Kamis, 26 Apr 2018 18:34
  • Home
  • Politik
  • Terungkap dalam Musrenbang 2018, Ini Tugas Berat untuk Gubsu Mendatang

Terungkap dalam Musrenbang 2018, Ini Tugas Berat untuk Gubsu Mendatang

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam
Jumat, 13 Apr 2018 06:33
Dok
Gubsu bersama calon wakil gubernur Sumut, Sihar dan Ijeck, Kamis (12/4).
Tugas berat dan pekerjaan rumah menumpuk akan diemban pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara 2018-2023 mendatang. Persoalan ketimpangan pembangunan menjadi hal yang harus disetarakan pemerintahan Provinsi Sumut mendatang.

Hal tersebut dikatakan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro, saat memberi kata sambutan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sumatera Utara 2018 di Santika Premiere Dyandra Hotel, Kamis (12/4/2018).

Dalam sambutannya, Bambang mengatakan, Musrenbang dengan tema RKDP 2019 Percepatan Pembangunan Untuk Mendorong Penciptaan Ekonomi yang Tangguh Dalam Rangka Mewujudkan Sumut yang Mandiri, Makmur dan Berkeadilan Sebagai Upaya Menyinergikan Program pemerintah Sumut di Berbagai Tingkat Kab/Kota. Musrenbang ini sebagai koordinasi dan sinkronisasi antara pemerintah provinsi Sumut dengan Kab/Kota dalam mewujudkan program pembangunan yang masuk dalam skala nasional.



Di hadapan Gubernur Sumut, T Erry Nuradi, yang juga turut dihadiri Paslon nomor urut dua Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus dan juga Musa Rajekshah, Bambang mengakui, jika persoalan yang dihadapi di Sumut, yakni, ketimpangan pembangunan yang tidak merata. 

Hal ini tampak dan dirasakan antara wilayah Pantai Timur dengan Pantai Barat. Hal ini pula yang mengharuskan pemimpin Sumut ke depannya harus melakukan upaya lebih untuk meratakan pembangunan di Sumut. "Hal utama adalah pembangunan infrastruktur sangat penting untuk mengejar ketertinggalan daerah untuk mengatasi isolasi daerah itu. Pembangunan ke depannya, harus berorientasi pada mengatasi kesenjangan antarwilayah," ujarnya.

Dirinya juga mendorong pemerintah, baik provinsi maupun kab/ kota untuk serius mengelola Danau Toba. Besarnya perhatian pemerintah pusat terhadap Danau Toba dalam hal pengembangan menjadi kawasan pariwisata harus dimanfaatkan dengan baik. "Sumut sangat beruntung karena pengembangan pariwisata Danau Toba. Tolong ini benar-benar dimanfaatkan, bagaimana peningkatan dengan cepat wisatawan asing dan lokal datang ke Sumut," pungkasnya.

Sedangkan Gubernur Sumatera Utara, T Erry Nuradi mengatakan, turut diundangnya Paslon Gubsu mendatang, dikarenakan tongkat pemerintahan yang diembannya saat ini akan berakhir September 2018 mendatang. "Kami undang Paslon untuk mengetahui plus minus pembangunan Sumut selama periode 2013-2018 ini. Juga calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut mendatang mengetahui rencana pembangunan untuk Sumut kedepannya," jelas Erry.

Menanggapi Musrenbang Pemprov Sumut 2018 ini, Sihar Sitorus mengatakan, persoalan utama dalam hal infrastruktur yang masih belum merata. Tak ayal, hal ini berdampak pada ketimpangan pembangunan di berbagai daerah. Hal ini pula yang menjadi tugas para calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara mendatang. 

"Persoalan infrastruktur kab/kota bagian penting harus diperbaiki. Infrastruktur ini yang jadi otot pergerakan ekonomi, yang turut mengerakan bidang lainnya. Dan tentu infrastruktur ini harus bersabar karena pembangunan jangka panjang," jelas Sihar.

Editor: Herda

T#g:InfrastrukturMusrenbang
Berita Terkait
  • Rabu, 18 Apr 2018 20:08

    Akses Jalan ke Afedling III PTPN4 Sosa Mirip Kolam Buaya

    Warga masyarakat yang bermukim di daerah Disbun Desa Ujung Batu Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas) merasa resah dengan kondisi dan keadaan badan jalan akses menuju ke lokasi Afdeling III PTPN4 Sosa yang mirip kolam buaya.

  • Selasa, 03 Apr 2018 16:33

    Minta Jalannya Dibenahi, Warga Desa Bakaran Batu Nyatakan Tolak Politik Uang

    Warga Desa Bakaran Batu Malasori, Dolok Masihul, Serdang Bedagai meminta Sihar Sitorus melakukan pembenahan jalan di kampung mereka. Karena, kerusakan jalan selama ini sangat mengganggu aktivitas mere

  • Sabtu, 24 Mar 2018 07:24

    Pemko Sibolga Akui Perekonomian Alami Penurunan

    Pemerintah Kota Sibolga mengakui bahwa perekonomian di kota ini mengalami penurunan.

  • Senin, 05 Mar 2018 16:25

    Siapapun Gubsu dan Bupatinya, Warga Minta Jalan Provsu di Palas Diperbaiki

    Sejumlah warga masyarakat di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) sudah berulangkali menyampaikan persoalan perbaikan infrastruktur badan jalan Provinsi Sumut (provsu) yang terbentang di daerah ini.

  • Kamis, 01 Mar 2018 07:01

    Baru Diresmikan, Gedung UPTD Bina Marga & Pengairan Labuhanbatu sudah retak retak

    Baru diresmikan Bupati Labuhanbatu, Pangonal Harahap, bangunan gedung Work Shop atau gudang alat berat UPTD. Bina Marga dan Pengairan Wilayah 1, kini terlihat sudah mengalami kerusakan di sejumlah tit

  • Selasa, 27 Feb 2018 20:47

    Karang Taruna Medan Helvetia Usulkan Kegiatan di Musrenbang Kecamatan

    Ketua Karang Taruna Kecamatan Medan Helvetia Ahmad Iqbal Parinduri, mendapat kesempatan untuk mengusulkan anggaran kegiatan pada Musrenbang Kecamatan di Aula Kantor Camat Medan Helvetia, Selasa (27/02

  • Selasa, 20 Feb 2018 19:40

    Kerusakan Jalinsum Di Desa Sihiuk Palas Bertambah Parah

    Jalan Lintas Sumatera Utara (Jalinsum) tepatnya di Desa Sihiuk, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), mengalami kerusakan yang semakin parah, dan perlu segera diperbaiki sebelum ada

  • Sabtu, 13 Jan 2018 08:23

    Hitungan Bulan Paket Proyek Diduga Milik Sekretaris DPD Golkar Mulai Rusak

    Hanya dalam hitungan bulan paket proyek yang disebut-sebut warga masyarakat adalah milik sekretaris Dewan Pimpinan daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) senilai Rp3,5 milyar lebih, yang dikerjak

  • Senin, 08 Jan 2018 09:48

    Jalan Berlubang di Jalur Tebingtinggi-Medan Via Dolokmasihul Membahayakan

    Keselamatan pengguna jalan dari Medan ke Tebingtinggi dan sebaliknya, terancam oleh adanya sejumlah lubang menganga di sepanjang 3 Km jalan provinsi di Kecamatan Dolokmasihul, tepatnya di wilayah Desa

  • Jumat, 05 Jan 2018 11:45

    Diduga Paket Proyek Milik Kerabat Bupati Palas Amburadul

    Paket proyek drainase yang disebut-sebut milik kerabat dekat Bupati Padang Lawas dinilai amburadul, pasalnya diperbaiki pada satu titik namun di titik yang berbeda kembali mengalami kerusakan parah da

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak