Kamis, 16 Agu 2018 08:02
  • Home
  • Ragam
  • Naik Sepeda Motor di Siang Hari, Berbahaya bagi Kesehatan

Naik Sepeda Motor di Siang Hari, Berbahaya bagi Kesehatan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Yaya
Senin, 25 Jun 2018 00:25
Istimewa
Apakah Anda sering naik sepeda motor di siang hari? Hati-hati, ini bahaya kesehatan yang bisa terjadi.

Sepeda motor banyak menjadi pilihan kendaraan sebagian masyarakat Indonesia. Selain lebih hemat waktu dan praktis, konsumsi bahan bakar sepeda motor juga lebih terjangkau. Bahkan, layanan ojek online yang kini menjamur semakin memudahkan masyarakat untuk menaiki kendaraan roda dua tersebut hingga tempat tujuan. Meski demikian, ada satu waktu dimana Anda sebaiknya tidak naik motor. Ya, itulah saat siang hari, karena kesehatan Anda bisa menjadi taruhannya.

Diketahui bahwa paparan sinar matahari yang kuat, khususnya pada pukul 10 pagi hingga 15 sore, tidak baik untuk kesehatan kulit. Dilansir dari bintang.com, inilah beberapa bahaya yang mengintai jika Anda kerap berkendara di siang hari:

Lebih banyak polusi udara

Puncak dari banyaknya kendaraan di jalanan adalah siang hari. Dengan demikian, asap knalpot yang menyelimuti udara segar di sekitar juga semakin tinggi. Tak hanya itu, paparan polusi non-kendaraan seperti asap dari orang merokok, pabrik atau hasil pembakaran sampah juga membuat tingkat polusi udara menjadi semakin parah. Pada akhirnya, sederet peristiwa tersebut akan membawa dampak buruk pada tubuh Anda, terutama pada organ pernapasan.

International Agency for Research on Cancer(IARC) memaparkan bahwa polusi udara memiliki sifat karsinogenik pada manusia. Ini artinya polusi udara dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker paru hingga kanker kandung kemih.



Lebih banyak debu

Jalanan di siang hari lebih memungkinkan Anda untuk terpapar debu. Pasalnya, udara panas dan kering membuat debu-debu dengan mudah beterbangan. Dampaknya serupa dengan polusi udara, yaitu memengaruhi kesehatan organ pernapasan alias paru-paru.

Tak berhenti di situ, debu juga terbukti dapat membuat kulit menjadi lebih kusam. Hal ini menjadi semakin parah karena berkendara di siang hari juga akan membuat Anda terpapar matahari dengan intensitas tinggi.

Kiat aman berkendara motor

Berkendara di siang hari memang dapat membawa sederet dampak buruk bagi kesehatan. Namun, bukan berarti risiko tersebut tidak bisa diperkecil atau dihindari.

Menurut dr. Nadia Octavia, demi memperkecil atau mencegah dampak buruk polusi udara, sebaiknya Anda memperhatikan perlengkapan diri sebelum memutuskan untuk berkendara dengan sepeda motor di siang hari. Dalam hal ini, beberapa perlengkapan yang sebaiknya Anda gunakan meliputi helm, haket, serta masker penutup hidung dan mulut. Jika dirasa sangat perlu, Anda juga dapat menggunakan kacamata hitam.

"Helm yang Anda gunakan harus memenuhi standar, yakni sesuai ukuran kepala-tidak terlalu besar atau terlalu sempit, melindungi seluruh bagian kepala-termasuk sisi samping kepala, menutup wajah dan memiliki ventilasi udara yang baik," ujar dr.Nadia.

Selain itu, perhatikan pula pakaian yang Anda kenakan. Saran yang diberikan dr. Nadia adalah agar Anda menggunakan jaket untuk melindungi diri dari angin kencang, yang berdampak pada paparan debu serta polusi.

Editor: Tessa

T#g:motorSepeda motor
Berita Terkait
  • Kamis, 19 Apr 2018 06:29

    Saat Sihar Senang Diculik Tukang Ojek

    Cawagub Sumatera Utara, Sihar Sitorus dilarikan seorang saat berkunjung ke Jalan Kapten Rahmad Buddin Kelurahan Terjun Medan Marelan, Rabu (18/4/2018) siang.

  • Rabu, 21 Feb 2018 15:31

    Kampanyekan Semangat Cari Aman Saat Mengendarai Sepeda Motor, Honda Kunjungi Sekolah

    Kampanyekan semangat cari aman saat mengendarai sepeda motor di kalangan pelajar, PT Indako Traiding Coy, Medan  bekerjasama dengan PT Rotella Persada Mandiri, Lubuk Pakam melaksanakan pelatihan

  • Minggu, 18 Feb 2018 19:18

    Djarot-Sihar Sapa Warga Dari Sepeda Motor

    Pelaksanaan kampanye damai oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) di Medan diikuti dua pasangan calon yang bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018. Masing-masing pasang

  • Minggu, 11 Feb 2018 23:11

    Gubsu Serahkan Sepeda Motor Untuk Kepala Desa

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyerahkan penghargaan kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan berhasil meraih predikat Kecamatan Terbaik ti

  • Sabtu, 10 Feb 2018 18:30

    Bangun Silahturahmi, MPSG Baganbatu Touring Bareng Club Motor

    Keluarga besar Master Player Shooting Guard (MPSG) Baganbatu, dalam membina dan membangun Solidaritas dan Silahturahmi ke sesama anggota dan Club motor yang ada di Baganbatu, melaksanakan kegiatan tou

  • Senin, 05 Feb 2018 18:45

    Tengku Erry Serahkan 500 Sepeda Motor Untuk Polisi

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyerahkan 500 unit sepeda motor kepada Bhabinkamtibmas sejajaran Polda Sumut. Penyerahan bantuan kendaraan roda dua Kawasaki KLX G 150 berlangsung dalam upacara serah terima

  • Sabtu, 30 Des 2017 11:40

    120 Kepala Desa Terpilih Se-Pulau Nias Terima Sepeda Motor

    Untuk mendorong peningkatan pelayanan kepada masyarakat pedesaan di Kepulauan Nias, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi memberikan bantuan hibah kendaraan dinas berupa 120 sepedamotor k

  • Minggu, 08 Okt 2017 15:38

    Dandim 0824 Meriahkan "New Destroyer Adventure Trail 2017"

    Dalam rangka memperingati HUT TNI Ke 72 Tahun 2017 di Kabupaten Jember, dilaksanakan New Destroyer Adventure Trail 2017 dengan panjang route 25 Km namun dengan berbagai variasi tantangan sedangkan sta

  • Jumat, 21 Jul 2017 04:21

    Dandim 0201/BS bawa Tim Wasev kelilingi kegiatan TMMD dengan motor trail

    Dandim 0201/BS, Kolonel Bambang Herquanto dengan mengendarai Motor Trail membawa Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD berkeliling Kampung Sentosa Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan, Kamis (20/7/2017).

  • Sabtu, 10 Jun 2017 15:20

    Tim Jaguar Polresta Depok balapan dengan geng motor, dua remaja diringkus

    Tim Jaguar Polresta Depok Jawa Barat, menambah kekuatan untuk menyisir sejumlah lokasi yang dianggap rawan aksi geng motor. Hasilnya, Tim Jaguar kembali meringkus komplotan berandal jalanan itu, lengkap dengan senjata tajam.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak