Selasa, 26 Sep 2017 01:41
  • Home
  • Ragam
  • Irwasum Polri Sosialisasi Perpres 87/2016 tentang Saber Pungli

Irwasum Polri Sosialisasi Perpres 87/2016 tentang Saber Pungli

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dian
Selasa, 15 Agu 2017 15:35
Dibaca: 128 kali
Dok
Sosialisasi Perpres No.87 tahun 2016 tentang Saber Pungli di Medan, Selasa, (15/8).

Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri, Komjen Pol Dwi Priyatno mensosialisasikan Peraturan Presiden (Perpres) No.87 tahun 2016 tentang Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Hotel Santika Premiere Dyandra, Selasa (15/8) pagi.

Hadir dalam kegiatan itu Gubsu, Tengku Erry Nuradi, Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, Wali Kota Medan, Bupati Labuhan Batu, dan para pejabat utama Polda Sumut serta undangan lainnya.

Komjen Pol Dwi Priyatno sebagai Kepala Satuan Tugas (Ka Satgas) Saber Pungli dalam sambutannya mengatakan, pemerintah telah berkomitmen untuk melakukan pembersihan praktik pungli di setiap bidang pelayanan publik karena merusak sendi masyarakat berbangsa dan bernegara.

"Satgas Saber Pungli ini dibentuk tidak semata hanya untuk penindakan, tapi lebih kepada bagaimana membangun masyarakat agar bersih dari praktik pungli," katanya.

Sejak terbentuk pada 28 Oktober 2016, Satgas Saber Pungli telah mengungkap Operasi Tangkap Tangan (OTT) sebanyak 900 kasus lebih di tanah air. Sumut peringkat kedua dalam pengungkapan praktik pungli, menaikkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah 40 persen.

"Kita harapkan Sumut bisa lebih maju dalam pemberantasan pungli. Sumut nomor 2 di bawah Jabar mengungkap pungli," terangnya.

Jenderal bintang tiga tersebut menegaskan, semua pihak dan unsur terkait harus bersinergi mempunyai komitmen dalam memberantas pungli, tegas dan memberi efek jera.

"Diskusi ini dibuat untuk persamaan persepsi dalam pemberantasan pungli," pungkasnya.

Sementara Gubsu, Erry Nuradi dalam kesempatannya mengatakan, telah membentuk UPP di sejumlah daerah di Sumut untuk pemberantasan pungli.

Dia menyebut tidak mudah memberantas pungli karena sudah membudaya dan terjadi secara sistematis untuk mempermudah urusan.

"Pungli sudah dianggap budaya lazim, proses cepat kalau ada pelicin. Sehingga perlu meluruskan permasalahan yang salah di masyarakat. Kuatkan komitmen kita, no pungli," seru Erry.

Sedangkan Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, menyambut baik sosialisasi Perpres tentang saber pungli tersebut. Dia menyatakan komit berantas dan tindak pelaku pungli.

"Kita komit berantas pungli dan dukung Satgas Saber Pungli. Sejak Satgas ini terbentuk, kita sudah ingatkan masyarakat agar tidak melakukan Pungli. Sudah 131 kasus Pungli​ di Sumut kita tangani," katanya.

Editor: Budi

T#g:punglisosialisasi
Berita Terkait
  • Kamis, 14 Sep 2017 13:14

    Dugaan Pemotongan Dana BOS Tingkat SD Kab. Nias Selatan

    Isu terjadinya pemotongan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada tingkat Sekolah Dasar (SD) di lingkup Dinas Pendidikan Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, dibantah oleh Kepala Bidang (Kabid)

  • Rabu, 13 Sep 2017 08:03

    Kodam I/BB Tangkal Bahaya Narkoba

                Kakesdam I/BB Kolonel dr. Sutan Bangun, Sp.B. membuka kegiatan soialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di

  • Jumat, 08 Sep 2017 20:48

    KPU Jadikan SMA Muhammadiyah Sasaran Sosialisasi

    Rangkaian kegiatan sosialisasi digelar Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan sejalan dengan dekatnya Pilkada Gubernur Sulsel masa bhakti 2021-2025.

  • Jumat, 08 Sep 2017 22:18

    Pemprov & DPRD Sumut Sepakat Waspadai Gratifikasi

    Pemerintah Provinsi bersama DPRD Sumut sepakat untuk tidak melakukan korupsi, terutama dengan mewaspadai berbagai bentuk gratifikasi.

  • Jumat, 08 Sep 2017 20:18

    KPU Binjai Kembali Gelar Sosialisasi Pemilu dan Demokrasi

    KPU Kota Binjai kembali melakukan sosialisasi Pemilu dan Demokrasi di SMK Kesehatan Galang Insan Mandiri, Jumat (8/9/17).

  • Senin, 04 Sep 2017 05:44

    Tim Saber Pungli Diminta Awasi Proyek Lift RS Haji Medan

    Indra Sanjaya, Direktur Komunitas Indonesia Bersih (KIB) meminta Tim Saber Pungli untuk mengawasi proses tender pengadaan barang dan jasa di Rumah Sakit Haji Medan, khususnya pengadaan pemasangan lift

  • Rabu, 30 Agu 2017 23:20

    Modus tunda eksekusi, Juru Sita PN Stabat peras warga Tanjung Pura

    Mengaku bisa menunda pelaksanaan eksekusi, juru sita Pengadilan Negeri (PN) Stabat, Edy Syahputra, melakukan pungutan liar (pungli) terhadap masyarakat.

  • Rabu, 16 Agu 2017 16:56

    Erry Berharap Tim Saber Pungli Perbanyak Sosialisasi

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengatakan bahwa Pemprov Sumut sangat mendukung dan mengapresiasi kinerja Satgas Saber Pungli, atas pengaduan laporan/praktek pungli telah ditindaklanjuti dengan baik.

  • Rabu, 16 Agu 2017 07:56

    Cegah Pungli pakai sistem elektronik, Tengku Erry akui jadi sasaran kemarahan

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengaku terus terang bahwa dirinya paling banyak menjadi sasaran kemarahan ketika sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online diterapkan.

  • Selasa, 15 Agu 2017 15:55

    Aneh, dikonfirmasi soal dugaan pemotongan SPPD, Pejabat Pemprovsu marah-marah

    Drs. H M. Yusuf MM., Kabiro Binsos Pemprov Sumut mengusir wartawan ketika mengkonfirmasi dugaan adanya potongan SPPD pegawai Biro Binsos Pemprov Sumut sebesar 30 persen. Informasi diperoleh, keja

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak