Rabu, 19 Sep 2018 03:23
  • Home
  • Ragam
  • PTPN 3: Kami Tidak Lakukan Pemecatan Sepihak

Karyawan terima pesangon hingga Rp1,2 Miliar

PTPN 3: Kami Tidak Lakukan Pemecatan Sepihak

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dian
Selasa, 12 Sep 2017 07:02
UTAMANEWS/Dian
Jajaran manajemen PTPN III (Persero) saat menyampaikan klarifikasi pada media soal isu pemecatan sepihak terhadap karyawan, Senin (11/9).

Menanggapi isu yang beredar di kalangan para karyawan tentang adanya pemecatan sepihak, PTPN III yang diwakili Kepala Biro Sekretariat Junaidi SP dan Amelia Nasution Kepala Bagian SDM melakukan klarifikasi di Ruang Rapat Direksi PTPN III, jalan Sei Batangari Medan, Senin siang (11/9/2017) sekitar pukul 12.00 Wib.

Dalam pernyataannya, Junaidi SP menjelaskan di hadapan puluhan wartawan, bahwa sebenarnya yang PTPN III lakukan​ ini sudah melalui prosedur dan tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku, dan perusahaan juga tidak menyalahkan terjadinya aksi penuntutan yang dilakukan ratusan karyawan di kantor PTPN III pada Senin pagi itu.

"Yang mereka lakukan itu sah menurut Undang-undang karena menurut mereka sangat perlu disampaikan, walaupun sebenarnya sebelum mereka menyampaikan hal-hal orasi tersebut, dari awal bahkan jauh lebih awal, hal ini sudah dibahas dan dibicarakan yaitu Program Pensiun Khusus (PPK) dan Program Pensiun Sukarela (PPS). Jadi tidak ada pemecatan semena-mena yang dilakukan oleh manejemen," ujar Junaidi SP.

Sementara itu Amelia Nasution yang merupakan Kepala Bagian SDM menjelaskan bahwa alasan PTPN III melakukan PPS dan PPK​ kepada karyawan di bidang medis itu didasari mandatori dari undang-undang 44 tahun 2009. 

"Di undang-undang tersebut dinyatakan bahwa pengelolaan Rumah Sakit tidak boleh dilakukan oleh satu perusahaan, jadi harus berbadan hukum sendiri, tidak boleh PTPN III mengelola Rumah Sakit," ujar Amelia menjelaskan.

Lebih lanjut Amelia menyatakan bahwa bila mengikuti secara mandatori, seharusnya dari tahun 2010 yang lalu hal ini sudah dilakukan oleh PTPN III.

"PTPN III belum melakukannya karena ada kebijakan-kebijakan​ yang diambil dari tahun 2010 sampai ke tahun 2017 ini. Ada pertimbangan-pertimbangan yang kita ambil, jadi karena sudah terlambat maka mau tak mau tahun ini harus kita lakukan," ujarnya kembali menjelaskan.

"Rumah Sakit nantinya akan dikelola oleh PT SPMN (Sri Pamela) yang merupakan anak perusahaan dari PTPN III dan karyawan yang mendapatkan PPK maupun PPS telah kita sarankan untuk mendaftar disana, dan sudah 103 orang yang mendaftar namun 102 orang yang diterima, yang satu orang ditolak karena belum menyerahkan dokumennya, itu pun kita masih menunggunya," tambah Amelia.

Lebih lanjut Amelia menyatakan bahwa para karyawan yang di-PPS sudah mendapatkan santunan yang lebih besar daripada santunan seandainya mereka pensiun sewajarnya. 

"Rata-rata jumlah santunan yang karyawan dapatkan sekitar Rp 400 juta lebih, bahkan ada yang mendapatkan Rp 1,2 Miliar," pungkasnya.

Sebelumnya pada Senin pagi (11/9), seratusan karyawan PTPN III melakukan aksi unjuk rasa di kantor direksi perusahaan tersebut. 

Massa yang dipimpin oleh Christian Orchard Perangin-angin selaku penanggungjawab aksi itu menyatakan bahwa telah terjadi PHK sepihak oleh Direksi PTPN III (Persero) pada ratusan karyawan.

Editor: Budi

T#g:PHKPTPN3SPBun
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Sabtu, 01 Sep 2018 19:31

    Peringati HUT SP-Bun Ke-20, Tio Handoko: Karyawan PTPN III agar selaras dengan perusahaan

    Ketua Umum Serikat Pekerja Perkebunan (SP-Bun) PTPN III, Tio Handoko mengingatkan kepada para anggotanya selalu bekerja selaras dengan Perusahaan tempat mereka bekerja, dalam hal ini PTPN III.Hal ini

  • Minggu, 19 Agu 2018 18:19

    Semarak Kemerdekaan Ke-73, PTPN III (Persero) Laksanakan Upacara dan Penyerahan PMP

    Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, Management PTPN III secara serentak mulai dari Kantor Direksi, hingga kantor Distrik/Kebun/Unit yang tersebar di beberapa wilayah Kota/Kabupaten

  • Selasa, 07 Agu 2018 17:07

    Triwulan Ketiga Agustus 2018, PTPN III Salurkan Dana Kemitraan pada 23 UKM

    >PT Perkebunan Nusantara III (Persero) kembali menyalurkan dana kemitraan dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan di triwulan ketiga kepada 23 UMKM (mitra binaan). Penyaluran dilaksanakan p

  • Rabu, 01 Agu 2018 21:41

    Plt Bupati Labuhanbatu Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung

    Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT, memberikan bantuan kepada masyarkat korban bencana alam, angin puting beliung di Dusun Pondok Ladang, Desa Afdiling 1, Kecamatan Bilah Barat,

  • Kamis, 26 Jul 2018 06:06

    34 Rumah Warga Pondok Ladang Ditimpa Bencana Angin Puting Beliung

    Musibah bencana alam angin puting beliung menerpa rumah warga Dusun Pondok Ladang A Desa AFD 1 Perumahan Perkebunan PTPN III kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (25/7/18) sekitar pukul 1

  • Selasa, 17 Jul 2018 11:07

    Diduga Kangkangi Aturan, PT NP Terbitkan Surat PHK Baru Surat SP-3

    Diduga kuat telah mengangkangi dan menyalahi ketentuan serta aturan dalam undang-undang ketenagakerjaan, manajemen PT Nasangga Putra (PT. NP) yang berlokasi di Simirik, Kota Padangsidempuan memberhentikan dua orang pekerjanya.

  • Senin, 16 Jul 2018 17:16

    PTPN III (Persero) Tiap Tahun Berangkatkan Haji, 2018 Calhaj 106 Orang

    Bertempat di aula Kelapa Sawit Kantor Direksi PTPN III (Persero) Medan tanggal 12 Juli 2018 telah dilakukan doa selamat dan tepung tawar kepada 106 orang peserta calon haji/hajjah.  Para jemaah a

  • Selasa, 12 Jun 2018 14:12

    Direktur Utama Holding PTPN 3 Optimis Capai Laba Maksimal Tahun Ini

    Direktur Utama Holding PT Perkebunan Nusantara 3 Dolly P Pulungan optimis bahwa mereka akan mencapai laba yang maksimal di tahun 2018 ini.

  • Senin, 11 Jun 2018 22:11

    PTPN III Gelar Buka Puasa Bersama PTPN I, II dan IV

    Dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan, PTPN I, II, III dan IV menggelar acara buka puasa bersama di MICC Hall, Jalan Gagak Hitam/Ringroad, Medan, Senin (11/6).

  • Minggu, 10 Jun 2018 17:20

    BUMN Hadir Untuk Negeri, PTPN III (Persero) kembali berbagi

    Mudik Gratis dan Sembako Murah merupakan salah satu program PTPN III (Persero) dalam membantu masyarakat sekitar yang diselenggarakan pada bulan Ramadhan tahun 2018 M/1439 H ini, sejalan dengan progra

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak