Rabu, 22 Nov 2017 09:02
  • Home
  • Ragam
  • Irwasum Polri Sosialisasi Perpres 87/2016 tentang Saber Pungli

Irwasum Polri Sosialisasi Perpres 87/2016 tentang Saber Pungli

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dian
Selasa, 15 Agu 2017 15:35
Dibaca: 189 kali
Dok
Sosialisasi Perpres No.87 tahun 2016 tentang Saber Pungli di Medan, Selasa, (15/8).

Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri, Komjen Pol Dwi Priyatno mensosialisasikan Peraturan Presiden (Perpres) No.87 tahun 2016 tentang Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Hotel Santika Premiere Dyandra, Selasa (15/8) pagi.

Hadir dalam kegiatan itu Gubsu, Tengku Erry Nuradi, Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, Wali Kota Medan, Bupati Labuhan Batu, dan para pejabat utama Polda Sumut serta undangan lainnya.

Komjen Pol Dwi Priyatno sebagai Kepala Satuan Tugas (Ka Satgas) Saber Pungli dalam sambutannya mengatakan, pemerintah telah berkomitmen untuk melakukan pembersihan praktik pungli di setiap bidang pelayanan publik karena merusak sendi masyarakat berbangsa dan bernegara.

"Satgas Saber Pungli ini dibentuk tidak semata hanya untuk penindakan, tapi lebih kepada bagaimana membangun masyarakat agar bersih dari praktik pungli," katanya.

Sejak terbentuk pada 28 Oktober 2016, Satgas Saber Pungli telah mengungkap Operasi Tangkap Tangan (OTT) sebanyak 900 kasus lebih di tanah air. Sumut peringkat kedua dalam pengungkapan praktik pungli, menaikkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah 40 persen.

"Kita harapkan Sumut bisa lebih maju dalam pemberantasan pungli. Sumut nomor 2 di bawah Jabar mengungkap pungli," terangnya.

Jenderal bintang tiga tersebut menegaskan, semua pihak dan unsur terkait harus bersinergi mempunyai komitmen dalam memberantas pungli, tegas dan memberi efek jera.

"Diskusi ini dibuat untuk persamaan persepsi dalam pemberantasan pungli," pungkasnya.

Sementara Gubsu, Erry Nuradi dalam kesempatannya mengatakan, telah membentuk UPP di sejumlah daerah di Sumut untuk pemberantasan pungli.

Dia menyebut tidak mudah memberantas pungli karena sudah membudaya dan terjadi secara sistematis untuk mempermudah urusan.

"Pungli sudah dianggap budaya lazim, proses cepat kalau ada pelicin. Sehingga perlu meluruskan permasalahan yang salah di masyarakat. Kuatkan komitmen kita, no pungli," seru Erry.

Sedangkan Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, menyambut baik sosialisasi Perpres tentang saber pungli tersebut. Dia menyatakan komit berantas dan tindak pelaku pungli.

"Kita komit berantas pungli dan dukung Satgas Saber Pungli. Sejak Satgas ini terbentuk, kita sudah ingatkan masyarakat agar tidak melakukan Pungli. Sudah 131 kasus Pungli​ di Sumut kita tangani," katanya.

Editor: Budi

T#g:punglisosialisasi
Berita Terkait
  • Selasa, 21 Nov 2017 13:10

    Orang Tua Ungkap Pengutipan Rp 50 Ribu Tiap Siswa

    Pengutipan uang dari hampir seratusan siswa terjadi di Madrasah Negeri Tingkat Tsanawiyah, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labura dinilai sejumlah orangtua siswa sebagai pungutan liar (Pungli).Sep

  • Kamis, 16 Nov 2017 19:46

    KPU Padang Lawas Utara Laksanakan Kegiatan KPU Go To School

    Di tengah padatnya kegiatan tahapan pemilihan Bupati/Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) dan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Utara yang jadwal hari 'H' nya bersamaan pada 27

  • Rabu, 15 Nov 2017 20:55

    PPK dan PPS di Gunungsitoli disebut merupakan titipan partai tertentu

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli diduga melakukan Pungutan Liar (Pungli) dengan meminta sejumlah uang kepada calon penyelenggara tingkat bawah yakni PPK dan PPS.Selain itu, beredar juga k

  • Jumat, 10 Nov 2017 20:40

    Sosialisasi GERMAS dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-53

    Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan melalui Dinas Kesehatan mengadakan seminar sehari tentang pemahaman secara dini kanker serviks dan kanker payudara serta sosialisasi tentang Gerakan Masyarakat

  • Selasa, 31 Okt 2017 19:41

    Tengku Erry Tekankan Pentingnya Pemahaman Dalam Pengadaan Barang & Jasa

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menekankan pentingnya pemahaman terhadap mekanisme pengadaan barang/jasa pemerintah. Sebab sebagai bagian dari pelayanan umum, hal ini merupakan aktifitas yang sering mendapat

  • Minggu, 29 Okt 2017 20:39

    KPU Gelar Gerak Jalan Sadar Pilkada Deli Serdang

    Sekitar 250 warga mengikuti "Gerak Jalan Sadar Pilkada Deli Serdang" sepanjang 3 Km, yang diselenggarakan oleh KPU Deli Serdang, Minggu (29/10).

  • Kamis, 19 Okt 2017 10:09

    Ditreskrimsus Poldasu Terima Banyak Laporan Penyelewengan Dana BOS SMP dan SMA

    Unit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut baru-baru ini menangkap sebelas orang pejabat di Dinas Pendidikan Langkat. Dari sebelas yang diamankan, empat orang sudah ditetapkan tersangka dan telah ditahan.

  • Selasa, 10 Okt 2017 17:50

    Kasdim 0824 jadi Narasumber Optimalisasi Kamampuan Deni dan Ceni Masyarakat Cegah Konflik Sosial

    Bertempat di Balai Kecamatan Tanggul Kabupaten  Jember pada Selasa (10/10/2017), dilaksanakan Optimalisasi Kamampuan Deteksi Dini (Deni) dan Cegah Dini (Ceni) Masyarakat Dalam Pencegahan Terjadin

  • Jumat, 06 Okt 2017 19:06

    KPU Palas Sosialisasikan Calon Perseorangan Pilkada Palas 2018

    Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas (KPU Palas) melaksanakan sosialisasi pencalonan bagi bakal calon (balon) pasangan calon (Paslon) perseorangan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupa

  • Rabu, 04 Okt 2017 07:54

    KPP Pratama Sibolga Laksanakan Edukasi Alokasi Dana Desa

    Sebanyak 159 Desa di Kab. Tapanuli Tengah mengikuti acara edukasi dan dialog perpajakan bertema manajemen dan edukasi alokasi dana desa yang digelar di Ballroom Hotel PIA Pandan yang diselenggarakan o

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak