Kamis, 13 Des 2018 07:43
  • Home
  • Ragam
  • HUT Ke-72 TNI, "Bersama Rakyat TNI Kuat"

HUT Ke-72 TNI, "Bersama Rakyat TNI Kuat"

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dian/Rls
Jumat, 06 Okt 2017 07:56
Dok
Upacara HUT TNI Ke-72 di Lantamal I Belawan
Upacara peringatan HUT ke-72 TNI tahun 2017 di Provinsi Sumatera Utara, Kamis (5/10/2017), dipusatkan di Mako Lantamal I di Belawan.

Bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Wakil Komandan Lantamal I, Kolonel I Made Wahyu Santoso dan komandan upacara, Letkol Marinir Sudrajat Suhana Putra, yang juga Komandan Batalyon Marinir-8 Pangkalan Brandan.

Upacara peringatan HUT ke-72 TNI 2017 ini diawali dengan pemeriksaan pasukan, yang diikuti masuknya lambang-lambang satuan ke lapangan upacara, dan pengucapan Sapta Marga oleh personel TNI dari tiga matra, darat, laut, dan udara.

Kemudian dilanjutkan dengan penganugerahan tanda kehormatan Presiden RI, Ir Joko Widodo, kepada prajurit TNI, masing-masing kepada Lettu Inf Tumiran (Pama Jasdam I/BB) dengan anugerah Satyalancana Kesetiaan XXIV Tahun, Serma Muhammad Harianto (UR Senjata Beng Leksen/Fasharkan Belawan, Lantamal I/Koarmabar) dengan anugerah Satyalancana Kesetiaan XVI Tahun, dan Praka Angga Syahnyoto (Ta Pamfik Silidpamfik Satpom Lanud Soewondo) dengan anugerah Satyalancana Kesetiaan VIII Tahun.

Setelah rangkaian prosesi ini, kemudian Wadan Lantamal I Belawan membacakan amanat tertulis Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Dalam pidatonya, Panglima TNI menjelaskan, peringatan HUT ke-72 TNI 2017 ini dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan upacara parade, defile, dan demonstrasi atraktif kemampuan para prajurit maupun alutsita TNI.

"Hal ini sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada Presiden selaku panglima tertinggi, dan seluruh rakyat Indonesia tentang kesiapan alutsista, termasuk yang terbaru, dan performa prajurit TNI, sehingga bangsa Indonesia dapat melihat kekuatan TNI secara langsung, sebagai komponen utama pertahanan bangsa," ucap Wadan Lantamal I membacakan amanat Panglima TNI.

Di kesempatan itu, Panglima TNI menyampaikan harapan bahwa dengan peringatan ini, semoga semua yang ditampilkan dalam rangkaian upacara dapat memberikan gambaran yang utuh tentang pembangunan kekuatan dan profesionalisme prajurit TNI, sehingga bisa menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia terhadap TNI.

Panglima TNI juga menguraikan makna peringatan HUT ke-72 TNI 2017 yang mengusung tema "Bersama Rakyat TNI Kuat". 

Menurut Panglima TNI, makna yang terkandung di dalam tema ini adalah; TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat.

"Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis. Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok. Karena 'Bersama Rakyat TNI Kuat' dalam menjaga dan melindungi NKRI," papar Panglima TNI.

Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, lanjut Panglima TNI, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (Centre of Gravity) dari Sistem Pertahanan Semesta yang kita anut," urai Panglima TNI lagi.

Di bagian lain amanatnya, Panglima TNI menegaskan bahwa pembangunan kekuatan TNI tetap difokuskan kepada modernisasi alutsista, pengembangan organisasi, pembangunan sarana prasarana,terutama di pulau-pulau strategis yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis, dan ketersediaan anggaran.

"Pembangunan pulau terluar berperan sebagai alat pertahanan negara. Yakni di Pulau Natuna, Pulau Yamdena (Kota Saumlaki), Pulau Selaru, Pulau Morotai, Pulau Biak, dan Kabupaten Merauke," beber Panglima TNI.

Di kesempatan itu, Panglima TNI juga menguraikan hal-hal menyangkut kesejahteraan prajurit. "Pemerintah akan meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI melalui peningkatan penghasilan dalam program remunerasi. Di bidang perumahan diwujudkan dalam bentuk rumah susun maupun perumahan nondinas melalui program kredit kepemilikan rumah sederhana sehat dengan mendapatkan bantuan untuk meringankan uang muka dari pemerintah," jelasnya.

Di akhir pidatonya, Panglima TNI mengucapkan; Selamat Ulang Tahun dan Dirgahayu TNI. "Melalui peringatan HUT ini, marilah kita mendekatkan diri dan memohon kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, semoga kita semua senantiasa dalam lindungan-NYA, serta mendapatkan limpahan kesehatan dan kekuatan guna melanjutkan tugas dan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara," ucap Panglima TNI.

Upacara peringatan HUT ke-72 TNI di Mako Lantamal I Belawan ini diisi dengan parade dan defile pasukan, serta pementasan drama kolosal "Perang Medan Area". 

Hadir di acara, antara lain Irdam I/BB mewakili Pangdam I/BB, Asisten Komplek Kosekhanudnas III mewakili Pangkosekhanudnas III, Dansatbrimod Sumut mewakili Kapolda Sumut, para pejabat utama dari Kodam I/BB, Lantamal I, dan Pangkosekhanudnas III, serta unsur FKPD Provinsi Sumut.

Editor: Budi

T#g:belawanHUT TNI
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Jumat, 02 Nov 2018 07:02

    3 Isu Penculikan Anak Di Wilayahnya, Kapolres Pelabuhan Belawan: Itu HOAX

    Maraknya isu penculikan anak beberapa hari belakangan ini di media sosial membuat resah masyarakat. Ada kabar yang dilakukan dengan berbagai modus di antaranya modus perempuan gila, pendatang keliling

  • Senin, 29 Okt 2018 15:49

    Kapolda Sumut Silaturahmi dengan Tokoh Masyarakat di Polres Pelabuhan Belawan

    Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menghadiri kegiatan Silaturahmi Polres Pelabuhan Belawan dengan unsur Pemerintahan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda serta Ormas FPI dalam rangka

  • Senin, 29 Okt 2018 12:19

    Pangdam I/BB: Hormati Kultur, Adat Istiadat Masyarakat Setempat, Rebut Simpati dan Hati Rakyat

    Hormati kultur, adat istiadat masyarakat setempat, rebut simpati dan hati rakyat. Demikian disampaikan Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah pada upacara Pemberangkatan Satgas Yonif 126/Kala Cakti dalam

  • Sabtu, 27 Okt 2018 13:17

    Tiba di Tanah Air, KRI Usman Harun-359 Disambut Dari Lantamal I Belawan

    Prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satuan Tugas Maritime Task Force (Satgas MTF) TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL yang dipimpin Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H., M.Si. sebagai Dansatgas sekaligus Komanda

  • Senin, 22 Okt 2018 23:22

    Dandim 0824 Jember Tutup Kejuaraan Sepak Bola Cendana Cup V

    Bertempat di lapangan Desa Wonojati Kec Jenggawah Kab Jember pada Minggu (21/10/2018) Pukul 15.00 Wib dilaksanakan Grand Final Pertandingan Sepak Bola Cendana Cup V Tahun 2018  dan penutupan Keju

  • Senin, 22 Okt 2018 11:02

    Kodim 0824 Fun Bike HUT TNI Ke-73 Diikuti 3.500 Bikers

    Pada Minggu (21/10/2018) Pukul 06.00 Wib, di Makodim 0824 Jl PB Sudirman 46 Jember dilaksanakan Sepeda santai dengan titel acara Fun Bike Kodim 0824 Jember sebagai bagian dari rangkaian Kegiatan HUT T

  • Sabtu, 20 Okt 2018 23:20

    Lomba Bridge Koramil 0824/15 Bangsalsari Dibanjiri Peserta

    Bertempat di Pendopo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember dilaksanakan Lomba Bridge dalam rangka menyemarakkan HUT TNI Ke 73 yang dimulai pada tanggal 05 hingga 26 Oktober 2018.Lomba Bridge tersebut

  • Kamis, 18 Okt 2018 16:18

    Koramil 0824/15 Bangsalsari Selenggarakan Lomba PBB SMP/SMA/SMK

    Dalam rangka HUT Ke 73 TNI, berbagai kegiatan dilaksanakan baik oleh Satuan Kodim 0824 maupun Koramil Jajarannya, seperti yang dilakukan di Koramil 0824/15 Bangsalsari yang menyelenggarakan lomba Pera

  • Selasa, 09 Okt 2018 07:09

    TNI Akan Selalu Menjadi Pemersatu Bangsa

    Beberapa catatan pencapaian TNI terkini diantaranya kesuksesan pengamanan Pilkada serentak 2018, pengamanan Asian Games XVIII 2018, operasi perdamaian dunia dengan target pengerahan 4.000 prajurit, pe

  • Jumat, 05 Okt 2018 23:45

    Terkait HUT TNI Ke-73, Kodim 0824 Sampaikan Terima Kasih Pada Semua Pihak

    Hari Ulang tahun TNI Ke 73 merupakan momentum bersejarah bagi segenap Prajurit TNI dimana pun berada, demikian halnya bagi prajurit TNI yang ada di Kabupaten Jember yang pada hari ini Jum'at (05/

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak