Selasa, 17 Okt 2017 14:34
  • Home
  • Ragam
  • Dorong Usaha Mikro Kecil Bupati Humbahas Delegasikan IUMK Kepada Camat

Dorong Usaha Mikro Kecil Bupati Humbahas Delegasikan IUMK Kepada Camat

Dolok Sanggul (utamanews.com)
Oleh: Eduard S.
Selasa, 01 Agu 2017 21:31
Dibaca: 147 kali
Dok
Asisten Deputi Perlindungan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI saat sosialisasi di Humbahas
Pemerintah Humbang Hasundutan (Humbahas) memberikan stimulus untuk mendorong Usaha Mikro Kecil dengan memberikan kemudahan dalam mengurus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) kepada Camat.

IUMK dilaksanakan Camat sebagai perangkat daerah yang paling dekat dengan pelaku usaha, hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2014 tentang pendelegasian Kewenangan Pelaksanaan Izin Usaha Mikro, Kecil kepada Camat.

Asisten Deputi Perlindungan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI dalam sambutannya pada kegiatan Sosialisasi IUMK (1/8) di Doloksanggul, menyampaikan agar pelaksanaan Permendagri ini bisa segera dilaksanakan Camat. Gubernur, Bupati ataupun Walikota diharapkan membuat peraturan di daerah masing-masing, sehingga ada legalitas Camat dalam melaksanakan IUMK.

Bupati Humbang Hasundutan dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekdakab, Saul Situmorang, SE, M.Si menyampaikan, sosialisasi ini merupakan tindaklanjut dari dikeluarkannya Peraturan Bupati Humbang Hasundutan Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pendelegasian Kewenangan Pelaksanaan Izin Usaha Mikro, Kecil kepada Camat di Kabupaten Humbang Hasundutan. Dengan didelegasikannya pelaksanaan IUMK, hal ini akan mempermudah pembiayaan ke lembaga keuangan baik bank maupun non bank.

Saul menambahkan bahwa dalam beberapa kesempatan Presiden Jokowi mengemukakan peran UMKM sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi, sehingga perlu mengetahui hambatan yang dihadapi para pengusaha. Pemerintah telah menerbitkan Perpres Nomor 98 Tahun 2014 tentang Perizinan Usaha Mikro dan Kecil dan Permendagri Nomor 83 Tahun 2014.

Pemerintah bersama pengusaha perlu memperkuat potensi UMKM dalam menumbuhkan ekonomi kerakyatan, sehingga peraturan dimaksud untuk memberikan kepastian hokum dan sarana pemberdayaan bagi pelaku usaha mikro dan kecil dalam mengembangkan usahanya.

Saul mengajak peserta sosialisasi untuk mempergunakan kesempatan sosialisasi ini menyerap informasi-informasi dari narasumber dan mengaplikasikannya dalam menjalankan usaha di lapangan. Pemerintah mengucapkan terimakasih kepada kementerian yang memberikan perhatiannya kepada Kabupaten Humbang Hasundutan, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Usai membuka sosialisasi IUMK, Pemkab memberikan cendramata berupa plakat kepada Kementerian Koperasi dan UKM RI, yang diwakili Ir. Karimudin, MM.

Dalam laporannya, Pelaksana Kadis Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian, Radna Fride Marbun, SE, M.Si melaporkan kegiatan ini diikuti 50 peserta, Camat dan pelaku UKM. Turut hadir pada acara ini, Kepala Sub Bidang Perlindugan Legalitas Usaha dan Dampak Bencana Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kadis Kominfo Humbahas, Hotman Hutasoit.

Pada kesempatan yang sama di sela-sela acara, Camat Paranginan, Pardomuan Simanullang, SPd, MPd menyampaikan kepada media, dengan peraturan bupati ini, para pelaku usaha mikro, kecil sudah memiliki payung hukum, dan pengurusan izin sudah jauh lebih mudah, hal ini akan mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan usahanya. "Kami yakin, dengan terbitnya perbup ini, pelaku usaha akan terdorong untuk meningkatkan usahanya karena sudah memiliki izin usaha, tentu kami sebagai Camat akan memberi pemahaman dan sosialisasi Perbup ini," ujarnya.

Editor: Sam

T#g:humbahasIUMKUKMUMKM
Berita Terkait
  • Selasa, 26 Sep 2017 14:56

    DPRD Humbahas tolak Ranperda APBD 2016

    DPRD Humbahas tolak hasil Pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) TA 2016 yang akan ditetapkan menjadi Perda dalam sidang paripurna yang digelar di gedung DPRD kom

  • Senin, 18 Sep 2017 08:38

    LPM Unimed Dampingi Pengusaha Mikro di Asahan untuk Inovasi Produk

    Keberadaan usaha mikro sangat penting khususnya dalam menopang perekonomian nasional. Peran strategis usaha miko tersebut tidak diragukan lagi terutama kemampuan usaha mikro tersebut untuk mempertahan

  • Jumat, 15 Sep 2017 18:05

    Komunitas The Hope Serahkan Bantuan APE pada Pemkab Humbang Hasundutan

    Komunitas The Hope menyerahkan bantuan APE (alat permainan edukatif) kepada Pemkab Humbang Hasundutan, di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat (15/9).APE itu diterima 20 lembaga PAUD (pendidika

  • Rabu, 13 Sep 2017 19:53

    Ratusan Massa FP3HH Minta DPRD Humbang Hasundutan Jalankan Hak Angket

    Ratusan Massa terdiri dari tokoh agama, pemuda, dan masyarakat yang tergabung dalam-FP3HH (Forum Pemrakarsa Pendiri Pemerhati Humbang Hasundutan) aksi damai ke gedung DPRD Humbang Hasundutan, Rabu (13

  • Selasa, 05 Sep 2017 23:55

    Bupati Humbang Hasundutan Pimpin Rapat Kesiapan Festival Danau Toba 2017

    Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE., pimpin rapat Kesiapan Festival Danau Toba (FDT) 2017 yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2017.

  • Selasa, 05 Sep 2017 20:15

    Humbang Hasundutan Terima 333 Unit Program BSPS

    Kabupaten Humbang Hasundutan terima 333 unit program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang tersebar di 3 kecamatan yaitu Lintongnihuta, Doloksanggul dan Parlilitan. Di Kecamatan Lintongn

  • Selasa, 05 Sep 2017 08:15

    LPM Unimed Manfaatkan Limbah Meuble jadi Media Tanam Jamur Tiram

    Lembaga pengabdian masyarakat (LPM) Unimed intensif melakukan pemberdayaan masyarakat pinggiran dengan berbagai kegiatan produktif yang mengasah skill masyarakat hingga mampu tetap eksis dalam persaingan pada masyarakat luas.

  • Senin, 04 Sep 2017 20:14

    Seleksi Kompetensi dan Psikotest Pengisian JPT Pratama

    Seleksi Kompetensi dan Psikotes pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dibuka secara resmi oleh Bupati Humbang Hasundutan, yan

  • Selasa, 29 Agu 2017 20:49

    Sosialisasi Kesadaran Bela Negara di Humbahas

    Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Sekdakab Saul Situmorang SE MSi secara resmi membuka sosialisasi kesadaran bela negara di Kabupaten Humbang Hasundutan bertempat di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul, Selasa (29/8).

  • Selasa, 29 Agu 2017 20:39

    Penanaman Jagung di lahan seluas 3 hektar di Nagasaribu III, Humbahas

    Kelompok Tani (Poktan) Sepadan, Desa Nagasaribu III Kecamatan Lintongnihuta melakukan penanaman jagung di lahan seluah lebih kurang 3 hektar, di Desa Nagasaribu III, Selasa (29/8).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak