Kamis, 18 Jan 2018 03:26
  • Home
  • Ragam
  • BMKG Sebut Kabar Soal Gempa 9,0 Skala Richter, Hoax

BMKG Sebut Kabar Soal Gempa 9,0 Skala Richter, Hoax

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Rls
Sabtu, 12 Agu 2017 17:12
Dibaca: 179 kali
Ist
BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membantah adanya kabar yang menyebutkan bahwa gempa besar berkekuatan 9,0 Skala Richter (SR) akan mengguncang Kota Medan, Sumatera Utara. 

BMKG menegaskan bahwa berita tersebut tidak benar.

"Informasi tersebut adalah berita bohong atau hoax yang disebarkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab dan menginginkan terjadinya keresahan dan kekacauan," ujar Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhamad Sadly, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/8).

Dia mengatakan, perlu diketahui bahwa hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat memprakirakan dengan tepat terkait kapan, di mana, dan berapa kekuatan gempa bumi akan terjadi. 

"Untuk itu, masyarakat diimbau tidak mudah mepercayai isu ramalan yang menyebut akan terjadi gempa besar," ajaknya.

BMKG, kata Sadly, belum pernah melakukan penelitian bersama dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, (PVMBG) Badan Geologi, terkait prediksi akan terjadinya gempa kuat tersebut. 

"Informasi adanya patahan atau sesar baru pada jalur Tanjung Pura-Tanjung Morawa yang akan menjadi pemicu gempa kuat sama sekali tidak benar," kata dia. 

Sadly pun mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak mudah terpancing isu.

Editor: Dian

T#g:BMKGhoax
Berita Terkait
  • Rabu, 17 Jan 2018 06:27

    Partai ini komit lawan hoax

    Dinilai berpotensi merusak nilai demokrasi Indonesia dalam Pilkada serentak 2018, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berkomitmen melawan kampanye hitam.

  • Minggu, 14 Jan 2018 17:14

    Daftar di Pilgub Sumut, Djarot Langsung Diserang Kampanye Hitam

    Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat langsung mendapat serangan black campaign sesaat setelah mendaftar di KPU Sumut, Rabu (10/1/2018).

  • Rabu, 03 Jan 2018 03:23

    Istana tanggapi "Pidato Presiden di Stadion Utama Senayan"

    Sejak kemarin, berita bohong atau hoax, tersebar luas di sosial media. Hoax ini berisikan pidato Presiden Jokowi tentang adanya ancaman terhadap kondisi keamanan di Tanah Air dari sejumlah kelompok ma

  • Jumat, 15 Des 2017 12:05

    Tahun Baru dan Upaya Menjauhi Ujaran Kebencian

    Antusiasme dalam menyambut momen pergantian tahun sangat terlihat, baik anak-anak, remaja atau kaum muda, maupun orang dewasa. Pergantian tahun seakan menjadi hari besar yang ditunggu-tunggu oleh masy

  • Rabu, 29 Nov 2017 19:39

    Panglima TNI: Waspadai Potensi Konflik Menghadapi Tahun Politik

    Menghadapi tahun politik ke depan, para Komandan Korem (Danrem) dan Komandan Kodim (Dandim) harus dapat mewaspadai potensi konflik di wilayah, seperti gesekan antar masyarakat, konflik antar agama mau

  • Rabu, 29 Nov 2017 12:29

    Di Era Digital, Masyarakat Diminta Sampaikan Konten Positif

    Di tengah ketertinggalan Papua dalam pembangunan, khususnya infrastruktur, peran media sangat dibutuhkan dalam rangka membangun optimisme dan nasionalisme Papua untuk mengejar ketertinggalannya. 

  • Senin, 27 Nov 2017 14:57

    Tahun Politik, Peran Media Online Penting dalam Tangkal Berita Hoax

    Perkembangan teknologi informasi (TI) yang semakin cepat dewasa ini, menuntut masyarakat lebih terbuka dalam menerima informasi. Dengan keterbukaan informasi ini, para pelaku media online harus lebih

  • Selasa, 21 Nov 2017 03:51

    Registrasi SIM Card Menjamin Keamanan Digital Masyarakat

    Per 31 Oktober 2017, para pengguna kartu SIM prabayar operator seluler di Indonesia, baik pelanggan lama maupun baru diwajibkan untuk mendaftar ulang dengan memakai nomor NIK dan Kartu Keluarga. 

  • Selasa, 14 Nov 2017 18:54

    Panglima TNI: Masyarakat Harus Cerdas Menyikapi Informasi Media Sosial

    Pengaruh media sosial sangat luas dalam kehidupan baik individu, keluarga, kelompok bahkan mampu mengubah tata kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu diharapkan masyarakat Indonesia harus cerdas

  • Sabtu, 23 Sep 2017 16:23

    Undangan Panglima TNI di Akun Twitter Ulama Lover ! "HOAX"

    Beredarnya undangan resmi yang mengatasnamakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di akun twitter Ulama Lover ! beserta video yang menggunakan profil Puspen TNI, untuk berkumpul di Monas (DKI)

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak