Jumat, 22 Jun 2018 08:35
Iklan Paslon Paluta

Ada 344.039 Ormas di Indonesia

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: John
Selasa, 31 Okt 2017 20:21
Dok
Pancasila
Selamat Puasa Paluta
Menurut data pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sampai Juli kemarin, jumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) di Indonesia mencapai 344.039 organisasi.

"Itu yang terdata," kata Direktur Ormas Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, La Ode Ahmad Fidani, sebagaimana dikutip situs Kemendagri, hari Senin (30/10).

Menurut La Ode, Ormas-ormas tersebut terdaftar di beberapa lembaga, seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kementerian Hukum dan HAM, dan ada juga yang terdaftar di provinsi, kabupaten dan kota.

Rinciannya, lanjut La Ode, di Kemendagri, tercatat ada 370 ormas tidak berbadan hukum dalam bentuk Surat Keterangan Terdaftar (SKT). Sementara di Kemlu, ada 71 Ormas yang didirikan oleh Warga Negara Asing, sedangkan yang terdata di daerah, lebih banyak lagi.

"Untuk tingkat provinsi, tercatat ada 7.226 ormas tidak berbadan hukum dalam bentuk Surat Keterangan Terdaftar (SKT)," ungkap Direktur Ormas Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu.

Sedangkan Ormas yang tercatat di pemerintah daerah kabupaten dan kota, sebanyak 14.890 Ormas​. Belasan ribu Ormas tersebut, tidak berbadan hukum dalam bentuk Surat Keterangan Terdaftar (SKT). 

Sementara di Kemenkumham, ada 321.482 organisasi yang berbentuk Yayasan dan Perkumpulan.

Sebagaimana diketahui DPR RI melalui sidang paripurna pada Selasa (24/10) lalu, telah mengesahkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) menjadi Undang-Undang.

Keputusan tersebut diambil melalui pemungutan suara atau voting. Dari 445 anggota dewan yang hadir, sebanyak 314 dewan dari 7 (tujuh) fraksi (FPDI, Fraksi Partai Golkar, FPD, FPP, FPKB, Fraksi Partai Hanura, Fraksi Partai Nasdem, dan FPKB) setuju Perppu Ormas jadi Undang-Undang.

Sedangkan sisanya sebanyak 131 anggota dewan dari 3 (tiga) fraksi yaitu Fraksi Partai Gerindra, FPKS, dan Fraksi PAN menyatakan tidak setuju.

Editor: Budi

T#g:ormas
Berita Terkait
  • Selasa, 12 Jun 2018 03:12

    Erry: Ormas Harus Bangkit Dan Tunjukkan Peran Untuk Masyarakat

    Gubsu Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi berharap Mathla�ul Anwar dapat segera bangkit dan berperan di tengah masyarakat. Terutama dalam pengembangan pendidikan di Sumatera Utara (Sumut).

  • Sabtu, 16 Sep 2017 21:46

    Serindo Sumut Hadir Untuk Keadilan dan Kesejahteraan Rakyat

    Kondisi dan keadaan masyarakat di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang tersebar di 33 kabupaten/kota dinilai masih berada di garis kemiskinan, sementara potensi sumber daya alam (SDA) menimpah, namun

  • Jumat, 14 Jul 2017 08:34

    Tolak dan Bubarkan Ormas Anti Pancasila

    Organisasi kemasyarakatan (Ormas) banyak berkembang di Indonesia, baik yang bergerak di bidang ideologi, sosial, ekonomi, budaya dan ke arah politik.

  • Senin, 08 Mei 2017 21:19

    Gubsu dan YBJI Bergandengan Tangan Latih Calon Pemimpin Berkarakter

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mendukung berbagai kegiatan yang akan diadakan YBJI, karena yayasan ini melatih orang-orang yang berkarakter kuat, tangguh dan bermental baja yang akan disiapkan menjadi calon-calon pemimpin bangsa.

  • Selasa, 18 Okt 2016 18:45

    IPTI Sumut Siap Kader Pemimpin Berkarakter

    Ketua Umum IPTI Pusat Ardy Susanto SH akan melantik Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia Sumatera Utara (IPTI Sumut) di Hee Lai Ton, Jalan Gandhi, Medan, pada Rabu (2

  • Selasa, 16 Agu 2016 08:04

    Konflik Lahan Sarirejo Medan Polonia makan korban

    Konflik lahan di Sarirejo Polonia, Kecamatan Medan Polonia akhirnya mengakibatkan bentrok fisik, sedikitnya lima warga dan 2 jurnalis mengalami luka-luka akibat tembakan, tendangan dan juga pemukulan

  • Rabu, 03 Agu 2016 11:54

    Konflik vs TNI AU, warga blokir jalan SMA N2

    Seratusan warga Sarirejo Polonia Medan memblokir jalan SMA Negeri 2, Rabu pagi (3/8). Tindakan ini mengakibatkan ratusan  roda empat yang datang dari arah Avros/jalan Brigjen Katamso dan dari ara

  • Rabu, 25 Feb 2015 07:37

    Sutrisno Pangaribuan Tegas Berpihak pada Masyarakat Sarirejo Polonia

    Sutrisno Pangaribuan, ST., politisi PDI Perjuangan, pada Rapat Dengar Pendapat Komisi A DPRD Sumut dengan Lanud TNI AU Soewondo, BPN Sumut, BPN Medan, Bagian Umum Pemprov Sumut, Polda Sumut dan perwak

  • Rabu, 25 Feb 2015 06:28

    Komisi A DPRD Sumut: Lanud TNI AU Soewondo harus lepas asetnya untuk masyarakat Sarirejo

    Komisi A DPRD Sumut mengeluarkan rekomendasi yang memberikan kelegaan pada ribuan masyarakat Sarirejo yang sedang melakukan aksi unjuk rasa menutup jalan Imam Bonjol Medan, persisnya di depan gedung D

  • Selasa, 10 Feb 2015 21:02

    Warga Sari Rejo Polonia Mengadu ke DPRD Medan

    Puluhan warga mewakili sekitar 36.000 jiwa warga Kelurahan Sari Rejo mengadukan masalah lahan tempat tinggal mereka yang terancam digusur oleh pihak TNI AU. Warga mengaku resah akibat “diteror” ba

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak