Sabtu, 19 Agu 2017 10:43
  • Home
  • Ragam
  • Babinsa Beri Wawasan Kebangsaan pada Santri Ponpes Al Ikhlas

Babinsa Beri Wawasan Kebangsaan pada Santri Ponpes Al Ikhlas

Jember (utamanews.com)
Oleh: Rls
Kamis, 03 Agu 2017 15:03
Dibaca: 65 kali
Dok
Pembinaan dan pendidikan anak pondok pesantren di Kabupaten Jember
Pondok Pesantren (Ponpes) masih menjadi salah satu pilihan dalam pembinaan dan pendidikan anak di Kabupaten Jember. Hal tersebut terbukti dengan adanya sekitar 350 Pondok Pesantren yang tersebar di wilayah Kabupaten Jember.

Dengan kondisi tersebut tentunya keberadaan generasi bangsa yang berada di pondok-pondok tersebut perlu mendapatkan perhatian yang sama dengan sekolah-sekolah umum lainnya, demikian halnya pemberian materi wawasan kebangsaan dari Koramil Jajaran Kodim 0824 yang juga menembus pondok-pondok tersebut dalam rangka memberikan pembekalan kepada generasi bangsa sekaligus menangkal faham radikalisme dan terorisme. 

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Ds Curah Takir Serda Suharyanto pada Kamis (3/8/2017) Pukul 09.00 Wib yang memberikan materi wawasan kebangsaan kepada 70 orang santri yang rata-rata berusia 10-15 tahun santri Ponpes Al Ikhlas Dsn Ponco Ds Curahtakir Kec Tempurejo Jember.

Di Ponpes yang diasuh oleh Ustad Amali tersebut Kapten Serda Suharyanto mengajak adik-adik untuk rajin belajar, menyerap ilmu pengetahuan yang diberikan pengajar sebagai bekal kelak sebagai generasi penerus bangsa.

Lebih lanjut juga disampaikan bagaimana perkembangan global saat ini dimana penyebaran informasi sudah tidak terbatas dan mampu menembus dunia melalui internet, untuk itu adik-adik hendaknya mampu memanfaatkannya secara positif adanya perkembangan tersebut, hindari konten-konten yang membahayakan dan merugikan diri sendiri, keluarga bangsa dan negara. 

"Jangan mudah percaya isu-isu yang berkembang di dunia maya melalui media sosial, apalagi yang bernada menghasut, menghina kelompok tertentu bahkan memprovokasi pada faham radikal maupun teroris," ujarnya.

Disampaikan pula bahwa bangsa Indonesia merdeka dari hasil perjuangan para pahlawan. "Dari situ berarti kita adalah bangsa pejuang, bangsa ksatria, bangsa yang penuh jiwa patriotisme, mari kita isi kemerdekaan ini dengan karya dan prestasi kita sebagai generasi bangsa sesuai profesi masing-masing, yang pelajar belajar yang baik, yang santri menjadi santri yang baik, yang bekerja bekerja yang baik demi diri sendiri, masyarakat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegas Serda Suharyanto.

Pengasuh Ponpes Al Ikhlas Ust Amali saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan tersebut dan dirinya merasa berterima kasih kepada P Suharyanto yang telah memberikan wawasan tambahan kepada santrinya, apalagi menyangkut wawasan kebangsaan yang sangat penting untuk dipahami oleh generasi bangsa.

Komandan Kodim 0824 Jember letkol Inf Rudianto dalam konfirmasinya terkait  pelaksanaan kegiatan jajarannya menyampaikan apresiasinya. "Hal tersebut sudah saya perintahkan kepada jajaran untuk dilaksanakan kepada semua elemen masyarakat termasuk santri pondok pesantren. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Ust Amali atas pemberian waktunya kepada jajarannya untuk menyampaikan wawasan kebangsaan, sekaligus berharap agar keberadaan pondok pesantren selalu mendukung kegiatan tersebut agar generasi muda kita memahami kondisi yang dihadapi, dan sekaligus keberadaan pesantren mampu menjadi filter terhadap berkembangnya faham-faham radikal dan terorisme yang mengancam keutuhan NKRI," jelasnya.

Editor: Dian

T#g:JemberPesantrenPonpes
Berita Terkait
  • Sabtu, 19 Agu 2017 09:09

    Pengajar di Pesantren ini lampiaskan kebencian pada NKRI dengan membakar Merah Putih

    Aparat Kepolisian dari Polres Bogor, Jawa Barat, mengamankan seorang pria berinisial MS, 25 tahun, karena melakukan pembakaran umbul-umbul merah putih HUT Kemerdekaan RI ke-72, di Kecamatan Tamansari, Kamis (17/8/2017).

  • Rabu, 16 Agu 2017 21:26

    Tokoh Agama Kab Jember Siap Dukung Doa Bersama 171717

    Sebelum pelaksanaan Doa Bersama 171717 untuk Indonesia Lebih Kasih Sayang yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2017 Pukul 17.00 Wib, dilaksanakan serentak di Indonesia, utamanya di seluruh markas

  • Rabu, 16 Agu 2017 16:26

    Kibar Sang Saka Merah putih Lambang Kebanggaan dan Kejayaan NKRI

    Kodim 0824 Kibarkan Bendera Raksasa Membangkitkan Semangat Juang Dalam Membangun Mengisi Kemerdekaan.

  • Senin, 14 Agu 2017 17:14

    Dandim 0824 ajak semua elemen masyarakat Doa Bersama 171717

    Sesuai gagasan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan menggelar Doa Bersama pada tanggal 17 Agustus 2017 Pukul 17.00-18.00 Wib, yang dikenal dengan "Doa Bersama 171717 Untuk Indonesia Lebih Kasih Sayang".

  • Senin, 14 Agu 2017 07:54

    Di Muhammadiyah Jember, Jokowi minta kita tidak kaget kalau toko-toko bakal banyak tutup

    "Dalam menghadapi perubahan, jangan berpikir monoton, jangan rutinitas berpikir karena ini kejar-kejaran, harus berani berubah."

  • Minggu, 13 Agu 2017 18:33

    Jokowi puji Jember Fashion Carnaval, tak kalah dari karnaval Pasadena di Amerika

    Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana menyaksikan Jember Fashion Carnaval (JFC), di Alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (13/8) siang.

  • Sabtu, 12 Agu 2017 22:52

    Forkopimda Jawa Timur Sambut Kedatangan Presiden Jokowi

    Beberapa hari ini suasana di Kabupaten Jember memang cukup berbeda dari biasanya, utamanya pergerakan pasukan pengamanan di bawah kendali Satuan Tugas Pengamanan VVIP yang dipegang oleh Komandan Korem

  • Sabtu, 05 Agu 2017 12:05

    Pelantikan pengurus DPW Ikatan Pesantren Indonesia di Sumut

    Dewan Pengurus Pusat Ikatan Pesantren Indonesia (DPP IPI) melantik Dewan Pengurus Wilayah (DPW IPI) Sumut dan DPD IPI Kabupaten/Kota se-Sumatera pada Jum'at malam 4/8), di Hotel Madani jalan Sisi

  • Jumat, 04 Agu 2017 23:24

    Latihan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0824

    Pembinaan Pramuka Sakawira Kartika Kodim 0824 adalah bagian dari pembinaan generasi penerus bangsa yang berwawasan kebangsaan dan memiliki jiwa bela negara.Pembinaan generasi muda khususnya pelajar me

  • Minggu, 23 Jul 2017 22:13

    Gubsu Ajak Pesantren Lahirkan Generasi Mumpuni

    Di tengah sejumlah tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dewasa ini seperti halnya ancaman terdegradasi mental dan moral, terkikisnya rasa persatuan dan kesatuan, serta ancaman bahaya narkoba dan p

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak