Kamis, 19 Jul 2018 22:48
  • Home
  • Ragam
  • Mengapa Kita Menangis Sewaktu Mengiris Bawang?

Mengapa Kita Menangis Sewaktu Mengiris Bawang?

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tessa
Selasa, 19 Jun 2018 00:19
@KapanLagiCom
Hampir semua orang merasakan �perih� sewaktu mengiris bawang dan kadang mengeluarkan air mata. Mengapa kita menangis saat mengiris bawang?

Menurut sejarah, sejak zaman Mesir Kuno, para pekerja yang membangun Piramid selalu mendapat bawang sebagai bentuk upah hasil kerja keras mereka. Sudah sejak lama sekali bawang digunakan sebagai bahan makanan. Semenjak itu juga manusia selalu saja bercucuran air mata sewaktu mengiris bawang.

Jenis tumbuhan yang termasuk kategori bawang-bawangan adalah bawang bombay, bawang putih, lokio dan bawang perai. Tumbuhan bawang ini mengandung suatu zat belerang tertentu yang apabila diiris, dipotong, digeprek, dilukai akan menguap mengenai mata dan hidung yang sensitif.

Kalau zat-zat tadi mengenai mata, bersama dengan air mata mereka akan membentuk cairan asam belerang. Hal ini menyebabkan akan merangsang mata sedemikian rupa, sehingga akan membuat kita menangis. Lalu sebagai reaksi akibat terpaan zat ini, tubuh kita akan mengeluarkan air mata untuk membilas rangsangan perih itu dari mata. Untuk menghilangkannya, kita bisa membasahi mata dengan air, agar rasa perih itu berkurang atau menghilang.

Editor: Yaya

Sumber: Titisanprofesor.blogspot.com

T#g:bawangmenangis
Berita Terkait
  • Rabu, 11 Jul 2018 13:11

    Pria Jepang Ciptakan Kopi dari Olahan Bawang Putih

    Kopi menjadi salah satu minuman favorit banyak orang di dunia. Rasanya yang khas dan aromanya yang wangi. Namun, di Jepang ada kopi yang terbuat dari bahan tak biasa. Dilansir dari laman odditycentral.com kopi ini terbuat dari bawang putih.

  • Rabu, 04 Jul 2018 00:04

    Mengatasi Rambut Rontok dengan Bawang Putih

    Rambut rontok memang jadi masalah yang paling menjengkelkan bagi wanita. Seringkali kita langsung kesal jika melihat ada banyak helaian yang rontok saat menyisirnya. Tapi tahukah kalau rambut rontok ini bisa diatasi dengan bawang putih?

  • Jumat, 26 Mei 2017 23:26

    KPPU Medan Monitor Kartel Bawang Putih

    Kartel bawang putih bisa mendapat hukuman yang berat jika mencoba memainkan harga. Di Medan, harga bawang putih di beberapa pasar tradisional masih berada di kisaran Rp52 ribu per kilogram. Padahal, pasokan barang masih berlimpah di importir.

  • Kamis, 25 Mei 2017 01:25

    KPPU: 6 Kartel Bawang Putih di Medan dan Surabaya kuasai 50 persen pasokan nasional

    Diduga, terdapat lima kelompok pelaku usaha yang menguasai impor bawang putih di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan satu kelompok pelaku usaha menguasai di pelabuhan Belawan Medan.

  • Sabtu, 20 Mei 2017 18:40

    Bawang Putih China Kini Masuk Pasar

    Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) mengungkapkan bahwa bawang asal China dan Selandia Baru telah beredar di pasar-pasar tradisional di daerah itu.

  • Sabtu, 13 Mei 2017 20:23

    Mahal, Harga Bawang Putih di Kaltara Tembus Rp60 Ribu/Kg

    Masyarakat Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara mengeluhkan naiknya harga bawang putih di pasaran setempat yang menembus Rp60.000 per kilogram.

  • Senin, 13 Feb 2017 17:31

    Polda Sumut amankan bawang merah ilegal India dari truk tangki

    Pelaku kejahatan tindak pidana penyeludupan bawang merah kini berimprovisasi dengan modus baru, dimana pelaku menggunakan truk tangki untuk memasok bawang merah ilegal asal India dari Aceh ke Sumatera

  • Rabu, 13 Jul 2016 06:37

    Habis Lebaran, Harga Bawang di Medan naik

    Hampir seminggu pasca Lebaran 2016, harga kebutuhan pangan di beberapa pasar Kota Medan merangkak naik, khususnya Bawang. Pantauan di Pasar Petisah Medan, Harga bawang merah meroket ke harga Rp.

  • Sabtu, 28 Mei 2016 08:10

    Polres Langkat tangkap 10 ton bawang merah ilegal

    Aparat dari Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Langkat, kembali menggagalkan pasokan bawang merah illegal, dan menyita barang bukti sekitar 1000 karung atau lebih kurang 10 ton bawang merah

  • Jumat, 27 Mei 2016 06:47

    Ditreskrimsus Polda Sumut amankan bawang ilegal di Tanjung Balai

    Aparat Subdit I Indag Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut pada Rabu (25/5/2016), sekitar pukul 22.00 Wib kembali berhasil melakukan penangkapan/mengamankan bawang merah impor tanpa dilengka

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak