Sabtu, 21 Okt 2017 10:13
  • Home
  • Ragam
  • Camat Padang Bolak Tinjau Pekerjaan Dana Desa di Gunung Tua Tonga

Camat Padang Bolak Tinjau Pekerjaan Dana Desa di Gunung Tua Tonga

Paluta (utamanews.com)
Oleh: Yasir Harahap
Kamis, 10 Agu 2017 20:10
Dibaca: 331 kali
Dok
Camat Padang Bolak tinjau pembangunan dengan dana desa

Camat Padang Bolak, Ali Ja'far Harahap meninjau pembangunan yang bersumber dari dana desa (DD) tahun anggaran 2017 di Desa Gunung Tua Tonga, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kamis (10/8/2017).

Turut serta dalam kunjungannya tersebut, Kapolsek Padang Bolak AKP Syahrul SH MH, Danramil 05 PB Lettu (CZI) Pahlawan Nasution dan sejumlah pendamping desa.

Kepala desa Gunung Tua Tonga, Ali Imron Harahap dengan sejumlah warga lainnya mengajak Camat beserta rombongan ke beberapa titik lokasi pekerjaan.

"Selain pembukaan jalan untuk peningkatan produksi pertanian, tahun ini, penggunaan dana desa kita peruntukkan untuk pembuatan parit atau drainase dan pelebaran jalan desa yang sekaligus menjadi tembok penahan embung," ujarnya.

Pembukaan jalan baru yang bertujuan untuk memudahkan warga mengangkut hasil pertanian (sawah dan kebun), jelas Imron, adalah merupakan pekerjaan lanjutan penggunaan dana desa tahun 2016 lalu. 

"Alhamdulillah, sekarang sudah ada jalan di sepanjang lahan perkebunan dan sawah yang berada di pinggiran sungai Batang Pane yang menghubungkan wilayah dolok (atas) dan wilayah lombang (bawah)," katanya.

Terpisah, usai kunjungannya tersebut, Ali Ja'far mengungkapkan, kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat langsung pekerjaan pembangunan dana desa di Gunung Tua Tonga yang saat ini menurutnya sudah mencapai 75-80 persen.

"Warga mesti menjaga dan memelihara seluruh bangunan yang bersumber dari dana desa," ujar Camat kepada UTAMANEWS di ruang kerjanya.

Karena, lanjut Ja'far, peruntukan dana desa guna membangun sarana dan prasarana desa adalah untuk peningkatan roda ekonomi desa yang bertujuan untuk penguatan terhadap masyarakat desa itu sendiri.

Untuk itu, Camat yang sebelumnya menjabat Kakan Satpol PP Paluta ini mengimbau agar setiap desa mengoptimalkan penggunaan dana desa sesuai kebutuhan.

Secara keseluruhan, menurutnya, pekerjaan dana desa di Gunung Tua Tonga sudah mengacu pada lima agenda utama penguatan desa oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang telah mengalokasikan 90 persen anggaran desa guna membangun infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

Editor: Budi

T#g:ADDDana Desapaluta
Berita Terkait
  • Jumat, 20 Okt 2017 12:30

    Gubernur & Kapolda Sumut laksanakan Vidcon dengan Kapolri

    Gubernur Sumut Ir. H. Tengku Erry Nuradi, Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw didampingi Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Agus Andrianto SH,  para Pejabat Utama Polda Sumut, Kadis Pemberda

  • Rabu, 18 Okt 2017 13:18

    Kabid Bina Marga PU & PR Paluta Bantah sebut "Semua Kontraktor Maling"

    Kabid Bina Marga Dinas PU & PR Paluta membantah dan menyatakan tidak pernah mengeluarkan pernyataan "Semua Kontraktor Maling''.

  • Rabu, 18 Okt 2017 10:28

    Diduga Karena Kritiki Kinerja Kades, Warga Dipukuli

    Muhammad Paisal Hasibuan mengalami aksi pemukulan, di desa Pagar Gunung, Kecamatan Halongonan, Kabupaten Padang Lawas Utara, Selasa (17/10/2017)."Saat musyawarah desa saya mengkritiki kinerja dari kep

  • Jumat, 13 Okt 2017 10:33

    Dinasti Paluta memicu Pemerintahan yang makin buruk

    Pada Tahun 2018 Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) akan ikut dalam agenda Pilkada serentak. Namun, pasangan calon peserta Pilkada diperkirakan tidak banyak.

  • Jumat, 13 Okt 2017 06:03

    Kontraktor Komentari Pernyataan Kabid Bina Marga Dinas PU Paluta, "Semua Kontraktor Maling"

    Terkait pernyataan Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Padang Lawas Utara, M. Nuh Pulungan 'Semua Kontraktor Maling' muncul beragam komentar di kalangan kontraktor.Salah seorang

  • Kamis, 12 Okt 2017 12:02

    Kabid Bina Marga PU Paluta: Semua Kontraktor Maling

    M. Nuh Pulungan, beberapa waktu yang lalu pernah melontarkan kata kata 'Semua Kontraktor maling'.

  • Selasa, 10 Okt 2017 17:00

    Panwascam Se-Kabupaten Paluta Dilantik

    Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Se-Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) yang akan bertugas pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara serta pemilihan Bupati dan Wakil

  • Kamis, 05 Okt 2017 11:15

    Kades Hatongga Palas Diduga Tilep DD 2016

    Kepala Desa Hatongga Kecamatan Batang Lubu Sutam (Batam) di Kabupaten Padang Lawas (Palas), Abdul Gani Lubis diduga telah menilep anggaran dana Desa (DD) tahun 2016, terutama pada kegiatan pipanisasi

  • Minggu, 01 Okt 2017 10:11

    ATH Berikan Bantuan Kostum Olahraga di Padang Bolak dan Portibi

    Ahmad Thamrin Harahap (ATH) mengunjungi desa Batang Baruhar Julu, Kecamatan Padang Bolak dan desa Gunung Manaon Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sabtu (30/9/2017).Dalam kunjungannya, B

  • Kamis, 21 Sep 2017 10:01

    Dana Desa, Program Pemerintah Mengentaskan Kemiskinan

    Program Pembangunan Dana Desa merupakan program pemerintah mengentaskan kemiskinan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak