Rabu, 27 Sep 2017 00:56
  • Home
  • Ragam
  • Pemerintah dorong seluruh desa di Paluta punya BUMDesa

Besarkan BUMDesa gunakan filosofi merawat bayi

Pemerintah dorong seluruh desa di Paluta punya BUMDesa

Padang Lawas Utara (utamanews.com)
Oleh: Yasir Harahap
Selasa, 04 Apr 2017 19:15
Dibaca: 306 kali
Acara ini dibuka Asisten I Pemkab Paluta Burhan Harahap SH., dan turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Hamdan Sukri Siregar S.Sos MM. Pesertanya terdiri dari seluruhkades dan kaur desa.


Untuk menguatkan lembaga-lembaga ekonomi desa yang merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa, Pemkab Paluta melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMDes) mengadakan sosialisasi pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Aula Serbaguna Kantor Bupati Paluta jalan Lintas Gunung Tua-Padang Sidempuan, Selasa (4/4/2017).

"Pedoman pembentukan dan pengelolaan BUMDes adalah Permendesa Nomor 4 tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa," ujar Burhan Harahap.

Burhan berharap dengan mengikuti sosialisi ini, desa memiliki BUMDesa untuk dapat merasakan sendiri manfaatnya bagi peningkatan kas desa dan kesejahteraan warganya.

Juara Siahaan, narasumber dari Bapemas Provinsi Sumatera Utara dalam pemaparannya menyampaikan, tujuan pendirian BUMDes dimaksudkan untuk menjalankan usaha ekonomi atau pelayanan umum yang dikelola oleh desa atau kerjasama antar desa untuk sebesar-besarnya kemakmuran desa.

Narasumber lainnya dari TA-PM P3MD Kabupaten Padang Lawas Utara, Lili Mailinawati ST MM menyebutkan, BUMDes sebagai badan usaha, yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa.

Untuk itu, katanya, diperlukan pengetahuan tentang perencanaan keuangan unit usaha BUMDES dengan tujuan agar peserta dapat membuat rencana keuangan unit usaha mengetahui tujuan perencanaan keuangan unit usaha tersebut.

Tidak hanya itu, Siti Saroh juga menyampaikan materi Konsep dan Sistem Penganggaran Kegiatan BUMDES melalui Dana Desa. 

Konsep tersebut katanya menganut pada pilosofi bayi yakni persiapan BUMDes atau usaha desa diibaratkan bayi. BUMDes harus disusui dengan regulasi, proteksi dan pendampingan. Kemudian pada tahap kedua BUMDes harus diajari tentang pengelolaan. Usaha desa dilatih cara berdiri dan berjalan dengan arti mampu mengelola secara mandiri. 

Tahap ketiga unit usaha perlu pengawasan, monitoring dan evaluasi (monev), simultan pemberdayaan dan pendampingan untuk pengembangan inisiatif kreatif. Tahap keempat kemandirian dan keberdayaan usaha desa dalam arti usaha desa mampu bertanggungjawab.

Informasi yang dihimpun Utamanews, sosialisi pembentukan BUMDes ini akan berlangsung hingga esok, Rabu, 5 April 2017. 

"Hari pertama diikuti kades dan kaur dari 6 kecamatan. Untuk 6 kecamatan lagi akan dilaksanakan besok," jelas Kadis PMDes, Hamdan Sukri Siregar saat dihubungi melalui selulernya.

Editor: Sam

T#g:BUMDesekonomipaluta
Berita Terkait
  • Selasa, 19 Sep 2017 14:09

    Panwaslih Paluta Buka Pendaftaran Panwascam

    Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) membuka pendaftaran untuk Panwas Kecamatan (Panwascam).

  • Sabtu, 16 Sep 2017 15:16

    SMAN 1 Portibi Butuh Ruang Kelas Baru

    SMAN 1 Portibi, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara saat ini sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah, khususnya untuk membangun ruang kelas tambahan.

  • Kamis, 14 Sep 2017 08:54

    Harga Karet Alam di Palas Rp7.500/Kg

    Tercatat sejak dua bulan terakhir, harga jual getah karet alam di tingkat petani di Kabupaten Padang Lawas (Palas) masih stabil, yakni berada di level Rp6.000 sampai Rp7.500/Kg.Paijan Hasibuan, satu p

  • Senin, 11 Sep 2017 08:41

    Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Siap Garap Potensi Pertanian Putabangun

    Julukan 'negeri sejuta pesona', mungkin tidaklah terlalu berlebihan untuk menggambarkan keelokan dan keragaman daya tarik wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Se

  • Jumat, 01 Sep 2017 14:01

    Catatan Panja DPRD Paluta, tindak lanjut LHP BPK-RI oleh Pemkab Paluta TA 2016

    Mengutip Laporan Panitia Kerja (Panja) DPRD Paluta, tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) atas laporan keuangan, sistem pengendalian intern

  • Rabu, 23 Agu 2017 15:53

    16 Peserta Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

    Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) kejuruan Bisnis Manajemen Sub Kejuruan Basic Office yang diadakan oleh Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan UKM Kabupaten Padang Lawas Utara selesai.Acara penutupan

  • Rabu, 23 Agu 2017 15:43

    KTNA Paluta: Patuhi Amanat UU No 41 Tahun 2009

    Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menyampaikan beberapa kesepakatan KTNA dengan Menteri Pertanian dalam Rembug Utama Kelompok Tani Nasional pada Penas KT

  • Minggu, 20 Agu 2017 06:50

    Empat Mantan Camat Batang Onang Berkumpul

    Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 72, panitia HUT RI Kecamatan Batang Onang mengundang sejumlah Camat yang pernah bertugas di Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta

  • Jumat, 18 Agu 2017 20:28

    437 PNS Diambil Sumpah Janji dan 349 Terima SK CPNS

    Guna pemenuhan kesehatan strategis di daerah terpencil dan sangat terpencil, serta untuk menyelesaikan masalah maldistribusi dengan menempatkan dokter, dokter gigi dan Bidan PTT, Bupati Padang Lawas U

  • Jumat, 18 Agu 2017 13:08

    Bupati Paluta Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

    Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Drs. H. Bachrum Harahap menyerahkan bantuan kepada 11 kepala keluarga korban kebakaran desa Janji Matogu, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara, Jum'a

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak