Kamis, 16 Agu 2018 08:02
  • Home
  • Ragam
  • Lomba Cipta Menu B2SA di Doloksanggul

Lomba Cipta Menu B2SA di Doloksanggul

Humbahas (utamanews.com)
Oleh: Mario Matthew
Minggu, 22 Jul 2018 05:22
Mario
Dalam rangka memeriahkan HUT ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan, Dinas Ketahanan Pangan mengadakan lomba cipta menu B2SA (beragam, bergizi, seimbang dan aman) tingkat Kabupaten Humbang Hasundutan, Kamis (19/7) di Aula Huta Mas Doloksanggul. 

Perlombaan dibuka Wakil Bupati Humbang Hasundutan Saut Parlindungan Simamora. Dalam lomba itu, Kecamatan Doloksanggul tampil sebagai juara I, Lintongnihuta juara II dan Pakkat juara III. Harapan I Kecamatan Baktiraja, harapan II Onanganjang dan harapan III Parlilitan.                 

Hadir dalam perlombaan itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs Lamhot Hutasoit, Kadis Ketahanan Pangan Sabar Sitanggang, Wakil Ketua TP PKK Ny Tiur Mariaty Saut Parlindungan Simamora, Ketua DWP Humbang Hasundutan Ny Marista Tonny Sihombing termasuk camat.  

Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora mengatakan aspek konsumsi pangan sangat erat kaitannya terhadap kualitas SDM. Bukti empiris menunjukkan bahwa kualitas SDM sangat ditentukan status gizi yang baik dan status gizi yang baik ditentukan asupan pangan yang dikonsumsi. Selanjutnya, masalah gizi yang terjadi pada masa tertentu akan menimbulkan masalah pembangunan di masa yang akan datang. Konsumsi pangan yang berkualitas, yang ditunjukkan dengan keragaman jenis pangan dan keseimbangan gizi dalam pola konsumsi pangan sehari-hari dibutuhkan tubuh agar dapat hidup sehat, aktif dan produktif. Oleh karena itu, secara gencar pemerintah melakukan upaya diversifikasi konsumsi pangan. Upaya tersebut dilakukan tidak untuk mengganti beras secara total tetapi mengubah pola konsumsi pangan masyarakat sehingga masyarakat mengkonsumsi lebih banyak jenis atau ragam pangannya baik untuk jenis pangan sumber karbohidrat, sumber protein serta sumber vitamin dan mineral yang menjadikan kualitas gizi lebih baik. Salah satu upaya pemerintah untuk mendukung diversifikasi konsumsi pangan adalah melalui program peningkatan ketahanan pangan yang mencakup 3 sub sistem yang saling terkait satu sama lainnya yaitu, sub sistem ketersediaan dan kerawanan pangan, sub sistem distribusi dan akses pangan serta sub sistem konsumsi, mutu dan keamanan pangan. Dalam 3 sub sistem tersebut, sasaran pembangunan ketahanan pangan yang dilaksanakan adalah kebijakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal.



Untuk itu memerlukan keterpaduan seluruh komponen masyarakat dan pemerintah dalam memobilisasi, memanfaatkan dan mengelola sumber daya local untuk meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga dan masyarakat. Guna memotivasi masyarakat agar mau merubah pola konsumsi pangannya, setiap unit kerja yang terkait dan kelompok masyarakat perlu terus menerus melakukan sosialisasi maupun gerakan yang dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman.            

Dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman. Pemerintah sejak tahun 2002 secara rutin mensosialisasikan slogan ''Panganku Beragam, Bergizi dan Berimbang (3B) kepada masyarakat luas terutama bagi anggota keluarga (bapak, ibu dan anak) yang merupakan individu-individu yang menentukan dalam memilih dan mengkonsumsi menu makanan sehari-hari.            

Sementra Kadis Ketahanan Pangan Sabar Sitanggang mengatakan lomba ini dimaksudkan agar setiap individu khususnya ibu rumah tangga yang bertanggung jawab dalam menentukan dalam menyediakan menu keluarga dapat menyediakan menu yang beragam, bergizi, seimbang dan aman. Kegiatan ini juga untuk memotivasi dan meningkatkan pemahaman serta keterampilan ibu rumah tangga dalam mengolah dan menyajikan makanan dengan memanfaatkan sumber pangan di sekitar kita baik yang ada di pekarangan maupun kebun sesuai dengan kebiasaan dan sosial budaya setempat. Menyajikan makanan yang tidak mahal tetapi sehat dan bergizi, memotivasi masyarakat sehingga bangga menyajikan, menyantap makanan dengan resep dan bahan pangan sumber daya lokal.            

Kemudian pelaksanaan lomba juga ditekankan pada menu serapan anak sekolah. Bahwa serapan bergizi bagi anak sekolah sangat bermafaat, berpengaruh terhadap fisik dan psikologis, yang pada akhirnya akan meningkatkan proses dan hasil belajar anak-anak. Hal ini juga sejalan dengan  salah satu pesan dalam pedoman gizi seimbang yaitu ''biasakan makan pagi atau sarapan''.           

Dalam lomba ini diharapkan agar dapat melaksanakan pola makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman di keluarga masing-masing, dengan demikian prinsip konsumsi pangan tidak berhenti hanya pada lomba saja, namun dapat ditindaklajuti dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Melalui lomba ini diharapkan masyarakat khususya peserta dapat menciptakan/mengembangkan resep yang beragam, bergizi seimbang dan aman serta dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari.
Editor: Herda

T#g:Diet
Berita Terkait
  • Senin, 23 Jul 2018 05:23

    5 Hal Tentang Gaya Hidup Sehat Ini Ternyata Mitos

    Ketika Anda mulai mencoba gaya hidup sehat, mulai dari pengaturan diet hingga olahraga rutin, Anda akan menemukan banyak fakta bertentangan mengenai apa yang harus ditiru untuk gaya hidup sehat. Berikut ini 5 mitos umum tentang gaya hidup sehat yang dilan

  • Kamis, 05 Jul 2018 00:05

    Lada Hitam Bisa Menurunkan Berat Badan

    Lada hitam terkenal dengan rasa yang sangat khas, sehingga bisa membuat masakan sedikit berbeda. Namun, selain untuk menambah cita rasa pada masakan, ternyata manfaat lada hitam juga bisa menurunkan berat badan.

  • Sabtu, 23 Jun 2018 09:23

    4 Manfaat Turunnya Berat Badan untuk Kesehatan

    Ternyata penurunan berat badan pun dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sekalipun penurunan yang terjadi ini merupakan bantuan dari obat pelangsing, akan tetapi tetap saja Anda akan

  • Jumat, 08 Jun 2018 07:48

    Alasan Kamu Tak Kunjung Kurus Walau Kurangi Porsi Makan

    Menurunkan berat badan memang bukan perkara mudah. Meski sudah mengurangi porsi makan, tetap saja berat badan tak kunjung berkurang.

  • Sabtu, 19 Mei 2018 21:19

    Mau Turunkan Berat Badan? Atur Waktu Makan Malam Anda

    Terkena cahaya terus menerus pada malam hari mengubah metabolisme manusia dan membuat badan kita gemuk bahkan tanpa perubahan jumlah makanan yang anda konsumsi, sesuai apa yang ditemukan para peneliti

  • Jumat, 23 Feb 2018 20:43

    Ngomongin Diet, Sihar Jelaskan Diet Ketogenik dan Mayo

    Empat orang wanita terkejut saat tengah menikmati makan siang di Warung Halimah yang berada di Jalan Bima Sakti, Medan.Keasyikan tengah makan siang keempatnya terhenti sejenak saat Calon Wakil Gubernu

  • Sabtu, 04 Mei 2013 08:33

    4 Makanan Pengendali Berat Badan

    Tahukah Anda, ada makanan yang berguna untuk mengendalikan berat badan? Ahli gizi dari Prima Diet Catering, dr. Peni Hedi P. MKM (Gizi), mengatakan, makan yang cukup pasti membuat Anda ‘puas’ lebi

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak