeri 1 Samosir. Hal ini kami lakukan karena kami menyadari peningkatan industri perfilman harus dimulai terutama dari generasi muda. Namun, kami tidak bisa sendiri melainkan harus didukung oleh pemerintah dan stakeholder juga," papar Murniati. 

Editor: Sam

T#g:artisFilmPARFIPelantikanWisata
Berita Terkait
  • Kamis, 10 Agu 2017 18:10

    Gubsu Erry Lantik Hefriansyah Jadi Walikota Pematang Siantar

    Setelah sempat lima bulan lebih Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar tidak memiliki Walikota Definitif, akhirnya kursi orang nomor satu tersebut terisi. Atas nama Presiden Republik Indonesia, Gube

  • Rabu, 09 Agu 2017 19:09

    Hasil Evaluasi, 47 Pejabat Pemkab Taput Dilantik

    Bupati Tapanuli Utara, diwakili Sekda Edward Tampubolon melantik dan mengambil sumpah/ janji 13 pejabat Administrator (Eselon III) dan 34 Pejabat Pengawas (Eselon IV), di Lingkungan Pemkab Taput. 

  • Sabtu, 05 Agu 2017 12:05

    Pelantikan pengurus DPW Ikatan Pesantren Indonesia di Sumut

    Dewan Pengurus Pusat Ikatan Pesantren Indonesia (DPP IPI) melantik Dewan Pengurus Wilayah (DPW IPI) Sumut dan DPD IPI Kabupaten/Kota se-Sumatera pada Jum'at malam 4/8), di Hotel Madani jalan Sisi

  • Minggu, 30 Jul 2017 18:40

    Bertha Julianti Telaumbanua dinobatkan jadi Putri Pariwisata 2017

    Nama Kota Gunungsitoli kembali berkibar di kontes putri pariwisata di Pulau Nias. Setelah mengorbitkan Pintar Hasrat Zendrato sebagai Sibolowua pada pemilihan duta wisata tahun 2016 lalu, ada sosok sa

  • Senin, 24 Jul 2017 22:24

    Kementerian Parawisata Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Humbahas

    Menindaklanjuti program prioritas Kementerian Pariwisata tahun 2017 serta tata kelola destinasi pariwisata dan pemberdayaan masyarakat, disimpulkan bahwa pengembangan sektor pariwisata tidak semata ma

  • Sabtu, 22 Jul 2017 02:42

    Tengku Erry: Kembangkan Pesta Budaya Pantai Timur

    Gubsu Tengku Erry Nuradi membuka Pesta Budaya Pantai Timur yang pertama di Theme Park, Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Kamis (20/7/2017).

  • Jumat, 21 Jul 2017 20:11

    Panglima TNI: Perwira TNI Harus Tingkatkan Kemampuan Iptek

    Para Perwira TNI harus memiliki kemauan untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), karena tugas-tugas TNI ke depan bukan semakin ringan dihadapkan pada tantangan bahkan ancaman

  • Jumat, 21 Jul 2017 09:41

    Indra Lumbangaol dan Rima Magdalena Juarai Pemilihan Duta Wisata Humbahas

    Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) melalui Dinas Pariwisata menggelar pemilihan duta wisata Sidoli dan Siboru tahun 2017 bertempat di Aula Huta Mas Doloksanggul, Kamis (20/7).

  • Minggu, 16 Jul 2017 18:46

    Dandim 0824 dan Komunitas Off Roader buka jalan lokasi wisata baru di Jember

    Di lingkungan Mujan Kelurahan Bintoro, Patrang Kab Jember terdapat kawasan seluas 54 Hektar tanah milik Pemkab Jember yang sebelumnya dijadikan hutan produktif dengan ditanami Sengon, sehingga kurang memberikan manfaat kepada masyarakat umum.

  • Jumat, 14 Jul 2017 21:24

    Mutasi Kepsek dan Pengawas, Bupati Nikson tegaskan jangan ada pungli

    Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi para Asisten dan beberapa OPD/Unit Kerja melantik dan mengambil Sumpah/Janji Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidik

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak