Selasa, 17 Okt 2017 14:35
  • Home
  • Ragam
  • Hasil Kerajinan Tangan Warga Binaan Rutan Doloksanggul Butuh Perhatian Pemerintah

Hasil Kerajinan Tangan Warga Binaan Rutan Doloksanggul Butuh Perhatian Pemerintah

Humbahas (utamanews.com)
Oleh: Eduard S.
Rabu, 26 Jul 2017 22:06
Dibaca: 509 kali
Dok
Hasil kerajinan tangan warga binaan Rutan Klas II-B Doloksanggul
Orang mengira selama ini hidup di dalam rumah tahanan (Rutan) atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sangat menyeramkan, tetapi hal ini tidak terbukti kala kita berkunjung ke Rutan klas ll B Doloksanggul.

Amatan UTAMANEWS pada Selasa (26/7/2017), ketika berkunjung ke Rutan tersebut, disambut hangat dan diajak berkeliling oleh pimpinan dan beberapa orang staff untuk melihat situasi dan kondisi bangunan serta warga binaan di dalam rutan.

Yang paling mengejutkan kami, ternyata di dalam Rutan ini ada kegiatan warga binaan yakni membuat beberapa kerajinan tangan seperti kerajinan mengkait, membuat miniatur yang berbahan dari stik es dan membuat keranjang tomat berbahan baku bambu.

Ketika kami diberikan kesempatan berbincang dengan salah seorang warga binaan, sebut saja, Melati, yang mengeluhkan sering kurangnya bahan dasar tatkala mereka hendak membuat suatu kerajinan tangan.

"Kalau lengkap bahan-bahannya saya bisa buat satu bulan sebanyak 10-15 pcs hasil karya dan kerajinan tangan. Yang bisa saya buat berupa tas, dompet, topi, tutup dispenser, tempat tissu dan banyak lagi," pungkas ibu paroh baya ini.

Senada dengan Melati, rekannya PS juga Ewn pengerajin miniatur, juga mengatakan minimnya bahan dasar menjadi kendala bagi mereka.

"Produksi minim karena bahan dasar kurang bang,"singkatnya.


Dessael Lubis, Kepala Pengamanan Rutan di Rutan kls ll B Dolok Sanggul membenarkan kalau bahan dasar dan pemasaran menjadi kendala.

"Memang betul, bahan dasar adalah kendala terbesar bagi warga binaan dan juga masalah pemasaran, sangat terkandala, maka dengan ini kami sangat mengharapkan perhatiaan dari Pemerintah dalam hal ini Dinas Sosial, KOPEDAGIN, juga Dekranasda agar bisa menampung dan membantu memasarkan semua kerajinan yang ada di Humbang Hasundutan," harapnya, sembari mengajak wartawan melihat-lihat lokasi lainnya.

Sebelum media ini meninggalkan Rutan, salah satu staff sangat mengharapkan bantuan agar warga binaannya tetap dapat melakukan aktifitas positif di dalam rutan.

"Tolong dibantu ya bang, sehingga kegiatan ini bisa berkelanjutan dan warga binaan kami mempunyai rutinitas di dalam Rutan ini," ujar sandro Simamora staf keamanan Rutan kls ll B Doloksanggul.

Editor: Sam

T#g:humbahasNapiRutan
Berita Terkait
  • Selasa, 26 Sep 2017 14:56

    DPRD Humbahas tolak Ranperda APBD 2016

    DPRD Humbahas tolak hasil Pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) TA 2016 yang akan ditetapkan menjadi Perda dalam sidang paripurna yang digelar di gedung DPRD kom

  • Jumat, 15 Sep 2017 18:05

    Komunitas The Hope Serahkan Bantuan APE pada Pemkab Humbang Hasundutan

    Komunitas The Hope menyerahkan bantuan APE (alat permainan edukatif) kepada Pemkab Humbang Hasundutan, di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat (15/9).APE itu diterima 20 lembaga PAUD (pendidika

  • Rabu, 13 Sep 2017 19:53

    Ratusan Massa FP3HH Minta DPRD Humbang Hasundutan Jalankan Hak Angket

    Ratusan Massa terdiri dari tokoh agama, pemuda, dan masyarakat yang tergabung dalam-FP3HH (Forum Pemrakarsa Pendiri Pemerhati Humbang Hasundutan) aksi damai ke gedung DPRD Humbang Hasundutan, Rabu (13

  • Selasa, 05 Sep 2017 23:55

    Bupati Humbang Hasundutan Pimpin Rapat Kesiapan Festival Danau Toba 2017

    Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE., pimpin rapat Kesiapan Festival Danau Toba (FDT) 2017 yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2017.

  • Selasa, 05 Sep 2017 20:15

    Humbang Hasundutan Terima 333 Unit Program BSPS

    Kabupaten Humbang Hasundutan terima 333 unit program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang tersebar di 3 kecamatan yaitu Lintongnihuta, Doloksanggul dan Parlilitan. Di Kecamatan Lintongn

  • Senin, 04 Sep 2017 20:14

    Seleksi Kompetensi dan Psikotest Pengisian JPT Pratama

    Seleksi Kompetensi dan Psikotes pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dibuka secara resmi oleh Bupati Humbang Hasundutan, yan

  • Selasa, 29 Agu 2017 20:49

    Sosialisasi Kesadaran Bela Negara di Humbahas

    Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Sekdakab Saul Situmorang SE MSi secara resmi membuka sosialisasi kesadaran bela negara di Kabupaten Humbang Hasundutan bertempat di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul, Selasa (29/8).

  • Selasa, 29 Agu 2017 20:39

    Penanaman Jagung di lahan seluas 3 hektar di Nagasaribu III, Humbahas

    Kelompok Tani (Poktan) Sepadan, Desa Nagasaribu III Kecamatan Lintongnihuta melakukan penanaman jagung di lahan seluah lebih kurang 3 hektar, di Desa Nagasaribu III, Selasa (29/8).

  • Sabtu, 26 Agu 2017 08:16

    Merawat bumi, menjaga dan melestarikan lingkungan

    Merawat bumi, menjaga dan melestarikan lingkungan harus dimulai dari usia sejak dini. Hal ini disampaikan Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor melalui Asisten Pemerintahan, Drs. Tony Sihombin

  • Sabtu, 26 Agu 2017 08:06

    Polisi berhasil amankan 4 pelaku perampokan SPBU di Humbahas

    Aparat kepolisian berhasil meringkus 4 tersangka perampokan SPBU Pollung Humbahas, yakni TM (41), warga Siborong-borong, Desa Hariara Silaban, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), GS (50), warga Lingkung

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak