Kamis, 13 Des 2018 07:44
  • Home
  • Politik
  • Semangat Baru JR Saragih Membangun Kerjasama Simalungun dengan Nias Barat

Semangat Baru JR Saragih Membangun Kerjasama Simalungun dengan Nias Barat

Nias Barat (utamanews.com)
Oleh: Tony Desmon
Sabtu, 10 Jun 2017 10:30
Dok
Bupati Simalungun JR Saragih bangun kerjasama dengan Nias Barat untuk mengembangkan pariwisata dan perkebunan di Pelabuhan Sirombu, Nias Barat, Kepulauan Nias, Sumatera Utara, Jumat (9/6/2017)
Kinerja semangat baru untuk Sumatera Utara terus digaungkan Bupati Simalungun JR Saragih guna menghidupkan perekonomian di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Langkah ini diambil JR Saragih untuk bekerjasama dengan wilayah lainnya di Indonesia, termasuk Kepulauan Nias.

Kehadiran Bupati Simalungun JR Saragih ke Nias didampingi oleh jajaran pemerintahan Kabupaten Simalungun, anggota DPRD Simalungun serta sejumlah anggota partai Demokrat.

Nias, yang merupakan kepulauan terdepan di wilayah Sumatera Utara ini menjadi tujuan JR Saragih untuk melakukan pengembangan baik dari sisi pariwisata maupun perkebunan.

Menurutnya, Kepulauan Nias memiliki kesamaan dengan Kabupaten Simalungun baik dari sisi budaya, suku maupun agama sehingga sangat tepat bila melakukan kerjasama antara Nias dengan Simalungun.

"Saya datang ke Nias selain bersilaturahmi sekaligus melihat potensi apa yang bisa dibawa ke Simalungun, karena bila dilihat maka pertukaran ekonomi bisa dilakukan antara Nias dengan Simalungun," ucap Bupati Simalungun JR Saragih di Pelabuhan Sirombu, Nias Barat, Kepulauan Nias, Sumatera Utara, Jumat (9/6/2017).

Diakuinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam mengembangkan potensi di Kabupaten Simalungun yakni Pariwisata dan Perkebunan. Terlebih, Nias dan Simalungun sama-sama kaya potensi akan keduanya.

Untuk Nias itu sendiri, dari sisi perkebunan ada karet dan kelapa sementara dari sisi Simalungun terdapat kelapa sawit, kopi dan karet. Sedangkan, dari sisi pariwisata maka budaya menjadi keberagaman antara keduanya.

"Kita bisa bertukar budaya antara Nias dengan Simalungun, sehingga dua kebudayaan ini bisa di ditampilkan di Danau Toba, hal ini akan memperkaya potensi keduanya untuk bersatu sehingga kesatuan budaya di Indonesia akan semakin bersatu," paparnya lagi.

Hal serupa juga diaminkan oleh Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, dimana Nias Barat dengan Simalungun bisa menyatukan visi dan misi guna mewujudkan pariwisata untuk bisa dikenal lagi.

"Simalungun memiliki Danau Toba yang indah yang ada di Parapat. Melalui Simalungun, maka kami juga bisa belajar bagaimana membuat Nias Barat bisa dikenal pariwisatanya seperti Simalungun," bebernya.

Faduhusi Daeli menambahkan jika pihaknya juga terus berbenah diri untuk menjadikan Nias Barat jadi lebih indah. Pasalnya, Nias Barat pernah mengalami duka terdalam pasca diterjang bencana tsunami beberapa tahun silam.

"Kami juga mengapresiasi kepada Bupati Simalungun JR Saragih yang mau berbagi pengalaman untuk mengembangkan Nias Barat" tukasnya.

Editor: Sam

T#g:demokratJR Saragihnias
Karunia Tour and Traveliklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Senin, 03 Des 2018 13:23

    Jelang Pemilu 2019, KPU Nias Sosialisasikan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Nias menggelar sosialisasi pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih pada pemilu tahun 2019, di aula Serbaguna Gido, Senin (3/11/2018).Komisioner KPU Dev

  • Sabtu, 03 Nov 2018 20:43

    Dofu Gaho Ajak Masyarakat Nias Pilih Calon Anggota DPR RI yang Teruji dan Anti KKN

    Pembina DPP Laskar Pemuda Nias (LPN), Dofuzogamon Gaho mengapresiasi terkait rencana pelaksanaan Diskusi Publik dengan topik, "Siapakah Caleg Ono Niha yang berpeluang menuju DPR RI Periode 2019-2024."

  • Senin, 01 Okt 2018 15:11

    Pemko Gunungsitoli Terus Benahi SDM Demi Wujudkan Pemekaran Provinsi Nias

    Pemerintah Kota (Pemko) Gunungsitoli terus membenahi berbagai fasilitas terutama Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menunjang pemekaran Provinsi Kepulauan Nias. Hal tersebut dikatakan Walikota Gunun

  • Sabtu, 29 Sep 2018 10:19

    Panitia Turnamen Wali Kota Cup Anggap FC Pormal Manipulasi Dokumen

    Pasca tudingan kecurangan pada pelaksanaan Turnamen Sepakbola kejuaraan Walikota Cup 2018 oleh salah satu club yang didiskualifikasi, Panitia Pelaksana membantah segala tudingan dan menegaskan bahwa s

  • Jumat, 21 Sep 2018 15:51

    Tidak Pernah Masuk Kerja, Oknum Guru di Nias Dilaporkan

    Salah seorang oknum guru bantu daerah (GBD) berinisial AJT dilaporkan oleh komite sekolah dan para orangtua siswa SMP Negeri 3 Hiliduho, Kabupaten Nias, Sumatera Utara karena diduga jarang masuk kerja

  • Rabu, 19 Sep 2018 18:09

    Polres Nias Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Toba Jelang Pemilu 2019

    Kepolisian Resort Nias menggelar apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2018 dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 di Lapangan apel Mapolres Nias, Rabu (19/09/2018).Wakapolres Nias Kompol Elizama

  • Senin, 17 Sep 2018 18:47

    Setelah 73 Tahun Kemerdekaan, Berkat Dana Desa Akhirnya Desa Ini Teraliri Listrik

    Percepatan pembangunan di pelosok tanah air merupakan salah satu nawacita Presiden Joko Widodo dengan cara menguncurkan anggaran Dana Desa milyaran rupiah per tahun setiap desa di seluruh Indonesia.Se

  • Senin, 10 Sep 2018 13:10

    Ketua BKD DPRD Siantar Didesak Bahas Kasus Mabuknya Marulitua Hutapea

    Lembaga Institution Law And Justice mendesak Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Pematangsiantar, Nurlela Sikumbang untuk segera membahas terkait kasus Mabuknya Ketua DPRD pada Rapat Dengar Pendapat Juma

  • Jumat, 07 Sep 2018 19:07

    Dinilai Tidak Layak, Warga Desak Partai Demokrat Copot Ketua DPRD Siantar

    Melalui Surat Pengaduan kedua, dengan Nomor 0010/SP/B-EKS/IX/2018, Ketua Institution Law And Justice, Fawer Full Fander Sihite, menyampaikan pengaduan kepada DPC Partai Demokrat Kota Pematangsiantar a

  • Selasa, 21 Agu 2018 17:11

    Viral! Seorang Janda Di Nias Utara Diikat Paksa Sekelompok Orang

    Seorang janda paruh baya di Nias Utara diikat secara paksa oleh sekelompok orang di halaman rumah warga di Desa Sifaoroasi, Kec. Afulu. Ia menjadi bahan tertawaan dan tontonan warga setempat.Video ama

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak