Minggu, 22 Jul 2018 15:55
  • Home
  • Ragam
  • Bakamla RI Bahas Percepatan Perwujudan Ekonomi Maritim

Bakamla RI Bahas Percepatan Perwujudan Ekonomi Maritim

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Selasa, 17 Apr 2018 18:57
Humas Bakamla
Diskusi Kelompok Terarah, bekerja sama dengan Intensif Agromaritim Indonesia (I AM Indonesia), Selasa (17/04/2018).
Badan Keamanan Laut RI membahas Percepatan Perwujudan Ekonomi Maritim Indonesia dalam Kegiatan Diskusi Kelompok Terarah. Kegiatan ini bekerja sama dengan Intensif Agromaritim Indonesia (I AM Indonesia), bertempat di Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng Jakarta Pusat, Selasa (17/04/2018).

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk merefleksikan dan memetakan percepatan pembangunan ekonomi maritim, menentukan langkah strategis untuk mempercepat pertumbuhan, peluang usaha dan investasi maritim Indonesia, serta merumuskan peran pihak terkait guna mempercepat visi pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.



Secara umum tujuan dari pelaksanaan Diskusi Kelompok Terarah ini untuk merumuskan rekomendasi kebijakan dan saran tindakan dalam mempercepat pembangunan maritim yang efisien dan tangguh terkait tiga aspek penting yakni: perencanaan, kebijakan dan penerapan program ekonomi maritim; peningkatan peran masyrakat dalam mewujudkan negara maritim; serta peluang dan inisiatif bagi masyarakat  dalam usaha ekonomi maritim.

Diskusi terarah ini dibuka oleh Sestama Bakamla RI Marsekal Muda TNI Widiantoro, M.B.A. dan turut mengundang narasumber dari Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, yang akan mengupas topik pembahasan dengan tajuk "Tata Kelola Sumber Daya Perikanan dan Kelautan Indonesia Untuk Memenuhi Kebutuhan Dalam Negeri dan Meningkatkan Daya Saing Di Pasar Global".

Narasumber dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI juga turut dihadirkan, dan membahas topik "Perlindungan Lingkungan Dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Suber Daya Maritim". Selain itu narasumber dari Kamar Dagang dan Industri menyampaikan topik dengan tajuk "Peluang Pengembangan dan Meningkatkan Daya Saing dan Bisnis Pelaku Usaha Maritim Indonesia".

Narasumber dari I AM Indonesia sendiri menyampaikan topik "Pengelolaan Sumberdaya Maritim Indonesia Berbasis Masyarakat". Selain itu, pembahasan mengenai "Peningkatan Pendapatan Maritim dan Multipier Effect", disampaikan oleh narasumber dari Economy Social Investment Research Institut (Esiri). Kegiatan diskusi dan tanya jawab dipandu moderator Muh. Karim yang sehari-harinya bertugas sebagai Dosen Universitas Trilogi Indonesia.

Kegiatan ini turut dihadiri undangan dari perwakilan stakeholder Bakamla RI, seperti Kementrian Keuangan RI, Kementrian Perindustrian RI, dan Kementrian Perhubungan RI. Selain itu turut hadir perwakilan dari Komisi IV DPR RI, perwakilan akademisi, dan pelaku usaha sektor perikanan dan kelautan.

Editor: Erickson

T#g:ekonomiLaut
Berita Terkait
  • Jumat, 13 Jul 2018 09:13

    Japan Coast Guard Pererat Hubungan Kerjasama dengan Bakamla RI

    Japan Coast Guard (JCG) makin pererat hubungan kerjasama operasi dan latihan bidang keselamatan dan keamanan maritim dengan Bakamla RI.

  • Minggu, 17 Jun 2018 21:57

    Usaha Cetak Foto Kebun Binatang Paluta Raup Untung

    Sejumlah usahawan muda yang melakoni usaha bisnis cetak foto di lokasi wisata kebun binatang yang berlokasi di Kota Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) meraup untung dari sejumlah pengunjung yang mendatangi lokasi wisata marga satwa tersebut

  • Minggu, 17 Jun 2018 06:17

    Palung Raksasa Ditemukan di Antartika

    Palung adalah jurang yang berada di dasar laut. Palung merupakan depresi topografi sempit yang merupakan bagian terdalam dari lantai samudera. Palung samudra memiliki ciri khas yang berbeda dengan batas konvergen.

  • Senin, 28 Mei 2018 04:28

    Sukses, Bermodal Bangkai Tikus

    "Cukup dengan memungut bangkai tikus ini, siapapun dengan kecerdikan, memiliki kemungkinan untuk memulai usahanya dan menghidupi seorang istri." Demikian suatu saat diungkapkan Cullakasehi, seora

  • Selasa, 22 Mei 2018 16:22

    Sihar: Mahasiswa Harus Kreatif, Bantu Pemerintah

    Enterpreneur sukses, Sihar Sitorus menilai peran penting Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tak bisa dikesampingkan begitu saja. UMKM inilah yang menjadi salah satu tonggak dasar perekonomian nasional.

  • Selasa, 22 Mei 2018 03:22

    Kondisi Ekonomi Indonesia di Tahun 2018

    Tahun 2018 merupakan tahun baru bagi semua orang di dunia, tentu saja di tahun ini banyak harapan baru untuk banyak orang dalam berbagai bidang. Kondisi ekonomi merupakan salah satu harapan yang paling banyak dicari.

  • Minggu, 06 Mei 2018 02:36

    Manfaat Kunjungan PM China, Secara Ekonomi dan Politik

    Indonesia akan kedatangan Perdana Menteri China Li Keqiang yang dijadwalkan melakukan lawatan ke Indonesia pada 6-8 Mei 2018.  Lawatan ini menurut Kementerian China merupakan undangan Presiden Jo

  • Jumat, 04 Mei 2018 19:14

    Sihar Sitorus: Ekonomi berkeadilan harus berproses dari hulu ke hilir

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus mendorong penataan ekonomi dari hulu. Ini dilakukan agar dapat terwujudnya ekonomi berkeadilan dengan melibatkan berbagai pihak.

  • Kamis, 03 Mei 2018 23:53

    Cermati Tindak Pidana Pelayaran, Bakamla RI Gelar Rapat RKUHP

    Direktur Kerja Sama Bakamla RI Dade Ruskandar, S.H., M.H. memimpin Rapat Pembahasan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) khususnya Bab XXXIV tentang Tindak Pidana Pelayaran, di Kantor Ba

  • Selasa, 24 Apr 2018 17:23

    Bakamla RI Latih Nelayan Banyuwangi Penyelamatan di Laut

    Sebagai wujud kepedulian terhadap keselamatan nelayan di laut, Bakamla RI menggelar acara Pelatihan Water Rescue, dibarengi pembagian sejumlah life jacket kepada puluhan nelayan, di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Selasa (24/4/2018).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak