Selasa, 19 Jun 2018 19:46
Iklan Paslon Paluta
  • Home
  • Politik
  • Semangat Baru JR Saragih Membangun Kerjasama Simalungun dengan Nias Barat

Semangat Baru JR Saragih Membangun Kerjasama Simalungun dengan Nias Barat

Nias Barat (utamanews.com)
Oleh: Tony Desmon
Sabtu, 10 Jun 2017 10:30
Dok
Bupati Simalungun JR Saragih bangun kerjasama dengan Nias Barat untuk mengembangkan pariwisata dan perkebunan di Pelabuhan Sirombu, Nias Barat, Kepulauan Nias, Sumatera Utara, Jumat (9/6/2017)
Selamat Puasa Paluta
Kinerja semangat baru untuk Sumatera Utara terus digaungkan Bupati Simalungun JR Saragih guna menghidupkan perekonomian di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Langkah ini diambil JR Saragih untuk bekerjasama dengan wilayah lainnya di Indonesia, termasuk Kepulauan Nias.

Kehadiran Bupati Simalungun JR Saragih ke Nias didampingi oleh jajaran pemerintahan Kabupaten Simalungun, anggota DPRD Simalungun serta sejumlah anggota partai Demokrat.

Nias, yang merupakan kepulauan terdepan di wilayah Sumatera Utara ini menjadi tujuan JR Saragih untuk melakukan pengembangan baik dari sisi pariwisata maupun perkebunan.

Menurutnya, Kepulauan Nias memiliki kesamaan dengan Kabupaten Simalungun baik dari sisi budaya, suku maupun agama sehingga sangat tepat bila melakukan kerjasama antara Nias dengan Simalungun.

"Saya datang ke Nias selain bersilaturahmi sekaligus melihat potensi apa yang bisa dibawa ke Simalungun, karena bila dilihat maka pertukaran ekonomi bisa dilakukan antara Nias dengan Simalungun," ucap Bupati Simalungun JR Saragih di Pelabuhan Sirombu, Nias Barat, Kepulauan Nias, Sumatera Utara, Jumat (9/6/2017).

Diakuinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam mengembangkan potensi di Kabupaten Simalungun yakni Pariwisata dan Perkebunan. Terlebih, Nias dan Simalungun sama-sama kaya potensi akan keduanya.

Untuk Nias itu sendiri, dari sisi perkebunan ada karet dan kelapa sementara dari sisi Simalungun terdapat kelapa sawit, kopi dan karet. Sedangkan, dari sisi pariwisata maka budaya menjadi keberagaman antara keduanya.

"Kita bisa bertukar budaya antara Nias dengan Simalungun, sehingga dua kebudayaan ini bisa di ditampilkan di Danau Toba, hal ini akan memperkaya potensi keduanya untuk bersatu sehingga kesatuan budaya di Indonesia akan semakin bersatu," paparnya lagi.

Hal serupa juga diaminkan oleh Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, dimana Nias Barat dengan Simalungun bisa menyatukan visi dan misi guna mewujudkan pariwisata untuk bisa dikenal lagi.

"Simalungun memiliki Danau Toba yang indah yang ada di Parapat. Melalui Simalungun, maka kami juga bisa belajar bagaimana membuat Nias Barat bisa dikenal pariwisatanya seperti Simalungun," bebernya.

Faduhusi Daeli menambahkan jika pihaknya juga terus berbenah diri untuk menjadikan Nias Barat jadi lebih indah. Pasalnya, Nias Barat pernah mengalami duka terdalam pasca diterjang bencana tsunami beberapa tahun silam.

"Kami juga mengapresiasi kepada Bupati Simalungun JR Saragih yang mau berbagi pengalaman untuk mengembangkan Nias Barat" tukasnya.

Editor: Sam

T#g:demokratJR Saragihnias
Berita Terkait
  • Minggu, 03 Jun 2018 20:03

    Tragis, 3 Warga Nias Ditemukan Tewas Di Dalam Sumur

    Tiga warga desa Moasio, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias ditemukan tidak bernyawa di dalam sumur galian di desa Ahedano, kecamatan yang sama, Sabtu malam (2/6/2018).Informasi beredar di kalangan me

  • Rabu, 16 Mei 2018 17:26

    Soal Pemekaran, Ternyata Edy Setuju dengan DJOSS

    Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (DJOSS) menyatakan bahwa keputusan pemekaran daerah adalah kewenangan pemerintah pusat. Terpenting bagi Paslon no

  • Minggu, 13 Mei 2018 03:13

    Pemerataan Pembangunan, DJOSS Prioritaskan Pantai Barat dan Kepulauan Nias

    Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus, menyatakan, Pantai Barat dan Kepulauan Nias menjadi prioritas pembangunan ke depan. Menurut mereka, ini harus dil

  • Senin, 07 Mei 2018 12:47

    Sihar: Jadikan Sumut Provinsi Sejahtera, Tidak Akan Ada Permintaan Pemekaran

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus menilai, pemerintah harus hadir ke tengah-tengah permasalahan yang dihadapi masyarakat dan memberikan solusi serta jawaban. Jika ini dilakukan, maka sikap apatis k

  • Minggu, 06 Mei 2018 11:56

    KPK Tangkap Anggota DPR RI dari Demokrat

    Hasil operasi tangkap tangan (OTT), Jumat (4/5), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan empat tersangka kasus suap dana perimbangan keuangan desa pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Peruba

  • Rabu, 25 Apr 2018 20:35

    Sihar Iri dengan Kehidupan Anak-anak Panti Asuhan

    Pernyataan mengejutkan diungkapkan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara Sihar Sitorus saat berkunjung ke Panti Asuhan Terima Kasih Abadi, Jalan Pengayoman Ujung Sei Agul Medan, Rabu (25/4/201

  • Kamis, 19 Apr 2018 00:29

    Belagak artis, Sihar Hebohkan Malam Pesta Budaya Nias di PRSU

    Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara, Sihar Sitorus, menambah kemeriahan Malam Pesona Budaya Kabupaten Nias di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Ke-47 di Open Stage Kompleks PRSU, Minggu (15/4) malam.Sa

  • Jumat, 13 Apr 2018 14:13

    Tengku Erry: Hadirnya Nias Barat, Lengkapi 33 Paviliun Kabupaten Kota Di PRSU

    Menghadiri pagelaran seni budaya Nias Barat, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menandatangani prasasti pembangunan paviliun untuk kabupaten itu di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Ra

  • Rabu, 11 Apr 2018 20:51

    Maria Zalukhu Bangga Persembahkan Tarian dan Sirih pada Sihar Sitorus

    Perempuan itu bernama Maria Zalukhu, yang memberikan sirih lewat tarian Famee Afo. Maria dipilih dari sejumlah penari untuk memberikan kepada Sihar Sitorus yang datang berkunjung ke Lahewa, Nias Utara.

  • Selasa, 10 Apr 2018 21:30

    Nias Ada di Persimpangan Jalan, Sihar Beri 2 Pilihan

    Sebagai wilayah yang memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan, Nias ternyata memiliki beragam persoalan yang harus diatasi. Karena itu, masyarakat harus menentukan pilihan saat ini untuk k

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak