Minggu, 17 Des 2017 05:37
  • Home
  • Politik
  • Presiden Jokowi Bertemu dengan PM Australia di Viet Nam

Presiden Jokowi Bertemu dengan PM Australia di Viet Nam

Viet Nam (utamanews.com)
Oleh: John
Sabtu, 11 Nov 2017 19:31
Dibaca: 86 kali
Biro Setpres
Presiden Jokowi dan PM Australia di Viet Nam

Mengawali kegiatan hari kedua berada di Da Nang, Viet Nam, Sabtu, (11/11/2017), Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull di Furama Resort Da Nang. 

Pertemuan yang dihelat pada pukul 08.05 waktu setempat diawali dengan bincang santai keduanya di balkon tempat pertemuan berlangsung. Setelah berbicara selama lima menit, keduanya kemudian memasuki ruang pertemuan.

Saat pertemuan bilateral, Presiden Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Kepala BKPM Thomas Lembong, Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir, Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Desra Percaya, serta Duta Besar Indonesia untuk Viet Nam Ibnu Hadi.

Usai pertemuan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan kepada para jurnalis bawa PM Turnbull selalu ingin bertemu dengan Presiden Jokowi di dalam setiap pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang dihadiri keduanya, baik KTT APEC maupun KTT G20.

"Ini menunjukkan hubungan yang sangat erat dan sangat akrab kedua negara," ucap Pramono. 

Dalam pertemuan tersebut PM Turnbull meminta Indonesia berperan aktif mengatasi konflik di Rakhine State, Myanmar.

"PM Turnbull meminta Indonesia berperan aktif karena memang seperti yang diketahui bersama yang berkomunikasi secara langsung dengan Rakhine State adalah Indonesia, baik Presiden sendiri maupun melalui Ibu Menteri Luar Negeri," ujar Pramono.

Sementara itu, Presiden Jokowi meminta kepada PM Turnbull agar pemerintah Australia turut serta memulihkan kota Marawi setelah dilanda peperangan. Seperti diketahui, saat ini kota Marawi telah kembali dikuasai sepenuhnya oleh pemerintah Filipina. 

Lebih lanjut, Presiden mengatakan bahwa Indonesia akan mengirimkan ulama-ulama untuk menyebarkan Islam yang moderat ke Marawi.

"Untuk memberikan edukasi kepada teman-teman di Marawi karena Indonesia dianggap sebagai big brother sehingga dengan demikian Indonesia bisa berperan serta dalam hal tersebut," ujar Pramono.

Selain itu, PM Turnbull juga mengundang Presiden Jokowi untuk menghadiri KTT ASEAN-Australia yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2018 mendatang.

"PM Turnbull meminta secara khusus kepada Presiden Jokowi untuk berkenan bersedia memberikan pidato kepada para eksekutif di Australia," ucap Pramono. 

Editor: Budi

T#g:AustraliaJokowiVietnam
Berita Terkait
  • Jumat, 15 Des 2017 06:35

    Panglima TNI: Kemandirian Industri Strategis Dalam Negeri Dukung Kebutuhan Alutsista TNI

    Untuk mendukung kebutuhan Alutsista TNI baik Angkatan Darat, Laut dan Udara maka industri strategis dalam negeri harus terus ditingkatkan. Kemandirian industri strategis sangat penting untuk mendukung

  • Sabtu, 09 Des 2017 19:19

    Jokowi Buka HMPI Di Yogyakarta, Tengku Erry Tanam Pohon Nangka

    Presiden RI, Jokowi membuka acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2017 di bukit karst, Desa Karangasem, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Sabt

  • Sabtu, 09 Des 2017 16:49

    Seskab: Tidak Ada Presiden Yang Bekerja Melebihi Jokowi

    Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menilai, tidak ada Presiden yang bekerja melebihi Presiden seperti sekarang ini (Jokowi, red).

  • Sabtu, 09 Des 2017 06:39

    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Resmi Menjabat Panglima TNI

    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., resmi menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, setelah secara resmi dilantik oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Istana Negara,

  • Kamis, 07 Des 2017 22:17

    Kadin Berperan Dukung Pertumbuhan Ekonomi Sumut

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengatakan, karena rasa cintanya dengan Kadin, dirinya harus melakukan perjalanan bolak-balik Medan-Jakarta.

  • Senin, 04 Des 2017 17:04

    Presiden Serahkan 10.000 Sertifikat Tanah di Soreang

    Sebanyak 10.000 sertifikat tanah diserahkan kepada warga se-Kabupaten Bandung oleh Presiden Jokowi di Dome Bale Rame, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin, (4/12/2017). Dalam sambutannya, Presiden m

  • Senin, 04 Des 2017 10:04

    Jokowi Teken Perpres No. 106/2017 tentang Kawasan Sains & Teknologi

    Dalam rangka memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya industri, khususnya industri kecil menengah berbasis inovasi, pemerintah memandang perlu menyediakan layanan bagi industri dalam suatu kawasan yang

  • Minggu, 03 Des 2017 11:03

    Jokowi: Peran Guru Tak Tergantikan

    Presiden Jokowi menegaskan pentingnya peran guru dalam menentukan masa depan bangsa Indonesia. Meskipun saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu sangat cepatnya, namun peran guru te

  • Kamis, 30 Nov 2017 09:40

    Horja Godang Bobby-Kahiyang Tunjukkan Kekayaan Adat Budaya Nusantara

    Pesta adat atau Horja Godang pernikahan Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Kahiyang Ayu Siregar di komplek Bukit Hijau Regency (BHR)-Taman Setia Budi Indah Medan, Sabtu (25/11/2017), berlangsung meri

  • Senin, 27 Nov 2017 17:07

    Jokowi: Jaga Nilai Budaya Adiluhung Pembentuk Karakter Bangsa

    Presiden Jokowi mengingatkan seluruh pemangku adat nusantara termasuk seluruh elemen bangsa untuk menjaga, merawat dan melestarikan nilai-nilai budaya adiluhung yang telah membentuk karakter bangsa In

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak