Jumat, 22 Sep 2017 18:35
  • Home
  • Ragam
  • Manfaatkan Waktu Luang, Napi Narkoba ini Membatik

Manfaatkan Waktu Luang, Napi Narkoba ini Membatik

Langkat (utamanews.com)
Oleh: Amin Nur
Minggu, 17 Sep 2017 19:27
Dibaca: 48 kali
Bam
Napi yang sedang mengikuti proses belajar membatik.

Memanfaatkan waktu luang dan berharap bisa berguna untuk keterampilan, sejumlah narapidana (Napi) wanita di  Lapas narkotika kelas tiga di Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, melaksanakan kegiatan seni membatik khas Melayu. 

Di sini para napi, bisa mengikuti keterampilan khusus itu dengan dipandu oleh tenaga ahli. 

"Kita berharap, dengan adanya pelajaran seni membatik, nantinya bisa berguna bagi para napi bila sudah bebas," harap Kepala Lembaga Permasyarakatab Kelas III Hinai D.S Meliala, Minggu (17/9). 

Meski masih belajar, ternyata hasil karya batik khas Melayu, buatan Napi tidak kalah mewah dan dapat bersaing di pasaran. 

Sebab, selain rapi, para napi terlihat sangat terampil dalam menuangkan seni ke dalam kain yang akan dibatik.

"Sejauh ini semua hasil karya seni membatik para napi sangat bagus. Karena kita juga mendatangkan tenaga ahli agar para napi bisa bertukar pikiran dan mengapresiasikan seni ini," jelas dia. 

Dari hasil latihan seni ini, ternyata juga dapat menghasilkan uang untuk para napi sendiri. Dimana hasil karya batik ini nantinya dijual dan uangnya akan diberikan kepada para napi yang membuat batik dengan bentuk tabungan.

"Sejauh ini kita memasarkan hasil karya para napi hanya untuk para pegawai saja. Selain itu, kita juga memasarkanya dengan menggandeng Dinas Koperasi. Kita harapkan hasil karya ini dapat berkembang dan banyak peminatnya," harap Kalapas.

"Pelatihan dilakukan selama tiga kali dalam seminggu. Keterampilan yang kita buat untuk para napi sesuai intruksi dari Kemenkumham, agar para napi tidak merasa bosan dan jenuh, serta ilmu yang kita beri bisa berguna bagi mereka kelak," timpal Kalapas. 

Sementara, salah satu Napi, Oca Andri mengaku, sangat senang mengikuti program belajar membatik ini. Sebab, selain berguna bagi mereka kelak. Dengan mengikuti proses belajar ini dapat menghasilkan uang tambahan.

"Semoga saya khususnya, dan rekan-rekan lain tidak lagi terjerumus di dalam lembah hitam. Makanya saya sangat senang mengikuti program yang dapat memberikan keterampilan dan menghasilkan uang tabungan ini," kata wanita berhijab tersebut.

Editor: Budi

T#g:BatikLangkatLapasnarkoba
Berita Terkait
  • Rabu, 20 Sep 2017 19:00

    Cari obat jenis PCC, BNN dan Satgas P4GN Sidak Sejumlah Apotik di Langkat

    BNN Kabupaten Langkat Bersama Tim Satgas P4GN Kabupaten Langkat melaksanakan Sidak (pemeriksaan mendadak) ke sejumlah apotik-apotik yang berada di wilayah Kabupaten Langkat, Rabu (20/9).Kasi Pemberant

  • Selasa, 19 Sep 2017 19:29

    DPRD Langkat Terima Audensi Panwaslu

    DPRD Kab. Langkat menyambut baik audiensi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Langkat di ruang kerja Ketua DPRD Langkat, Selasa (19/9).

  • Selasa, 19 Sep 2017 18:09

    Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Polindes Desa Ara Condong Diresmikan

    Camat Stabat, Nuriadi S Sos, meresmikan Poliklinik Desa (Polindes) di Desa Ara Condong Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Selasa (19/9).

  • Senin, 18 Sep 2017 06:38

    Polres Langkat Amankan Tersangka Simpan Sabu di Celana Dalam

    Fak (30) warga Dusun Irigasi Desa Lhok Kulam Kecamatan Jeunib Kabupaten Bireun Aceh Timur, diciduk polisi, Minggu (17/9).

  • Minggu, 17 Sep 2017 20:17

    Pangdam I/BB: Tuntaskan Kesulitan Rakyat

    Dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-72 Tahun 2017, Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri melaksanakan Bhakti Sosial TNI, guna menuntaskan kesulitan rakyat di Kampung Nelayan, Desa Jaring Halus Kec. S

  • Minggu, 17 Sep 2017 19:37

    Hore.. Tahun Ini SD 0506676 Langkat Direnovasi

    Gedung Sekolah Dasar (SD) 0506676 di Desa Kebun Balok, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, yang mengalami kerusakan, terus menuai keperihatinan dari berbagai pihak. Baik itu masyarakat luas dan bebera

  • Jumat, 15 Sep 2017 17:35

    Peduli Rohingya, Masyarakat dan Ormas Langkat Turun ke Jalan

    Ribuan umat muslim dan beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam, juga etnis serta masyarakat Kabupaten Langkat, bersatu padu menggelar aksi solidaritas peduli Rohingya, Jumat (15/9/2017). Mer

  • Rabu, 13 Sep 2017 22:03

    Polres Langkat Amankan Pembawa 60 Kilogram Ganja

    Polres Langkat meringkus dua tersangka pembawa narkoba berikut menyita barang bukti 17 bal atau sekitar 60 kilogram lebih daun ganja kering dari areal kebun jeruk di Dusun IV Bukit Satu Desa Halaban K

  • Rabu, 13 Sep 2017 08:03

    Kodam I/BB Tangkal Bahaya Narkoba

                Kakesdam I/BB Kolonel dr. Sutan Bangun, Sp.B. membuka kegiatan soialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di

  • Selasa, 12 Sep 2017 18:52

    Kapuspen TNI: TNI Ungkap Peredaran Narkoba Jaringan Internasional

    Pasukan TNI yang bertugas di perbatasan Indonesia-Malaysia berhasil mengungkap dan menangkap pelaku pengedar Narkoba jaringan berskala Internasional, yang masuk melalui jalur darat Entikong, tepatnya

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak