Sabtu, 22 Sep 2018 07:25
  • Home
  • Ragam
  • Direktur Udara Maritim Bekali Calon Awak Kapal Patroli Bakamla

Direktur Udara Maritim Bekali Calon Awak Kapal Patroli Bakamla

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Kamis, 17 Mei 2018 17:17
Humas Bakamla
Laksamana Pertama TNI Guntur Wahyudi memberikan pembekalan ilmu Marshalling
Direktur Udara Maritim Bakamla RI Laksamana Pertama TNI Guntur Wahyudi memberikan pembekalan ilmu Marshalling kepada ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Bakamla RI, di Kantor Pusat Bakamla RI Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No.56, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/05/2018). 

Marshalling adalah pengendalian Helikopter dengan menggunakan isyarat tangan sesuai dengan prosedur isyarat pada saat Pesawat atau Helikopter start engine atau cut engine, serta memandu helikopter pada saat lepas landas (take off) maupun mendarat (landing) untuk diarahkan ke spot atau  helipad.

Sedangkan Marsheller adalah orang yang ditunjuk untuk memberikan isyarat sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan kepada Penerbang pada saat Helikopter start engine atau Cut engine dan membantu penerbang untuk memandu Helikopter saat take off dan landing. 



Helikopter merupakan salah satu alat transportasi udara yang dapat dioperasikan melalui dua cara, baik melalui pangkalan di darat maupun berpangkalan di kapal (On board), dimana situasi dan kondisinya berbeda serta keuntungan dan kerugian masing-masing. 

Dengan dioperasikannya helikopter di kapal, maka akan menimbulkan suatu kegiatan baru yang memerlukan kerjasama dan pengertian yang baik antara anak buah kapal (ABK) dan awak pesawat udara (Crew) dalam setiap pelaksanaan tugas. Untuk itu perlu suatu pengaturan kegiatan tentang penyelenggaraan pengoperasiannya. 

Maksud dan tujuannya hal tersebut agar seluruh Anak Buah Kapal (ABK) Kapal yang terlibat team Heli deck party dapat memahami dan mengerti isyarat dalam mengendalikan Helikopter dengan harapan bisa menjadi team Heli deck yang profesional.

Untuk mempertajam pengetahuan calon awak kapal patroli Bakamla RI, Direktorat Udara Maritim mengundang empat orang instruktur dan pelatih dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Jakarta yang dipimpin oleh Mayor Laut (T) Sumarsono. 

Secara teori mengendalikan pesawat atau helikopter ada dua cara yakni kendali udara dan kendali darat. Pengertian kendali udara adalah mengendalikan helikopter melalui radio komunikasi pada saat helikopter sedang melaksanakan penerbangan baik itu dilakukan oleh Air Traffic Controller (ATC) maupun kapal pengendali.

Sedangkan Kendali darat (Marshalling) adalah mengendalikan Helikopter dengan menggunakan isyarat tangan sesuai dengan prosedur isyarat pada saat Pesawat atau Helikopter start engine atau cut engine, dan memandu helikopter pada saat take off landing untuk diarahkan ke helipad. Perlengkapan yang digunakan seorang marsheller yaitu helmet, google, rompi warna cerah, bed merah hijau untuk siang hari dan tongkat lampu atau signal light kit (untuk malam hari). 

Usai menyampaikan materi pembekalan berupa teori tim dari Puspenerbal Lanudal Jakarta, memberi ruang interaktif tanya jawab dilanjutkan praktek menggunakan perlengkapan dan peralatan bagi Marshalling atau Marsheller.

Editor: Erickson

T#g:helikopterPatroli
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Selasa, 21 Agu 2018 11:01

    Helikopter TNI Dauphin HR-3601 Onboard KRI Usman Harun-359 di Laut Mediterania

    Helikopter TNI Dauphin HR-3601 berhasil onboard pertama kalinya di geladak KRI Usman Harun-359 yang bertugas dalam Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-J

  • Minggu, 19 Agu 2018 15:49

    Helikopter TNI Dauphin -HR-3601 dan 9 Crew Tiba RHIA Beirut

    Helikopter TNI Dauphin -HR-3601 dan 9 personel crew heli yang akan tergabung dalam Satuan Tugas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL (United Nations Interim Forces in Lebanon) diangkut pesawat cargo Antonov-

  • Sabtu, 18 Agu 2018 15:28

    Helikopter Dauphin -HR-3601 perkuat Satgas MTF TNI di Lebanon

    Helikopter TNI Dauphin-HR-3601  diberangkatkan dalam rangka mendukung  misi Satgas MTF TNI XXVIII-J/ Unifil   dengan menggunakan  pesawat cargo  Antonov AN-124 Volga Dnepr den

  • Senin, 13 Agu 2018 12:13

    Bakamla RI Terus Pantau Kamla Zona Barat Via Udara

    Patroli Udara Maritim Wilayah Zona Barat dikomandani Fery Darmawan, S.E. melanjutkan pemantauan perairan melalui operasi udara maritim dari wilayah Tanjung Pinang hingga Tanjung Pandan, Minggu (12/8/2018).

  • Jumat, 10 Agu 2018 19:40

    Bantuan Logistik Korban Gempa Lombok Disalurkan Melalui Udara

    Pengiriman bantuan korban gempa di Lombok melalui udara terus dilakukan. Bantuan logistik diterbangkan ke daerah Kahyangan dan daerah Bayan yang susah dijangkau kendaraan darat. Pengiriman bantuan ter

  • Minggu, 03 Jun 2018 15:53

    Wujudkan Rasa Aman Masyarakat Jember, Kapolres & Dandim 0824 Pimpin Patroli Bersama

    Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo didampingi Dandim 0824 Letkol Inf Arif Munawar memimpin patroli bersama antara Kodim 0824 Jember dengan Polres Jember, dengan sasaran tempat ibadah Gereja, Masjid,

  • Jumat, 01 Jun 2018 02:01

    Patroli Bersama 3 Pilar Kecamatan Sumbersari

    Menindak lanjuti penekanan Dandim 0824 maupun Kapolres Jember untuk bersinergi wujudkan kondusifitas wilayah, Muspika Sumbersari menerjunkan unsur-unsurnya pada Rabu (30/05/2018), untuk melaksanakan patroli di wilayahnya.

  • Minggu, 27 Mei 2018 10:27

    Indonesia-Australia Sharing Data di Operasi GANNET

    Operasi Bersama GANNET antara  Indonesia-Australia sebagai salah satu bentuk kerja sama dua negara yang dilaksanakan melalui sharing data dan aksi bersama Bakamla, KKP, dan ABF, di daerah operasi

  • Kamis, 14 Des 2017 17:44

    Polsek Barumun, Palas Gelar Patroli Rutin

    Sejumlah aparat personil Polisi, dari kepolisian sektor (Polsek) Barumun, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas) menggelar kegiatan patroli rutin, hingga ke tingkat desa. Selain untuk

  • Rabu, 30 Agu 2017 02:30

    POM TNI Dampingi Tim Ahli KPK Cek Fisik Helikopter AW-101

    Polisi Militer (POM) TNI mendampingi Tim Ahli Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan secara fisik Helikopter Augusta Westland (AW)-101 di Skadron Teknik (Skatek) 021 Lanud Halim Perd

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak