Senin, 16 Jul 2018 10:01
  • Home
  • Politik
  • TNI Siap Bantu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa

Panglima TNI :

TNI Siap Bantu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Rls
Rabu, 12 Apr 2017 20:52

Pekerjaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sangat berkaitan erat dengan Tentara Nasional Indonesia, karena TNI memiliki personel Babinsa di setiap desa di wilayah Indonesia. Kerja sama ini sesuai dengan kebijakan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, untuk memajukan perekonomian masyarakat desa dengan membangun dari wilayah pinggiran.
 
Demikian disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di hadapan awak media, usai penandatanganan Nota Kesepahaman antara TNI dan Kemendes PDTT serta antara TNI dan PT. Bank Central Asia (BCA),Tbk., bertempat di Ruang Hening, Gedung Sudirman, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (12/4/2017).
 
"Apapun yang diperlukan Kemendes PDTT, TNI akan membantu semaksimal mungkin untuk membangunan dan menumbuhkan perkembangan ekonomi di desa, kalau desa itu hebat berarti Indonesia juga hebat," kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.
 
Lebih lanjut Panglima TNI menjelaskan bahwa kerja sama TNI dan Kemendes PDTT meliputi pembangunan sarana dan prasarana, pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, penyiapan data dan informasi, serta pengembangan sumber daya lingkungan hidup. Sedangkan kerja sama TNI dan PT. BCA, Tbk tentang penyaluran bantuan Corporate Social Responsibility (CSR).
 
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan bahwa Presiden RI Ir. Joko Widodo telah memberikan atensi yang luar biasa terkait bantuan dana desa tahun ini, bukan hanya untuk pembangunan infrastruktur yang meningkatkan taraf kehidupan masyarakat saja, tetapi juga untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.
 
Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini TNI akan bekerjasama dengan Kemendes PDTT untuk mengolah kelapa dengan memberdayakan Babinsa. Menurutnya, selama ini kelapa hanya untuk pembuatan kopra. "Kelapa kalau diurai, airnya bisa dipakai untuk buat sirup dan sudah ada teknologinya, tempurungnya untuk karbon, sabutnya bisa dibuat semacam karpet. Jadi, harga satu kelapa bisa mencapai 10 kali lipat. Ini yang sedang akan kita rintis bersama," jelasnya.
 
Sedangkan kerja sama TNI dan PT. BCA, Tbk tentang penyaluran bantuan, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo meminta kepada para media supaya ikut serta mengawasi pelaksanaan bantuan yang diberikan PT. BCA Tbk untuk TNI. "Saya minta dana bantuannya benar-benar harus diawasi, karena biasanya para media lebih teliti, dan saya berjanji akan menyalurkan dana bantuan tersebut dalam bentuk pembangunan," ujarnya.
 
Sementara itu menjawab pertanyaan wartawan tentang pengamanan Pilkada DKI putaran kedua, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa sudah berkoordinasi dengan Kapolri terkait jumlah personel TNI yang akan dilibatkan termasuk penempatannya. "Dalam menghadapi pesta demokrasi yang akan dilaksanakan tersebut, personel TNI akan saya BKO-kan kepada Polri dan tidak dipersenjatai," tegasnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  Eko Putro Sandjojo, BSEE.,M.B.A. mengatakan bahwa Kemendes PDTT mempunyai empat program unggulan, yaitu Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), penetapan produk unggulan desa (Prudes), pembuatan embung (waduk mini), dan pembuatan sarana olah raga (Raga).
 
"Pembangunan daerah terpencil bisa dilakukan dan bekerja sama dengan TNI, karena personel Babinsa ada di semua desa seluruh Indonesia, dan TNI sudah menunjukkan keberhasilannya bekerja sama dengan Kementerian Pertanian membuka jutaan hektar lahan baru," kata Eko Putro Sandjojo.
 
Turut hadir dalam acara tersebut antaranya : Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi, Presiden Komisaris BCA Djohar Emir Setijoso, Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan M.P.A.,M.B.A., Irjen TNI Letjen TNI Setyo Sularso, Danjen Mako Akademi Letjen TNI Bayu Purwiyono, para Asisten Panglima TNI dan para Kabalakpus TNI.

Editor: Sam

T#g:BCAekonomiMabes TNI
Berita Terkait
  • Minggu, 17 Jun 2018 21:57

    Usaha Cetak Foto Kebun Binatang Paluta Raup Untung

    Sejumlah usahawan muda yang melakoni usaha bisnis cetak foto di lokasi wisata kebun binatang yang berlokasi di Kota Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) meraup untung dari sejumlah pengunjung yang mendatangi lokasi wisata marga satwa tersebut

  • Jumat, 15 Jun 2018 18:15

    Panglima TNI Sholat Idul Fitri 1439 H Bersama Ribuan Prajurit TNI

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Ketum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto melaksanakan Sholat Idul Fitri 1439 Hijriah/2018 Masehi bersama ribuan Prajurit dan PNS TNI (AD, AL,

  • Jumat, 01 Jun 2018 13:01

    Mabes TNI Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

    Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diikuti oleh ribuan Prajurit dan PNS TNI, dengan Inspektur Upacara Perwira Sahli Tk III. Bida

  • Senin, 28 Mei 2018 04:28

    Sukses, Bermodal Bangkai Tikus

    "Cukup dengan memungut bangkai tikus ini, siapapun dengan kecerdikan, memiliki kemungkinan untuk memulai usahanya dan menghidupi seorang istri." Demikian suatu saat diungkapkan Cullakasehi, seora

  • Selasa, 22 Mei 2018 16:22

    Sihar: Mahasiswa Harus Kreatif, Bantu Pemerintah

    Enterpreneur sukses, Sihar Sitorus menilai peran penting Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tak bisa dikesampingkan begitu saja. UMKM inilah yang menjadi salah satu tonggak dasar perekonomian nasional.

  • Senin, 21 Mei 2018 15:31

    Mabes TNI Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-110

    Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-110 tahun 2018, dengan Inspektur Upacara Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny I

  • Selasa, 22 Mei 2018 03:22

    Kondisi Ekonomi Indonesia di Tahun 2018

    Tahun 2018 merupakan tahun baru bagi semua orang di dunia, tentu saja di tahun ini banyak harapan baru untuk banyak orang dalam berbagai bidang. Kondisi ekonomi merupakan salah satu harapan yang paling banyak dicari.

  • Minggu, 06 Mei 2018 02:36

    Manfaat Kunjungan PM China, Secara Ekonomi dan Politik

    Indonesia akan kedatangan Perdana Menteri China Li Keqiang yang dijadwalkan melakukan lawatan ke Indonesia pada 6-8 Mei 2018.  Lawatan ini menurut Kementerian China merupakan undangan Presiden Jo

  • Jumat, 04 Mei 2018 19:14

    Sihar Sitorus: Ekonomi berkeadilan harus berproses dari hulu ke hilir

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus mendorong penataan ekonomi dari hulu. Ini dilakukan agar dapat terwujudnya ekonomi berkeadilan dengan melibatkan berbagai pihak.

  • Selasa, 17 Apr 2018 18:57

    Bakamla RI Bahas Percepatan Perwujudan Ekonomi Maritim

    Badan Keamanan Laut RI membahas Percepatan Perwujudan Ekonomi Maritim Indonesia dalam Kegiatan Diskusi Kelompok Terarah. Kegiatan ini bekerja sama dengan Intensif Agromaritim Indonesia (I AM Indonesia

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak