Sabtu, 19 Agu 2017 10:45
  • Home
  • Ragam
  • Dorong Usaha Mikro Kecil Bupati Humbahas Delegasikan IUMK Kepada Camat

Dorong Usaha Mikro Kecil Bupati Humbahas Delegasikan IUMK Kepada Camat

Dolok Sanggul (utamanews.com)
Oleh: Eduard S.
Selasa, 01 Agu 2017 21:31
Dibaca: 68 kali
Dok
Asisten Deputi Perlindungan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI saat sosialisasi di Humbahas
Pemerintah Humbang Hasundutan (Humbahas) memberikan stimulus untuk mendorong Usaha Mikro Kecil dengan memberikan kemudahan dalam mengurus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) kepada Camat.

IUMK dilaksanakan Camat sebagai perangkat daerah yang paling dekat dengan pelaku usaha, hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2014 tentang pendelegasian Kewenangan Pelaksanaan Izin Usaha Mikro, Kecil kepada Camat.

Asisten Deputi Perlindungan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI dalam sambutannya pada kegiatan Sosialisasi IUMK (1/8) di Doloksanggul, menyampaikan agar pelaksanaan Permendagri ini bisa segera dilaksanakan Camat. Gubernur, Bupati ataupun Walikota diharapkan membuat peraturan di daerah masing-masing, sehingga ada legalitas Camat dalam melaksanakan IUMK.

Bupati Humbang Hasundutan dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekdakab, Saul Situmorang, SE, M.Si menyampaikan, sosialisasi ini merupakan tindaklanjut dari dikeluarkannya Peraturan Bupati Humbang Hasundutan Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pendelegasian Kewenangan Pelaksanaan Izin Usaha Mikro, Kecil kepada Camat di Kabupaten Humbang Hasundutan. Dengan didelegasikannya pelaksanaan IUMK, hal ini akan mempermudah pembiayaan ke lembaga keuangan baik bank maupun non bank.

Saul menambahkan bahwa dalam beberapa kesempatan Presiden Jokowi mengemukakan peran UMKM sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi, sehingga perlu mengetahui hambatan yang dihadapi para pengusaha. Pemerintah telah menerbitkan Perpres Nomor 98 Tahun 2014 tentang Perizinan Usaha Mikro dan Kecil dan Permendagri Nomor 83 Tahun 2014.

Pemerintah bersama pengusaha perlu memperkuat potensi UMKM dalam menumbuhkan ekonomi kerakyatan, sehingga peraturan dimaksud untuk memberikan kepastian hokum dan sarana pemberdayaan bagi pelaku usaha mikro dan kecil dalam mengembangkan usahanya.

Saul mengajak peserta sosialisasi untuk mempergunakan kesempatan sosialisasi ini menyerap informasi-informasi dari narasumber dan mengaplikasikannya dalam menjalankan usaha di lapangan. Pemerintah mengucapkan terimakasih kepada kementerian yang memberikan perhatiannya kepada Kabupaten Humbang Hasundutan, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Usai membuka sosialisasi IUMK, Pemkab memberikan cendramata berupa plakat kepada Kementerian Koperasi dan UKM RI, yang diwakili Ir. Karimudin, MM.

Dalam laporannya, Pelaksana Kadis Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian, Radna Fride Marbun, SE, M.Si melaporkan kegiatan ini diikuti 50 peserta, Camat dan pelaku UKM. Turut hadir pada acara ini, Kepala Sub Bidang Perlindugan Legalitas Usaha dan Dampak Bencana Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kadis Kominfo Humbahas, Hotman Hutasoit.

Pada kesempatan yang sama di sela-sela acara, Camat Paranginan, Pardomuan Simanullang, SPd, MPd menyampaikan kepada media, dengan peraturan bupati ini, para pelaku usaha mikro, kecil sudah memiliki payung hukum, dan pengurusan izin sudah jauh lebih mudah, hal ini akan mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan usahanya. "Kami yakin, dengan terbitnya perbup ini, pelaku usaha akan terdorong untuk meningkatkan usahanya karena sudah memiliki izin usaha, tentu kami sebagai Camat akan memberi pemahaman dan sosialisasi Perbup ini," ujarnya.

Editor: Sam

T#g:humbahasIUMKUKMUMKM
Berita Terkait
  • Kamis, 17 Agu 2017 21:17

    134 Napi Lapas II-B Humbahas peroleh Remisi Kemerdekaan

    Seratus Tiga Puluh Empat Narapidana penghuni lapas IIB Humbang Hasundutan mendapat remisi Kemerdekaan RI ke-72. Remisi ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlind

  • Kamis, 17 Agu 2017 18:27

    Peringatan Detik-detik Proklamasi di Humbahas

     Kemerdekaan Diraih Pahlawan Bangsa Dengan Perjuangan Berat dan Pengorbanan Luar Biasa Kemerdekaan bukanlah suatu hadiah dan pemberian yang diterima secara cuma-cuma, namun kemerdekaan dapat dira

  • Selasa, 15 Agu 2017 19:45

    Bupati Humbahas kukuhkan 36 Paskibraka 2017

    Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, SE mengukuhkan 36 anggota Paskibraka yang dipersiapkan untuk penaikan dan penurunan bendera merah putih pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke

  • Sabtu, 12 Agu 2017 10:02

    Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan Latih ASN Tentang Keprotokolan

    Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlindungan Simamora membuka secara resmi Bimtek Keprotokolan (11/8) di Pendopo Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul.

  • Rabu, 09 Agu 2017 19:19

    Ironi, Gedung IKM & UKM Langkat "Mati Suri"

    Meski sempat mendapat pujian dari pejabat Kementerian Perindustrian (Kemenperin​), Gedung Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), yang terletak Dusun Sei Karang, Desa Kwala

  • Senin, 07 Agu 2017 21:37

    Bank Mandiri salurkan Bansos PKH pada 206 KPM di Baktiraja

    Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) disalurkan PT. Bank Mandiri, Tbk kepada 206 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Baktiraja (7/8) dipusatkan di Kantor Camat Baktiraja. Untuk

  • Sabtu, 29 Jul 2017 22:09

    Tengku Erry Serahkan Bantuan Rp12 Miliar untuk Pertanian Humbahas

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyampaikan bahwa dirinya selalu menyediakan waktu untuk hadir bersama para petani/kelompok tani, penyuluh dan Babinsa untuk memberikan semangat dan motivasi.

  • Sabtu, 29 Jul 2017 19:49

    14 Tahun Humbahas, Tengku Erry: Evaluasi, Koreksi dan Introspeksi Penting

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menekankan pentingnya momentum evaluasi, koreksi dan introspeksi dalam membangun daerah menjadi lebih baik.

  • Rabu, 26 Jul 2017 22:06

    Hasil Kerajinan Tangan Warga Binaan Rutan Doloksanggul Butuh Perhatian Pemerintah

    Orang mengira selama ini hidup di dalam rumah tahanan (Rutan) atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sangat menyeramkan, tetapi hal ini tidak terbukti kala kita berkunjung ke Rutan klas ll B Doloksanggul.

  • Selasa, 25 Jul 2017 11:25

    Bupati Humbahas Sampaikan Nota Pengantar LKPJ 2016 dan 15 Ranperda

    Bupati Humbang Hasundudtan, Dosmar Banjarnahor, SE menyampaikan Nota Pengantar Bupati Humbang Hasundutan tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Tahun 2016 dan lima belas Rancangan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak