Kamis, 23 Nov 2017 10:56
  • Home
  • Ragam
  • Kombes Heru yakin warga Medan akan tertib lalulintas

Kombes Heru yakin warga Medan akan tertib lalulintas

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dian/Rls
Minggu, 17 Sep 2017 19:17
Dibaca: 120 kali
Dok
Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Heru Prakoso

Kombes Pol Raden Heru Prakoso, Direktur Lalulintas Polda Sumut, menyatakan bahwa salah satu penyebab kesemrawutan lalu lintas di kota Medan disebabkan banyaknya kendaraan parkir di pinggir jalan, khususnya saat mengantar atau menjemput anak sekolah.

Menurut Heru, hal itu dikarenakan banyak masyarakat tidak paham dan tidak tertib berlalu lintas, serta kurangnya sarana dan prasana perparkiran.

Kesemrawutan hingga berujung kemacetan kerap terjadi di sekolah Methodist di jalan Prof. HM. Yamin, Medan Timur. 

Walau telah dipersiapkan bagi pengendara mobil penjemput murid sekolah di lajur kiri, masih banyak kendaraan parkir di lajur kanan. Ditambah lagi banyak pengemudi parkir sembarangan sehingga mengkibatkan kemacetan panjang dan sulit diurai.

"Itu bagi orangtua dan keluarga yang menjemput dan kebanyakan pengguna roda 4 yang memakai banyak tempat. Lain lagi bagi para murid yang membawa kendaraannya. Sementara lahan parkir sekolah tidak ada atau tidak cukup," ujar Kombes Pol Raden Heru Prakoso di Medan, Minggu (17/9).

Namun demikian, sambungnya, di sini lah perlunya kesadaran diri diterapkan bagi masyarakat. "Makanya program saya gak muluk-muluk, yaitu program jangka panjang dengan memasukan kurikulum tertib berlalulintas di sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA," ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga berharap keselarasan dan saling membahu membangun ketertiban berlalu lintas di Sumut khususnya Kota Medan bersama stakeholder, baik Jasa Raharja, Kepolisian, Bapeda, PU maupun Dishub. 

"5 pilar inilah yang harus ikut bergandengan bersama dalam memikirkan dan memperhatikan ketertiban dan kelangsungan berlalu lintas. Polri tidak bisa bekerja sendiri. Dan ini juga terkait mental dan perilaku para pengguna jalan. Ini harus diubah. Karena kedisiplinan di kota Medan sangat memprihatinkan. Kita bangun ini karena saya berkeyakinan masih ada mental yang disiplin di Kota Medan ini," tandasnya.

Untuk itu, perwira berpangkat 3 melati emas ini dengan tegas dan yakin, dirinya tak bermimpi Kota Medan kelak akan lancar berkendara di jalanan. Namun sesuai dengan amanat yang diemban, ia mengaku perlu semua pihak bersinergi mengatasi kemacetan dan ketertiban bagi pengendara di Kota Medan.

"Saya harapkan, ada ketaatan, kepatuhan, kedisiplinan dan saling menghargai pada para pengguna jalan. Saat sekarang ini, hanya karena tidak seimbang dengan fasilitas dan stakeholder serta banyaknya transportasi yang ada," sebutnya.

Untuk mewujudkan impian itu, ia meminta dukungan dari seluruh pihak. Sehingga tumbuh kembali kesadaran masyarakat khususnya Kota Medan dalam tertib berlalu lintas. 

"Saya yakin masih ada orang di Medan mau berdisiplin. Jangan menunggu orang lain berubah. Mulailah dari diri kita sendiri. Waktu tidak akan terulang kembali, kita tidak akan bisa tergantikan oleh siapun di mata keluarga. Ingatlah itu dalam berkendara," pesannya.

Editor: Budi

T#g:DirlantaslakaLalu lintas
Berita Terkait
  • Rabu, 15 Nov 2017 12:25

    Tukang Las Nyaris Tewas Kesetrum Listrik

    Suhermansyah, 37 tahun, nyaris tewas akibat kesetrum listrik di depan Gapura Wisata Gang Madirsan Dusun XIII Desa Bangun Sari Kecamatan Tanjung Morawa, Selasa (14/11) sekira pukul 18.10 Wib.Sebelumnya

  • Selasa, 31 Okt 2017 16:11

    Jari Kaki Kanan Terjepit Eskalator Bandara Kualanamu

    Ibu jari kaki sebelah kanan Nabila Boru Ketaren, balita perempuan yang barus berusia 2,5 tahun, putri Sartika Boru Sembiring Depari, warga Payung, Kabupaten Karo, terjepit di eskalator Bandara Kualana

  • Rabu, 25 Okt 2017 17:15

    Pesawat Batik Air Alami CAT, Penumpang dan Pramugari Cidera

    Pesawat Batik Air nomor penerbangan ID6890 tipe B737-800 NG dengan Registrasi PK-PLY dari Jakarta tujuan Bandara Internasional Kualanamu mengalami Clear Air Turbulence (CAT).

  • Sabtu, 07 Okt 2017 05:37

    Poslantas Sosa Berikan Arahan Tertib Lalin ke Pelajar

    Sebagai upaya untuk menekan angka kecelakaan lalulintas (laka lantas) di sepanjang jalan raya di wilayah hukum Poslantas Sosa, jajaran Poslantas Sosa rutin memberikan arahan dan bimbingan kepada pelaj

  • Kamis, 05 Okt 2017 22:25

    Bandara Kuala Namu Heboh, Tangan Balita Terjepit di Mesin X Ray

    Para penumpang dan pengguna jasa di Bandara Kuala Namu mendadak heboh pada Kamis (5/10/2017). Pasalnya tangan kiri Alvaro Gabriel Simarmata yang masih berusia 2 tahun, warga Kecamatan Bangun Purba, Ka

  • Senin, 25 Sep 2017 18:25

    Mobil Terbalik di Jalan Bandara, Seorang Penumpang Tewas

    Satu unit Mobil minibus bernomor polisi BK 744 CI kehilangan kendali dan terbalik di Jalan Sultan Serdang, akses jalan menuju Bandara Kuala Namu, Minggu (24/9/2017).

  • Minggu, 10 Sep 2017 12:10

    Anggota Dit Krimum Polda Sumut Tewas Ditabrak di dekat Sun Plaza

    Briptu Dedi Frengki Purba, anggota Polri bertugas di Dit Krimum Polda Sumut tewas dalam kecelakaan lalu lintas pagi tadi, Minggu (10/9) sekira pukul 05.30 wib.

  • Rabu, 30 Agu 2017 19:50

    Diduga mengantuk, Pick Up hantam pohon Sawit di Labura

    Mobil Pick Up dari arah Pekanbaru menuju Medan mengalami kecelakaan tunggal di Jalinsum Aek Kanopan-Rantau Prapat, tepatnya di Membang Muda, di depan bangunan kantor DPRD Labuhan Batu Utara (Labura). Rabu subuh (30/8/2017).

  • Selasa, 29 Agu 2017 17:39

    Kodam I/BB dan Poldasu tekan angka kecelakaan lalulintas

    Kodam I/BB bersama Poldasu menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalulintas dengan melaksanakan pembekalan kepada 500 0rang yang terdiri dari prajurit, ASN dan Persit Kodam I/BB dibuka oleh Staf Ah

  • Minggu, 20 Agu 2017 11:50

    Heboh Pengendara Sepeda Motor Seruduk Rumah Warga di Kelapa Benteng

    Warga masyarakat kota Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan mendadak gempar oleh suara dentuman keras yang menghantam dinding seng bagian depan salah satu rumah milik warga masyarakat di lingkungan Bua-bua timur atas nama Dg. Rate.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak