Senin, 18 Jun 2018 22:29
Iklan Paslon Paluta
  • Home
  • Ragam
  • Manfaatkan Waktu Luang, Napi Narkoba ini Membatik

Manfaatkan Waktu Luang, Napi Narkoba ini Membatik

Langkat (utamanews.com)
Oleh: Amin Nur
Minggu, 17 Sep 2017 19:27
Bam
Napi yang sedang mengikuti proses belajar membatik.
Selamat Puasa Paluta

Memanfaatkan waktu luang dan berharap bisa berguna untuk keterampilan, sejumlah narapidana (Napi) wanita di  Lapas narkotika kelas tiga di Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, melaksanakan kegiatan seni membatik khas Melayu. 

Di sini para napi, bisa mengikuti keterampilan khusus itu dengan dipandu oleh tenaga ahli. 

"Kita berharap, dengan adanya pelajaran seni membatik, nantinya bisa berguna bagi para napi bila sudah bebas," harap Kepala Lembaga Permasyarakatab Kelas III Hinai D.S Meliala, Minggu (17/9). 

Meski masih belajar, ternyata hasil karya batik khas Melayu, buatan Napi tidak kalah mewah dan dapat bersaing di pasaran. 

Sebab, selain rapi, para napi terlihat sangat terampil dalam menuangkan seni ke dalam kain yang akan dibatik.

"Sejauh ini semua hasil karya seni membatik para napi sangat bagus. Karena kita juga mendatangkan tenaga ahli agar para napi bisa bertukar pikiran dan mengapresiasikan seni ini," jelas dia. 

Dari hasil latihan seni ini, ternyata juga dapat menghasilkan uang untuk para napi sendiri. Dimana hasil karya batik ini nantinya dijual dan uangnya akan diberikan kepada para napi yang membuat batik dengan bentuk tabungan.

"Sejauh ini kita memasarkan hasil karya para napi hanya untuk para pegawai saja. Selain itu, kita juga memasarkanya dengan menggandeng Dinas Koperasi. Kita harapkan hasil karya ini dapat berkembang dan banyak peminatnya," harap Kalapas.

"Pelatihan dilakukan selama tiga kali dalam seminggu. Keterampilan yang kita buat untuk para napi sesuai intruksi dari Kemenkumham, agar para napi tidak merasa bosan dan jenuh, serta ilmu yang kita beri bisa berguna bagi mereka kelak," timpal Kalapas. 

Sementara, salah satu Napi, Oca Andri mengaku, sangat senang mengikuti program belajar membatik ini. Sebab, selain berguna bagi mereka kelak. Dengan mengikuti proses belajar ini dapat menghasilkan uang tambahan.

"Semoga saya khususnya, dan rekan-rekan lain tidak lagi terjerumus di dalam lembah hitam. Makanya saya sangat senang mengikuti program yang dapat memberikan keterampilan dan menghasilkan uang tabungan ini," kata wanita berhijab tersebut.

Editor: Budi

T#g:BatikLangkatLapasnarkoba
Berita Terkait
  • Rabu, 20 Jun 2018 06:20

    Raup Untung Dari Batik Ala Avengers

    PRODUK kemeja batik yang bertemakan kostum superhero Marvels saat ini tengah viral di masyarakat. Terutama dengan munculnya film fenomenal Avengers Infinity War yang saat ini tengah diputar di bioskop.

  • Kamis, 07 Jun 2018 17:07

    Djarot Ziarahi Makam Datuk Landak Bahorok

    Calon Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat selalu menyempatkan diri menziarahi makam leluhur, tokoh, ulama di setiap daerah yang dikunjunginya di Sumatera Utara.Kali ini, Djarot menziarahi m

  • Kamis, 24 Mei 2018 16:24

    Warga Sei Lepan, Langkat, Minta Sihar Peduli

    Warga yang bermukim di  Dusun Lima Amandame, Bara induk, Seminyak, Damar Hitam Desa Harapan Maju, Kecamatan Sei Lepan, Langkat, mengharapkan perlindungan hak dari pemerintah. Selama ini ribu

  • Selasa, 22 Mei 2018 12:22

    Buka Puasa Bersama Masyarakat Langkat, Djarot Jelaskan Makna Dari Namanya

    Calon Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat mengaku bersyukur bisa berkumpul dan berbuka puasa bersama dengan masyarakat Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat, Senin (21/5/2018).

  • Rabu, 16 Mei 2018 18:16

    Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, PTPN4 Sosa Gelar Seminar Sosialisasi

    Bertujuan mengantisipasi penyebaran dan penyalahgunaan narkoba, dan dalam rangka pembinaan komunikasi sosial bagi karyawan PTPN4 tentang deteksi dini bahaya dan pencegahan narkoba, Manajemen PTPN4 Sos

  • Sabtu, 12 Mei 2018 09:12

    Paulus: Penyalahguna Narkoba Sebaiknya Cepat Taubat

    Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpauw meminta kepada pengguna atau penyalahguna narkoba segera berhenti mengkonsumsi barang haram tersebut dan bertaubat, selagi masih ada kesempatan. 

  • Kamis, 10 Mei 2018 20:50

    KPU Langkat Sosialisasi Hingga Ke Desa Terpencil

    Guna mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Langkat dan Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat melaksanakan sosialisasi hing

  • Kamis, 10 Mei 2018 09:10

    Merokok Elektrik di Toilet, Batik Air Serahkan Penumpang ke Aparat

    FC, pelanggan Batik Air pada penerbangan ID 6950 rute Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang (CGK) dengan tujuan Bandar Udara Internasional Lombok Praya, Lombok Tengah, Nusa

  • Selasa, 08 Mei 2018 20:48

    Ibu-ibu Di Langkat Senang Bertemu Djarot

    Kehadiran Djarot Saiful Hidayat di Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat mendapat sambutan yang luar biasa meriah. Ibu-ibu dan anak-anak mengaku senang bertemu langsung dengan Calon Gubernur Sumatera

  • Minggu, 06 Mei 2018 20:36

    Dandim 0824: Kita Harus Bantu Polres Perangi Narkoba dan Miras Oplosan

    Perkembangan kondisi wilayah di era global ini memang semakin banyak tantangannya dengan semakin majunya teknologi informasi yang memudahkan sisi negatifnya merasuk pada dunianya kaum muda sebagai gen

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak