Jumat, 19 Jan 2018 02:23
  • Home
  • Ragam
  • Babinsa Karang Duren dan Gumelar serta PPL dampingi panen

Babinsa Karang Duren dan Gumelar serta PPL dampingi panen

Jember (utamanews.com)
Oleh: Rls
Minggu, 09 Jul 2017 22:09
Dibaca: 405 kali
Dok
Babinsa Kodim 0824 Jember bersama PPL dampingi panen padi menggunakan mesin pemotong padi (comben), Minggu (9/7).
Babinsa Desa Karang Duren Serka Saiful Haqi dan Babinsa Desa Gumelar Sertu Suwito yang keduanya berada di wilayah Kecamatan Balung Kab Jember bersama PPL pada Minggu (9/7/2017) melaksanakan pendampingan panen padi.

Pendampingan Babinsa bersama PPL Desa Karang Dauren di lahan milik Poktani Subur-1 yang memanen padinya di lahan seluas 5,5 Hektar, selanjutnya Babinsa bersama PPL Desa Gumelar melaksanakan pendampingan di Poktani Sri Tanjung dengan luas lahan panen sekitar 10 Hektar.

Ketua Kelompok Tani Sri Tanjung Masudi saat diwawancarai di sela-sela acara panen tersebut menyampaikan bahwa petani sangat berterima kasih sekali dengan adanya program ketahanan pangan melibatkan TNI melalui Babinsa ini. 

"PPL sekarang lebih sering turun ke sawah bersama Babinsa, sehingga kami selalu menerima bimbingan tehnis dari mereka dan tanaman kami terjaga dengan baik sehingga mengurangi serangan hama dan lain-lain yang mengganggu tanaman kami. Bahkan saat panen ini kita disarankan untuk menggunakan mesin pemotong padi (comben) sehingga lebih cepat dan hemat biaya," ujarnya.

Saat ditanyakan hasil panennya, Masudi menjelaskan bahwa untuk kali ini stabil perhektarnya mencapai sekitar 9,5-10,5 Ton.

Komandan Koramil 0824/22 Balung Kapten Inf Rochmanu saat dikonfirmasi menegaskan bahwa dirinya telah menginstruksikan kepada para Babinsa jajarannya untuk mengawal dengan baik pertanian di wilayahnya, baik saat persiapan tanam hingga panen, sehingga petani tidak mengalami kendala.

Demikian halnya Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto, terkait dengan program ketahanan dan pendampingan apertanian ini dirinya sudah menyampaikan kepada jajarannya jangan sampai lengah oleh gangguan hama dan lain-lain yang mengancam gagal panen. 

"Adakan pendampingan lebih intensif jalin koordinasi dan komunikasi dengan PPL maupun UPT dan petani sendiri dengan baik agar terjaga produktifitasnya," tegas Dandim.

Saat ditanya kendala tahun ini, Letkol Inf Rudianto menegaskan bahwa memang kendala pastinya selalu ada yaitu kebiasaan petani misalnya selalu mananam padi sepanjang tahun yang berdampak pada menurunnya unsur hara tanah dan lain-lain. 

"Gangguan wereng yang mulai menyerang, namun kesemuanya itu dapat kita atasi dengan baik, sehingga saya masih optimis mampu menjaga stabilitas produksi tahun ini syukur-syukur kalau meningkat, dalam menunjang program ketahanan pangan secara nasional," pungkasnya.

Editor: Dian

T#g:Panen
Berita Terkait
  • Rabu, 17 Jan 2018 20:57

    Bupati Humbahas Panen Jagung di Lintongnihuta

    Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama Plt Sekdakab Drs AP Marbun MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs Lamhot Hutasoit, Kadis Pertanian Ir Junter Marbun, Kabag Protokol Drs Jakkon Marb

  • Kamis, 11 Jan 2018 22:00

    Babinsa Balung Kulon Hadiri Pok Tani Subur Makmur Selamatan Tutup Tanam

    Pada Kamis (11/01/2018) Pukul 07.30 Wib bertempat dilahan Kelompok Tani (Pok Tani) Subur Makmur Dusun Krajan Desa Balung Kulon Kec Balung Kab Jember dilaksanakan Selamatan Tutup Tanam. Acara sela

  • Kamis, 04 Jan 2018 09:24

    Babinsa & PPL Sokogidri Dampingi Pok Tani Panen Padi

    Pendampingan pertanian yang dilakukan oleh Babinsa Bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian merupakan tindak lajut adanya kerjasama antara TNI AD dengan Kementrian Pertanian RI.Seperti yang d

  • Sabtu, 30 Des 2017 17:10

    Babinsa dan PPL Desa Tutul Hadiri Selamatan Tutup Tanam

    Kelompok Tani Maju-2 Dusun Karuk Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten melaksanakankan selamatan tutup tanam padi, Sabtu (30/12/2017) pagi.

  • Jumat, 29 Des 2017 07:59

    Babinsa Sumberjambe Dampingi Pok Tani Panen Padi

    Program ketahanan pangan nasional untuk swasembada pangan hingga saat ini masih eksis dilaksanakan oleh Babinsa bersama PPL, sebagai tindak lanjut MoU Kementrian Pertanian RI dengan Markas Besar Angka

  • Kamis, 07 Sep 2017 08:27

    Tim Mabes TNI AD Turun ke wilayah Kodim 0824 Jember

    Program ketahanan pangan merupakan MoU antara Mabes TNI AD dengan Departemen Pertanian RI dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan Indonesia sebagai negara agraris yang memiliki musim dan wilayah subur guna mendukung produktifitas pertanian.

  • Rabu, 06 Sep 2017 05:26

    Tim Sergap Mabesad Panen Raya di Kodim 0819/Pasuruan

    Kepala Staf Kodim 0819/Pasuruan Mayor Inf Subagya Pujiarno menyambut kunjungan kerja Tim Sergab Mabesad di wilayah Kodim 0819/Pasuruan, Selasa (5/9).Tim Sergap terdiri dari Kolonel Inf Saputro Siahaan

  • Sabtu, 05 Agu 2017 04:05

    Babinsa Jenggawah Ramil 0824/25 dampingi panen

    Babinsa Serda Jamhari bersama Bati Poktuud Ramil 0824/25 Pelda Ashariyanto dan PPL  Ari Wibowo mendampingi panen padi Pok Tani Makmur Dusun Gayasan Desa Jenggawah, Jumat pagi (8/4).Panen seluas 1

  • Sabtu, 20 Mei 2017 05:10

    Babinsa Slateng dan Sumber Anget Lakukan Pendampingan Panen Kelompok Tani

    Pendampingan pertanian oleh Babinsa bersama PPL semakin aktif dilaksanakan seiring dengan target peningkatan produktifitas, luas tambah tanam dan lain-lain hingga menuai terwujudnya kemantapan swa sembada pangan secara nasional.

  • Selasa, 09 Mei 2017 18:59

    Dandim 0819/Pasuruan dan Forkopimda Panen Raya Jagung

    Komandan Kodim 0819/Pasuruan bersama Bupati Pasuruan menyambut kunjungan kerja Dirjen PSP Kementerian Pertanian RI Deden Permana yang diiringi dengan music Al Banjari dari Ponpes At Taqwa Cabean-Kejay

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak