Jumat, 20 Jul 2018 08:12
  • Home
  • Ragam
  • 63 Petani Kelapa Sawit UD Lestari Terima Sertifikasi RSPO

63 Petani Kelapa Sawit UD Lestari Terima Sertifikasi RSPO

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dian/Rls
Selasa, 26 Sep 2017 15:16
Dok
Penyerahan RSPO pada Kelompok Petani Kelapa Sawit Mandiri, UD Lestari
Kelompok Petani Kelapa Sawit Mandiri, UD Lestari, menerima sertifikasi sawit berkelanjutan atau RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil) yang pertama di Sumatera Utara.

Penyerahan sertifikasi RSPO itu dilakukan di Sei Suka, Batu Bara pada Rabu, (20/9/2017) yang lalu.

Sertifikasi RSPO ini diberikan kepada 63 petani mandiri yang tergabung dalam UD Lestari. Hadir dalam acara penyerahan sertifikat ini antara lain Alexander Maha, SEVP Bidang Produksi PTPN III (Persero), pimpinan dari Unilever, dan IDH Sustainable Trade Initiative. Ketiga lembaga ini merupakan mitra dan saling berkolaborasi dalam program sertifikasi tersebut.

Dalam sambutannya, Alexander Maha selaku SEVP Bidang Produksi PTPN III (Persero) mengucapkan selamat kepada UD Lestari atas pencapaian ini dan mengucapkan terima kasih kepada pihak Unilever, IDH, dan RSPO atas kerjasama yang baik yang telah dibina untuk menghasilkan petani kelapa sawit lestari. 
"Kami senang dengan kolaborasi ini sejalan dengan misi kami, mengembangkan industri hulu berbasis agro yang berkelanjutan dan PTPN III (Persero) berkomitmen penuh dalam mendukung produksi kelapa sawit lestari dengan memegang teguh prinsip keseimbangan antara People, Planet dan Profit " ucap Alexander Maha.

Chief Supply Chain Officer Unilever, Marc Engel, mengatakan ia berkomitmen untuk memimpin transformasi industri minyak sawit lestari, yakni dengan mendukung masuknya petani kecil ke dalam rantai pasokan. 

Menurut Marc, dengan masuknya petani kecil akan memperbaiki mata pencarian serta menambah penghasilan mereka. "Ini tanggung jawab bersama antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil," kata dia.

Direktur IDH Indonesia, Fitrian Ardiansyah menjelaskan sertifikat RSPO yang diterima para petani UD Lestari adalah merupakan proses yang menantang dan berharap bahwa mereka dapat menjadi inspirasi untuk kelompok atau petani lainnya. Dia senang dapat bermitra dengan Unilever, PTPN III (Persero) dan RSPO untuk mendukung UD Lestari dalam mengembangkan minyak sawit berkelanjutan di Indonesia. 

Menurut Fitrian, sertifikasi keberlanjutan bagi petani ini mudah-mudahan dapat menciptakan momentum untuk meningkatkan produktivitas minyak sawit dan komoditas lain yang lebih baik.

Pimpinan UD Lestari, Jumadi, menjelaskan sertifikasi dari RSPO  ini sangat bermanfaat bagi petani. Mereka harus melengkapi dirinya dengan pengetahuan yang mendalam tentang praktek-praktek pertanian yang baik (Good Agriculture Practices), termasuk menggunakan pupuk dan pestisida serta teknik memanen yang baik. "Sertifikasi ini memungkinkan para petani untuk menjual  tandan buah segar pada harga premium sehingga meningkatkan pendapatan para petani," ucap Jumadi.

Editor: Budi

T#g:PTPN3RSPOsawit
Berita Terkait
  • Rabu, 18 Jul 2018 20:28

    Refleksi HUT Ke-11 Palas, Harga TBS Sawit Petani Masih Anjlok

    Tercatat hingga minggu kedua bulan Juli, harga jual tandan buah segar (TBS) sawit di tingkat petani di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) masih anjlok di kisaran Rp 800 hingga Rp 1.350 perkilogram,

  • Senin, 16 Jul 2018 17:16

    PTPN III (Persero) Tiap Tahun Berangkatkan Haji, 2018 Calhaj 106 Orang

    Bertempat di aula Kelapa Sawit Kantor Direksi PTPN III (Persero) Medan tanggal 12 Juli 2018 telah dilakukan doa selamat dan tepung tawar kepada 106 orang peserta calon haji/hajjah.  Para jemaah a

  • Minggu, 01 Jul 2018 14:11

    Sebelum Lebaran Turun, Pasca Pilkada Harga TBS Sawit di Palas Kian Anjlok

    Sejumlah petani sawit di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), mengeluhkan kondisi kian terpuruknya harga jual tandan buah segar (TBS) sawit. Selama tiga bulan terakhir, kian anjlok, padahal sudah ma

  • Selasa, 12 Jun 2018 14:12

    Direktur Utama Holding PTPN 3 Optimis Capai Laba Maksimal Tahun Ini

    Direktur Utama Holding PT Perkebunan Nusantara 3 Dolly P Pulungan optimis bahwa mereka akan mencapai laba yang maksimal di tahun 2018 ini.

  • Senin, 11 Jun 2018 22:11

    PTPN III Gelar Buka Puasa Bersama PTPN I, II dan IV

    Dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan, PTPN I, II, III dan IV menggelar acara buka puasa bersama di MICC Hall, Jalan Gagak Hitam/Ringroad, Medan, Senin (11/6).

  • Minggu, 10 Jun 2018 17:20

    BUMN Hadir Untuk Negeri, PTPN III (Persero) kembali berbagi

    Mudik Gratis dan Sembako Murah merupakan salah satu program PTPN III (Persero) dalam membantu masyarakat sekitar yang diselenggarakan pada bulan Ramadhan tahun 2018 M/1439 H ini, sejalan dengan progra

  • Kamis, 07 Jun 2018 16:07

    IKBI PTPN III (Persero) Berbagi Kebahagian Di Bulan Ramadhan 1439 H

    Ikatan Keluarga Besar Isteri (IKBI) PTPN III (Persero) berbagi kasih di bulan Ramadhan dengan memberi santunan kepada 151 orang melalui Kegiatan Bakti Sosial dan Pengajian Akbar dengan tema "Indahnya

  • Senin, 28 Mei 2018 11:48

    Surya Dayan: "Kami menghimbau, Masyarakat berhati-hati Membeli Produk Olahan Kelapa Sawit PT. Sinarmas Grup"

    Sehari-hari saya memperhatikan bagaimana proses pemanenan sampai pengangkutan kelapa sawit yang dilakukan oleh buruh Perkebunan PT. Smart,Tbk Padang Halaban. Saya merasa ada yang salah dengan hal ters

  • Rabu, 11 Apr 2018 06:11

    PTPN III (Persero) Beri Penghargaan pada Mitra Binaan

    'BUMN Hadir Untuk Negeri' tidak hanya menjadi slogan bagi PT. Perkebunan Nusantara III (Persero). Hal ini terbukti dengan program program peduli masyarakat dan lingkungan yang terus diseleng

  • Senin, 09 Apr 2018 19:09

    Federasi SP Bun Lantik Pengurus SP Bun PTPN III (Persero) Periode 2018-2022

    Federasi Serikat Pekerja Perkebunan (FSP Bun) melantik kepengurusan Serikat Pekerja Perkebunan (SP Bun) tingkat perusahaan PTPN III (Persero) Periode 2018 s.d 2022, di Hotel Four Point Medan, Jumat (6/4/2018).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak