Senin, 16 Jul 2018 10:01
  • Home
  • Ragam
  • Pemerintah dorong seluruh desa di Paluta punya BUMDesa

Besarkan BUMDesa gunakan filosofi merawat bayi

Pemerintah dorong seluruh desa di Paluta punya BUMDesa

Padang Lawas Utara (utamanews.com)
Oleh: Yasir Harahap
Selasa, 04 Apr 2017 19:15
Acara ini dibuka Asisten I Pemkab Paluta Burhan Harahap SH., dan turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Hamdan Sukri Siregar S.Sos MM. Pesertanya terdiri dari seluruhkades dan kaur desa.


Untuk menguatkan lembaga-lembaga ekonomi desa yang merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa, Pemkab Paluta melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMDes) mengadakan sosialisasi pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Aula Serbaguna Kantor Bupati Paluta jalan Lintas Gunung Tua-Padang Sidempuan, Selasa (4/4/2017).

"Pedoman pembentukan dan pengelolaan BUMDes adalah Permendesa Nomor 4 tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa," ujar Burhan Harahap.

Burhan berharap dengan mengikuti sosialisi ini, desa memiliki BUMDesa untuk dapat merasakan sendiri manfaatnya bagi peningkatan kas desa dan kesejahteraan warganya.

Juara Siahaan, narasumber dari Bapemas Provinsi Sumatera Utara dalam pemaparannya menyampaikan, tujuan pendirian BUMDes dimaksudkan untuk menjalankan usaha ekonomi atau pelayanan umum yang dikelola oleh desa atau kerjasama antar desa untuk sebesar-besarnya kemakmuran desa.

Narasumber lainnya dari TA-PM P3MD Kabupaten Padang Lawas Utara, Lili Mailinawati ST MM menyebutkan, BUMDes sebagai badan usaha, yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa.

Untuk itu, katanya, diperlukan pengetahuan tentang perencanaan keuangan unit usaha BUMDES dengan tujuan agar peserta dapat membuat rencana keuangan unit usaha mengetahui tujuan perencanaan keuangan unit usaha tersebut.

Tidak hanya itu, Siti Saroh juga menyampaikan materi Konsep dan Sistem Penganggaran Kegiatan BUMDES melalui Dana Desa. 

Konsep tersebut katanya menganut pada pilosofi bayi yakni persiapan BUMDes atau usaha desa diibaratkan bayi. BUMDes harus disusui dengan regulasi, proteksi dan pendampingan. Kemudian pada tahap kedua BUMDes harus diajari tentang pengelolaan. Usaha desa dilatih cara berdiri dan berjalan dengan arti mampu mengelola secara mandiri. 

Tahap ketiga unit usaha perlu pengawasan, monitoring dan evaluasi (monev), simultan pemberdayaan dan pendampingan untuk pengembangan inisiatif kreatif. Tahap keempat kemandirian dan keberdayaan usaha desa dalam arti usaha desa mampu bertanggungjawab.

Informasi yang dihimpun Utamanews, sosialisi pembentukan BUMDes ini akan berlangsung hingga esok, Rabu, 5 April 2017. 

"Hari pertama diikuti kades dan kaur dari 6 kecamatan. Untuk 6 kecamatan lagi akan dilaksanakan besok," jelas Kadis PMDes, Hamdan Sukri Siregar saat dihubungi melalui selulernya.

Editor: Sam

T#g:BUMDesekonomipaluta
Berita Terkait
  • Minggu, 15 Jul 2018 14:25

    Kompaspol Paluta: Untukmu yang muda, saatnya tunjukkan kreativitasmu!

    Jelang pemilihan legislatif (Pileg) 2019, sejumlah bakal calon legislatif (Bacaleg) di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mulai bermunculan. Bacaleg kebanyakan diisi tokoh muda, baik dari kalangan

  • Minggu, 01 Jul 2018 18:11

    KPU Paluta Umumkan Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengeluarkan pengumuman tentang Pengajuan Bakan Calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pemilu tahun 2019 nanti.Komis

  • Minggu, 17 Jun 2018 21:57

    Usaha Cetak Foto Kebun Binatang Paluta Raup Untung

    Sejumlah usahawan muda yang melakoni usaha bisnis cetak foto di lokasi wisata kebun binatang yang berlokasi di Kota Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) meraup untung dari sejumlah pengunjung yang mendatangi lokasi wisata marga satwa tersebut

  • Minggu, 17 Jun 2018 18:37

    Suasana Lebaran, Arus Lalulintas Palas-Paluta Ramai Lancar

    Hingga H+3 musim libur lebaran Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1439H, kondisi dan keadaan arus lalulintas sepanjang jalan lintas yang menghubungi daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) menuju ke Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) terpantau ramai lancar.

  • Senin, 04 Jun 2018 08:04

    Logistik Pilgub Sumut 2018 Tiba Di Padang Lawas Utara

    Surat suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara tahun 2018 untuk wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) tiba di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palut

  • Senin, 28 Mei 2018 04:28

    Sukses, Bermodal Bangkai Tikus

    "Cukup dengan memungut bangkai tikus ini, siapapun dengan kecerdikan, memiliki kemungkinan untuk memulai usahanya dan menghidupi seorang istri." Demikian suatu saat diungkapkan Cullakasehi, seora

  • Minggu, 27 Mei 2018 17:17

    Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu [tidak hanya] Tanggung Jawab KPU

    Pada Pemilu yang pertama (tahun 1955) Partisipasi Masyarakat mencapai angka 91,1% dan Golput 8,6%, selanjutnya meningkat di masa Orde Baru, yaitu pada pemilu (tahun 1971) partisipasi masyarakat berada

  • Kamis, 24 Mei 2018 11:44

    Surat Suara Pilkada Bupati Paluta Tiba

    Surat Suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) tiba di Gunung Tua, Kamis (24/5/2018) pada pukul 08.45 WIB.

  • Selasa, 22 Mei 2018 16:22

    Sihar: Mahasiswa Harus Kreatif, Bantu Pemerintah

    Enterpreneur sukses, Sihar Sitorus menilai peran penting Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tak bisa dikesampingkan begitu saja. UMKM inilah yang menjadi salah satu tonggak dasar perekonomian nasional.

  • Selasa, 22 Mei 2018 03:22

    Kondisi Ekonomi Indonesia di Tahun 2018

    Tahun 2018 merupakan tahun baru bagi semua orang di dunia, tentu saja di tahun ini banyak harapan baru untuk banyak orang dalam berbagai bidang. Kondisi ekonomi merupakan salah satu harapan yang paling banyak dicari.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak