Kamis, 19 Jul 2018 22:46
  • Home
  • Ragam
  • Mengapa air laut mengandung garam?

Mengapa air laut mengandung garam?

Medan (utamanews.com)
Oleh: Yaya
Sabtu, 16 Jun 2018 00:16
Arini Soesatyo Putri
Mengapa air laut mengandung garam dan bagaimana garam masuk ke dalamnya? Seberapa besar kandungan garam di Laut Mati?

Garam di laut sangat berbeda dengan garam di atas meja Anda. Garam di laut sebenarnya merupakan larutan yang sangat kompleks dan mengandung lebih dari lima puluh garam mineral alami. Dalam air laut, kandungan sodium klorida (garam dapur) yang paling melimpah, sedangkan mineral lainnya dalam konsentrasi rendah antara lain garam kalsium (kalsium karbonat, magnesium sulfat, dan magnesium bromida). Tambahan lagi ada sedimen terlarut dan batu-batuan dari dasar laut, materi dari sisa-sisa mahluk hidup yang mati dan air.

Garam terlarut dibawa ke laut dari sungai dan aliran air, hampir 4 miliar ton per tahun. Para ilmuwan berpikir bahwa total jumlah garam di semua laut mungkin hampir 50 juta milyar ton. Konsentrasi garam pada kebanyakan air laut adalah tiga puluh lima per mil, yang berarti bahwa 3.5% berat air laut berasal dari garam terlarut. Ada pengecualian mengenai rasio 3.5% ini, yaitu Laut Mati, yang sebenarnya DANAU bukan laut. Di Laut Mati ini, kandungan garamnya sepuluh kali daripada laut umumnya dan lokasinya sangat rendah dari permukaan laut yaitu sekitar 400 meter di bawah permukaan laut. Danau ini disebut Laut Mati karena tidak satupun, bahkan rumput laut yang dapat hidup di dalamnya atau di sekitar pantainya.

Pantainya tertutup kristal garam berwarna putih. Jika seekor ikan masuk ke dalam danau ini dari salah satu sungai yang bermuara disini, ikan itu langsung mati. Danau yang mengerikan ini mendapatkan suplai garam dari sungai Jordan dan beberapa sungai kecil yang berhulu di gunung, yang bermuara di danau ini, tetapi tidak ada jalan keluar dari danau ini. Cara air keluar dari danau ini hanya lewat penguapan dan itu malah membuat konsentrasi garamnya semakin meningkat.

Kebanyakan garam dapur berasal dari pertambangan bukan dari garam laut. Kadangkala, yodium juga ditambahkan ke dalam garam dapur untuk membesarnya kelenjar tiroid yang disebut goiter. Sejak pabrik menambahkan yodium ke dalam garam dapur, penyakit goiter jarang terlihat di negara industri dan negara utama, tetap masih banyak ditemukan di negara berkembang.

Editor: Tessa

T#g:garam
Berita Terkait
  • Senin, 28 Agu 2017 06:38

    Dinas Perindag Sumut: Stok Garam Sumut Aman

    Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut menjamin stok garam di daerah itu dengan mulai masuknya garam dari dalam dan luar negeri.

  • Sabtu, 12 Agu 2017 13:02

    Indonesia dinilai belum manfaatkan teknologi untuk produksi garam

    Susan Herawati, Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) menilai impor garam yang setiap tahun dilakukan untuk mengatasi kelangkaan stok merupakan dampak dari tidak serius I

  • Kamis, 27 Jul 2017 11:07

    Harga Garam di Padang Lawas Utara Naik Hingga 100%

    Akmal Soleh Tanjung, pemilik grosir bahan sembako di Pasar Gunung Tua, mengaku sepekan belakangan, pasokan garam yang ia terima kurang dan harganya naik hingga 100%."Minggu lalu masih bisa menjual gar

  • Minggu, 11 Jun 2017 17:31

    Mabes Polri Tangkap Direktur Utama PT Garam

    Aparat Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri menangkap Direktur Utama PT Garam (Persero), Achmad Boediono, terkait dugaan tindak pidana penyimpangan importasi dan distribusi garam industri 75.000 ton.

  • Sabtu, 11 Mei 2013 21:30

    Garam Madura Terus Masuki Sumut

    Garam asal Madura terus membanjiri pasar Sumatera Utara (Sumut) menyusul pengetatan impor oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).“Sudah ada 21.740 ton garam asal Madura yang memasuki Sumut me

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak