Rabu, 20 Sep 2017 20:04
  • Home
  • Politik
  • Saut P. Simamora: Dana Desa untuk kepentingan masyarakat, bukan oknum

Saut P. Simamora: Dana Desa untuk kepentingan masyarakat, bukan oknum

Dolok Sanggul (utamanews.com)
Oleh: Eduard S.
Sabtu, 26 Agu 2017 07:26
Dibaca: 86 kali
Dok
Pemkab Humbahas menggelar Sosialisasi dana desa dan TP4D
Sosialisasi dana desa dan TP4D (Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah) di Kabupaten Humbang Hasundutan, dilaksanakan pada Kamis (24/8), di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul.

Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora mengatakan dengan lahirnya undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa merupakan momentum yang bersejarah dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. 

"Dengan undang-undang ini akan menciptakan paradigma baru dalam pembangunan yaitu paradigma 'Membangun Desa', yang diharapkan partisipasi masyarakat lebih menonjol daripada peran pemerintahan," tambahnya.

Hal ini sejalan dengan nawacita ketiga Presiden RI Jokowi Widodo yaitu ''MEMBANGUN INDONESIA DARI PINGGIRAN DENGAN MEMPERKUAT DAERAH-DAERAH DAN DESA DALAM KERANGKA NEGARA KESATUAN'' Artinya pemerintah sangat mendukung penuh amanah dari undang-undang tersebut.

Dengan paradigma ''DESA MEMBANGUN'' tentu menjadi beban tugas yang sangat berat bagi kepala desa. Namun beban tersebut dapat terselesaikan jika kepala desa melakukan langkah-langkah sebagai berikut, "Merangkul seluruh elemen masyarakat yang ada di desa dalam proses pembangunan, menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder baik yang ada di desa maupun dari luar desa dan memiliki tekad untuk membenahi diri dengan meningkatkan kualitas dan etos kerja (BUDAYA KERJA)."

"Perlu kita sadari sejak dini bahwa dana desa dan alokasi dana desa adalah untuk kemajuan masyarakat desa, bukan kemakmuran oknum atau sekelompok pengelola. Yakin dan percayalah bahwa kita sebagai anak ni raja akan semakin mendapat hasangapon dohot harajaon apabila memberikan ketulusan dalam pengelolaan dana desa. Mari hindari tindakan tidak terpuji dan melanggar dalam pengelolaan dana desa. Melalui acara ini, sangatlah perlu saya sampaikan bahwa tim pengawal pengaman pemerintahan dan pembangunan (TP4) Kejaksaan Agung akan membentuk tim anggaran di Kementerian dan lembaga bisa terserap secara maksimal. Untuk itu saya menghimbau agar semua kepala desa memperhatikan aturan-aturan tentang pengelolaan dana desa dan dalam melaksanakan tugas-tugasnya harus memegang prinsip transparansi dan bertanggung jawab," tegas Saut Parlindungan Simamora.

Ditegaskannya, bahwa tugas TP4D adalah mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya pencegahan baik di tingkat pusat maupun daerah sesuai dengan wilayah hukum penugasan masing-masing.

"Marilah kita saling mengingatkan sesama Kepala Desa, agar tidak ada satupun Kepala Desa di Kabupaten Humbang Hasundutan ini yang terjerat hukum karena dana desa. Bagi bapak ibu kepala desa,kita satukan tekad dan niat yang tulus sebagaimana motto Kabupaten Humbang Hasundutan 'bekerja keras... bekerja cerdas... bekerja serius..., sehingga apa yang menjadi impian kita bersama yaitu 'Humbang Hasundutan hebat dan bermentalitas unggul' dapat menjadi kenyataan," pungkasnya.

Hadir dalam sosialisasi itu, Kajari Humbang Hasundutan Zaidar Rasepta SH MM, Sekdakab Saul Situmorang SE MSi dan para pimpinan SKPD, kepala desa termasuk personil Kajari Humbang Hasundutan.

Editor: Budi

T#g:ADDDDhumbahasTP4D
Berita Terkait
  • Jumat, 15 Sep 2017 18:05

    Komunitas The Hope Serahkan Bantuan APE pada Pemkab Humbang Hasundutan

    Komunitas The Hope menyerahkan bantuan APE (alat permainan edukatif) kepada Pemkab Humbang Hasundutan, di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat (15/9).APE itu diterima 20 lembaga PAUD (pendidika

  • Jumat, 15 Sep 2017 10:55

    Rp21,7 Triliun DD Huragi 2017 untuk Infrastruktur Pedesaan

    Akumulasi jumlah dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD), yang diterima sebanyak 31 desa di Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi), Kabupaten Padang Lawas (Palas) di tahun 2017 mencapai sedikitnya sebe

  • Rabu, 13 Sep 2017 19:53

    Ratusan Massa FP3HH Minta DPRD Humbang Hasundutan Jalankan Hak Angket

    Ratusan Massa terdiri dari tokoh agama, pemuda, dan masyarakat yang tergabung dalam-FP3HH (Forum Pemrakarsa Pendiri Pemerhati Humbang Hasundutan) aksi damai ke gedung DPRD Humbang Hasundutan, Rabu (13

  • Kamis, 07 Sep 2017 05:47

    Inspektorat Kodam XIV/Hasanuddin Makassar Tinjau Rumdis Kodim 1415 Kep. Selayar

    Peninjauan terhadap obyek rumah dinas Danramil dan Babinsa Koramil 1415-01 Bontosikuyu dilakukan empat orang tim inspektorat Kodam XIV/ Hasanuddin Makassar bersama Dandim 1415 Kepulauan Selayar, Letkol ARM Yuwono, S.Sos., MM.

  • Selasa, 05 Sep 2017 23:55

    Bupati Humbang Hasundutan Pimpin Rapat Kesiapan Festival Danau Toba 2017

    Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE., pimpin rapat Kesiapan Festival Danau Toba (FDT) 2017 yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2017.

  • Selasa, 05 Sep 2017 20:15

    Humbang Hasundutan Terima 333 Unit Program BSPS

    Kabupaten Humbang Hasundutan terima 333 unit program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang tersebar di 3 kecamatan yaitu Lintongnihuta, Doloksanggul dan Parlilitan. Di Kecamatan Lintongn

  • Senin, 04 Sep 2017 20:14

    Seleksi Kompetensi dan Psikotest Pengisian JPT Pratama

    Seleksi Kompetensi dan Psikotes pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dibuka secara resmi oleh Bupati Humbang Hasundutan, yan

  • Selasa, 29 Agu 2017 20:49

    Sosialisasi Kesadaran Bela Negara di Humbahas

    Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Sekdakab Saul Situmorang SE MSi secara resmi membuka sosialisasi kesadaran bela negara di Kabupaten Humbang Hasundutan bertempat di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul, Selasa (29/8).

  • Selasa, 29 Agu 2017 20:39

    Penanaman Jagung di lahan seluas 3 hektar di Nagasaribu III, Humbahas

    Kelompok Tani (Poktan) Sepadan, Desa Nagasaribu III Kecamatan Lintongnihuta melakukan penanaman jagung di lahan seluah lebih kurang 3 hektar, di Desa Nagasaribu III, Selasa (29/8).

  • Sabtu, 26 Agu 2017 08:16

    Merawat bumi, menjaga dan melestarikan lingkungan

    Merawat bumi, menjaga dan melestarikan lingkungan harus dimulai dari usia sejak dini. Hal ini disampaikan Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor melalui Asisten Pemerintahan, Drs. Tony Sihombin

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak