Rabu, 23 Jan 2019 04:59
  • Home
  • Politik
  • Presiden Jokowi bagikan 6.000 sertifikat tanah di Riau

Presiden Jokowi bagikan 6.000 sertifikat tanah di Riau

Pekanbaru (utamanews.com)
Oleh: Ahmad
Minggu, 23 Jul 2017 18:13
ANTARA/Idhad Zakaria
Presiden Joko Widodo menyerahkan 2.550 sertifikat tanah kepada warga Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, dan Wonosobo di Jawa Tengah, Juni lalu.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 6.000 sertifikat kepada masyarakat Riau di lapangan Stadion Kaharudin Nasution Pekanbaru, hari ini, Minggu (23/7).

"Di provinsi Riau seharusnya ada 3,1 juta bidang yang sudah bersertifikat untuk seluruh masyarakat, tapi sampai saat ini baru bisa diberikan 1,1 juta. Berarti masih kurang 1,9 juta sertifikat yang harus kita kejar," kata Presiden, yang didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

"Seluruh Indonesia harusnya 126 juta sertifikat tapi yang dikerjakan baru 46 juta. Saya perintahkan Menteri BPN, dibantu Gubernur, untuk segera diselesaikan," tegas Presiden.

Presiden mengungkapkan bahwa sebelumnya di Riau hanya terbit 10 ribu sertifikat tanah per tahun, tapi sekarang dipaksa harus terbit 140 ribu sertifikat setiap tahun.

"Tahun ini terbit 5 juta, tahun depan 7 juta, tahun depannya lagi 9 juta, harus dipaksa begitu," tandas Presiden.

Menurut dia, dengan mendapatkan sertifikat tanah, sengketa-sengketa lahan dapat diselesaikan.

"Sengketa-sengketa lahan akan selesai kalau masyarakat pegang yang namanya sertifikat karena kalau sudah pegang ini diam. Kalau belum ada sertifikat yang ada hanya klaim-klaim, tapi kalau sertifikat sudah ada jadi enak tenteram karena sudah pegang sertifikat," ungkap Presiden.

Presiden berpesan agar masyarakat benar-benar menghapal luas tanah yang tertera dalam setifikat tanah.

"Tolong semua tahu isi sertifikat ini apa. Apa betul meter persegi luas tanah jelas. Tolong diberikan plastik kalau disimpan dan gentingnya bocor tidak rusak dan difotokopi, kalau hilang mengurus ke kantor BPN lebih mudah mencarinya," kata dia.

Jokowi meminta pemegang sertifikat berhat-hati saat menjaminkan sertifikat ke bank. "Tolong dikalkulasi apakah keuntungan usahanya dapat dibayar untuk mencicil pokoknya," tambah Presiden.

Sementara itu Sofyan Djalil mengatakan jumlah setifikat tanah yang dibagikan di Riau baru 38 persen.

"Sudah ada 1,1 juta bidang yang bersertifikat dan masih ada 1,9 juta bidang yang masih harus disertifikatkan. Rata-rata diberikan sertifikat 10-11 ribu bidang pada 2017. Pembagian ini sudah naik 15 kali lipat dibanding periode sebelumnya," kata Sofyan.

Editor: Budi

T#g:BPNJokowiRiaushmSertifikat
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Senin, 21 Jan 2019 17:21

    Presiden Jokowi Serahkan 6.000 Sertifikat di Garut Jawa Barat

    Presiden Jokowi menyerahkan 6 ribu sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat di Kabupaten Garut, Sabtu (19/1/2019). Enam ribu sertifikat yang diserahkan Jokowi kepada masyarakat Garut, kemarin, adal

  • Rabu, 23 Jan 2019 03:23

    Janji Kampanye Jokowi yang Sudah Terealisasi

    Sejumlah janji pernah dilontarkan Jokowi saat pemilihan Presiden 2014, lalu bagaimana realisasi janji-janji tersebut? Adakah perbaikan untuk bangsa Indonesia?

  • Sabtu, 19 Jan 2019 21:19

    Prabowo Geram dan Malu Saat Jokowi Singgung 'Operasi Plastik' di Debat Capres

    Monica Kumalasari, pakar bahasa tubuh berbasis sains yang mendapat lisensi dari Paul Ekman, mengupas bahasa tubuh dua pasang calon Presiden Indonesia saat debat kemarin.

  • Jumat, 18 Jan 2019 11:18

    Hari ini Ijazah Jokowi Palsu, Besok Apa Lagi?

    Jelang acara debat Capres antara Paslon terselangara, sebuah unggahan yang mengungkit keaslian ijazah Jokowi kembali viral untuk memperkeruh suasana. Belakangan tak sedikit masyarakat yang telah terpe

  • Kamis, 17 Jan 2019 00:17

    TGB: Pidato Kebangsaan Prabowo Masih Retorika

    TGH Zainul Majdi atau akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) menanggapi pidato kebangsaan 'Indonesia Menang' Prabowo Subianto yang disampaikan semalam. Menurut Korbid Keummatan DPP Partai Golka

  • Rabu, 16 Jan 2019 20:56

    Pidato Kebangsaan Prabowo-Sandi Tuai Respon Negatif

    Capres Prabowo Subianto menyampaikan pidato kebangsaan bertajuk 'Indonesia Menang' yang digelar di JCC Plenary Hall, Jakarta, tanggal 14 Januari 2019 lalu. Prabowo-Sandi menyampaikan uraian

  • Rabu, 16 Jan 2019 10:16

    Berpotensi Hemat Rp798 Triliun, Presiden: Segera Selesaikan Regulasi Kendaraan Bermotor Listrik

    Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, banyak negara di dunia yang mulai berlomba-lomba menjadi yang terdepan dalam mengembangkan teknologi kendaraan listrik. Selain karena ramah lingkungan, m

  • Minggu, 13 Jan 2019 19:13

    Relawan Jokowi-Ma'ruf Amin Kecamatan Medan Helvetia Gelar Senam Jantung Sehat

    Ketua DPD Relawan Jamin Sumut Ir.H. Erwan Rozadi Nasution melepas gerak jalan santai di kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia.

  • Sabtu, 12 Jan 2019 08:22

    Relawan Muslimin-muslimah Jokowi Amin Bagi-bagi Rezeki Pada Supir Angkot, Abang Becak dan Anak Jalanan

    Sebelum Melaksanakan Ibadah Sholat Jum'at Relawan Muslimin-muslimah Jokowi Amin Bagi-bagi Nasi Berkah Kepada Anak Jalanan Sopir Becak Dan Supir Angkot.

  • Rabu, 09 Jan 2019 12:09

    Presiden Jokowi Doakan Kesembuhan untuk Ustaz Arifin Ilham

    Presiden Joko Widodo mendoakan kesembuhan untuk Ustaz Arifin Ilham yang sedang dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Hal ini diungkapkan Presiden seusai acara pelantikan Kepala Ba

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak