Minggu, 22 Okt 2017 16:59
  • Home
  • Ragam
  • Babinsa Lembengan Dampingi Pok Tani Podo Rukun Olah Lahan

Babinsa Lembengan Dampingi Pok Tani Podo Rukun Olah Lahan

JEMBER (utamanews.com)
Oleh: Dian/Rls
Jumat, 13 Okt 2017 06:23
Dibaca: 74 kali
Dok
Babinsa ikut olah lahan menggunakan Alsintan

Serda Yudi S, Babinsa Lembengan Kec Ledokombo Kab jember bersama PPL melaksanakan Pendampingan Pengolahan lahan milik P Yuni seluas 0,5 hektare yang menggunakan alat mesin pertanian hand tractor, Kamis (12/10).

"Upaya penggunaan mesin pertanian tersebut dalam rangka percepatan tanam dan efektifitas biaya pengolahan lahan sehingga petani tidak terlalu terbebani pembiayaan pertanian yang cenderung mengurangi keuntungan petani itu sendiri," kata Serda Yudi S.

Pemilik lahan saat diwawancarai menyampaikan terima kasih kepada pendampingan Babinsa bersama PPL ini karena selama ini lebih intensif turun ke lahan sawah sehingga para petani dapat menjalankan pola tanamnya dengan baik dan efektif.

"Seperti pengolahan lahan ini sendiri saya awalnya menggunakan tenaga hewan dan manusia namun kurang efektit karena lebih lama dan mahal, namun dengan menggunakan hand tractor ini bisa selesai 1 hari  dan besok sudah siap tanam, tinggal bibitnya sudah siap apa belum.

Menyikapi kegiatan anggotanya tersebut Danramil 0824/06 Ledokombo saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa seluruh Babinsanya sudah diperintahkan untuk aktif turun ke sawah, dampingi petani saat pengolahan lahan dan sarankan menggunakan mesin agar irit dan cepat pengerjaannya.

Demikian halnya Dandim 0824 Letkol Inf Rudianto saat dikonfirmasi menyatakan apresiasi kepada jajaran utamanya Babinsa yang aktif turun ke sawah sehingga hasil pertanian Kabupaten Jember semakin optimal produktifitasnya.

"Upaya-upaya percepatan seperti itu memang sudah dianjurkan dilakukan kepada para petani namun belum semuanya mau memanfaatkan sarana mesin pertanian yang sudah tersedia, mereka masih mengandalkan tenaga manusia, namun saat ini sebagian besar sudah menyadari dan mau menggunakan mesin tersebut, hal ini berkat kegigihan PPL dan Babinsa dalam menyampaikan kemudahan dan keuntungannya kepada petani," tutur Dandim.

Editor: Budi

T#g:alsintanbabinsa
Berita Terkait
  • Senin, 02 Okt 2017 08:12

    Babinsa Lojejer Koramil 0824/23 Wuluhan Karya Bakti Bersama Masyarakat

    Dalam rangka mewujudkan kehidupan yang sehat perlu hal mendasar dalam kehidupan bermasyarakat untuk membiasakan hidup bersih dan berada pada lingkungan yang bersih pula. Di samping itu kebersihan sang

  • Selasa, 26 Sep 2017 16:46

    Babinsa Sumberjambe Dampingi Pengecekan Pembangunan Saluran Irigasi dan Jalan Desa

    Keberadaan tugas Babinsa di wilayah di samping dengan melaksanakan pembinaan teritorial dalam rangka menciptakan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh tentunya terkait dengan berbagai hal di wila

  • Jumat, 15 Sep 2017 10:05

    Sumut Kucurkan Rp7,3 Miliar Dorong Produksi Pangan Nias

    Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) terus mendorong peningkatan produksi tanaman pangan di Kepulauan Nias dalam rangka mewujudkan swasembada.

  • Jumat, 08 Sep 2017 17:58

    Babinsa Ramil 0824/11 Sumbersari Kebut Penyelesaian Program Jambanisasi

    Masih adanya masyarakat yang belum menyadari akan pentingnya membiasakan hidup bersih pada saat seperti sekarang ini memang disebabkan oleh beberapa hal, yang mendasar kebanyakan alasan ketidak mampua

  • Kamis, 07 Sep 2017 11:27

    Wujud Kedekatan Babinsa Winongan dan Warga Binaan

    Danramil 0819/15 Winongan Kapten Arm Yuono mengkoordinir Babinsa-babinsa Koramil 0819/015 Winongan melakukan pembuatan jamban bagi masyarakat dalam program jambanisasi.‪Danramil 0819/15 Winongan

  • Rabu, 06 Sep 2017 05:36

    Pangdam V/Brw Buka Pendidikan Bintara Khusus Babinsa TA. 2017

    Panglima Kodam V/Brw Mayjen TNI Kustanto Widiyatmoko, bertindak sebagai Inspektur Upacara pembukaan Pendidikan Secaba Khusus Babinsa Tahun Anggaran 2017, di lapangan Hitam Markas Secaba Rindam V/Brw,

  • Selasa, 22 Agu 2017 08:22

    Babinsa dan PPL Dampingi Pok Tani Makmur Tanam Padi pakai Transplanter

    Tugas Pendampingan Babinsa bersama PPL merupakan bagian dari Upaya Khusus (Upsus) Program Ketahanan Pangan yang merupakan MoU Menteri Pertanian dengan Kepala Staf Angkatan Darat guna mempercepat terwujudnya swasembada pangan secara nasional.

  • Rabu, 09 Agu 2017 20:39

    Serka Darwis, Inspirator Dalam Membangun Ketahanan Wilayah

    Aktivitas menjalankan tugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Koramil 1412-03/Rante Angin, telah menjadikan seorang Serka Muh. Darwis menjadi inspirator bagi aparatur negara lainnya di negeri ini.

  • Sabtu, 05 Agu 2017 04:05

    Babinsa Jenggawah Ramil 0824/25 dampingi panen

    Babinsa Serda Jamhari bersama Bati Poktuud Ramil 0824/25 Pelda Ashariyanto dan PPL  Ari Wibowo mendampingi panen padi Pok Tani Makmur Dusun Gayasan Desa Jenggawah, Jumat pagi (8/4).Panen seluas 1

  • Sabtu, 29 Jul 2017 22:09

    Tengku Erry Serahkan Bantuan Rp12 Miliar untuk Pertanian Humbahas

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyampaikan bahwa dirinya selalu menyediakan waktu untuk hadir bersama para petani/kelompok tani, penyuluh dan Babinsa untuk memberikan semangat dan motivasi.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak