Sabtu, 16 Des 2017 12:33
  • Home
  • Ragam
  • Pemprovsu dorong PARFI filmkan budaya dan daerah wisata Sumut

Pemprovsu dorong PARFI filmkan budaya dan daerah wisata Sumut

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Minggu, 23 Jul 2017 19:43
Dibaca: 268 kali
Dok
Pelantikan Pengurus Parfi Sumut priode 2016-2021 di gedung Bina Graha, Sabtu malam (22/7).
Provinsi Sumut yang multi etnis dan beragam adat istiadat menjadi potensi yang besar untuk meningkatkan industri kreatif terutama di bidang perfilman.

Oleh karenanya, dengan keberadaan Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) Sumut, maka diharapkan Sumut dapat semakin dikenal hingga ke mancanegara melalui karya dan seni peran yang diproduksi.

"Kami yakin Sumut dengan luasan wilayah 70 ribu Km lebih, keindahan alam dan berbagai adat istiadat serta budayanya dapat menjadi sumber inspirasi yang besar bagi PARFI," ujar Plt Sekda Provsu, Ibnu Hutomo saat menghadiri Pelantikan Pengurus Parfi Sumut priode 2016-2021 di gedung Bina Graha, Sabtu malam (22/7).

Turut hadir, Ketua Umum PB PARFI, Febryan Adhitya, Ketua PARFI Sumut, Murniati Huber Tobing, Direktur Badan Otoritas Danau Toba, Bosar Simanjuntak, Wakil Bupati Taput, Mauliate Simorangkir, beserta pengurus dan anggota PARFI Sumut.  

Lebih lanjut dikatakan Ibnu, Pemprovsu berharap agar Parfi Sumut dapat mengembangkan perfilman di Sumut, sehingga Sumut dapat semakin dikenal masyarakat luas hingga ke mancanegara. Apalagi, saat ini Danau Toba sudah menjadi destinasi wisata nasional, tentunya dapat dikembangkan agar Sumut bisa semakin baik dan paten.

"Sumut memiliki objek wisata yang banyak mulai dari pegunungan, kepulauan dan objek wisata yang tersebar di wilayah pantai barat dan timur. Lokasi ini tentunya kita harapkan dapat menjadi lokasi film yang hasilnya pasti bisa sangat hebat," jelas Ibnu.

Tentunya Ibnu juga berharap, dengan kehadiran Parfi Sumut, maka industry perfilman di Sumut akan semakin berkibar. 

"Kita harapkan Parfi Sumut bisa lebih professional, dan Parfi juga sebaiknya dapat menangkal isu-isu negatif. Di mana selama ini kalangan artis akrab dengan narkoba dan lainnya. Kita berharap PARFI Sumut tidak terlihat dengan hal-hal negatif seperti itu," harap Ibnu.

Ketua Umum PB Parfi, Febryan Adhitya mengatakan, pemerintah telah melakukan program film promosi wisata. Diharapkannya, dengan program ini PARFI Sumut dapat berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

"Dalam film promosi pariwisata ini, ada seni budaya dan kearifan lokal yang kita angkat, karena tujuannya untuk mempromosikan pariwisata daerah dan meningkatkan PAD daerah, maka diharapkan PARFI di daerah bisa berkoordinasi dengan Pemda setempat. Setidaknya untuk membuat filmnya harus berkoordinasi dengan Disdik, Disbudpar. Sebab, kita ingin hasilnya bukan asal membuat film, tapi mampu mengangkat seni budaya daerah," papar Febryan.

Ketua Parfi Sumut, Murniati Huber Tobing mengatakan, pihaknya siap untuk menggali bakat dan meningkatkan kompetensi SDM untuk menunjang kreativitas film di Sumut. Bahkan, dalam waktu dekat pihaknya telah menargetkan akan membuat film layar lebar. Namun, untuk merealisasikan hal itu, diakuinya pihaknya membutuhkan dukungan terutama dari Pemprovsu dan stakeholder lainnya.

"Selama ini kita sudah berupaya untuk mensosialiasikan dan menggali bakat seni peran ini ke sekolah-sekolah SMA, seperti SMA Negeri 1 Medan, SMAN 2 Medan dan SMAN 4 Medan serta SMA Negeri 1 Samosir. Hal ini kami lakukan karena kami menyadari peningkatan industri perfilman harus dimulai terutama dari generasi muda. Namun, kami tidak bisa sendiri melainkan harus didukung oleh pemerintah dan stakeholder juga," papar Murniati. 

Editor: Sam

T#g:artisFilmPARFIPelantikanWisata
Berita Terkait
  • Senin, 04 Des 2017 11:24

    Kadis Pariwisata Sumut: Festival Danau Toba 2017 di Sipinsur Humbahas

    Festival Danau Toba (FDT) di kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) 2017, awalnya direncanakan dilaksanakan di Bakti Raja, namun karena keterbatasan lahan, khususnya rekayasa lalulintas, FDT Humbahas

  • Minggu, 03 Des 2017 15:03

    Luhut Panjaitan: Sail Sabang 2017 Hasilkan Tiga Karya Nyata

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan penyelenggaran Sail Sabang 2017 memiliki tujuan utama berbeda dengan Sail sebelumnya, yaitu lebih fokus kepada pengembangan

  • Sabtu, 02 Des 2017 18:02

    Menteri Pariwisata Buka Wonderful Sabang dan Marine Expo

    Arief Yahya, Menteri Pariwisata (Menpar) RI membuka Wonderful Sabang & Marine Expo 2017 yang berlangsung di Pelabuhan CT-3, Sabang, Aceh, Jumat (1/12) sore. Kegiatan yang diselenggarakan oleh

  • Sabtu, 02 Des 2017 10:02

    Ini 14 Pejabat Eselon III dan 19 Fungsional Inspektorat Humbahas yang baru dilantik

    Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Saut Parlindungan Simamora melantik dan mengambil sumpah 14 pejabat administrator atau pejabat setingkat eselon III di Aula Hutamas Doloksanggul, Kamis (30/1

  • Rabu, 22 Nov 2017 10:32

    Bupati Hilarius Duha Lantik 25 Pejabat Eselon II, Ini namanya..

    Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, melantik 25 Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Nias Selatan, Selasa (21/11).

  • Rabu, 22 Nov 2017 09:52

    Wisata Alami Aek Milas di Palas, Ramai Pengunjung, Kurang Penataan

    Lokasi wisata pemandian air panas alami atau Aek Milas, yang terletak di Desa Paringgonan, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), sepertinya masih menjadi primadona dan terus ramai dik

  • Selasa, 21 Nov 2017 14:40

    Bupati Lantik 7 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Humbahas

    Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor melantik dan mengambil sumpah/janji para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Humbahas, di Pendopo Bukit Inspirasi Dolok Sanggul, pagi tadi, Selasa (21/11).Para pe

  • Jumat, 10 Nov 2017 05:00

    Bahas Pengembangan Wisata, Gubernur dan Bupati/Walikota se-Kepulauan Nias Bertemu Menpar

    Gubsu Tengku Erry Nuradi didampingi Bupati dan Wali Kota se-kepulauan Nias mengunjungi kantor Kementerian Pariwisata di Jakarta, bertemu dan berdiskusi dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis (9/

  • Senin, 06 Nov 2017 18:56

    2 Jurnalis Denmark Liput Objek Wisata Sumut

    Pesona wisata dan budaya Sumatera Utara (Sumut) ternyata sangat menarik perhatian jurnalis Denmark. Menurut mereka, keindahan alam dan kekayaan budaya di Sumut, khususnya Danau Toba diakui  memil

  • Senin, 06 Nov 2017 15:06

    Pemandian Air Panas Tarutung Diharap Mampu Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

    Gubsu Tengku Erry Nuradi meresmikan pemandian air panas USK Hineni di Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Minggu (5/11/2017).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak