Sabtu, 19 Agu 2017 10:45
  • Home
  • Ragam
  • Hasil Kerajinan Tangan Warga Binaan Rutan Doloksanggul Butuh Perhatian Pemerintah

Hasil Kerajinan Tangan Warga Binaan Rutan Doloksanggul Butuh Perhatian Pemerintah

Humbahas (utamanews.com)
Oleh: Eduard S.
Rabu, 26 Jul 2017 22:06
Dibaca: 153 kali
Dok
Hasil kerajinan tangan warga binaan Rutan Klas II-B Doloksanggul
Orang mengira selama ini hidup di dalam rumah tahanan (Rutan) atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sangat menyeramkan, tetapi hal ini tidak terbukti kala kita berkunjung ke Rutan klas ll B Doloksanggul.

Amatan UTAMANEWS pada Selasa (26/7/2017), ketika berkunjung ke Rutan tersebut, disambut hangat dan diajak berkeliling oleh pimpinan dan beberapa orang staff untuk melihat situasi dan kondisi bangunan serta warga binaan di dalam rutan.

Yang paling mengejutkan kami, ternyata di dalam Rutan ini ada kegiatan warga binaan yakni membuat beberapa kerajinan tangan seperti kerajinan mengkait, membuat miniatur yang berbahan dari stik es dan membuat keranjang tomat berbahan baku bambu.

Ketika kami diberikan kesempatan berbincang dengan salah seorang warga binaan, sebut saja, Melati, yang mengeluhkan sering kurangnya bahan dasar tatkala mereka hendak membuat suatu kerajinan tangan.

"Kalau lengkap bahan-bahannya saya bisa buat satu bulan sebanyak 10-15 pcs hasil karya dan kerajinan tangan. Yang bisa saya buat berupa tas, dompet, topi, tutup dispenser, tempat tissu dan banyak lagi," pungkas ibu paroh baya ini.

Senada dengan Melati, rekannya PS juga Ewn pengerajin miniatur, juga mengatakan minimnya bahan dasar menjadi kendala bagi mereka.

"Produksi minim karena bahan dasar kurang bang,"singkatnya.


Dessael Lubis, Kepala Pengamanan Rutan di Rutan kls ll B Dolok Sanggul membenarkan kalau bahan dasar dan pemasaran menjadi kendala.

"Memang betul, bahan dasar adalah kendala terbesar bagi warga binaan dan juga masalah pemasaran, sangat terkandala, maka dengan ini kami sangat mengharapkan perhatiaan dari Pemerintah dalam hal ini Dinas Sosial, KOPEDAGIN, juga Dekranasda agar bisa menampung dan membantu memasarkan semua kerajinan yang ada di Humbang Hasundutan," harapnya, sembari mengajak wartawan melihat-lihat lokasi lainnya.

Sebelum media ini meninggalkan Rutan, salah satu staff sangat mengharapkan bantuan agar warga binaannya tetap dapat melakukan aktifitas positif di dalam rutan.

"Tolong dibantu ya bang, sehingga kegiatan ini bisa berkelanjutan dan warga binaan kami mempunyai rutinitas di dalam Rutan ini," ujar sandro Simamora staf keamanan Rutan kls ll B Doloksanggul.

Editor: Sam

T#g:humbahasNapiRutan
Berita Terkait
  • Kamis, 17 Agu 2017 21:17

    134 Napi Lapas II-B Humbahas peroleh Remisi Kemerdekaan

    Seratus Tiga Puluh Empat Narapidana penghuni lapas IIB Humbang Hasundutan mendapat remisi Kemerdekaan RI ke-72. Remisi ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlind

  • Kamis, 17 Agu 2017 18:27

    Peringatan Detik-detik Proklamasi di Humbahas

     Kemerdekaan Diraih Pahlawan Bangsa Dengan Perjuangan Berat dan Pengorbanan Luar Biasa Kemerdekaan bukanlah suatu hadiah dan pemberian yang diterima secara cuma-cuma, namun kemerdekaan dapat dira

  • Selasa, 15 Agu 2017 19:45

    Bupati Humbahas kukuhkan 36 Paskibraka 2017

    Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, SE mengukuhkan 36 anggota Paskibraka yang dipersiapkan untuk penaikan dan penurunan bendera merah putih pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke

  • Sabtu, 12 Agu 2017 10:02

    Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan Latih ASN Tentang Keprotokolan

    Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlindungan Simamora membuka secara resmi Bimtek Keprotokolan (11/8) di Pendopo Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul.

  • Senin, 07 Agu 2017 21:37

    Bank Mandiri salurkan Bansos PKH pada 206 KPM di Baktiraja

    Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) disalurkan PT. Bank Mandiri, Tbk kepada 206 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Baktiraja (7/8) dipusatkan di Kantor Camat Baktiraja. Untuk

  • Selasa, 01 Agu 2017 21:31

    Dorong Usaha Mikro Kecil Bupati Humbahas Delegasikan IUMK Kepada Camat

    Pemerintah Humbang Hasundutan (Humbahas) memberikan stimulus untuk mendorong Usaha Mikro Kecil dengan memberikan kemudahan dalam mengurus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) kepada Camat.

  • Minggu, 30 Jul 2017 12:20

    Ibu penghina Jokowi mengeluh, sejak anaknya dipenjara, barang terjual untuk biayai hidup

    Maya, 65 tahun, orang tua Ropi Yatsman, 35 tahun, admin dari akun grup publik Facebook "Keranda Jokowi-Ahok", yang sudah menjadi narapidana kasus penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo dan penyebar

  • Sabtu, 29 Jul 2017 22:09

    Tengku Erry Serahkan Bantuan Rp12 Miliar untuk Pertanian Humbahas

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyampaikan bahwa dirinya selalu menyediakan waktu untuk hadir bersama para petani/kelompok tani, penyuluh dan Babinsa untuk memberikan semangat dan motivasi.

  • Sabtu, 29 Jul 2017 19:49

    14 Tahun Humbahas, Tengku Erry: Evaluasi, Koreksi dan Introspeksi Penting

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menekankan pentingnya momentum evaluasi, koreksi dan introspeksi dalam membangun daerah menjadi lebih baik.

  • Selasa, 25 Jul 2017 11:25

    Bupati Humbahas Sampaikan Nota Pengantar LKPJ 2016 dan 15 Ranperda

    Bupati Humbang Hasundudtan, Dosmar Banjarnahor, SE menyampaikan Nota Pengantar Bupati Humbang Hasundutan tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Tahun 2016 dan lima belas Rancangan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak