Senin, 10 Des 2018 12:32
  • Home
  • Ragam
  • Fakta Unik dan Menarik Gajah yang Jarang Anda Ketahui

Fakta Unik dan Menarik Gajah yang Jarang Anda Ketahui

Medan (utamanews.com)
Oleh: Rachel
Selasa, 17 Jul 2018 03:17
Quiltripping
Siapa yang tidak kenal dengan hewan bernama gajah? Hampir dipastikan dari anak-anak sampai orang dewasa mengenal hewan mamalia ini. Karakteristik tubuhnya yang unik menjadikan gajah sebagai hewan yang mudah dikenal dan diingat.

Gajah memiliki tubuh yang besar, bertelinga lebar, berbelalai, dan gigi serinya atau biasa disebut gading. Gajah dewasa memiliki tinggi yang mencapai hampir 4 meter dengan massa sekitar 7.000 kilogram.

Selain karakteristik tubuhnya yang mudah dikenal, gajah juga ternyata memiliki banyak fakta unik yang menarik untuk dipelajari. Berikut ini fakta unik dan menarik gajah yang jarang Anda ketahui,dirangkum dari berbagai sumber.

Gajah ternyata memiliki perasaan sedih dan berkabung saat temannya mati. Bahkan gajah akan melakukan penguburan jika ada gajah lain yang mati. Gajah memiliki empati yang kuat dibandingkan binatang lainnya. Ada kebiasaan unik saat anak gajah lahir, dimana induk gajah akan langsung menendang anak gajah yang baru saja dilahirkannya. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah anaknya dapat bernapas dengan baik atau kah tidak. Setelah dipastikan hidup dan bernapas dengan normal maka sang induk dengan segera memberikan jilatan-jilatan sebagai bentuk kasih sayang kepada bayi gajah.



Seekor gajah mempunyai kurang lebih 40.000 otot pada belalainya, lebih banyak dari otot tubuh manusia yang hanya sekitar 639 otot saja. Gajah mampu mendengar suara infrasonik saat mereka berkomunikasi pada jarak sejauh 4 kilometer.

Gajah merupakan satu-satunya hewan mamalia yang tidak memiliki dagu dan tidak bisa melompat. Kaki gajah tidak memiliki tempurung lutut, sehingga tidak bisa menekuk dan melakukan loncatan. Gajah mampu mengenali dirinya sendiri di cermin. Gajah Afrika memiliki telinga yang bentuknya sama dengan tempat asalnya, benua Afrika. Gajah selalu berjalan jinjit, karena bagian belakang kaki gajah tidak bertulang dan semuanya berlemak. Bayi gajah memiliki kebiasaan memakan tinja induknya. Gajah akan mengamuk dan sangat ketakukan jika mendengar suara jerit babi yang dibakar hidup-hidup. Telinga gajah berfungsi sebagai kipas dan pengatur suhu tubuhnya.

Gajah memiliki pendengaran yang lebih buruk dibandingkan sesekor tikus. Hanya gajah jantan dari spesies gajah Asia yang memiliki gading. Sedangkan spesies gajah Afrika, gajah jantan dan betinanya semuanya mempunyai gading. Gajah memiliki tingkat emosional yang tinggi, bahkan bisa merasakan patah hati. Seekor bayi gajah akan minum susus sekitar 11 liter per hari. Gajah mampu menciptakan gempa mini ketika sedang merasakan jatuh cinta. Gajah betina memiliki anatomi reproduksi terpanjang dari seluruh mamalia darat. Kedalaman vaginanya dapat mencapai 1,3 meter. Seekor gajah mampu membawa beban mencapai berat 10 ton (sekitar 130 orang dewasa). Lebah merupakan hewan kecil yang paling ditakuti oleh gajah.

Penis gajah dapat digunakan sebagai kaki kelima seekor gajah, pada saat mereka merendam di sungai untuk menjaga keseimbangan tubuh. Tingkat reproduksi gajah sangat rendah. Bayi gajah Asia akan menghabiskan 19 hingga 22 bulan di dalam kandungan sebelum lahir. Seekor bayi gajah akan mengisap belalainya seperti bayi manusia mengisap ibu jari untuk memberikan kenyamanan. Gajah mampu menggunakan lipatan kulit di punggungnya untuk membunuh dan menghancurkan nyamuk yang menggigit badannya. Kotoran gajah dapat digunakan untuk membuat kertas, karena kandungan seratnya yang tinggi. Gajah juga merupakan perenang yang handal. Gajah mampu berenang selama 6 jam dan menempuh jarak sekitar 50 km.

Selain dari telinganya yang besar dan lebar, gajah juga mampu mendengar melalui sensor yang ada di kakinya. Gajah adalah hewan yang memiliki ingatan sangat kuat. Gajah dapat kembali ke tempat yang sama setelah 25 tahun mereka mengembara. Bahkan gajah dapat mengingat wajah manusia yang telah berlaku baik atau buruk terhadapnya hingga puluhan tahun lamanya.
Editor: Tessa

T#g:Gajah
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Minggu, 08 Des 2013 08:46

    Pamong Praja razia PSK di pinggiran jalan Gajah Mada Medan

    Polisi penegak Perda kota Medan merazia para pekerja seks komersial (PSK) di seputaran jalan Gajah Mada dan Iskandar Muda serta hotel-hotel kelas Melati di sepanjang jalan Jamin Ginting Padang Bulan,

  • Kamis, 04 Apr 2013 15:37

    Populasi Gajah di Tangkahan Langkat, Diharapkan Berkembang

    Gajah yang dipelihara di Tangkahan Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara tidak hanya bertugas melindungi kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL),

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak