Selasa, 17 Jul 2018 22:08
  • Home
  • Ragam
  • Kementerian Parawisata Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Humbahas

Kementerian Parawisata Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Humbahas

Dolok Sanggul (utamanews.com)
Oleh: Eduard S.
Senin, 24 Jul 2017 22:24
Dok
Usai pembukaan, Pemkab Humbang Hasundutan memberikan cendramata kepada Kementerian Pariwisata berupa plakat dan sebaliknya.

Menindaklanjuti program prioritas Kementerian Pariwisata tahun 2017 serta tata kelola destinasi pariwisata dan pemberdayaan masyarakat, disimpulkan bahwa pengembangan sektor pariwisata tidak semata mata hanya pada pembenahan sarana prasarana lokasi wisata. Hal tersebut dikatakan Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, SE melalui Sekdakab Humbahas, Saul Situmorang, SE, M.Si dalam rangka kegiatan sosialisasi sadar wisata dan aksi pesona di Kabupaten Humbahas di Aula Hotel Martin, Doloksanggul, Senin (24/7).

Lebih lanjut Saul mengatakan, pengembangan pariwisata harus dibearengi dengan pembinaan dan peningkatan kualitas SDM melakukan kegiatan sosialisasi. Diharapkan dapat memberikan kesadaran agar memahami akan peran dan keberadaannya ditengah tengah kawasan lokasi wisata yang diharapkan perhatiannya.

Untuk itu, dihimbau kepada peserta, melakukan kegiatan dilaksanakan secara nyata dan menerapkannya di lapangan. Dengan harapan pelayanan terhadap pengunjung wisata yang datang ke Humbahas bisa lebih baik dan memuaskan, sehingga para pengunjung akan lebih betah dan rindu berwisata ke Humbahas.

"Kami menghimbau kepada kita semua, agar dalam kesempatan ini mengikuti dengan sunguh-sungguh, melakukan gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona secara nyata di tempat ini, dan nantinya diterapkan ditempat dimana Bapak/ Ibu berada," kata Saul.

Sementara itu, Deputi Bidang Kementerian, diwakili Deputi Bidang pengembangan destinasi dan industri Pariwisata, Kementerian Paraiwisata RI Romi Astuti, SE, MM pada acara Sosialisasi sadar wisata dan sapta pesona di Kabupaten Humbahas, sebagai gerakan mendorong peran partisipasi masyarakat dalam menciptakan iklim yang kondusif yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di wilayahnya dengan mengaktualisaksikan nilai nilai yang terkadung dalam sapta pesona agar menjadi prilaku sehari hari.

Kegiatan gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona adalah tindak lanjut program prioritas Nomor 8 kementerian Pariwisata tahun 2017, asdep Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Pemberdayaan Masyarakat, dengan rangkaian kegiatan di provinsi Sumut tanggal 24-27, dengan materi sosialisasi dan masyarakat diajari suapaya sadar Wisata dan sapta pesona, sosialisasi pengolahan sampah dan pengelolaan toilet di Destinasi wisata, gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona.

Ditambahkannya, pengelolaan sampah dan pengelolaan toilet di destinasi wisata merupakan bagian dari upaya mengimplementasikan sapta pesona untuk mewujudkan destinasi yang bersih dan sehat melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat. "Narasumber yang akan dihadirkan dari Kementerian Pariwisata, Asosiasi Toilet Indonesia dan Praktisi Sampah," ujarnya.

Gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona ini dibuka secara resmi oleh Bupati Humbang Hasundutan, yang diwakili Sekdakab Saul Situmorang. 

Kegiatan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona dilaksanakan Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan Pemkab Humbang Hasundutan ini diikuti 300 peserta dari semua kalangan.

Sebagai pembicara pada Sosialisasi ini, Asdep Tata kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Pariwisata, diwakili Romi Astuti, SE, MM, Drs. Vandeik simanungkalit, MM, dr. Budiman Simanjuntak, M.Kes dan dari BNNP Provsu.

Editor: Sam

T#g:humbahasPariwisata
Berita Terkait
  • Sabtu, 14 Jul 2018 17:15

    Rembug Tani Pertemukan Komponen Masyarakat di Humbang Hasundutan

    Pemkab Humbahas mengadakan rembug tani di perladangan milik Deka Silaban ST di Desa Siponjot Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbang Hasundutan, Jumat (13/7). Acara rembug tani ini bisa mempertemuka

  • Rabu, 11 Jul 2018 13:31

    Upacara HUT Bhayangkara ke-72 di Polres Humbahas

    Kapolres Humbahas AKBP Dr Mhd R. Dayan SH MH., memimpin Upacara HUT Bhayangkara ke-72 di Mapolres Humbahas jalan Siborongborong-Dolok Sanggul Km 12, Rabu pagi (11/7/2018). Upacara dihadiri juga o

  • Selasa, 10 Jul 2018 10:30

    Yayasan Surya Institut Latih Guru Matematika Humbang Hasundutan

    Prof Yohanes Surya Ph.D dan Dian Rahmi dari Yayasan Pendidikan Surya Institut di Jakarta berada di Humbang Hasundutan untuk melatih para guru-guru khususnya guru bidang studi matematika dengan materi

  • Minggu, 08 Jul 2018 08:08

    HUT ke-15 Humbang Hasundutan Dirayakan di Markas Sisingamangaraja Parlilitan

    HUT ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan akan dirayakan di kompleks Markas Sisingamangaraja, tepatnya di Desa Sionom Hudon Kecamatan Parlilitan.

  • Jumat, 01 Jun 2018 16:21

    Peringatan Hari Lahir Pancasila di Humbahas

    Bupati Dosmar Banjarnahor menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila, di lapangan upacara kantor Bupati Bukit inspirasi Kec. Doloksanggul Kab. Humbahas, Jumat (1/6/2018)

  • Kamis, 31 Mei 2018 12:31

    Bupati Dosmar Banjarnahor Buka Porkab Humbahas

    Bupati Dosmar Banjarnahor, SE., secara resmi membuka Pekan Olahraga (Porkab) Humbang Hasundutan (Humbahas) di Stadion Sepakbola Desa Simangaronsang Kec. Doloksanggul Kab. Humbahas, Rabu (30/5/2018).

  • Rabu, 11 Apr 2018 11:11

    Erry Ibaratkan Pengembangan Pariwisata Seperti Ayam Dan Telur

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengibaratkan bahwa pengembangan pariwisata seperti pilihan antara telur dan ayam, mana yang lebih dahulu ada. Karena itu dirinya menekankan pentingnya berbagi tugas sesuai ke

  • Kamis, 29 Mar 2018 06:09

    Bupati Coffee Morning Dengan Tokoh Masyarakat Humbang Hasundutan

    Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE didampingi Plt Sekda Drs Augus Panuturi Marbun dan pimpinan OPD serta para Camat mengikuti coffee morning dan ramah tamah dengan perwakilan tokoh masyarakat se-Ka

  • Selasa, 20 Mar 2018 09:00

    Bagikan Sapu, Sihar: Banyak yang Mau Dibersihkan, 2 Sapu Biar Cepat

    Ada yang menarik dari perjalanan Sihar Sitorus di pasar tradisional Onan Baru, Lintong Ni Huta Humbang Hasundutan (Humbahas), Senin (19/03), ketika dia membeli empat sapu lidi dan memberikannya kepada

  • Kamis, 22 Feb 2018 11:02

    Bupati Humbahas Ajak ASN Beri Pelayanan Maksimal pada Masyarakat

    Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE membuka bimbingan teknis pembinaan bagi pejabat struktural yang bertugas di kecamatan se-Kabupaten Humbang Hasundutan bertempat di Kantor Bupati Humbahas Bukit In

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak