Rabu, 27 Sep 2017 01:13
  • Home
  • Ragam
  • Erry minta evaluasi terus dilakukan demi penyelenggaraan pemerintahan yang baik

Erry minta evaluasi terus dilakukan demi penyelenggaraan pemerintahan yang baik

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Kamis, 10 Agu 2017 12:10
Dibaca: 166 kali
Dok
Erry saat membuka EKPPD tahun 2017
Gubsu Tengku Erry Nuradi mengharapkan agar pemerintah daerah kabupaten dan kota bisa meraih status penilaian Tinggi (T) dan Sangat Tinggi (ST) dalam hal evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah (EKPPD) di tahun-tahun mendatang.

"Terus lakukan evaluasi agar penyelenggaraan pemerintahan berjalan baik," ucap Erry saat membuka EKPPD tahun 2017, di Santika Dyandra Hotel Medan, Rabu (9/8/2017).

Erry juga menyebutkan hal itu bisa diwujudkan karena berdasarkan hasil validasi tim teknis nasional tahun 2016 terlihat adanya peningkatan pada jumlah kabupaten kota yang meraih prestasi ST dari tujuh kabupaten kota pada tahun 2015 bertambah menjadi dua belas kabupaten kota di tahun 2016.

Sedangkan yang meraih prestasi Sedang (S) berkurang dari tujuh kabupaten kota tahun 2015 menjadi hanya dua kabupaten kota 2016. "Diharapkan di tahun-tahun mendatang prestasi Tinggi bahkan Sangat Tinggi diraih seluruh kabupaten kota se-Sumatera Utara," kata Erry.
 
Untuk mendukung hal tersebut, Erry meminta kepada seluruh SKPD baik provinsi maupun kabupaten/kota harus memahami apa yang menjadi tugas pokok dan fungsinya masing-masing, khususnya kepala SKPD sehingga berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Karena hal ini lanjutnya sangat berhubungan dengan evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. "Bagaimana kita bicara penyelenggaraan kinerja, kalau tupoksinya saja kita tidak tahu," ujar Erry.

Setelah memahami, juga perlunya koordinasi antara SKPD yang lainnya di bawah kepemimpinan Sekda masing-masing daerah. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih pelaksanaan tugas. "Setelah dipahami tupoksi dan koordinasi serta komunikasi antara SKPD dipimpin Sekda, maka EKPPD akan baik," sebut Erry.

Dikatakan Erry, bahwa EKPPD ini sangat penting karena seperti diketahui bahwa sesuai dengan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, otonomi daerah bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menyediakan pelayanan umum dan meningkatkan daya saing daerah sesuai dengan potensi, kekhasan dan unggulan daerah yang dikelola secara demokratis, transparan dan akuntabel.

Untuk mencapai hasil maksimal atas pelaksanaan otonomi daerah dimaksud pemerintah daerah selaku penyelenggara urusan pemerintahan harus dapat memproses dan melaksanakan hak dan kewajiban yang dimilikinya berdasarkan asas-asas kepemerintahan yang baik (good governance) sesuai dengan asas umum penyelenggara Negara.

Dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, sesuai dengan undang-undang nomor 23 tahun 2014, kepala daerah berkewajiban untuk memberikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada pemerintah. Laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah provinsi disampaikan kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri.

Penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kota disampaikan kepada Mendagri melalui Gubernur satu kali dalam satu tahun. "Laporan ini akan digunakan pemerintah sebagai dasar evaluasi penyelenggaraan pemerintahan  daerah dan sebagai bahan pembinaan lebih lanjut sesuai dengan peraturan perundang-undangan."

Kepala Perwakilan BPKP Sumut Sihar Panjaitan pada kesempatan itu mengatakan dalam pelaksanaan Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah harus sesuai dengan aturan. Penyelenggaraan harus diikuti bukti atau laporan. Oleh karenanya kepada para pelaku-pelaku penyelenggaraan pemerintahan harus benar-benar menyiapkan laporan yang benar dan sesuai dengan fakta yang ada.

Selain itu perlu kerjasama antara pelaku-pelaku penyelenggara pemerintah daerah. "Mari kita bekerjasama dan bekerja sesuai aturan dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintah daerah," kata Sihar.

Inspektur Provinsi Sumatera Utara OK Henry dalam laporannya menyampaikan tujuan dari pra EKPPD ini agar evaluator memiliki kesamaan pemahaman bagi evaluator dalam melaksanakan EKPPD tahun 2017 sesuai dengan langkah-langkah dan tahapan yang telah ditetapkan sehingga diperoleh hasil evaluasi yang berkualitas dan akurat.

Sedangkan pelaksanaan kegiatan ini berjalan dua hari yaitu mulai tanggal 8-9 Agustus 2017 di Santika Dyandra Hotel Medan. Peserta pada kegiatan ini lanjutnya sekretaris daerah kabupaten/kota se Sumatera Utara, Kabag Tapem kabupaten/kota Sesumatera Utara. "Peserta yang hadir disebut dengan LPPD dari 32 kabupaten/kota se Sumatera Utara minus kota Gunung Sitoli," sebut OK Henry.

Editor: Sam

T#g:EKKPDRakor
Berita Terkait
  • Senin, 14 Agu 2017 18:14

    Kesbangpol Langkat Adakan Rapat Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial

    Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Langkat mengadakan Rapat Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial yang berlangsung di ruang pola kantor Bupati Langkat, Senin (14/8).Rapat dibuka

  • Jumat, 04 Agu 2017 11:14

    Panglima TNI Ajak Seluruh Komponen Bangsa Bersatu Kelola SDA Indonesia

    Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bersatu mengelola Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia, demi kepentingan dan kemakmuran rakyat.

  • Kamis, 20 Jul 2017 23:50

    Rapat Koordinasi Criminal Justice System di Polres Tapteng

    Kepolisian Resor Tapanuli Tengah menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Criminal Justice System (CJS) bersama Unsur Penegak Hukum terkait di wilayah Kab. Tapanuli Tengah dan Kota madya Sibolga, di aula Parama Satwika Polres Tapteng, Kamis (20/7/2017).

  • Sabtu, 15 Jul 2017 20:05

    Menko Luhut Binsar Panjaitan Pimpin Rapat di Bandara Silangit

    Dalam rangka mendorong percepatan pembangunan Bandara Silangit sebagai Bandara bertaraf internasional dan pengembangan kawasan Danau Toba, Menteri Koordinator Kemaritiman RI, Luhut Binsar Panjaitan, m

  • Rabu, 31 Mei 2017 22:01

    Koramil Jajaran Kodim 0824 laksanakan Rakor bahas Percepatan Tanam

    Dalam rangka meningkatkan keterpaduan dan keselarasan dalam mengambil langkah-langkah taktis, memang rapat koordinasi menjadikan sarana yang baik, demikian hal dengan bergulirnya program ketahanan pan

  • Rabu, 24 Mei 2017 22:04

    Rapat Koordinasi Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1438 H di Jombang

    Camat, Kapolsek serta Danramil 0824/27 Jombang beserta seluruh Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Jajaran Kecamatan Jombang, Ka Satpol PP Kecamatan, Ka UPT Dinas yang ada di Kecamatan Jomban

  • Rabu, 05 Apr 2017 00:38

    Gubsu Erry Minta Penyuluh Pertanian Kuasai Informasi Teknologi

    Agar swasembada pangan berkelanjutan terwujud, Gubsu Tengku Erry Nuradi mengatakan bahwa penguasaan informasi teknologi (IT) oleh penyuluh pertanian menjadi hal penting.

  • Sabtu, 18 Mar 2017 19:56

    Sambut Kedatangan Jokowi, Forkopimda Tapteng Gelar Rakor

    Forkopimda Kabupaten Tapanuli Tengah menggelar rapat koordinasi, di Aula Cendrawasih Pemkab Tapteng jalan F.L Tobing Kecamatan Pandan terkait rencana kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke Kecamatan Ba

  • Jumat, 17 Mar 2017 19:32

    Rakor Persiapan TMMD Ke 98 di Jember

    Plt Sekretaris Daerah Kab Jember Mirvano bersama Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0824 memimpin Rapat Koordinasi Persiapan TMMD Ke 98 di Ruang Rapat Pemerintah Kabupaten Jember, Jumat (17/3/2017).Hadir pada

  • Senin, 13 Mar 2017 20:43

    Gubsu dan Wagubsu Gelar Rapat Koordinasi dengan SKPD

    Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi bersama Wagubsu Nurhajizah Marpaung dan Sekda Hasban Ritonga memimpin rapat koordinasi (rakor) dengan seluruh SKPD di kantor Gubsu, Senin (13/03/20

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak