Rabu, 21 Feb 2018 20:24
  • Home
  • Ragam
  • Kombes Heru yakin warga Medan akan tertib lalulintas

Kombes Heru yakin warga Medan akan tertib lalulintas

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dian/Rls
Minggu, 17 Sep 2017 19:17
Dibaca: 193 kali
Dok
Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Heru Prakoso

Kombes Pol Raden Heru Prakoso, Direktur Lalulintas Polda Sumut, menyatakan bahwa salah satu penyebab kesemrawutan lalu lintas di kota Medan disebabkan banyaknya kendaraan parkir di pinggir jalan, khususnya saat mengantar atau menjemput anak sekolah.

Menurut Heru, hal itu dikarenakan banyak masyarakat tidak paham dan tidak tertib berlalu lintas, serta kurangnya sarana dan prasana perparkiran.

Kesemrawutan hingga berujung kemacetan kerap terjadi di sekolah Methodist di jalan Prof. HM. Yamin, Medan Timur. 

Walau telah dipersiapkan bagi pengendara mobil penjemput murid sekolah di lajur kiri, masih banyak kendaraan parkir di lajur kanan. Ditambah lagi banyak pengemudi parkir sembarangan sehingga mengkibatkan kemacetan panjang dan sulit diurai.

"Itu bagi orangtua dan keluarga yang menjemput dan kebanyakan pengguna roda 4 yang memakai banyak tempat. Lain lagi bagi para murid yang membawa kendaraannya. Sementara lahan parkir sekolah tidak ada atau tidak cukup," ujar Kombes Pol Raden Heru Prakoso di Medan, Minggu (17/9).

Namun demikian, sambungnya, di sini lah perlunya kesadaran diri diterapkan bagi masyarakat. "Makanya program saya gak muluk-muluk, yaitu program jangka panjang dengan memasukan kurikulum tertib berlalulintas di sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA," ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga berharap keselarasan dan saling membahu membangun ketertiban berlalu lintas di Sumut khususnya Kota Medan bersama stakeholder, baik Jasa Raharja, Kepolisian, Bapeda, PU maupun Dishub. 

"5 pilar inilah yang harus ikut bergandengan bersama dalam memikirkan dan memperhatikan ketertiban dan kelangsungan berlalu lintas. Polri tidak bisa bekerja sendiri. Dan ini juga terkait mental dan perilaku para pengguna jalan. Ini harus diubah. Karena kedisiplinan di kota Medan sangat memprihatinkan. Kita bangun ini karena saya berkeyakinan masih ada mental yang disiplin di Kota Medan ini," tandasnya.

Untuk itu, perwira berpangkat 3 melati emas ini dengan tegas dan yakin, dirinya tak bermimpi Kota Medan kelak akan lancar berkendara di jalanan. Namun sesuai dengan amanat yang diemban, ia mengaku perlu semua pihak bersinergi mengatasi kemacetan dan ketertiban bagi pengendara di Kota Medan.

"Saya harapkan, ada ketaatan, kepatuhan, kedisiplinan dan saling menghargai pada para pengguna jalan. Saat sekarang ini, hanya karena tidak seimbang dengan fasilitas dan stakeholder serta banyaknya transportasi yang ada," sebutnya.

Untuk mewujudkan impian itu, ia meminta dukungan dari seluruh pihak. Sehingga tumbuh kembali kesadaran masyarakat khususnya Kota Medan dalam tertib berlalu lintas. 

"Saya yakin masih ada orang di Medan mau berdisiplin. Jangan menunggu orang lain berubah. Mulailah dari diri kita sendiri. Waktu tidak akan terulang kembali, kita tidak akan bisa tergantikan oleh siapun di mata keluarga. Ingatlah itu dalam berkendara," pesannya.

Editor: Budi

T#g:DirlantaslakaLalu lintas
Berita Terkait
  • Rabu, 21 Feb 2018 15:31

    Kampanyekan Semangat Cari Aman Saat Mengendarai Sepeda Motor, Honda Kunjungi Sekolah

    Kampanyekan semangat cari aman saat mengendarai sepeda motor di kalangan pelajar, PT Indako Traiding Coy, Medan  bekerjasama dengan PT Rotella Persada Mandiri, Lubuk Pakam melaksanakan pelatihan

  • Selasa, 06 Feb 2018 12:36

    Diduga Mabuk, Ationg Tabrak Becak Di Gang Sempit

    Diduga mabuk, seorang pengendara mobil Honda Mobilio nomor polisi B 1574 CKI, Ationg (38 tahun) warga perumahan bukit hijau permai (BHP) menabrak becak dan pagar besi rumah milik warga Gang Ketapel Ke

  • Minggu, 04 Feb 2018 07:04

    Berkendara Ugal-Ugalan, Dua Remaja Puteri Diamankan Polisi

    Dua orang remaja puteri berusia tanggung yang terjatuh saat mengendarai sepeda motor secara ugal-ugalan di jalan poros Plaza Marina Benteng, tak dapat berkutik, saat diamankan oleh personil Patmor ber

  • Rabu, 24 Jan 2018 06:24

    6 Jemaah Umrah Terjatuh dari Eskalator Bandara Kualanamu

    Enam jemaah umrah terjatuh dari tangga eskalator terminal Bandara Kualanamu, Selasa (23/1/2018). Akibatnya, jemaah tersebut mengalami luka robek bagian kepala, tangan dan kaki.Keenam jemaah umrah yang

  • Selasa, 16 Jan 2018 11:16

    Antisipasi Lakalantas, Disperkimhub Palas Bagikan Rambu Lalin pada Kepala Sekolah

    Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di sekitar lingkungan sekolah yang berada di sisi jalan raya, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub)

  • Sabtu, 13 Jan 2018 23:23

    Hewan Ternak Tak Bertuan di Selayar Masih Menelan Korban

    Enam bulan sudah, ultimatum penertiban hewan ternak liar dikeluarkan oleh Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali kepada sebelas orang Camat di wilayah administratif Pemerintahan Kabupaten Kepulauan

  • Jumat, 05 Jan 2018 20:35

    Gerindra Bantu Warga Cirebon Luka Bakar Kecelakaan Kerja di Bekasi

    Rukmantara, 54 tahun, warga Gang Bhakti, RT02/04, Desa Karang Sembung, Kecamatan Karang Sembung, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menderita luka bakar yang tak kunjung sembuh di sebagian tubuhnya. Ia ju

  • Minggu, 31 Des 2017 15:41

    Di Hari Terakhir 2017, Angkot Ini Malah Hangus Terbakar di Medan

    Satu unit angkutan kota (Angkot) terbakar habis di jalan Sutomo, Medan, tepatnya di depan sekolah Hang Kasturi, Minggu siang (31/12/2017).

  • Minggu, 31 Des 2017 14:31

    Menteri Perhubungan Minta Dishub Provinsi Awasi Bus Pariwisata

    Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan (Menhub) meminta para Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk melakukan pengawasan terhadap bus pariwisata. Menhub me

  • Senin, 25 Des 2017 04:25

    Pasca Senggolan, Penumpang Pesawat Silk Air Dialihkan ke Pesawat Lain

    Pasca pesawat Silk Air nomor penerbangan MI 0233 tujuan Singapura batal terbang dari Bandara Kuala Namu pada Sabtu (23/12/2017) karena bersenggolan dengan mobil perbaikan AC milik PT JAS. Karena kejad

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak