Selasa, 17 Jul 2018 10:52
  • Home
  • Ragam
  • Pemprovsu dorong PARFI filmkan budaya dan daerah wisata Sumut

Pemprovsu dorong PARFI filmkan budaya dan daerah wisata Sumut

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Minggu, 23 Jul 2017 19:43
Dok
Pelantikan Pengurus Parfi Sumut priode 2016-2021 di gedung Bina Graha, Sabtu malam (22/7).
Provinsi Sumut yang multi etnis dan beragam adat istiadat menjadi potensi yang besar untuk meningkatkan industri kreatif terutama di bidang perfilman.

Oleh karenanya, dengan keberadaan Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) Sumut, maka diharapkan Sumut dapat semakin dikenal hingga ke mancanegara melalui karya dan seni peran yang diproduksi.

"Kami yakin Sumut dengan luasan wilayah 70 ribu Km lebih, keindahan alam dan berbagai adat istiadat serta budayanya dapat menjadi sumber inspirasi yang besar bagi PARFI," ujar Plt Sekda Provsu, Ibnu Hutomo saat menghadiri Pelantikan Pengurus Parfi Sumut priode 2016-2021 di gedung Bina Graha, Sabtu malam (22/7).

Turut hadir, Ketua Umum PB PARFI, Febryan Adhitya, Ketua PARFI Sumut, Murniati Huber Tobing, Direktur Badan Otoritas Danau Toba, Bosar Simanjuntak, Wakil Bupati Taput, Mauliate Simorangkir, beserta pengurus dan anggota PARFI Sumut.  

Lebih lanjut dikatakan Ibnu, Pemprovsu berharap agar Parfi Sumut dapat mengembangkan perfilman di Sumut, sehingga Sumut dapat semakin dikenal masyarakat luas hingga ke mancanegara. Apalagi, saat ini Danau Toba sudah menjadi destinasi wisata nasional, tentunya dapat dikembangkan agar Sumut bisa semakin baik dan paten.

"Sumut memiliki objek wisata yang banyak mulai dari pegunungan, kepulauan dan objek wisata yang tersebar di wilayah pantai barat dan timur. Lokasi ini tentunya kita harapkan dapat menjadi lokasi film yang hasilnya pasti bisa sangat hebat," jelas Ibnu.

Tentunya Ibnu juga berharap, dengan kehadiran Parfi Sumut, maka industry perfilman di Sumut akan semakin berkibar. 

"Kita harapkan Parfi Sumut bisa lebih professional, dan Parfi juga sebaiknya dapat menangkal isu-isu negatif. Di mana selama ini kalangan artis akrab dengan narkoba dan lainnya. Kita berharap PARFI Sumut tidak terlihat dengan hal-hal negatif seperti itu," harap Ibnu.

Ketua Umum PB Parfi, Febryan Adhitya mengatakan, pemerintah telah melakukan program film promosi wisata. Diharapkannya, dengan program ini PARFI Sumut dapat berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

"Dalam film promosi pariwisata ini, ada seni budaya dan kearifan lokal yang kita angkat, karena tujuannya untuk mempromosikan pariwisata daerah dan meningkatkan PAD daerah, maka diharapkan PARFI di daerah bisa berkoordinasi dengan Pemda setempat. Setidaknya untuk membuat filmnya harus berkoordinasi dengan Disdik, Disbudpar. Sebab, kita ingin hasilnya bukan asal membuat film, tapi mampu mengangkat seni budaya daerah," papar Febryan.

Ketua Parfi Sumut, Murniati Huber Tobing mengatakan, pihaknya siap untuk menggali bakat dan meningkatkan kompetensi SDM untuk menunjang kreativitas film di Sumut. Bahkan, dalam waktu dekat pihaknya telah menargetkan akan membuat film layar lebar. Namun, untuk merealisasikan hal itu, diakuinya pihaknya membutuhkan dukungan terutama dari Pemprovsu dan stakeholder lainnya.

"Selama ini kita sudah berupaya untuk mensosialiasikan dan menggali bakat seni peran ini ke sekolah-sekolah SMA, seperti SMA Negeri 1 Medan, SMAN 2 Medan dan SMAN 4 Medan serta SMA Negeri 1 Samosir. Hal ini kami lakukan karena kami menyadari peningkatan industri perfilman harus dimulai terutama dari generasi muda. Namun, kami tidak bisa sendiri melainkan harus didukung oleh pemerintah dan stakeholder juga," papar Murniati. 

Editor: Sam

T#g:artisFilmPARFIPelantikanWisata
Berita Terkait
  • Rabu, 11 Jul 2018 15:11

    Pj Gubsu: Pesona Humbahas Bukti Peduli Pelestarian Budaya

    Pesona budaya Humbahas (Humbang Hasundutan) yang digelar di kawasan danau Toba Bakkara Kecamatan Baktiraja merupakan bukti Pemkab Humbahas sangat peduli dengan pelestarian dan pengembangan kebudayaan

  • Senin, 02 Jul 2018 00:02

    5 Makanan ini Ampuh Cegah Mabuk Perjalanan

    Bagi yang akan mudik ke kampung halaman, pastikan agar kondisimu selama perjalanan terasa nyaman. Salah satunya, dengan menghindari mabuk perjalanan.

  • Jumat, 22 Jun 2018 13:42

    Mendagri Lantik Pejabat Gubernur Sumatera Utara, Eko Subowo

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri ) Republik Indonesia Tjahjo Kumolo, SH, resmi melantik Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Dirjen BAK) Kementerian Dalam Negeri Eko Subowo menjadi Pejabat (

  • Rabu, 20 Jun 2018 15:20

    Polres Deli Serdang Tingkatkan Pengamanan Objek Wisata

    Sejumlah tempat wisata dan liburan yang ada di Kabupaten Deli Serdang banyak diserbu oleh masyarakat. Agar aktivitas masyarakat dapat berlangsung aman dan nyaman selama berwisata dan berlibur, Polres

  • Sabtu, 16 Jun 2018 19:36

    Hari Kedua Idul Fitri Masyarakat Mulai Banjiri Lokasi Wisata

    Kebiasaan masyarakat setelah hari pertama merayakan Idul Fitri dengan Sholat Idul Fitri dilanjutkan bermaaf-maafan bersama keluarga dan tetangga lain halnya di hari ke dua sambil bersilaturahmi kepada

  • Senin, 11 Jun 2018 13:11

    Panglima TNI: Tingkatkan Pengamanan Objek Wisata di Jawa Timur

    Pengamanan destinasi wisata di Jawa Timur perlu ditingkatkan mengingat wilayah tersebut memiliki banyak objek wisata dan menjadi salah satu tujuan para pemudik lebaran, sehingga secara otomatis masyar

  • Senin, 04 Jun 2018 21:34

    Sihar Ajak Maknai Pesan Taman Wisata Iman di Kabupaten Dairi

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus mengajak memaknai keberadaan Taman Wisata Iman di perbukitan Desa Sitinjo Kecamatan Sitinjo Kabupaten Dairi. Ini dikatakannya saat berkunjung ke sana, Minggu (3/6/2018) kemarin.

  • Kamis, 31 Mei 2018 23:31

    Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Kawasan Pariwisata Mandalika di Lombok

    Masekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian didampingi Gubernur NTB Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A. mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Manda

  • Rabu, 23 Mei 2018 18:53

    Panglima TNI Hadiri Pelantikan Kasal

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P. menghadiri upacara pelantikan Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) oleh Presiden RI Ir. H. Joko Wid

  • Rabu, 23 Mei 2018 06:23

    Yuk, Jelajahi Rute Fantastis di Kepulauan Sunda Kecil

    Wings Air menjadi satu-satunya maskapai yang menghubungkan antaribukota propinsi di Nusa Tenggara dengan layanan penerbangan langsung setiap hari.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak