Jumat, 15 Des 2017 05:40
  • Home
  • Ragam
  • Erry Minta Dokter Gigi Muda Layani Masyarakat Di Daerah Terpencil

Erry Minta Dokter Gigi Muda Layani Masyarakat Di Daerah Terpencil

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sam
Kamis, 07 Des 2017 16:27
Dibaca: 39 kali
Humas Pemprovsu
Peresmian pembukaan International Dental Conference of Sumatera Utara (IDCSU) 2017

Gubsu Tengku Erry Nuradi membuka International Dental Conference of Sumatera Utara (IDCSU) 2017 yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) USU, di Santika Dyandra Premiere Hotel Medan, Kamis (7/12/2017).

Hadir juga Wakil Rektor II USU Prof Muhammad Fidel Ganis, Wakil Rektor 3 Mahudin Nasution, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi USU Dr Trelia Boel dan para dekan FKG se-Indonesia, para Guru Besar FKG USU, para dokter Gigi seluruh Indonesia dan para narasumber dari Universitas di Australia, Malaysia, Singapura, dan Brazil, para pengurus PDGI, dan ratusan peserta.

Pada kesempatan itu Gubsu Erry mengharapkan Fakultas Kedokteran Gigi USU mendorong alumninya, khususnya para dokter gigi muda untuk melayani masyarakat di daerah-daerah terpencil di Indonesia terutama di provinsi Sumatera Utara. "Dengan demikian diharapkan dapat mengurangi rasio kebutuhan dokter gigi terhadap populasi penduduk yang kini perbandingannya 0,097 dibanding seribu," ucap Erry.

Erry tak lupa menyampaikan apresiasinya kepada Fakultas Kedokteran Gigi USU yang telah menyelenggarakan kegiatan ini yang juga mendukung pemerintah khususnya pemerintah provinsi Sumatera Utara dalam rangka mendorong penguatan pelayanan kesehatan, termasuk juga penguatan SDM kesehatan, dimana kurikulum kedokteran gigi harus terus diperhatikan. "Jangan sampai kompetensi dokter gigi Indonesia dipertanyakan di masa depan," sebut Erry.

Dalam rencana pembangunan jangka panjang (2005-2024) menetapkan bahwa pembangunan kesehatan menuju ke arah pengembangan upaya kesehatan, dari upaya kesehatan yang bersifat kuratif bergerak kearah upaya kesehatan preventif dan promotif  yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan kesehatan.

Seperti diketahui tantangan kesehatan saat ini, Indonesia mengalami triple burden masalah kesehatan, yakni tingginya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular, dan kembali muncul penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

Tentunya ini menjadi ancaman bagi produktifitas bangsa, begitu juga untuk masyarakat di Provinsi Sumatera Utara. Dalam mengatasi hal ini diperlukan adanya pendekatan promotif, preventif yang efektif. "Karena pada dasarnya pencegahan penyakit sangat tergantung pada perilaku individu, ketersediaan sarana dan prasarana, peningkatan pelayanan kesehatan, menciptakan SDM kesehatan yang berkualitas dan juga dukungan regulasi,"ucap Tengku Erry.

Erry juga menyampaikan bahwa program prioritas pembangunan kesehatan pada periode 2015 -  2019 juga dilaksanakan melalui program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga sekaligus sebagai tindak lanjutnya telah terbit peraturan menteri kesehatan nomor 39 tahun 2016 tentang pedoman penyelenggaran program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga.

Seiring dengan program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo juga telah meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). "Yaitu tindakan sistematis dan terencana dilakukan secara bersama-sama seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup," tutur Erry.

Sebelumnya, Panitia penyelenggara IDCSU 2017 Dr Trelia Boel menyampaikan bahwa IDCSU 2017 yang dipanitiai Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) USU ini merupakan konferensi gigi terbesar di Pulau Sumatera. Dan ini merupakan kegiatan konferensi gigi yang ketujuh. Yang 6 sebelumnya disebut dengan Regional Dental Meeting and Exhibition. "Yang mengusung tema "Updated Dental Concepts to Achieve Excellence in Dentistry" Memperbarui konsep gigi untuk mencapai keunggulan di kedokteran gigi," sebut Dr Trelia Boel yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Gigi USU.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dimulai tanggal 7 sampai dengan 9 Desember 2017 di Santika Premiere Dyandra Hotel Medan. Peserta sekitar 900 orang dan juga menghadirkan pembicara dari Negara Australia, Malaysia, Singapura dan Brazil. "Diharapkan pertemuan ini nantinya akan membawa perkembangan dan kemajuan baru di segala bidang kedokteran gigi khususnya di Provinsi Sumatera Utara," katanya.

Editor: Budi

T#g:Dokter
Berita Terkait
  • Jumat, 17 Nov 2017 23:57

    Panglima TNI: Dokter Militer Sangat Vital Dalam Kondisi Damai dan Perang

    Perwira Prajurit Karier TNI khusus tenaga kesehatan dituntut menjadi Perwira TNI yang memiliki kualifikasi sebagai tenaga kesehatan. Fungsi dan tugas dokter militer sangat vital baik dalam kondisi dam

  • Jumat, 03 Nov 2017 22:03

    Gubernur Apresiasi FK USU Gelar Even Internasional di Sumut

    Pada jamuan makan malam seluruh peserta dan panitia International Medical Olympiad (IMO) 2017 bertema 'Advancing Quality, Beyond Infinity', pada Kamis (2/11) di rumah dinas Gubsu Jalan Jend

  • Minggu, 07 Mei 2017 14:23

    Gubsu Erry Kenalkan Pariwisata dan Kuliner pada Dokter Gigi se-Indonesia

    Gubsu Tengku Erry Nuradi bersilaturahmi dengan menjamu makan malam peserta Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) yang melakukan kongres di Medan.

  • Kamis, 13 Apr 2017 17:27

    600-an Dokter Gigi akan berkumpul di Medan

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyambut baik Kongres Nasional Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) ke-26 direncanakan akan berlangsung 4-6 Mei 2017 di Medan.

  • Jumat, 23 Des 2016 20:49

    Panglima TNI : Pegang Teguh Sifat Ksatria dalam Meraih Karier Militer

    Sebagai Prajurit Karier TNI, pegang teguh sifat ksatria dalam meraih karier yang setinggi-tingginya dan hindari perilaku untuk menghalalkan segala cara atau menggunakan jalan pintas. Demikian disampai

  • Jumat, 23 Des 2016 14:51

    Panglima TNI : Dokter Militer adalah Orang-Orang Terpilih

    Dokter Militer adalah orang-orang terpilih karena dalam menjalankan tugasnya mengobati pasien selalu menggunakan hati bukan karena dibayar. Demikian dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

  • Senin, 24 Okt 2016 14:11

    PDUI Menilai Dokter Umum Jadi Kasta Terendah

    Puluhan dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) merasa dikorbankan dengan adanya Program Studi Dokter Layanan Primer (DLP). Pemerintah dianggap telah mengkastakan dokter u

  • Rabu, 26 Mar 2014 19:15

    Dilarang Masuk Kampus, Dua Kelompok Mahasiswa Kedokteran Nyaris Bentrok

    Dua kelompok mahasiswa Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), nyaris baku hantam di Kampus UISU Yayasan Almunawwarah Jalan Sisingamangaraja Medan, Rabu (26/3/2014) siang.Pemicunya karena salah satu

  • Jumat, 21 Mar 2014 18:33

    Gelar pengobatan gratis, PDIP Sergai diproses Panwaslu

    Panwaslu Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) memproses DPC PDI Perjuangan karena dinilai melakukan kampanye di luar jadwal.“Tadi kita menerima laporan, Panwaslu Sergai akan memproses PDIP Sergai kare

  • Kamis, 13 Mar 2014 07:46

    Camat Medan Petisah Lantik 230 Siswa Menjadi Dokter Kecil

    Sebanyak 230 siswa dari Sekolah Dasar (SD) Negeri dan swasta di kecamatan Medan Petisah dilantik menjadi dokter kecil oleh Camat Medan Petisah Muhammad Yunus di halaman kantor camat Medan Petisah Jala

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak