Jumat, 22 Jun 2018 08:15
Iklan Paslon Paluta
  • Home
  • Ragam
  • Erry Resmikan Karantina Ikan Teknologi Canggih Pertama Di Indonesia

Erry Resmikan Karantina Ikan Teknologi Canggih Pertama Di Indonesia

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Senin, 19 Feb 2018 20:19
Humas Pemprov Sumut
Peresmian Gedung Layanan Pemeriksaan Fisik serta melaunching Modernisasi Sistem Pengawasan dan Pelayanan Berbasis Warehouse yang pertama di Indonesia milik Kepala Balai Karantina Ikan
Selamat Puasa Paluta

Gubsu Tengku Erry Nuradi meresmikan Gedung Layanan Pemeriksaan Fisik serta melaunching Modernisasi Sistem Pengawasan dan Pelayanan Berbasis Warehouse yang pertama di Indonesia milik Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) di kantor BKIPM wilayah I Medan I Jalan Karantina Ikan, dekat Bandara Kulanamu, Desa Aras Kabu, Kecamatan Beringin, Deli Serdang, Senin (19/2/2018).

Hadir juga Kepala BKIPM Direktorat Jenderal Pengawasan Daya Saing dan Karantina Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan Rina, Wakil Bupati Deli Serdang Zainuddin Mars, Kepala BKIPM Wilayah I Medan I M. Burlian, mewakili Forkopimda Sumut, GM Angkasa Pura II Bandara Kuala Namu Arif Darmawan, Kepala Otoritas Bandara Wilayah II Nur Isnin Istiartono, Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Marsauli Siregar, Komandan Pangkalan TNI Laksamana Ariswiyanto, Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Belawan, Kepala BKIPM Belawan dan Tanjung Pinang, mewakili Kepala Bea Cukai dan kepala Imigrasi dan sejumlah SKPD Pemprov Sumut.


"Gedung layanan dengan modernisasi sistem pengawasan dan pelayanan berbasis warehouse dengan sarana x-ray adalah yang pertama di Indonesia bukan hanya di Sumut, semoga dapat menjadi pilot project atau contoh untuk BKIPM lainnya," ucap Tengku Erry.

Erry menyampaikan, Sumut yang memiliki 8 bandara, 2 pelabuhan dan 2 pantai yakni pantai timur dan barat tentunya perlu pengawasan yang ketat dalam bidang ekspor impor. Begitu pula dalam bidang ekspor imporperikanan yang berhubungan dengan Custom, Immigration and Quarantine (CIQ).

Maka dengan terobosan baru ini diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian kita, karena pertumbuhan ekonomi suatu negara dilihat dari meningkatnya ekspor. Dan sistem karantina ikan ini memudahkan para pengusaha perikanan karena telah terintegrasi dengan Avsec AP II, Beacukai,  Imigrasi dan Otoritas Bandara yang tentunya dalam rangka mempermudah pelayanan terhadap perusahaan eksportir kita. "Dengan terintegrasinya sistem ini dengan semua lini akan membuat pekerjaan ini menjadi lebih efisien," sebut Erry.

Erry tak lupa mengapresiasi BKIPM Wilayah I Medan I yang telah melakukan terobosan dalam sistem karantina ikan. "Saya bangga karantina ikan Sumut menjadi yang pertama di Indonesia," tandas Erry.

Pada kesempatan yang sama Kepala BKIPM Direktorat Jenderal Pengawasan Daya Saing dan Karantina Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI DR. Ir. Rina MSi menjelaskan bahwa dengan adanya sistem pengawasan dan pelayanan berbasis warehouse yang memakai system x-ray ini tentunya lebih efisien baik dari segi waktu dan biaya.

Biasanya untuk 30 koli menghabiskan waktu 2 jam memeriksanya kalau secara manual dan hanya diambil 20% sebagai sample, sekarang hanya 15 menit saja tanpa merusak packaging sehingga biaya lebih murah dan kondisi ikan cukup aman.

Di samping itu juga sistem x-ray ini sudah memakai teknologi yang cangih dan dapat terintegrasi dengan semua lini yakni pihak bea cukai dan Bandara Kualanamu untuk memodrenisasi sistem pemeriksaan yang selama ini dilakukan secara manual, ujarnya.

"Jadi kalau sudah diperiksa disini maka tidak perlu diperiksa lagi di Bandara Kualanamu, sehingga waktu lebih efisien tidak harus dibongkar yang dapat merusak packaging nya dan biaya juga lebih murah," ucap Rina.

Selain itu sistem karantina dengan system x-ray bertujuan untuk mengontrol lalu lintas perikanan dan mencegah arus keluar masuk produk ilegal. Dengan sistem karantina modern ini diharapkan, distribusi maupun lalu lintas peredaran perikanan baik ekspor dan impor melalui Bandara Kualanamu lebih efisien karena 30% kargo kita di bandara adalah perikanan.

"Karena Kementerian Kelautan dan Perikanan RI mempunyai 3 misi yakni kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan. Kedaulatan artinya menjadikan laut senagai masa depan bangsa. Untuk itu diperlukan tanggung jawab seluruh stakeholder terkait," ujarnya.

Sebelumnya mewakili BKIPM Wilayah I Medan I Ir. Anwar MSi melaporkan bahwa karantina ikan sistem warehouse ini dibangun untuk mempermudah ekspor perikanan karena selama ini memerlukan pemeriksaan dalam waktu yang panjang. "Kedepannya diharapkan dengan sistem ini akan semakin terukur dan baik kedepannya," ujarnya.
Editor: Tommy

T#g:KNIAKarantinaPeresmian
Berita Terkait
  • Selasa, 12 Jun 2018 16:22

    Ban Pesawat Garuda Indonesia Pecah di Bandara

    Pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 190 mengalami pecah ban sebelah kiri saat mendarat (landing) di Run Way 05 Bandara Kualanamu pada Senin (11/06/2018).

  • Jumat, 08 Jun 2018 14:38

    Erry Resmikan Sumut Sport Center

    Gubsu Dr Ir HT Erry Nuradi MSi meresmikan gedung-gedung olahraga di Sumut Sport Center dan peletakan batu pertama pembangunan Gedung MTQ Sumut, Jalan Willem Iskandar/Jalan Pancing Medan, Rabu (6/6/201

  • Senin, 04 Jun 2018 19:24

    Tangan Bocah Tiga Tahun Terjepit Eskalator di Bandara Kualanamu

    Pengunjung dan penumpang pesawat Bandara Kualanamu, kembali dihebohkan jeritan tangis seorang anak balita Aufa Rizal Arif (3), anak dari Syahliana (34) warga Kabupaten Serdang Bedagai.

  • Minggu, 03 Jun 2018 17:13

    Pos Pelayanan Terpadu Dibangun di Bandara Kualanamu

    PT Angkasa Pura (AP) II sebagai pengelola Bandara Kualanamu terus mengebut perbaikan sejumlah fasilitas termasuk mendirikan pos layanan terpadu tepat di depan pintu keluar masuk terminal.Selain itu, p

  • Minggu, 03 Jun 2018 14:53

    Bupati Jember Resmikan Renovasi Gereja St Yusuf Jember

    Bupati Jember dr Hj Faida MMR, Mgr Hendricus Pudyarto (Uskup Malang), Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Kasdim 0824 Mayor Inf Sampak, ulama dan masyarakat, menghadiri peresmian renovasi salah satu

  • Senin, 14 Mei 2018 18:14

    Pasca Teror Bom Surabaya, Penjagaan di Bandara Kualanamu Diperketat

    PT Angkasa Pura (AP) II sebagai pengelola Bandara Kualanamu memperketat pengamanan di Bandara Kualanamu pasca aksi teror bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya dan di Mapolrestabes Surabaya.

  • Jumat, 27 Apr 2018 20:17

    2 WNA Malaysia Ditangkap Bawa 91 Gram Sabu di Bandara Kualanamu

    Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Kualanamu (KPPBC TMP B) Kualanamu dan Kanwil DJBC Sumatera Utara berhasil menggagalkan penyelundupan sabu ke Sumatera Utara me

  • Jumat, 23 Mar 2018 16:23

    Djarot kembali dikerubuti warga di bandara Kualanamu

    Sosok Djarot Saiful Hidayat memang terkesan mudah didekati oleh siapa pun. Seperti yang terlihat di terminal keberangkatan Bandara Kualanamu siang ini, Jumat (23/3). Kehadiran Calon Gubernur yang dius

  • Selasa, 13 Feb 2018 22:53

    Gubsu Puji Karantina Ikan Bandara Kualanamu

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengapresiasi terobosan Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandara Kualanamu yang melakukan modernisasi sistem pengawasan dan pelayanan secara terintegrasi."Dengan

  • Rabu, 07 Feb 2018 20:27

    Bupati Deli Serdang Resmikan Gedung PKBM

    Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan meresmikan Gedung PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Rumah Produksi di Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu dan meresmikan Toilet SDN 105345 Sidodadi Ramun

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak