Selasa, 14 Agu 2018 18:19
  • Home
  • Ragam
  • Gubsu Erry Luncurkan e-Samsat Paten dan Samsat Masuk Kampung

Gubsu Erry Luncurkan e-Samsat Paten dan Samsat Masuk Kampung

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Rabu, 26 Apr 2017 08:38
Dok
Peluncuran e-Samsat di saat kemeriahan malam Pesta Rakyat yang digelar di lapangan Merdeka Medan, Senin (24/4/2017).
Gubsu Tengku Erry Nuradi meluncurkan (grand launching) aplikasi e-Samsat Paten dan Samsat Masuk Kampung, Senin (24/4/2017), dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-69 Provinsi Sumatera Utara.

"Aplikasi ini untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor, tanpa harus antre di loket. Nantinya cukup melalui ATM Bank Sumut, SMS dan lewat HP android saja," tandas Gubsu Erry.

Hadir Wagubsu Nurhajizah Marpaung, Sekda Hasban Ritonga, Wakapoldasu Brigjen Pol Agus Andrianto, Dirut Bank Sumut Eddy Rizliyanto, Jasa Raharja Cabang Sumut, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sumut Sarmadan Hasibuan, Dirlantas Poldasu Kombes Pol Raden Heru Prakoso, sejumlah bupati dan wakil bupati se-Sumut.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry menyebutkan, ini merupakan inovasi untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kenderaan bermotor. Jadi tidak perlu lagi ke kantor Samsat cukup lewat HP android saja. "Ini satu parameter lagi bahwa Sumut semakin paten," tandas Erry.

Wakapoldasu Brigjen Pol Agus Andrianto juga mengapresiasi atas peluncuran e-Samsat PATEN dan Samsat Masuk Kampung. "Dengan adanya layanan ini diharapkan dapat memberikan alternatif serta kenyamanan kepada masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor,"ujarnya.

Sebelumnya, Dirlantas Poldasu Dirlantas Poldasu Kombes Pol Raden Heru Prakoso menjelaskan selain peluncuran e-Samsat Paten turut diluncurkan Samsat Masuk Kampung.

Adapun tujuan diluncurkannya e-Samsat Paten sejalan dengan tuntutan terhadap pelayanan yang mudah, cepat akurat, akuntabel dan informatif terhadap pembayaran pajak dan sumbangan wajib kecelakaan lalulintas. Sedangkan Samsat Masuk Kampung merupakan inovasi "jemput bola" yang selama ini tidak terjangkau kantor Samsat induk dan Samsat Keliling.

"Untuk Samsat Masuk Kampung nanti akan dua orang petugas salah satunya petugas kepolisian. Mereka akan turun ke lokasi yang mudah dijangkau masyarakat seperti kantor camat, kantor lurah, balai pertemuan warga atau di pajak pekan. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak," ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Restribusi Provsu Sarmadan Hasibuan mengemukakan pengembangan e-Samsat Paten berupa penyediaan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor, sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan, serta registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor pengesahan STNK tahunan di Provinsi Sumatera Utara melalui Seluruh Unit Kerja dan Jaringan Elektronik PT Bank Sumut. "Samsat Paten ini merupakan singkatan dari Samsat 'Pelayanan admintrasi terpadu elektronik'," jelas Sarmadan.

Program ini lanjut Sarmadan merupakan pengembangan aplikasi Sumut go-Samsat berupa penyediaan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor, sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan, serta registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor pengesahan surat tanda nomor kendaraan bermotor tahunan di Provinsi Sumatera Utara melalui seluruh unit kerja dan jaringan elektronik PT. Bank Sumut dan jaringan PT. Pos Indonesia.

Aplikasi ini antara lain tentang info pajak kendaraan bermotor wajib pajak mengirimkan SMS untuk mendapatkan info pajak dengan format ketikan sebagai berikut : PAJAK(spasi) NO.POLISI (spasi) WARNA TNKB, KIRIM KE: 3699, jika status valid, wajib pajak akan mendapatkan balasan SMS info pajak dari eSAMSATPATEN: Contoh: BK3456ABC/KUNIG/KEN1/MP 14/02/17 PKB RP.15.000.000 JR RP.150.000 ADM STNK RP. 100.000 JLH RP.15.250.000.

Sedangkan Proses Pembayaran : wajib pajak mengirimkan sms untuk mendapatkan kode bayar dengan format ketikan sebagai berikut : BAYAR (spasi) NO.RANGKA (spasi) NO.KTP/NIK: KIRIM KE: 3699 : jika status valid, wajib pajak akan mendapatkan balasan sms kode bayar dari eSAMSATPATEN, Contoh : BK3456ABC/KUNIG/KEN1/MP 14/02/17 PKB RP.15.000.000 JR RP.150.000 ADM STNK RP. 100.000 JLH RP.15.250.000 KODE BAYAR 020001407261216. Dalam waktu 1x 24 Jam, apabila WP tidak melakukan pembayaran, maka KODE BAYAR akan BATAL.

Editor: Sam

T#g:Samsate-Samsattechno
Berita Terkait
  • Kamis, 21 Jun 2018 00:21

    Desa Unik Ini Memiliki Matahari Buatan

    Manusia tercipta sebagai mahluk berakal yang mampu mencari solusi dari sebuah masalah. Seperti misalnya cara mengatasi musim dingin yang ekstrim, sebuah kreatifitas berhasil mengembalikan kehangatan di sebuah desa di Italia.

  • Senin, 14 Mei 2018 23:14

    Perlombaan Teknologi Tepat Guna Tebing Tinggi

    Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan membuka perlombaan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diselenggarakan BPMK Rabu (9/5) di aula BPMK dan diikuti oleh 21 orang peserta dari pelajar SMA/SMK se Tebing Tinggi.

  • Rabu, 02 Mei 2018 18:22

    Wali Kota Dukung Program Kerja UPT Samsat Tebingtinggi

            Wali Kota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Tebingtinggi mendukung sepenuhnya program kerja UPT Samsat Tebingtinggi dan siap b

  • Sabtu, 28 Apr 2018 14:28

    Masih Berfungsi, Planetarium Tertua di Dunia

    ILMU sains abad pertengahan di balik Planetarium Royal Eise Eisinga cukup mencengangkan siapapun yang melihatnya. Astronom amatir Belanda Eise Essinga berhenti sekolah pada usia 12 tahun, tapi dia membangun model sistem tata surya yang sempurna di ruang t

  • Jumat, 20 Apr 2018 08:20

    Peserta ISTX 2018 Laksanakan Latihan Aplikasi Cyber Lindungi Network

    Peserta Information System and Technology Exchange (ISTX) 2018 antara prajurit TNI dengan tentara Angkatan Bersenjata Amerika Serikat melaksanakan latihan aplikasi keamanan Cyber untuk melindungi Network dari serangan dan ancaman Cyber luar, bertempat di

  • Kamis, 19 Apr 2018 20:19

    Aslog Panglima TNI: Kemajuan Teknologi Rubah Budaya Kerja Secara Komputerisasi

    Kemajuan yang telah dicapai manusia dalam bidang teknologi telah memudahkan dalam mengerjakan tugas menjadi lebih cepat dan lebih baik. Kemajuan teknologi akan merubah budaya kerja dari budaya konvens

  • Kamis, 29 Mar 2018 19:29

    Mahasiswa Dituntut Miliki Kemampuan 3 M

    Sumber Daya Manusia (SDM) Sumatera Utara (Sumut) yang unggul merupakan salah satu kunci utama yang menentukan keberhasilan program pembangunan daerah.Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu

  • Senin, 20 Nov 2017 22:50

    Tengku Erry Ajak Pemuda Muhammadiyah Bijak Manfaatkan Teknologi Digital

    Gubsu Tengku Erry Nuradi membuka Seminar Nasional dengan tema Peluang dan Tantangan Kemajuan Teknologi Digital bagi Wirausaha Muda dan Angkatan Kerja Indonesia yang diselenggarakan oleh PW Pemuda Muha

  • Sabtu, 04 Nov 2017 17:14

    Pegawai Twitter diduga matikan sejenak akun Presiden Donald Trump

    Twitter Inc mendadak dibanjiri pertanyaan menyangkut pendekatannya dalam keamanan internal, setelah seorang pegawainya mematikan sejenak akun Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Jumat (3/11), waktu

  • Jumat, 16 Jun 2017 02:06

    Tengku Erry: Kendala Pendaftaran SMA/SMK Online akan terus diminimalisir

    Sejak dibukanya pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK Negeri secara online di Sumatera Utara (Sumut) pada Senin (12/6), pengunjung website PPDB online Sumut sangat tinggi.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak