Rabu, 13 Des 2017 20:05
  • Home
  • Ragam
  • PTPN 3: Kami Tidak Lakukan Pemecatan Sepihak

Karyawan terima pesangon hingga Rp1,2 Miliar

PTPN 3: Kami Tidak Lakukan Pemecatan Sepihak

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dian
Selasa, 12 Sep 2017 07:02
Dibaca: 1.688 kali
UTAMANEWS/Dian
Jajaran manajemen PTPN III (Persero) saat menyampaikan klarifikasi pada media soal isu pemecatan sepihak terhadap karyawan, Senin (11/9).

Menanggapi isu yang beredar di kalangan para karyawan tentang adanya pemecatan sepihak, PTPN III yang diwakili Kepala Biro Sekretariat Junaidi SP dan Amelia Nasution Kepala Bagian SDM melakukan klarifikasi di Ruang Rapat Direksi PTPN III, jalan Sei Batangari Medan, Senin siang (11/9/2017) sekitar pukul 12.00 Wib.

Dalam pernyataannya, Junaidi SP menjelaskan di hadapan puluhan wartawan, bahwa sebenarnya yang PTPN III lakukan​ ini sudah melalui prosedur dan tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku, dan perusahaan juga tidak menyalahkan terjadinya aksi penuntutan yang dilakukan ratusan karyawan di kantor PTPN III pada Senin pagi itu.

"Yang mereka lakukan itu sah menurut Undang-undang karena menurut mereka sangat perlu disampaikan, walaupun sebenarnya sebelum mereka menyampaikan hal-hal orasi tersebut, dari awal bahkan jauh lebih awal, hal ini sudah dibahas dan dibicarakan yaitu Program Pensiun Khusus (PPK) dan Program Pensiun Sukarela (PPS). Jadi tidak ada pemecatan semena-mena yang dilakukan oleh manejemen," ujar Junaidi SP.

Sementara itu Amelia Nasution yang merupakan Kepala Bagian SDM menjelaskan bahwa alasan PTPN III melakukan PPS dan PPK​ kepada karyawan di bidang medis itu didasari mandatori dari undang-undang 44 tahun 2009. 

"Di undang-undang tersebut dinyatakan bahwa pengelolaan Rumah Sakit tidak boleh dilakukan oleh satu perusahaan, jadi harus berbadan hukum sendiri, tidak boleh PTPN III mengelola Rumah Sakit," ujar Amelia menjelaskan.

Lebih lanjut Amelia menyatakan bahwa bila mengikuti secara mandatori, seharusnya dari tahun 2010 yang lalu hal ini sudah dilakukan oleh PTPN III.

"PTPN III belum melakukannya karena ada kebijakan-kebijakan​ yang diambil dari tahun 2010 sampai ke tahun 2017 ini. Ada pertimbangan-pertimbangan yang kita ambil, jadi karena sudah terlambat maka mau tak mau tahun ini harus kita lakukan," ujarnya kembali menjelaskan.

"Rumah Sakit nantinya akan dikelola oleh PT SPMN (Sri Pamela) yang merupakan anak perusahaan dari PTPN III dan karyawan yang mendapatkan PPK maupun PPS telah kita sarankan untuk mendaftar disana, dan sudah 103 orang yang mendaftar namun 102 orang yang diterima, yang satu orang ditolak karena belum menyerahkan dokumennya, itu pun kita masih menunggunya," tambah Amelia.

Lebih lanjut Amelia menyatakan bahwa para karyawan yang di-PPS sudah mendapatkan santunan yang lebih besar daripada santunan seandainya mereka pensiun sewajarnya. 

"Rata-rata jumlah santunan yang karyawan dapatkan sekitar Rp 400 juta lebih, bahkan ada yang mendapatkan Rp 1,2 Miliar," pungkasnya.

Sebelumnya pada Senin pagi (11/9), seratusan karyawan PTPN III melakukan aksi unjuk rasa di kantor direksi perusahaan tersebut. 

Massa yang dipimpin oleh Christian Orchard Perangin-angin selaku penanggungjawab aksi itu menyatakan bahwa telah terjadi PHK sepihak oleh Direksi PTPN III (Persero) pada ratusan karyawan.

Editor: Budi

T#g:PHKPTPN3SPBun
Berita Terkait
  • Senin, 11 Des 2017 17:21

    PTPN III (Persero) Rayakan Natal Tahun 2017

    Perhatikanlah Orang yang Tulus, Lihatlah Pada Orang yang Jujur dan Orang yang Suka Damai Akan Ada Masa Depan

  • Senin, 13 Nov 2017 08:21

    Soal 9 Dokter, PTPN III (Persero): Jalan Sesuai Kesepakatan Awal

    Perlakuan yang diterapkan oleh PTPN III (Persero) terhadap tenaga kesehatan yang terdiri dari sembilan dokter dan satu apoteker tetap akan mengikuti kesepakatan awal yang telah dibuat oleh Manajemen d

  • Jumat, 27 Okt 2017 16:57

    Diberhentikan Bekerja Sepihak, Karyawan PT KAS/PT SHBM Spontan Mogok

    Diduga karena salah seorang karyawan diberhentikan bekerja secara sepihak oleh manajemen PT Karya Agung Sawit (PT. KAS) STA Group, yang masih masa peralihan aset dari perusahaan PT Sumber Huta Baru Ma

  • Rabu, 25 Okt 2017 16:55

    Ditimpa Pohon Karet, Warga Minta PTPN III Tebang Pohon

    Masyarakat meminta pohon Karet yang merunduk dan berpotensi membahayakan pengguna jalan, yang terletak di sepanjang pinggiran Jalan Gunting Saga-Tanjung Pasir, Kecamatan Kualuh Selatan, Kab. Labura, a

  • Senin, 23 Okt 2017 14:53

    Perlakuan PTPN III (Persero) Terhadap Tenaga Medis Sudah Sesuai Aturan

    Dalam rangka pelaksanaan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, PTPN III (Persero) telah melaksanakan serah kelola seluruh fasilitas kesehatan kepada PT. Sri Pamela Medika Nusantara ya

  • Selasa, 17 Okt 2017 16:47

    PTPN III (Persero) Tandatangani Nota Kerjasama dengan Kejatisu dan Kejaksaan Negeri di Wilayah Kerja

    Dalam rangka efektifitas penanganan dan penyelesaian masalah hukum bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) tandatangani nota kerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Suma

  • Selasa, 26 Sep 2017 15:16

    63 Petani Kelapa Sawit UD Lestari Terima Sertifikasi RSPO

    Kelompok Petani Kelapa Sawit Mandiri, UD Lestari, menerima sertifikasi sawit berkelanjutan atau RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil) yang pertama di Sumatera Utara.

  • Jumat, 08 Sep 2017 15:08

    PTPN III (Persero) serahkan SKPTS Program Pensiun Sukarela pada 167 Tenaga Medis

    Surat Keputusan Program Pensiun Sukarela (PPS) bagi karyawan/tenaga medis Rumah Sakit/Poliklinik Perusahaan telah diserahkan pada hari Senin (4/9), yang lalu di Aula Kelapa Sawit Kantor Direksi Medan.

  • Jumat, 25 Agu 2017 10:15

    HUT RI-72 PTPN III (Persero) Serahkan Bantuan Peralatan Keterampilan untuk Lapas Tanjung Gusta

    Memperingati HUT RI-72 tahun 2017, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), setelah melaksanakan upacara bendera pada tanggal 17 Agustus 2017, menyampaikan penghargaan masa pengabdian kepada 1.203 karya

  • Jumat, 18 Agu 2017 21:48

    HUT RI-72, PTPN III (Persero) Serahkan Penghargaan Masa Pengabdian kepada 1.203 Karyawan

    Memperingati HUT RI-72, PT Perkebunan Nusantara III (Persero) melaksanakan upacara bendera pada tanggal 17 Agustus 2017 di kantor Direksi PTPN III jalan Sei Batanghari No. 2 Medan, yang diikuti direks

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak