Sabtu, 23 Jun 2018 05:36
  • Home
  • Ragam
  • Kombes Heru yakin warga Medan akan tertib lalulintas

Kombes Heru yakin warga Medan akan tertib lalulintas

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dian/Rls
Minggu, 17 Sep 2017 19:17
Dok
Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Heru Prakoso
Selamat Puasa Paluta

Kombes Pol Raden Heru Prakoso, Direktur Lalulintas Polda Sumut, menyatakan bahwa salah satu penyebab kesemrawutan lalu lintas di kota Medan disebabkan banyaknya kendaraan parkir di pinggir jalan, khususnya saat mengantar atau menjemput anak sekolah.

Menurut Heru, hal itu dikarenakan banyak masyarakat tidak paham dan tidak tertib berlalu lintas, serta kurangnya sarana dan prasana perparkiran.

Kesemrawutan hingga berujung kemacetan kerap terjadi di sekolah Methodist di jalan Prof. HM. Yamin, Medan Timur. 

Walau telah dipersiapkan bagi pengendara mobil penjemput murid sekolah di lajur kiri, masih banyak kendaraan parkir di lajur kanan. Ditambah lagi banyak pengemudi parkir sembarangan sehingga mengkibatkan kemacetan panjang dan sulit diurai.

"Itu bagi orangtua dan keluarga yang menjemput dan kebanyakan pengguna roda 4 yang memakai banyak tempat. Lain lagi bagi para murid yang membawa kendaraannya. Sementara lahan parkir sekolah tidak ada atau tidak cukup," ujar Kombes Pol Raden Heru Prakoso di Medan, Minggu (17/9).

Namun demikian, sambungnya, di sini lah perlunya kesadaran diri diterapkan bagi masyarakat. "Makanya program saya gak muluk-muluk, yaitu program jangka panjang dengan memasukan kurikulum tertib berlalulintas di sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA," ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga berharap keselarasan dan saling membahu membangun ketertiban berlalu lintas di Sumut khususnya Kota Medan bersama stakeholder, baik Jasa Raharja, Kepolisian, Bapeda, PU maupun Dishub. 

"5 pilar inilah yang harus ikut bergandengan bersama dalam memikirkan dan memperhatikan ketertiban dan kelangsungan berlalu lintas. Polri tidak bisa bekerja sendiri. Dan ini juga terkait mental dan perilaku para pengguna jalan. Ini harus diubah. Karena kedisiplinan di kota Medan sangat memprihatinkan. Kita bangun ini karena saya berkeyakinan masih ada mental yang disiplin di Kota Medan ini," tandasnya.

Untuk itu, perwira berpangkat 3 melati emas ini dengan tegas dan yakin, dirinya tak bermimpi Kota Medan kelak akan lancar berkendara di jalanan. Namun sesuai dengan amanat yang diemban, ia mengaku perlu semua pihak bersinergi mengatasi kemacetan dan ketertiban bagi pengendara di Kota Medan.

"Saya harapkan, ada ketaatan, kepatuhan, kedisiplinan dan saling menghargai pada para pengguna jalan. Saat sekarang ini, hanya karena tidak seimbang dengan fasilitas dan stakeholder serta banyaknya transportasi yang ada," sebutnya.

Untuk mewujudkan impian itu, ia meminta dukungan dari seluruh pihak. Sehingga tumbuh kembali kesadaran masyarakat khususnya Kota Medan dalam tertib berlalu lintas. 

"Saya yakin masih ada orang di Medan mau berdisiplin. Jangan menunggu orang lain berubah. Mulailah dari diri kita sendiri. Waktu tidak akan terulang kembali, kita tidak akan bisa tergantikan oleh siapun di mata keluarga. Ingatlah itu dalam berkendara," pesannya.

Editor: Budi

T#g:DirlantaslakaLalu lintas
Berita Terkait
  • Jumat, 22 Jun 2018 14:12

    Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Korban Musibah KM Sinar Bangun

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D., bersama Menteri Perhubungan RI Ir. Budi Karya Sumadi, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E

  • Kamis, 21 Jun 2018 10:31

    Kapolri Tinjau Pos Pelayanan Terpadu Cikopo Jawa Barat

    Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D beserta pejabat Mabes Polri melaksanakan peninjauan Pos Pelayanan Terpadu Cikopo Jawa Barat untuk monitoring arus balik Lebaran Tahun 2018, bagi

  • Minggu, 24 Jun 2018 16:24

    6 Ancaman Kesehatan akibat Teknologi

    Teknologi kini semakin berkembang. Ingin menghubungi teman berbeda negara, Anda bisa memanfaatkan fitur video call. Ingin membeli makanan tapi malas pergi, tinggal klik aplikasi ojek online. Namun iba

  • Selasa, 19 Jun 2018 18:19

    Djarot Sampaikan Duka dan Keprihatinan atas Musibah Tenggelamnya Kapal di Danau Toba

    Djarot Saiful Hidayat turut prihatin atas musibah kapal motor (KM) Sinar Bangun yang karam di perairan Danau Toba. Djarot juga menyampaikan duka cita yang mendalam jatuhnya korban jiwa.

  • Selasa, 19 Jun 2018 15:19

    Tengku Erry Sampaikan Duka Tenggelamnya Kapal Di Danau Toba

    Tengku Erry Nuradi menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah tenggelamnya kapal di perairan Danau Toba, Senin (18/6/2018).

  • Senin, 18 Jun 2018 20:18

    Kecelakaan, Mobil Fortuner Keluarga Lumban Raja Terjun Ke Danau Toba

    Keluarga Lijon Lumban Raja, asal Kota Harapan Indah Bekasi, yang mengendarai Mobil Toyota Portuner warna putih dengan Nopol B 1915 KJI, mengalami kecelakaan dan terjun bebas ke danau Toba, tepatnya di

  • Senin, 11 Jun 2018 17:11

    Panglima TNI: Tingkatkan Kesiapan Antisipasi Accident

    Untuk mengantisipasi pengamanan dan kelancaran para arus mudik lebaran yang menggunakan jalur laut, kepada pihak-pihak seperti TNI dan Polri serta Kementerian terkait agar lebih meningkatkan kesiapan

  • Selasa, 08 Mei 2018 02:08

    Dansatgas Indobatt Bantu Leal Alhujaij, Korban Laka Lantas di Lebanon

    Komandan Satgas (Dansatgas) Indonesian Battalion (Indobatt) Kontingen Garuda XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.I.P. memberikan donasi dalam b

  • Minggu, 22 Apr 2018 11:42

    Saksi: Saat Kecelakaan Menewaskan Wakapolres Labuhanbatu, Cuaca Mendung

    Kecelakaan kapal boat Polair yang ditumpangi Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang serta para pejabat utama, yang terbalik di perairan Sei Berombang, Sabtu (21/4/2018) sore diduga akibat menabrak

  • Rabu, 18 Apr 2018 20:08

    Akses Jalan ke Afedling III PTPN4 Sosa Mirip Kolam Buaya

    Warga masyarakat yang bermukim di daerah Disbun Desa Ujung Batu Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas) merasa resah dengan kondisi dan keadaan badan jalan akses menuju ke lokasi Afdeling III PTPN4 Sosa yang mirip kolam buaya.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak