Minggu, 22 Okt 2017 18:38
  • Home
  • Ragam
  • Panglima TNI : Doa Bersama Anak Bangsa Untuk Indonesia Yang Lebih Kasih Sayang

Panglima TNI : Doa Bersama Anak Bangsa Untuk Indonesia Yang Lebih Kasih Sayang

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Rls
Jumat, 18 Agu 2017 07:08
Dibaca: 100 kali
Puspen TNI
Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada Doa Bersama 171717 dan Muroja'ah

Doa Bersama Anak Bangsa yang dilaksanakan secara serentak pada 171717 (Tanggal 17 Agustus Pukul 17.00 Tahun 2017) di seluruh penjuru tanah air, adalah guna meneguhkan sikap bersama sekaligus menggelorakan semangat untuk Indonesia yang lebih kasih sayang.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada acara Doa Bersama 171717 dan Muroja'ah yang diikuti oleh 8500 orang, terdiri dari Prajurit dan PNS TNI serta masyarakat umum, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (17/8/2017).

Panglima TNI mengatakan bahwa melalui doa tulus ikhlas, apapun agama yang kita anut, kita bersama memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa untuk terwujudnya Indonesia yang lebih kasih sayang, karena rahmat Tuhan yang tiada tara dan terus mengalir ke semua umat-Nya, merupakan rahmat, rahman dan rahim kepada segenap hamba-Nya. 

"Kita berdoa memohon untuk selalu dianugerahi kekuatan, kesabaran, ketekunan dan kasih sayang guna mewujudkan Indonesia yang mandiri, berdaulat, berkepribadian serta adil dan makmur bagi seluruh rakyat Indonesia," ucapnya.

Lebih lanjut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menuturkan bahwa dengan Indonesia yang lebih kasih sayang dalam keberagaman, semakin saling mengasihi dan menyayangi dalam ikatan yang sangat baik  akan menjadi landasan yang kokoh sekaligus menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan di antara seluruh warga bangsa Indonesia.

"Persatuan dan kesatuan dalam keberagaman merupakan sesuatu yang sangat indah dan kaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika untuk mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan bahwa memaknai kemerdekaan yang telah kita nikmati bersama selama 72 tahun hingga hari ini, selayaknyalah kita bersyukur. Bukan hanya karena telah dikaruniai kemerdekaan, tetapi juga karena kita dilahirkan sebagai bangsa patriot petarung dan sekaligus sebagai bangsa pemenang. "Atas karunia inilah kita bersyukur, sekalipun kemerdekaan itu harus dicapai melalui perjuangan darah dan nyawa segenap anak bangsa," ucapnya.

Menurut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, melalui perjuangan anak bangsa yang percaya kepada kemampuan sendiri dengan senjata apa adanya, seraya menggelorakan semangat gotong royong, sehingga memunculkan energi sosial yang mengobarkan tekad merdeka atau mati. 

"Energi sosial tersebut bisa muncul karena mobilisasi kekuatan umat, santri, dan pemuda serta segenap komponen bangsa oleh para Tokoh Agama, Ulama, Kyai, Habaib, Pendeta, Pastor, Pinandita, Biksu dan Tokoh Nasionalis," ungkapnya.

Panglima TNI juga mengingatkan bahwa kemerdekaan Indonesia direbut atas dorongan keinginan luhur segenap bangsa Indonesia, disertai pengorbanan harta, jiwa dan raga para Syuhada Pahlawan Kusuma Bangsa, karenanya kita juga wajib mendoakan agar Allah melimpahkan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada para Pahlawan Kusuma Bangsa yang telah rela berkorban demi Ibu Pertiwi, berjasa besar dalam meneguhkan kedaulatan negeri.

"Sebagai generasi penerus penikmat kemerdekaan, marilah sama-sama memohon kepada Allah yang maha pencerah agar menerangi kita dengan cahaya ilmu dan kearifan, pandai merawat kemerdekaan, diberikan kekuatan untuk terus menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjaga Pancasila, merawat dan memperkokoh ke-Bhinneka Tunggal Ika-an, serta menggelorakan tradisi semangat gotong royong," pungkas Panglima TNI.

Di hadapan awak media, Panglima TNI mengatakan bahwa peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 yang dilaksanakan di Istana Merdeka, dimana para undangan menggunakan pakaian adat, itu luar biasa. "Kita ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki keberagaman budaya yang sangat lengkap dan unik, betapa kayanya budaya Indonesia," katanya.

Melalui HUT Kemerdekaan RI, Panglima TNI mengingatkan bahwa para pejuang telah berjuang mati-matian mengorbankan tenaga, pikiran, keringat, darah dan air mata bahkan nyawa. Para pejuang Syuhada Kusuma Bangsa menyadari bahwa kemerdekaan ini adalah Rahmat dari Allah SWT dan kemerdekaan diraih melalui perjuangan anak bangsa yang percaya kepada kemampuan sendiri, sehingga memunculkan energi sosial yang mengobarkan semangat merdeka atau mati.

"Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika harus kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, kita mempunyai tradisi luar biasa yaitu Gotong Royong yang harus diberdayakan. Jangan memperbesar perbedaan tetapi perbedaan itu harus menjadi kekuatan bersama, sehingga kita penuh kasih sayang dan damai, karena kita menyiapkan untuk anak cucu kita," pungkas Panglima TNI.

Doa Bersama dilaksanakan di beberapa tempat, Agama Islam di Plaza Mabes TNI dipimpin oleh Habib Nabil Fuad Al-Musawwa, Agama Kristen Protestan dipimpin Pdt. Dr. Henrite Hutabarat Lebang dan Khatolik dipimpin Pastor Rofinus Neto Wuli Pr.,S.Fhil di Gedung Serba Guna (GSG) Suharnoko Harbani Mabes TNI AU, Agama Hindu di Pura Adesaka Dharma Mabes TNI AL dipimpin oleh Pinandita I Made Yadnya, dan untuk agama Buddha di Gedung Balai Wartawan Puspen TNI Cilangkap dipimpin MPU Suhadi Sandjaya.

Editor: Dian

T#g:171717Mabes TNI
Berita Terkait
  • Senin, 16 Okt 2017 18:06

    Panglima TNI: Tutup Celah Korupsi di Lingkungan TNI

    Tentara Nasional Indonesia (TNI) berkomitmen dalam menutup celah korupsi di lingkungan TNI, sehingga tidak menimbulkan kerugian negara.

  • Sabtu, 14 Okt 2017 07:24

    Panglima TNI Resmikan Satuan Siber TNI

    Sebagai bagian dari Institusi TNI, Satuan Siber (Satsiber) TNI dituntut untuk mampu menjamin terwujudnya ketahanan Siber TNI dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI. Demikian dikatakan Pang

  • Kamis, 12 Okt 2017 03:42

    Aspers Panglima TNI Terima Kunjungan Delegasi Amerika Serikat

    Asisten Personel Panglima TNI Marsekal Muda TNI Dedy Permadi, S.E., M.M.DS., mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menerima kunjungan Delegasi The USCapstone General And Flag Officers Cou

  • Rabu, 27 Sep 2017 16:07

    Panglima TNI Sematkan Tanda Kehormatan kepada 68 Pati TNI

    Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyematkan Tanda Kehormatan kepada 68 Perwira Tinggi (Pati) TNI berupa Bintang Swa Bhuana Paksa Utama, Bintang Dharma, Yudha Dharma Pratama dan Yudha Dharma

  • Selasa, 12 Sep 2017 12:42

    76 Peserta "Gema Bhakti 2017" Course of Action Bantuan Kemanusiaan

    Sebanyak 76 peserta, terdiri dari 39 personel TNI dan 37 personel United State Pacific Command (USPACOM) yang tengah mengikuti Latihan Bersama "Gema Bhakti 2017" menggelar diskusi Course of Action ban

  • Rabu, 06 Sep 2017 09:26

    Mabes TNI Gelar Kejurnas Karate Piala Panglima TNI Ke-V Tahun 2017

    Dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-72 Tahun 2017, Markas Besar (Mabes) TNI menggelar Kejuaran Nasional (Kejurnas) Karate Piala Panglima TNI Ke-V&n

  • Senin, 04 Sep 2017 16:54

    Panglima TNI : Peran dan Tugas TNI Untuk Mendukung Program Pemerintah

    Kepada para Perwira Tinggi yang naik pangkat untuk menuangkan pemikiran-pemikiran cerdas, inovatif dan produktif, terutama yang terkait dengan percepatan penguatan peran dan tugas pokok TNI untuk mend

  • Rabu, 30 Agu 2017 14:50

    HUT TNI Ke-72 Tahun 2017 Dipusatkan di Cilegon

    Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) yang dilaksanakan setiap tahun, tepatnya tanggal 5 Oktober, adalah merupakan Pelestarian Tradisi, Nilai Juang dan Memupuk Kebanggaan serta Jiwa Korsa TNI.

  • Selasa, 29 Agu 2017 21:59

    Kapuskersin TNI Terima Kunjungan National Defense College India

    Kepala Pusat Kerjasama Internasional (Kapuskersin) TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono, S.E., M.Tr. (Han) menerima kunjungan Delegasi National Defense College India Additional Secretary and Senior Dir

  • Selasa, 29 Agu 2017 15:39

    Jalin Silaturahmi, Dewan Pengurus Korpri TNI Gelar Olahraga Bersama

    Untuk menjalin tali silaturahmi antar Pengurus Korpri di lingkungan TNI dan meningkatkan soliditas sesama pengurus, Dewan Pengurus Korpri TNI menggelar olahraga bersama, di halaman Kantor Sekretariat

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak